Cara Mendapat Beasiswa untuk Menghemat Biaya Kuliah

Tidak ada komentar

Ingin kuliah di jurusan impian? Ingin mengejar cita-cita dan menjadi seseorang yang bekerja di bidang impian? Jika iya, ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Memulai kuliah berarti memulai fase baru dalam hidup kita. Kitu juga akan beradaptasi dengan tempat baru, lingkungan baru, bahkan orang-orang baru. 

Saat kamu memasuki lingkungan yang baru, otomatis ada banyak sekali hal yang harus disesuaikan. Nah, salah satunya adalah gaya hidup. Buat yang tertarik kuliah di Surabaya, bisa ikutan pendaftaran Universitas Surabaya (Ubaya) dan tetap kuliah dengan hemat. Tidak mudah memang, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba, lho. Bisa kita memulai pilihan pengambilan beasiswa dengan lebih mudah. 

Langkah Mendapat Beasiswa Untuk Kuliah

Saat mencari beasiswa yang diinginkan, harus membuat strategi yang tepat. Banyak sekali program beasiswa yang menyenangkan dan bisa membuat Anda lebih nyaman. Nah, tidak perlu khawatir saat mencari beasiswa yang menguntungkan. Beasiswa bisa meringankan pembayaran uang kuliah, sehingga kita bisa menyimpan uang yang dimiliki atau dikirim orang tua untuk keperluan lain. 

Di sisi lain, kita bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk hal-hal yang lebih berguna. Uangmu bisa kamu simpan dan bisa digunakan untuk masa depan. Nah, penasaran kan gimana caranya dapat beasiswa? Simak deh... 

1. Daftar beasiswa yang diberikan oleh pemerintah. Banyak sekali program yang diberikan oleh pemerintah untuk mendukung perkuliahan mahasiswa. Mulai dari beasiswa untuk mahasiswa dengan prestasi akademik sampai dengan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu, semua bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan. Jika kita berprestasi, besaran beasiswanya juga bisa lebih besar, lho! Kita akan lebih menikmati banyak keuntungan sebagai seorang mahasiswa. Jadi pengalaman kita juga lebih banyak dan luas lagi. 

2. Daftar beasiswa yang dipersembahkan oleh pihak universitas. Banyak universitas yang memiliki yayasan yang memberikan beasiswa bagi mahasiswanya. Cara ini akan jauh lebih mudah dan menyenangkan bagi yang ingin mendapat dukungan secara finansial untuk kuliah. Jadi, kita tidak akan mengalami banyak kerepotan saat mengurus penerimaan mahasiswa baru. Bahkan, ada banyak program beasiswa yang bisa kita daftarkan sejak awal masuk kuliah. Program beasiswa ini akan sangat menyenangkan dan menguntungkan banget. 

3. Jika tertarik melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri, ada banyak program beasiswa yang bisa didapatkan. Kita bisa memilih mana program beasiswa yang menguntungkan dan sesuai dengan tujuan kita ke luar negeri. Biasanya, biaya kuliah, buku, perjalanan, serta biaya hidup akan ditanggung oleh penyelenggara beasiswa. Cara ini juga membuat kita lebih menikmati pertukaran pelajar di luar negeri tanpa repot. Banyak pengalaman berharga yang didapat saat kita kuliah di negeri jauh.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapat beasiswa yang mudah dan cepat. Kita juga bisa mendapat banyak keuntungan dari program beasiswa yang dipilih. Tanpa disadari, kita juga bisa mengikuti berbagai program yang mengasah skill dan ilmu. Jadi, program beasiswa ini tidak akan merugikan. 

Pemilihan Program Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

Banyak sekali mahasiswa baru yang ingin mendaftar di program beasiswa yang menjanjikan. Perusahaan-perusahaan besar juga kerap melakukan scouting untuk mendapat penerima beasiswa dengan kualifikasi terbaik yang bisa mendapat program pelatihan. 

Siapapun yang beruntung bisa memperoleh kesempatan untuk belajar soft skill dan berbagai ilmu menyenangkan yang tidak bisa ditemukan di bangku perkuliahan, lho. Temukan lebih banyak informasi seputar beasiswa di goKampus yang menyediakan informasi lengkap seputar dunia perkuliahan.

Bagaimana Caranya Jadi Pilot?

Tidak ada komentar

Jadi pilot itu adalah salah satu cita-cita favorit sebagian besar anak kecil tahun 90an. Keren, berseragam, bisa jalan-jalan keliling dunia, dan jago mengemudikan pesawat (yang seringkali kita elu-elukan dari bawah "kapaall...minta duiitt!!). Tapi sayangnya, baik anak maupun orang tua masih banyak yang kurang informasi tentang bagaimana caranya jadi pilot, tahu daftar sekolah penerbangan saja tidak, apalagi merencanakannya.

Kemarin-kemarin waktu si Bayo ngerjain PR alphabet tracing yang tulisannya profesi-profesi, dia melingkari pilot sebagai cita-citanya. Saya nggak terkejut sih, untuk seusia dia, pilot pastilah terlihat keren banget bisa menerbangkan pesawat. 

It's okay sih, saya nggak membatasi anak-anak punya cita-cita dan keinginannya, mumpung masih kecil begini, dream as high as you can. Nanti semakin besar sambil digali minat bakatnya apa, tau deh ke mana harus diarahkan, dipahamkan langkah dan tahapan-tahapannya. Kalo memang anaknya mau berusaha mencapai cita-citanya, hayu aja kita orang tua tinggal memfasilitasi dan memberi pertimbangan.

Iya, pertimbangan.

