Menuju Indonesia Bebas Kusta

2 komentar
Jujur aja, kita sering menggunakan term “penyakit kusta” merujuk pada sesuatu yang harus dihindari, dijauhi, dikucilkan, karena bersifat menular, jorok, kotor, atau semacamnya. Padahal, apa sih yang benar-benar kita ketahui tentang penyakit kusta itu sendiri? Jangan-jangan, kusta-nya saja kita nggak tahu penampakannya seperti apa.

Ya, stigma seperti inilah yang sering membuat para penderita kusta dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat, Bahkan, aneka “katanya” tentang kusta ini masih beredar di masyarakat, semisal penyakit turun temurun, tidak bisa sembuh, sampai dianggap “penyakit ilmu hitam.”

Dengan tidak terinformasikannya dengan benar masyarakat kita mengenai kusta, membuat penanganan terhadap penyakit kusta sendiri itu banyak mengalami keterlambatan dan akhirnya belum musnah sama sekali.

Minggu lalu saya berkesempatan ikut workshop via Zoom dengan topik “Media yang Mengedukasi & Memberantas Stigma Kusta dan Disabilitas” yang masih serangkaian dengan talkshow “Melihat Potret Kusta di Indonesia.” Dari event ini, saya yang awam jadi lebih tahu mengenai penyakit yang juga disebut lepra ini.



Tentang Kusta

Nyatanya, Kusta merupakan penyakit menular (yang tidak mudah menular) dan bisa disembuhkan, tetapi jika terlambat ditemukan atau tidak diobati, kusta dapat menyebabkan disabilitas.

Kusta adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Penyakit ini biasa menyerang kulit dan syaraf tepi. Walaupun dikenal sebagai penyakit menular sebenarnya penyakit kusta hanya bisa ditularkan oleh penderita kusta yang belum berobat kepada orang lain dengan kontak yang lama melalui pernafasan.

Kusta masuk ke dalam kategori penyakit tropis terabaikan (neglected tropical disease) karena sudah ada sejak tahun 1400 sebelum masehi dan masih mengintai masyarakat hingga saat ini. Menurut data WHO, Indonesia menduduki peringkat 3 penyakit kusta terbanyak di dunia setelah India dan Brasil.

Penyebab utama kusta masih mewabah adalah terlambatnya penanganan akibat minimnya pengetahuan masyarakat tentang gejala kusta dan tingginya stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan kusta atau orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK). Hal ini membuat orang dengan gejala kusta enggan memeriksakan diri ke layanan kesehatan lebih dini.

Cara Penularan Kusta

Menurut survei Kementerian Kesehatan RI, angka penularan kusta tidak mudah naik seperti wabah yang mudah menular. Data menunjukkan, dari 100 orang terpapar kusta; 95 orang tidak terjangkit, 3 orang sembuh dengan sendirinya. Sedangkan 2 orang sisanya tertular dan perlu pengobatan. Sumber penularannya hanya pada penderita kusta tipe basah yang belum diobati.

Penyakit kusta terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Kusta kering atau PB (pausi basiler) yang ditandai dengan jumlah bercak kusta 1 hingga 5 dan kerusakan kurang dari 1 saraf tepi dan tidak ditemukan Basil Tahan Asam (BTA negatif) pada pemeriksaan kerusakan kulit.
  • Kusta basah atau MB (multi basiler) yang ditandai dengan jumlah bercak kusta lebih dari 5 atau kerusakan lebih dari 1 saraf tepi, atau ditemukan Basil Tahan Asam (BTA positif).
Obat-obatan yang ada harus diminum secara rutin (terus-menerus) dan tidak boleh terpotong. Karena dibutuhkan tekad dan kekonsistenan yang kuat bagi penderita dan suport dari orang terdekat agar pengobatan ini bisa terus berjalan hingga sembuh total.

Tanda dan Gejala Penyakit Kusta

  • Bercak atau kelainan kulit yang kemerah-merahan atau keputih-putihan di bagian tubuh.
  • Bintik yang tidak gatal.
  • Belang yang tidak berasa (tidak sakit).
  • Bercak yang tidak berkeringat atau tidak berambut.
  • Tanda Pada Syaraf
  • Rasa kesemutan dan nyeri pada anggota badan dan muka
  • Tidak ada rasa pada telapak tangan dan kaki.
  • Kelemahan otot pada tangan dan kaki
  • Luka pada telapak kaki yang sulit sembuh.
  • Kelopak mata tidak bisa menutup sempurna.