Seringkali saya berpikir, ini kalo anak-anak pingin jadi apa gitu yang perlu sekolah khusus, biaya yang tinggi macam kuliah kedokteran atau notaris, kuliah keprofesian yang nggak cukup ditempuh S1 saja, umm....ada kekhawatiran besar tentang: mampukah kami mendampinginya, sanggupkah kami membiayainya, bisakah dia ngejalanin tahapannya yang (mungkin aja) berat dengan mudah.

Nggak jarang juga kita lihat, sebagian orang menemukan pilihan hidup lainnya, entah karena kurang informasi, atau mereka menggeser cita-cita mereka ke profesi lain yang lebih terjangkau baik secara intelektual maupun finansial. 

Ah, tapi kalo urusan jalan hidup begini, saya nggak berani meragukan kuasa Allah. Barangkali ikhtiar bisa mengubah nasib, barangkali doa dari orang tua yang ingin anaknya sukses diijabah oleh Allah sehingga mengabulkan keinginannya. Hidup harus optimis, ikhtiar dulu, baru tawakal.

So, balik lagi soal pilot tadi, jadi bagaimana sebenarnya cara jadi seorang pilot? Tentunya perlu sekolah pilot dulu dong...nah sekolah pilot ini bisa ditempuh selepas lulus SMA atau, setelah kuliah S1 terlebih dahulu. Semua akan menentukan di mana titik awalnya karir seorang pilot.
Pada dasarnya syarat untuk masuk sekolah pilot adalah Anda telah lulus SMA dan tinggi minimal 160 cm.

Tapi selain itu, ada juga syarat-syarat tertentu, setidaknya ada 3 syarat menjadi pilot:

1. Dana 
Kabarnya, tahun ini biaya sekolah pilot mencapai 900 jutaaan.

Saat ini tidak ada beasiswa/bayar setelah kerja, tapi ada sistem pinjaman (loan) yang harus dibayar begitu anak mulai sekolah pilot.

2. Intelektual 
Untuk berprofesi sebagai pilot, tentulah harus lulus tes psikotes, tes akademik, tes aptitude, dan kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik. Semuanya tidak dicapai dengan mudah, harus rajin belajar. Jadi, jika memang merasa kurang pada bidang tertentu, harus menyiapkan kursus sedari jauh hari.

Sebelum melakukan tes di sekolah pilot manapun, wajib upgrade diri, karena biaya tes masuk di sekolah pilot Indonesia rata-rata Rp 7-13 juta. Biaya ini nggak akan balik meskipun kita nggak lolos tes. Huhu.

3. Sehat Jasmani 
Sehat maksudnya sehat secara jasmani dan rohani (kejiwaan). Untuk membuktikan sehat/tidak, Anda harus mengikuti tes yang meliputi mata, pendengaran, gigi, jantung, dll. Persiapan fisik seperti ini tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat, harus dijaga sedari dini. 
 
? Mata minus atau silinder?
Boleh, maksimal minus 3 atau silinder 1. 

? Gigi bolong?
Kalau gigi ada yang bolong, harap ditambal semua sebelum tes.

? Punya bekas luka/pernah patah tulang/pendengaran kurang/asma/tato?
Tergantung hasil medical checkup nantinya

Membacanya aja nggak mudah, apalagi menempuhnya. Demi anak-anak kita, semoga kita orang tua dimampukan ya. 

Cegah dan Deteksi Dini Gejala Pikun

Tidak ada komentar

Ngaku aja, kita sering lupa naruh kunci rumah, naruh kacamata, naruh hape, padahal barusan aja dipegang, ya kan? Atau niatnya mau ke dapur, eh di tengah jalan menuju dapur, tengok kamar trus malah jemur bantal...niat ke dapur terlupakan. Benarkah itu namanya gejala pikun?


"Aduh kok gue lupa mulu ya mau ina inu, maklumlah faktor U.. "
"Mau mampir ke sini lupa aja, beginilah kalo dah pikun...bawaannya gak fokus" 

Sering banget dong bergumam kaya gitu dalam beberapa kondisi. Entah menyalahkan usia, menyalahkan PJJ, menyalahkan beban pikiran, atau menyalahkan beban hidup atas kelupaan kita sendiri. Padahal, pikun itu sesuatu hal yang serius loh, nggak semudah berkata bahwa "aku sudah pikun". 

Beruntung sempat ikutan webinar Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia, Minggu (20/9) lalu yang diadakan oleh PT ESAI dengan PERDOSSI. Festival ini diadakan dalam rangka World Alzheimer Month yang kali ini mengusung tagar #ObatiPikun. Di sana saya dapat pencerahan soal pikun-pikunan ini, yang ternyata, pikun itu bukan hal yang normal dan wajar, bahkan untuk lansia sekalipun. Wah ... 

Apa itu pikun?



Ah, itu dia. Pikun adalah kondisi di mana seseorang butuh waktu lebih lama untuk mengingat atau lupa dengan apa yang mereka lakukan sebelumnya, yang disebabkan menurunnya kemampuan seseorang untuk berpikir.

Dalam dunia medis, pikun ini disebut demensia, yang artinya penurunan fungsi otak seperti menurunnya daya ingat dan kecepatan berpikir serta berperilaku.   

Nah, dari penjelasan ini, pikun atau demensia tentunya berbeda dengan lupa. 

Bedanya lupa dengan pikun 

Coba lihat infografis di bawah ini, ternyata antara pikun dengan lupa itu bedanya jauh. Lupa itu hal yang wajar dan manusiawi, sedangkan pikun adalah suatu kondisi penyakit tertentu yang harus ditangani. Maka, lupa bisa menimpa siapa saja, tetapi pikun dipengaruhi faktor-faktor dan risiko tertentu. 

Gejala pikun 

Tahu nggak sih, kalau di Indonesia saja, prevalensi demensia/pikun pada tahun 2016 mencapai 1.2 juta jiwa, yang akan terus meningkat jadi 1.9 juta jiwa di tahun 2030, dan hampir 4 juta jiwa di tahun 2050. 