Cara Mencegah Kusta

Penyakit kusta ini adalah penyakit yang masa inkubasinya termasuk yang paling lama yaitu sekitar 2-5 tahun bahkan ada yang sampai 10 tahun.

Jadi, untuk antisipasi kita perlu tahu bagaimana cara mencegah penularannya:
  1. Segera obati penderita kusta.
  2. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.
  3. Sistem sanitasi dan sirkulasi rumah/tempat tinggal kita haruslah baik.
  4. Minum obat pencegahan bagi yang punya riwayat kontak erat dengan penderita

SUKA (Suara Untuk Kusta)

Pemerintah bekerja sama dengan NLR membuat campaign SUKA (Suara Untuk Kusta) di mana kegiatannya adalah edukasi awareness terhadap penyakit kusta di Indonesia

NLR adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang didirikan di Belanda pada tahun 1967 untuk menanggulangi kusta dan konsekuensinya di seluruh dunia dengan tiga pendekatan yaitu zero transmission (nihil penularan), zero disability (nihil disabilitas) dan zero exclusion (nihil eksklusi). Di Indonesia, NLR mulai bekerja tahun 1975 bersama pemerintah Republik Indonesia dengan tagline “Hingga kita bebas kusta”.

Untuk yang ingin menonton rekaman Talkshow Ruang Publik – Melihat Potret Kusta di Indonesia silakan disimak video di bawah ini.

Upaya Pencegahan Kusta Sejak Dini

  • Vaksinasi BCG pada bayi membantu mengurangi kemungkinan terkena kusta karena kuman kusta masih 1 keluarga dengan kuman TBC.
  • Segera berobat ke Puskesmas bila mengalami kelainan kulit berupa bercak mati rasa.
  • Cacat kusta dapat dicegah dengan minum obat dan periksa ke Puskesmas secara teratur.


- Penyakit Kusta hanya bisa ditularkan oleh penderita kusta yang tidak / belum minum obat kusta -

Sodexo Gift Pass, Solusi Belanja Mudah

Tidak ada komentar
Siapa sih yang nggak senang dengar kata voucher dan hadiah? Dua hal ini bikin mata (dan dompet tentunya) berbinar-binar karena membayangkan sesi belanja di mana saja dengan segala kemudahannya.

Maka jangan heran, giveaway yang hadiahnya voucher, baik untuk belanja atau makan tetap diburu sama banyak orang. Bahkan voucher tempat wisata yang dijajakan di jalan-jalan aja laku, apalagi voucher belanja yang bisa dipakai di banyak merchant

Auto jajan teroooss, yekaan ….

Sekarang juga kita nggak perlu bingung cari kado untuk teman yang ulang tahun atau kado melahirkan, nggak perlu takut salah beli, nggak usah risau dan galau, langsung belikan saja yang bersangkutan Sodexo Gift Pass, dan biarkan dia sendiri memilih hadiahnya langsung :)

Efektif dan tepat sasaran, bukan?

Berikan Hadiah Terbaik dengan Sodexo Gift Pass

sodexo gift pass
Voucher Sodexo Gift Pass

Nah, ini ada Sodexo Gift Pass, yaitu voucher hadiah nomor 1 di Indonesia dengan jaringan merchant yang luas dan memiliki beragam pilihan jasa dan produk. Penerima voucher tinggal memilih sendiri hadiah yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Praktis!

Sodexo Gift Pass ini juga tidak hanya dapat digunakan untuk personal saja, tapi bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memberikan hadiah, baik untuk karyawan, rekan bisnis atau pelanggan.

Kalau di perusahaan, kita bisa menggunakan Sodexo Gift Pass ini dalam rangka loyalty program untuk karyawan dengan tujuan motivasi atau penghargaan atas kerja keras mereka untuk perusahaan. Semacam pengabdian masa kerja atau prestasi tertentu gitu, dijamin karyawan pasti senang dan menambah loyalitas bekerjanya. Saya tahu ini, karena pernah meng-organize program serupa waktu kerja dulu.

Sedangkan pemberian hadiah voucher untuk rekan bisnis atau pelanggan, bertujuan untuk memupuk relasi atau hubungan baik untuk peluang kerja sama di lain waktu. Ini sangat efektif juga karena tidak perlu berhubungan dengan banyak vendor atau merchant, biarkan voucher Sodexo yang bekerja menghubungkan kita dengan para merchant tersebut.