Bukan angka yang sedikit ya :'( 

Maka dalam kampanye #ObatiPikun ini, harapannya masyarakat dapat teredukasi bahwa pikun bukanlah sebuah proses penuaan yang normal, melainkan penyakit yang harus ditangani. Penanganan demensia sejak dini bisa membantu menunda progresifitas penyakitnya dan membantu para pengidap demensia menjalani hidup yang berkualitas. 

gejala pikun

Untuk dapat melakukan penanganan, maka harus mengenali gejala pikun terlebih dahulu. Apa saja gejala yang mengisyaratkan seseorang sudah berada dalam kondisi pikun? 

  1. Sulit fokus
  2. Sulit melakukan pekerjaan sehari-hari
  3. Sulit memahami, mengukur jarak, dan membedakan warna
  4. Gangguan daya ingat atau sering lupa
  5. Bingung terhadap waktu (hari dan tanggal)
  6. Menarik diri dari pergaulan
  7. Perubahan perilaku dan kepribadian
  8. Gangguan berkomunikasi dan kesulitan berbicara
  9. Salah membuat keputusan
  10. Menaruh barang tidak pada tempatnya
Gejala pikun ini lebih besar potensinya terjadi pada beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu, seperti; berusia lanjut, hipertensi, stroke, diabetes melitus, jantung koroner, obesitas, kebiasaan merokok, depresi, atau kurang olah raga. Juga untuk orang-orang yang memiliki riwayat keturunan alzheimer. 

Eh, ada alzheimer, apa lagi tuh? 

Demensia Alzheimer 

Demensia adalah suatu sindrom gangguan penurunan fisik otak yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif, emosi, daya ingat, perilaku dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Penyakit Demensia Alzheimer memiliki faktor risiko :
- Yang bisa dimodifikasi seperti penyakit vaskular: hipertensi, metabolik, diabetes, dislipidemia, pasca cidera kepala, pendidikan rendah, depresi;
- Yang tidak bisa dimodifikasi yaitu usia lanjut dan genetik yaitu memiliki keluarga yang mengalami Demensia Alzheimer.

Selain mengetahui faktor resikonya, penting untuk menyadari bahwa Demensia Alzheimer bersifat kronis progresif, artinya semakin bertambah kerusakan otak seiring bertambahnya umur. Sehingga deteksi dini sangat penting dilakukan bagi penderita Demensia Alzheimer.

Melalui deteksi dini, penderita Demensia Alzheimer dapat lebih cepat ditangani sehingga kerusakan otak karena penyakit tersebut dapat diperlambat.

Demensia Alzheimer merupakan penyebab utama ketidakmampuan dan ketergantungan lansia terhadap orang lain. Penyakit ini memberikan dampak fisik, psikososial, sosial, dan beban ekonomi tidak hanya bagi penderita tapi juga bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya. Kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang Demensia Alzheimer mengakibatkan stigmatisasi dan hambatan dalam melakukan diagnosis serta perawatan.


Mencegah pikun 

Dari penjelasan-penjelasan di atas, pikun bisa saja dialami oleh orang usia muda, meskipun umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Tahukah apa saja penyakit lansia tersering di Indonesia? 

1. Osteoporosis (Keropos Tulang)
2. Masalah Penglihatan
3. Penyakit Alzheimer (Pikun)
4. Artritis (Nyeri Sendi)
5. Gangguan Metabolisme Tubuh
6. Hipertensi
7. Diabetes Mellitus
8. Malnutrisi
9. Insomnia
10. Inkontinentia (Mengompol)
11. Depresi (kerusakan
pemrosesan otak)

Nah, dengan mengetahui gejala-gejalanya sejak dini, kita bisa melakukan pencegahan atau setidaknya menunda penyakit-penyakit yang dapat menghinggapi saat usia lanjut. Salah satunya adalah mejalani pola hidup sehat sedini mungkin, penuhi asupan gizi seimbang melalui konsumsi makanan sehat, serta senantiasa menstimulus otak dengan berbagai kegiatan yang positif.

Kalau kita sering lihat orang muda rajin ke masjid, rajin beribadah, rajin senam pagi, atau berkebun, nggak usah nyinyir yaa...dibilang kegiatan orang berumur, lhaa...ya memang salah satu pencegahannya begitu. Ketimbang ngelamun mager aja di rumah sampe tua, mending isi kegiatan dengan hal-hal yang positif, yang membuat otak terus encer, bisa juga isi TTS, menulis (ngeblog kaya gini nih...), melukis, merajut, dll. 

Deteksi Pikun Sejak Dini 

Deteksi dini dapat membantu penderita demensia dan keluarganya untuk dapat menghadapi dampak penurunan fungsi kognitif dan pengaruh psiko-sosial dari penyakit ini dengan lebih baik. Selain itu penanganan demensia sejak dini juga penting untuk mengurangi percepatan kepikunan.

Salah satunya menggunakan aplikasi E-MS, yang diluncurkan pada tanggal 20 September 2020 dan dapat diunduh gratis oleh nakes maupun masyarakat umum di Playstore maupun Appstore. 


Aplikasi E-MS ini akan menilai kondisi memori seseorang dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan
terkait Demensia Alzheimer yang mungkin dialami oleh pengguna aplikasi. 

Aplikasi E-MS ini akan memberikan skor di mana ketika skor tersebut menunjukkan kondisi abnormal, maka aplikasi ini akan menyediakan fitur direktori rujukan terpercaya kepada dokter di sekitar pengguna aplikasi berdasarkan GPS termasuk informasi jarak, nama dokter beserta keahliannya di bidang Demensia Alzheimer, serta nomor call center RS yang dapat dihubungi. 