Keuntungan Menggunakan Sodexo Gift Pass

  • Ada beragam pilihan hadiah.
  • Nominal pada voucher dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp500.000. Sodexo juga dapat mencetak angka-angka unik seperti Rp50.050 atau Rp88.888.
  • Voucher bisa di-customize dengan logo perusahaan atau nama penerima
  • Pilihan kategori merchant beragam mulai dari supermarket, restoran, department store, hotel, salon, hingga tour & travel.
  • Voucher Sodexo dapat digunakan di lebih dari 482 merchant dan 20.084 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Tidak membutuhkan banyak ruang ketika menyimpan voucher Sodexo dalam jumlah banyak.


Beli Voucher Sodexo Gift Pass

Pertama-tama, mari kita cek dulu di website Sodexo mengenai voucher hadiah/belanja ini. Di situ terdapat berbagai informasi tentang pembelian voucher, bergabung jadi merchant, dan lokasi merchant.

Untuk pembelian voucher bisa dilakukan lewat tiga cara, yaitu:
  1. Pesan online. Pemesanan mudah dan cepat melalui Official Store Sodexo di marketplace (Tokopedia, Shopee, dan Blibli). Pesanan dapat dikirimkan ke seluruh kota di Indonesia.
  2. Pembelian perusahaan. Di sini kita akan dihubungkan dengan tim penjualan dari Sodexo khusus untuk pembelian atas nama perusahaan.
  3. Kirim email. Jika belum yakin sama langkah-langkah pembelian, bisa kok kirim email ke customer service-nya dan tanya-tanya mengenai pembelian voucher.


Menggunakan Voucher Sodexo Gift Pass

Tidak usah khawatir, karena voucher Sodexo mudah digunakan dan diterima di berbagai merchant.

Petunjuk Penggunaan Voucher Sodexo:

  1. Voucher Sodexo hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi
  2. Tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai
  3. Tidak dapat ditukarkan dengan uang kembalian jika nilai transaksi kurang dari nilai nominal yang tertera pada voucher
  4. Pastikan voucher dalam keadaan baik (utuh, tidak basah, dan tidak terlipat)
  5. Hindari tindakan merobek, membuat lubang, menulis, membubuhkan staples, dan tindakan lainnya yang dapat merusak voucher
  6. Voucher hanya dapat digunakan di merchant-merchant yang terdaftar pada website Sodexo
  7. Sodexo tidak bertanggung jawab atas voucher yang hilang, rusak, dan yang telah habis masa berlakunya
  8. Selalu perhatikan masa berlaku voucher
  9. Merchant sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya


Di Mana Saja Bisa Menggunakan Voucher Sodexo?

Voucher Sodexo bisa digunakan di merchant yang sudah tergabung dalam jaringan Merchant Sodexo. Silahkan kunjungi Sodexo Merchant lalu pilih jenis voucher yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa setiap jenis voucher Sodexo memiliki jaringan merchant yang berbeda-beda. Ini dapat dilihat di bagian depan voucher untuk mengetahui punya kita itu jenis voucher Sodexo apa.

Tentang Sodexo

Sodexo adalah bagian dari Sodexo Group, yang merupakan perusahaan layanan jasa di tempat. Adapun layanan yang diberikan berupa jasa penyedia makanan, jasa pengelolaan fasilitas, jasa tempat kerja, dan teknis serta benefits and rewards services.

Sodexo menawarkan 3 jenis Voucher, yaitu :

Gift Pass, solusi untuk penyediaan hadiah perusahaan, baik untuk karyawan, rekan bisnis, atau pelanggan.

ePass, yaitu voucher hadiah elektronik yang dapat digunakan di banyak situs belanja online dan gerai toko offline seluruh Indonesia.

Food Pass, voucher makan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan mereka sebagai bentuk manfaat Sumber Daya Manusia. Penerima voucher dapat menggunakannya mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran dekat kantor.

Daftar Harga Cokelat Merek Colatta

Tidak ada komentar
TokoWahab adalah tempat terbaik bagi yang membutuhkan berbagai bahan kue. Bagi Anda yang ingin membeli bahan kue baik untuk keperluan pribadi ataupun usaha kue bisa untuk mendapatkannya di TokoWahab dan bisa dibeli secara online. Di sana, terdapat berbagai pilihan bahan kue yang lengkap mulai dari tepung, gelatin, perasa dan pewangi, gula, glaze, coklat, mentega, margarin, keju, susu, tepung, dan juga berbagai bahan lainnya.

Salah satu bahan yang bisa dipilih di tempat ini adalah coklat yang bisa digunakan sebagai bahan dasar hingga hiasan untuk berbagai makanan dan minuman. Nah, sebelum membeli, kita bisa memilih produk cokelat dengan pertimbangan penting seperti berikut ini.

Tips Memilih Cokelat 

1. Tips pertama adalah dengan memilih cokelat dari jenis yang dipunyai. Tersedia beberapa jenis cokelat yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya ada cokelat batangan atau blok yang digunakan untuk bahan utama kue. Ada juga jenis cokelat bubuk yang bisa digunakan untuk bahan kue. Ada juga cokelat chip dan cokelat meses yang bisa digunakan untuk topping bahan makanan dan minuman. Terakhir ada juga cokelat lapis yang bisa digunakan sebagai hiasan.

2. Tips selanjutnya bisa memilih cokelat dari rasa yang ditawarkan. Anda bisa memilih rasa cokelat yang manis, sedikit pahit, hingga milky yang mempunyai campuran rasa susu.

3. Terakhir adalah dengan memilih merek cokelat yang akan dibeli.

Salah satu yang umumnya banyak tersedia dalam banyak varian di toko bahan kue adalah mentega dan cokelat. Beberapa merek mentega dan coklat yang bisa dipilih langsung di toko bahan kue akan mempengaruhi beberapa hal. Mulai dari rasa yang ditawarkan, kualitas cokelat yang bisa didapatkan, komposisi atau bahan yang digunakan untuk cokelat tersebut, hingga harga yang ditawarkan. Sehingga hal tersebut bisa menjadi pertimbangan penting untuk memilih merek cokelat yang sesuai dengan kebutuhan.

harga cokelat colatta
Salah satu merek cokelat yang tersedia adalah Colatta yang menawarkan pilihan seperti berikut ini
  1. Colatta dark compound 24x250 gram harganya 400 ribuan
  2. Colatta dark compound 12x1 kg harganya 550 ribuan.
  3. Colatta milk compound 12x1 kg harganya 590 ribuan
  4. Colatta white compound 12x1 kg harganya 630 ribuan.
  5. Colatta pastry 4x5 kg harganya 750 ribuan.
Nah, untuk kualitas Colatta sendiri sudah tidak diragukan lagi karena terjamin hasilnya memuaskan dan mudah untuk diolah kembali menjadi aneka makanan sesuai keinginan. 

Mumpung masih 20 hari lagi lebaran, yuk segera amankan bahan kuenya! 

Berikut Ini Tips Memilih Pakaian Muslim Pria

Tidak ada komentar
Dari waktu ke waktu, fashion pria memang selalu berkembang. Fashion pria sendiri bisa dibedakan menurut kegunaannya. Misalnya untuk beribadah, ada fashion tersendiri yang dapat digunakan, salah satunya pakaian muslim. Pakaian muslim pria untuk beribadah pun sangat beragam, mulai dari baju koko, kemeja, sarung, hingga jubah atau gamis.

Tips Memilih Pakaian Muslim Pria 

memilih pakaian muslim pria
Terlepas dari jenis pakaiannya, sebaiknya Anda mengetahui tips memiliki pakaian muslim terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasannya di bawah ini!

Tidak Transparan dan Menutup Aurat

Dalam memilih pakaian muslim pria, disarankan memilih baju muslim dengan bahan kain yang tidak transparan atau terlalu tipis. Hal ini bertujuan untuk menjaga tujuan utama dari pakaian yakni menutup aurat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa aurat seorang pria adalah bagian tubuh yang berada di antara pusar hingga lutut, sehingga harus dipastikan baju yang Anda pilih adalah baju yang bisa menutupi anggota tubuh yang tadi sudah disebutkan.

Padukan Dengan Bawahan

Memakai pakaian muslim bukan berarti tidak bisa tampil modis. Untuk penampilan yang lebih fashionable, Anda bisa bisa coba memadukannya dengan celana yang moderen. Tidak harus kain, Anda juga bisa memakai celana jeans sebagai paduannya yang sopan dan menutup aurat. Untuk acara formal, maka pilhlah celana kain yang sesuai dengan baju muslim yang anda kenakan.

Perhaikan Bahan Yang Digunakan

Selain untuk menutupi aurat, pastikan juga bahwa baju yang digunakan tersebut terbuat dari bahan kain yang nyaman. Jangan sampai baju yang digunakan tersebut membuat Anda merasa gerah atau gatal-gatal. Dan pastikan bahwa baju tersebut bukan terbuat dari bahan kain sutra, karena dalam Islam seorang pria tidak boleh menggunakan kain sutera. Karena kain sutera hanya diperuntukkan bagi kaum wanita saja.