Cara menggunakan aplikasi E-MS : 
1. Buka aplikasi, klik deteksi dini
2. Isi data diri 
3. Jawab pertanyaan 1 sampai 8 dengan jujur (ya, tidak, tidak tahu) 
4. Hasilnya akan berupa skor 

Selain deteksi dini, aplikasi ini juga menyediakan ragam informasi terpercaya dan akurat mengenai Demensia Alzheimer dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam. Aplikasi ini juga menyediakan tips dan trik dalammerawat Orang Dengan Demensia (ODD) secara efektif dan efisien.

Mumpung masih belum masuk usia lanjut, yuk kita cegah gejala pikun dari sekarang. Ingat saja bahwa kita tidak ingin merepotkan anak-anak atau saudara kita nanti saat tua, jadinya semangat selalu untuk hidup sehat dan positif agar hidup tetap berkualitas :) 

Sedapnya Aroma Minyak SW Sumber Waras, Aman dan Berkhasiat

4 komentar

Minyak balur atau minyak gosok seringkali diidentikan sama bau menyengat, bau mbah-mbah, atau bau-bauan lain yang tak enak aromanya. Meskipun begitu, minyak-minyakan dan ramuan herbal lainnya masih tetap digunakan untuk mengatasi gejala berbagai penyakit. Apa memang semua minyak gosok mesti bau? Minyak SW Sumber Waras tidak dong...

minyak balur sumber waras
Beberapa hari ini saya lagi binge watch drakor lawas bergenre thriller kriminal, tau dong kalo genre kaya gitu susah berentinya. Soalnya dia nyambung satu kasus ke kasus lainnya, nggak selalu kasusnya selesai di satu episode. Jadilah, sekali nonton bisa 3-4 episode sekaligus, sampai sering tidur sangat larut.

Hasilnya udah tau dong, antara pegel leher ama masuk angin 😂 *mari kita sadar umur 

Selain larutan masuk angin, Minyak SW Sumber Waras adalah jalan ninjaku menghadapi hari-hari begadang demi drakornya Lee Joon Gi 😆. Pakai itu selama 7 hari berturut-turut, di leher belakang, di pelipis, dan dibalur di punggung plus perut yang kembung karena angin malam yang kering belakangan ini. 

Apa itu minyak SW Sumber Waras? 


Minyak SW adalah minyak balur yang terbuat dari 100% bahan herbal pilihan, halal & aman digunakan untuk berbagai macam penyakit. Minyak SW Sumber Waras kaya akan manfaat dan mudah terserap ke dalam tubuh, sehingga cukup optimal dalam membantu proses penyembuhan dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. 

Apa saja komposisi minyak SW Sumber Waras?

Minyak SW Sumber Waras merupakan minyak balur dengan probiotik yang diracik dari ekstraksi tanaman herbal dan rempah-rempah pilihan khas Nusantara yang dikombinasikan dengan teknologi fermentasi modern sehingga menghasilkan produk kesehatan yang mumpuni untuk membantu menjaga kesehatan keluarga dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan rasa sakit. 

Berikut adalah 6 komposisi utama Minyak SW Sumber Waras, yaitu: Jahe, Sereh, Kencur, Daun Sidaguri, Virgin Coconut Oil, Daun Mint.

Bagaimana aroma minyak SW Sumber Waras?Karena terbuat dari bahan-bahan herbal dan essential oil, maka minyak SW tidak berbau seperti minyak gosok biasanya. Minyak SW Sumber Waras aromanya wangi dan menenangkan, nggak ada bau-bau tak sedap menyengat yang menempel di kulit. 


Apa fungsi Minyak SW Sumber Waras?Minyak SW sesuai kegunaannya bisa berfungsi sbb: 
• Dibalur (Rubiotics) 
• Diuap (Airbiotic) 
• Diminum (Probiotics)


Bagaimana cara menggunakan minyak SW Sumber Waras? 

Minyak Sumber Waras bisa digunakan dengan cara dibalur, diuap, atau diminum. Ketiganya aman dilakukan oleh berbagai kalangan usia (kecuali bayi). 

Saya sendiri udah nyoba pas sebelumnya kena flu, menguap minyak SW dalam baskom berisi air panas dan taruh di pojok kamar, atau menguapkannya pakai oil diffuser biar uapnya bisa terserap maksimal. Aroma herbal yang menenangkan turut melegakan hidung yang tersumbat dan kepala yang amat berat. 

Buat saya, minyak SW ini banyak manfaatnya dan bisa digunakan dalam banyak hal. Mulai sakit kepala sampai sakit kaki, anak-anak juga nggak complain waktu badannya dibalur-balur minyak sambil dipijetin, berasa dipijet di spa kali ya :D 

Di mana bisa mendapatkan produk Minyak SW Sumber Waras?

Silakan hubungi reseller dan distributor terdekat ya. Untuk informasi distributor bisa cek di websitenya Minyak SW Sumber Waras , atau bisa cek juga di marketplace. Pastikan dapat produk yang terjamin asli dan berkhasiat. 

Seneng banget akhirnya dapat produk minyak balur yang kekinian, rapi, aromatik dan khasiatnya nggak abal-abal. Meskipun banyak juga produk minyak balur serupa, tapi Minyak SW Sumber Waras unggul dengan manfaat probiotiknya alias bisa dan aman diminum.

Tips Memilih Mesin Cuci Bagus dan Awet

9 komentar

Buat saya, alat elektronik rumah tangga yang paaaaling berjasa itu salah satunya adalah mesin cuci. Kerjaan mencuci jadi jauh lebih mudah, lebih hemat waktu dan tenaga. Saking begitu terlenanya selama ini dimudahkan, saya jadi takjub sendiri bahwa kami baru beli mesin cuci setelah anak ketiga lahir. Lalu kalo baru pertama kali beli, gimana cara tahu mesin cuci yang bagus

Mesin cuci yang kami beli waktu itu bukan yang mahal dan fiturnya serba canggih. Pokoknya tujuan kami, supaya tugas mencuci ada yang mengerjakan sementara kami bisa fokus ke tugas-tugas lain, salah satunya merawat anak-anak yang udah tiga ini.