Motif Baju

Dalam hal ini pastikan motif yang terdapat pada kain sesuai dengan selera Anda. Selain itu, pastikan bahwa motif tersebut tidak bertentangan dengan Syariat Islam, misalnya motif simbol-simbol agama lain, makhluk hidup, dan lain sebagainya. Dan pastikan baju yang Anda gunakan tidak ada tulisan atau gambar, terutama pada bagian belakangnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pada saat baju tersebut digunakan sholat berjamaah. Karena kalau ada gambar atau tulisannya, terutama di bagian belakang, bisa mengganggu konsentrasi orang lain yang melihatnya pada saat melakukan sholat berjamaah.

Perhatikan Postur Tubuh

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah postur tubuh. Ini dilakukan agar jangan sampai baju muslim yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Misalnya, baju muslim untuk orang dengan tubuh kurus tentunya memiliki perbedaan dengan orang yang bertubuh gemuk. Pria yang kurus lebih cocok menggunakan baju dengan motif berukuran besar dengan desain horizontal. Sedangkan bagi pria gemuk lebih pas jika menggunakan motif berukuran kecil dengan desain vertikal. Dengan menyesuaikan motif baju dengan postur tubuh Anda, tentunya akan membuat lebih percaya diri dalam menggunakannya.

Perhatikan Kebutuhan Baju

Pilihlah pakaian muslim yang disesuaikan dengan agenda yang diikuti. Baju untuk kegiatan formal tentu saja akan berbeda dengan baju yang digunakan untuk sehari-hari. Dalam hal ini, baju untuk digunakan acara formal sebaiknya memilih motif yang bisa terlihat elegan dan mewah. Sedangkan baju untuk sehari-hari, pilihlah motif yang sederhana saja.

Hindari Desain Yang Terlalu Mencolok

Ketika hendak akan mengenakan baju muslim, pertimbangkan juga dampak sosialnya di lingkungan tempat tinggal. Jangan sampai ada kesan terjadinya ketimpangan sosial yang begitu mencolok di tengah masyarakat. Untuk itu , pastikan model baju muslim yang Anda gunakan tersebut tidak terlalu mencolok yang bisa menimbulkan kecemburuan sosial.

7 Fakta yang Tidak Mengejutkan Tentang Aku

1 komentar
Ahahai, ini judulnya udah kaya On The Spot versi narsis yaaa... Fakta tentang aku, tentang dia, tentang kami, emangnya siapa sih yang benar-benar ingin tahu soal orang lain? Nyatanya, kita sendiri yang suka sibuk cari-cari identitas diri, dan orang lain tinggal  judging  eh mendefinisikan kita sesuai apa yang mereka lihat. 

Blogger Perempuan

Baiklah, kita mulai saja pembeberan fakta ini yaahh.. check it out!! 

1. Nggak suka dipanggil "rela", meski itu cuman kesalahan, typo, atau memang sengaja. Hihi. Orang-orang yang bikin jokes tentang nama saya sesungguhnya ya orang-orang yang nggak gitu kenal baik sih. Karena kalau benar-benar kenal, mereka pasti tahu spelling yang benar penulisan nama saya. 

Sounds rewel? Enggak lah ya. Yakin deh orang-orang juga suka sebel kalau penulisan namanya keliru, ya nggak? hehehe. 
 
2. Cadel loh aslinyaaa.. Tapi saya berusaha supaya nggak jadi bahan ejekan, hehe. Yuno lah, di dunia yang kezi ini, ada beda dikit aja jadi masalah .

3. Tinggiku nggak sampe 150 cm, wakaakkkk.. 

4. Suka warna biru, eh hijau, eh biru.. eh hijau sih.. eh apalah. Biru-hijau itu warna apaa deh. Tapi balik lagi, warna-warna baju yang disukai adalah warna monokrom, karena nggak pede pakai baju warna terang. 

5. Meski ada horor yang lebih horor, paling horor adalah membayangkan Sadako merangkak keluar dari dalam tv. Itulah kenapa tv mati menjadi sangat menyeramkan.

Eh, juga cermin! 

6. Anak radio tahun 2000an. Pernah ikut seleksi jadi penyiar radio tapi nggak lolos karena ngomongnya kecepetan. 

7. Ngeblog udah 11 tahun tapi baru ngerti urusan daleman blog setelah tahun ke 10. Salah siape? 

Fakta-fakta ini nggak mengejutkan ya, karena udah sering juga disinggung-singgung di beberapa postingan. Tapi tetap harus diabadikan dalam tulisan dong, biar terdokumentasikan :)