Pada waktu sebelumnya, saya dan suami berbagi tugas setiap pagi. Saya yang nyiapin cucian, terutama baju-baju bayi, misah-misahin pakaian, dan merendam. Nanti subuh suami yang eksekusi nyuci, saya yang kemudian jemur setelah suami berangkat kerja. 

Inget banget dulu tempat jemuran kamipun masih seadanya, outdoor alias lahan kosong terbuka di samping rumah. Jadi kalo pas saya ketiduran ngelonin anak-anak, trus hujan, bablas sudaaahh itu rentetan cucian direndem lagi pake pewangi lalu jemur ulang. Kadang saking lelahnya, selama nggak jatuh ke tanah biarin aja sampe besoknya ada matahari lagi. Paling nangis kalo clodi yang kehujanan sih... itu insert kan tebel, lama keringnya :')

Singkat cerita, alhamdulillah setelah anak ketiga lahir ada kelapangan buat beli mesin cuci. Kebutuhan ini didasarkan pada tuntutan keadaan di mana anak-anak mulai sekolah, cucian baju juga semakin banyak, dan mulai ada urusan-urusan lain yang perlu dikerjakan. 

Karena sangat paham sama kebutuhan dan tujuan, kami nggak ambil banyak pertimbangan pilih-pilih produk, selain budgetnya juga standar. Intinya, mesin cuci ini cocok dengan tujuan dan gaya hidup. 

Sampai saat ini, mesin cuci Electrolux bukaan atas yang kami beli tahun 2012 itu masih awet dipakai. Baru tahun ini aja dia ganti pulsatornya karena yang lama udah tipis. Buat barang elektronik zaman sekarang, jangka waktu 8 tahun tanpa servis udah lumayan banget. 

Jadi ingat mesin cuci di rumah mama, ada kayanya 2-3x ganti produk karena yang sebelumnya rusak, seringnya sih dryer-nya yang bermasalah. Jadi tiap kali habis nyuci masih harus diperas manual sebelum dijemur. Sementara kalau diservis bakal mengeluarkan biaya yang nggak sedikit lagi. 


tips memilih mesin cuci

Dari pengalaman ini, saya bisa sarankan tips berikut buat memilih mesin cuci yang bagus, baik itu baru pertama kali beli atau kesekian kalinya: 

1. Kapasitas

Umumnya mesin cuci tersedia dalam kapasitas 5 kg, 7kg, 11kg. Semakin besar kapasitas, tentu lebih baik. Tapi ini juga balik ke beban cuciannya segimana dan frekuensi nyucinya. Kalau dikerjakan asisten, mending yang kecil-kecil aja, karena cucian akan sering dikerjakan walau belum terlalu numpuk. Sebaliknya, kalau dikerjakan sendiri kita cenderung nunggu keranjang penuh dulu baru dicuci. 

Ada juga rumah tangga yang hanya nyuci di mesin untuk baju-baju dewasa, sementara baju anak-anaknya dicuci manual atau entah manajemen lainnya. Saya sendiri tim cemplung semua di mesin, dari sprei sampe celemek, hehe. 

2. Kecepatan berputar (spin speed)

Putaran ini sedikit banyak agak dilema sih, speed lebih tinggi akan mengurangi air lebih banyak di akhir, yang artinya nanti saat dry spin nggak butuh waktu lama buat dijemur, akan melindungi warna dan daya tahan kain juga. Cuman puteran ini juga yang bikin baju cepet melar, hehehe... antisipasinya, jangan isi cucian terlalu banyak supaya nggak terlalu berbelit-belit #hadeuuh

3. Listrik

Penting banget yaa inii, jangan sampe listrik di rumah terbatas tapi mesin cucinya full featured yang bikin tagihan melonjak atau bahkan tiap nyuci, elektronik lain kudu dimatikan. Penggunaan listrik secara efisien akan menghemat kemana-mana. 

4. Fitur sesuai kebutuhan

Selain mode mencuci berdasarkan bahan, kaya delicates, heavy wash, normal, blanket, dll...ada juga fitur tambahan di berbagai mesin cuci bagus kaya half wash, minimum iron, dan timer. Tapi pastikan fitur-fitur ini memang dibutuhkan, karena semakin kompleks fiturnya, semakin besar risiko kerusakan dan biaya servisnya. 

5. Otomatis atau semi otomatis?

Ini tentunya terkait budget dan kesibukan juga. Kalau masih punya prioritas kebutuhan lain, bisa pilih mesin cuci dua tabung saja. Kita masih punya waktu buat mindahin cucian ke pengering. Sebaliknya, kalau anggarannya fleksibel dan banyak kerjaan, mesin cuci otomatis (bukaan atas maupun depan) tentu pilihan terbaik. 

Beberapa orang mungkin masih lebih suka nyuci manual, karena hasilnya lebih bersih. Syukurlah nggak ada mom war cuci pake tangan vs cuci pake mesin ya, hehe. Ini benar juga, karena kalo pake tangan kita bisa menjangkau sudut-sudut kotor untuk di-treatment lebih khusus. Tapi mengingat kemudahan yang sudah tersedia saya lebih suka ambil jalan tengah aja, kucek bagian-bagian yang paling kotor dan perlu pembersihan lebih, habis itu serahkan pada ahlinya, kita tinggal sarapan sambil main game :)

Selamat mencuci!

Mami Kriting, Cemilan Pedas Kekinian yang Dirindukan

Tidak ada komentar

Selalu ada saja inovasi cemilan dari masa ke masa. Produk jadul rasa kekinian, atau produk kekinian rasa jadul. Setiap kali ada tampilan baru, pastilah sudah menyesuaikan dengan selera pasar di masa dia beredar. Dunia kuliner memang menarik, Mami Kriting tahu betul bagaimana mengombinasikan kenangan dengan selera anak muda kekinian. 

Jadi ingat jaman waktu SD, di mana uang saku masih 50 rupiah, bisa beli jajanan yang ringan-ringan, literally makanan ringan alias ciki yang separonya isi angin. Ingatkah kau teman dengan mi lidi, bihun kriuk, krip-krip, cuba, atau macaroni goreng keras yang dikasih bubuk cabe ama garem? Owww... ketauan saya anak lawasan :))

Tapi beneran, jajanan-jajanan itu, meskipun sederhana, sampai sekarang berbekas di ingatan. Hingga saat jumpa tampilan-tampilan baru rasa lama, mata otomatis melirik...apakah akan ketemu rasa yang pernah ada? 

Eh, ternyata nggak jauh-jauh dari rumah, ada cemilan unik yang mengusung jajanan nostalgia ini dan menyajikannya jadi cemilan yang sangat trendi.  

Mami Kriting.

Menghadirkan peket jajanan lengkap seperti mie lidi, bihun pedas, macaroni pedas, tempe kering, serundeng daging, dan minuman jahe bubuk, dengan aneka varian level pedasnya. 

Eh, pedas semua? Enggak kok, Mami Kriting juga punya varian tidak pedas yang bisa mengakomodir hobi kita ngemil bareng anak-anak.

Yuk kita lihat produknya! 


Guemeesss yaaa sama packagingnya. Latar belakang putih dengan gambar ilustrasi dan font merek yang unyu, memperkuat segmen Mami Kriting yang utamanya anak muda. Tapi, mamah (berasa) muda kaya saya juga tetep related karena sajiannya yang 'rumahan' banget. 

Selain kemasannya yang unik, rapi dan kekinian, hal yang paling penting dari produk makanan itu adalah bersih dan higienis. Jadi, selain makanannya yang dibungkus plastik, dimasukan ke dalam kardus trus masih diwrapped plastik rapat lagi. Dapat compliment sendok, tusuk gigi, dan tisu yang juga dikemas terpisah, sangat memudahkan buat dinikmati di mana aja. 

Aman pokoknya, anti melempem.  

Best sellernya yang mana nih? 

Mie pedaaasss! 

Tekstur mie nya nggak keras, tapi tetap kriuk dan easy to chew. Cara makannya disendok aja, kakak ... langsung lep dan kraus, kraus. Tingkat kepedesannya ada 4 level; original (alias nggak pedes), dan pedes level 1-3.  

Nah yang mie ini kebetulan saya coba varian original, dan waw... tetep gurih dan enak, ada potongan bawang gorengnya yang bikin tambah sedap. Disendokin aja makannya dijamin habis sekali duduk nggak pake lama. 

Bihun pedas level 1 yang saya makan juga masih dalam taraf toleransi anak-anak ikut nyicipin. Tapi, macaroninya saya ambil level 2, kerasa banget pedas dan cabenya nggak kaleng-kaleng, geruntulan cabe kering ikut memeriahkan isi bungkusan. 

Kalau ditanya favorit, bingung.. suka semuanya... 


Mami Kriting
bisa juga dibuat topping bakso kaya gini

Ada lagi nih produk terbaru dari Mami Kriting, yaitu jahe sekoteng yang siap seduh tanpa ribet, cocok untuk kebutuhan imun apalagi di saat pandemi seperti ini. Tahu dong, minum jahe itu banyak manfaatnya antara lain memberikan efek antioksidan, antiperadangan, serta memberi perlindungan yang maksimal terhadap tubuh. 

Kalau buat saya sih, minum jahe hangat itu semacam rutinitas saat mulai pusing, mual, atau pegal-pegal. Langsung nyess hangat menjalar ke badan. Serbuk jahe plus lembaran sekoteng warna-warni ini tinggal diseduh air panas sekitar 150ml, satu kotak berisi 8 bungkus yang masing-masing dikemas rapat.  Anget-anget bergembira. 



Nah kalau yang duo ini, favorit emak-emak. Karena bisa dibuat lauk makan atau taburan di atas nasi.  Nggak lama juga teronggok di meja makan, langsung ludes dalam 2-3x makan. Nggak pedes sama sekali, anak-anak juga bisa ikut makan. 

Gimana, asik banget kan cemilannya? 
Buat dapetin cemilan Mami Kriting ini, nggak perlu rogoh kocek terlalu dalam, murah meriah aja kok, saya bocorin price list Mami Kriting yaa ;

  • Mie Kriting Pedas, Rp 15.000/box (original dan level 1-3)
  • Mie Bihun, Rp 10.000/box (original dan level 1-3)
  • Macaroni, Rp 10.000/box (original dan level 1-3)
  • Serundeng Daging, Rp 15.000/box
  • Kering Tempe, Rp 15.000/box
  • Sekoteng, Rp 15.000/box
Muraaaahhh banget kan buat ngemil-ngemil ceria di rumah aja sambil nonton drakor atau ngerjain tugas-tugas sekolah. You can check them out at Instagram 

Lihat postingan ini di Instagram

Poduk terbaru kami nihh!! Bagus banget buat kamu apalagi saat pandemi kaya gini kannn, Mami mempersembahkan " Minuman instan jahe - sekoteng " yang punya banyak manfaat diantaranya : - meredakan mual - meredakan nyeri menstruasi - memperkuat imun - mencegah kanker - meredakan pusing - mengurangi reaksi alergi - meredakan nyeri otot & sendi Harga bersahabat jadi ga perlu kawatir cuma Rp 15.000 saja! Di produksi aman dan 100% menggunakan jahe alami yang pasti berhasiat dan bermanfaat baik untuk tubuh. Apalagi disaat pandemi sperti ini butuh asupan nutrisi untuk memperbaiki imun. Minuman instan jahe - sekoteng dari Mamikriting adalah pilihan yang tepat karena selain mempunyai banyak sekali manfaat rasanya juga sesuai dan bikin nagih!!!

Sebuah kiriman dibagikan oleh MAMI KRITING (@mamikriting) pada

 
Atau langsung aja deh checkout di shopee-nya Mami Kriting.  Siap dikirim ke seluruh Indonesia dengan aman dan sentosa. No melempem, no bocor, no tengik, karena produk dibuat tanpa bahan pengawet maka pesanan akan selalu fresh dan memiliki  jangka waktu kedaluwarsa. 

Tetap ngemil untuk kesehatan jiwa dan raga ya :) 

Memulihkan Stamina dan Nafsu Makan Anak Setelah Sakit

Tidak ada komentar

Dududuuuhhh... anak sakit itu memang bikin galau emaknya banget. Ya kasihan, nggak tega, ya juga lelah dan khawatir. Setelah sakitpun, masih menyisakan pembiasaan kembali selama pemulihan. Biasanya anak lemas setelah sembuh dari sakit, ditambah nafsu makannya belum kembali lahap seperti sebelumnya.  

anak lemas setelah sembuh dari sakit

Saya ngalamin banget nih waktu anak kedua habis dirawat di rumah sakit karena DB, pulang ke rumah anaknya masih belum terlalu antusias buat makan banyak. Maunya yang seger-seger aja, nggak lama kemudian bilang kenyang. Trus yang tadinya di rumah sakit teratur makan 3x sehari plus snack, nyampe rumah makan nasinya sehari sekali aja, itupun masih nasi lembek. Selebihnya tidur-tiduran aja selama beberapa hari berlangsung begitu terus. Gemeess banget kadang, ya gemes ini karena saking khawatirnya reinfeksi lagi, inginnya dia ngerti gitu kalo habis sakit kudu makan yang bener supaya bener-bener pulih dan sehat lagi. 

Tapi namanya nakanak yaa ... 

Kalau dipaksa malah nangis, kalo dibiarin nggak minta-minta makan. Di waktu-waktu kaya gini, harus putar otak tujuh keliling buat mengusahakan supaya anak mau makan normal lagi, menjamin asupannya terpenuhi sehingga imunitasnya terbangun dan kembali sehat total. Pernah tau istilah 'karugrag'? Itu bahasa Sunda yang kurang lebih bisa diartikan, sakit lagi sehabis sakit...alias reinfeksi, karena badan dan staminanya belum pulih betul tapi udah petakilan kesana kemari jadinya sakit lagi deh.

Akhirnya, buah cari info sana-sini dikombinasikan sama pengalaman, kira-kira pengalaman saya nanganin anak pasca sakit ini mungkin bisa membantu ibu-ibu untuk mengatasi anak lemas setelah sembuh dari sakit :

1. Perhatikan asupan gizi 

Okelah anak nggak mau makan nasi, tapi banyakin di protein terutama sayur dan buah. Kalau daging-dagingan mungkin anak masih males ngunyah, alternatifnya bisa dibuat gravy atau digiling. Usahakan makanan yang dimasak dengan baik, bukan makanan olahan atau instan. Sayur bening bayam, sayur daun kelor, sup ayam, jus jambu merah, mangga potong, telur rebus insyaallah membantu pemulihan tubuh dengan cepat. 

2. Cairan tubuh penting 

Air putih paling bagus. Sebaiknya nggak dikasih teh manis dulu kalo belum ada makanan yang masuk, biasanya orang tua Indonesia ya, obat dari segala apa-apa adalah teh anget, hahaha. Boleh dikasih teh manis kalo udah ada asupan sebelumnya, mendingan sih kasih lemon tea hangat pake jahe atau mint gitu. Selain itu boleh juga dikasih air kelapa atau minuman ion, yang penting tubuh dijaga agar tetap terhidrasi 

3. Istirahat cukup 

Biasanya ada juga nih anak yang saking girangnya udah bisa maen lagi, jadi maeeennn terus. Nah ini nih, harus ati-ati soalnya belum tentu tubuh udah betul-betul siap untuk banyak beraktivitas. Main-main di dalam rumah aja dulu, biasanya masih ada sisa obat bawaan yang harus diminum di rumah, nah rutinkan itu makan - minum obat - main sebentar - tidur. Tidur cukup 8 jam sehari ya. 

4. Batasi aktivitas 

Sebaiknya kalo ada les-lesan atau olahraga berenang, skateboard, lalala gitu jangan dulu diikutin, biarkan tubuh memulihkan dirinya terlebih dahulu. Sebentar aja bersabar, meski tetap boleh berolahraga tapi yang ringan-ringan aja kaya jalan pagi atau stretching berjemur di bawah matahari pagi. Paling bolos 1x pertemuan aja deh emaknya kudu ikhlas, haha. 

5. Jauhi stress 

Eh ini penting sih, terutama buat yang punya sodara kandung. Kalo bisa jauh-jauhin lah berantem selagi kondisi kaya gini. Anak ngalamin emosi dan sters juga berpengaruh pada kesehatannya. Jaga situasi rumah agar tetap tenang dan selow, dampingi anak yang habis sakit supaya nggak merasa sendirian yang nggak bisa main ke luar. 

Insyaallah butuh waktu 7-10 hari atau lebih cepat, anak udah pulih dan kembali ceria lagi seperti sedia kala. Kita udah bisa lebih tenang lagi tinggal menjaga daya tahan tubuhnya biar nggak sakit lagi atau merembet ke sodaranya yang lain sakit bergiliran (biasanya suka gitu, tuh). 

Perkara soal nafsu makannya yang menurun, kreatif-kreatifnya kita sih ya. Bisa bikin makanan dengan bentuk yang lucu-lucu, jangan kasih dulu makanan yang rasa dan bau yang tajam supaya nggak kaget perutnya, terus bisa mulai porsi kecil-kecil tapi sering, paling penting sih anaknya mau dulu makan, nggak apa-apalah misalkan tiga hari maunya telur terus, kan nggak 365 hari seperti itu toh. Nanti bisa dikejar lagi asupan lainnya saat nafsu makannya kembali normal.   

The last but not least, ibunya juga mesti sehat yaaa... Karena nggak jarang ibu ikutan begadang ngurusin anak sakit terus kesehatannya sendiri jadi ngedrop. Baik-baik jaga kesehatan kita sendiri deh, kalo anak sakit ada kita yang ngurus, tapi kalo kita sakit, anak-anak siapa yang ngurus? huhu. 

Sehat selalu semuanya!   

Aktivitas Malam Supaya Tidur Nyenyak

14 komentar

Saya termasuk yang gampang-gampang aja tidur, nggak butuh waktu lama dari bersiap dan berdoa sampe benar-benar merem. Tapi ada kalanya juga merasa sulit tidur, alasannya bisa lagi ada pikiran, badan capek atau lainnya. Katanya sih olahraga sebelum tidur bisa membantu buat menenangkan badan supaya tidur lebih nyenyak. Habis capek-capekan bisa langsung rebahan, gitu kan?  


Eh, emang boleh olahraga sebelum tidur? 

Hm, ada beberapa pendapat tentang melakukan olahraga sebelum tidur, katanya sih bisa mengacaukan jam tidur juga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh sehingga jadi susah tidur. Tapi sebenarnya asal olahraga yang dipilih nggak terlalu berat sih boleh-boleh aja. Sebuah studi di Journal of Sleep Research mengatakan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga sehat selama 35 menit sebelum tidur, tidurnya sama nyenyaknya dengan ketika mereka tidak olahraga. Jadi ya kalo ngantuk mah ngantuk aja, tetap akan tidur nyenyak. 

Kalo kaya gini jadi inget waktu masih di Jakarta, banyak teman-teman yang sering nge-gym sepulang kantor sambil nunggu jalanan nggak terlalu macet. Atau kalau sekarang yang lagi hits kan pada ngumpul olahraga malem-malem di Senayan tuh sambil cari jodoh, eh. 

Yang perlu diingat dari olahraga sebelum tidur adalah, intensitasnya light to moderate, artinya nggak yang berat-berat banget lah. Nggak angkat besi atau balap sepeda amat gitu, yaahh yang santai-santai aja macam yoga, berenang santai sekian lap, plank, jalan santai gitu macam tawaf di mal sepulang kerja, hahahaha nggak deng, yang ada high tension karena dompet bolong. Patut diperhatikan juga untuk memberi jeda waktu antara selesai olahraga dengan waktu tidur, best timenya sih setidaknya 1.5 jam sebelum tidur udah beres. Jeda waktu ini akan memberikan kesempatan buat tubuh merileks-kan diri. 

Jadi kagak boleh yaaa, maliihh ... habis olahraga brukkk langsung rebahan. 

So, olahraga sebelum tidur sah-sah saja dilakukan, biasanya kalau tubuh udah bergerak dan energi tersalurkan, habis itu mandi, badan segar dan enteng, lanjut tidur enak banget tuh, daripada lanjut makan indomie, yekaaan.  
 
Anyway, selain olahraga santai seperti di atas, ada juga hal-hal yang bisa membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas, antara lain: 
  1. Buat jadwal tidur yang konsisten
  2. Hindari gadget 30 menit sebelum tidur (walaahhh, ini susah banget lah buat drakorians kaya gue :') 
  3. Buat rutinitas yang menenangkan sebelum tidur, bisa nyalakan aromaterapi, meditasi, atau dengerin musik klasik 
  4. Kurangi polusi suara, seperti suara tv (babeh-babeh kudu tau ini gak boleh tidur depan tipi), atau suara lainnya yang bisa bikin otak terjaga dan tidak nyaman
  5. Posisi nyaman. Baik kasur yang empuk, atau selimut yang hangat 
  6. Hindari makan berat sebelum tidur. Martabak apa kabar T__T 
  7. Hindari alkohol, kafein, nikotin sebelum tidur
  8. Jangan boci terlalu lama
Tambahan dari saya, yang bikin tidur nyenyak itu adalah udah berhasil mengalahkan malas  untuk night skincare routine, daaann...udah kepikiran besok mau masak apa, hahaha. Emak-emak lyfe banget memang akuh, tapi benarlah bahwa saking autopilotnya emak-emak, sebelum tidurpun yang dipikirin besok masak apa, besok anak-anak bekal apa, seragam udah disetrika belum, dll ... Kasian memang ya, hehe. Tapi ya nggak apa-apa, kalau semua sudah terkendali dalam tidurpun tenang dan pules, bangun tidur bisa tersenyum karena semalam nggak lupa pake sleeping mask dan food preparation sudah bertengger manis di kulkas.  

Rutinitas apapun saat malam, baik itu olahraga sebelum tidur atau lainnya, sebaiknya memang bukan hal yang terlalu berat, bahkan makan juga nggak boleh berat-berat kan. Karena tubuh manusia didesain untuk istirahat saat malam. Apakah kamu night owl atau early bird, sangat penting untuk punya cukup tidur demi raga yang sehat dan jiwa yang stabil.