Berikut Ini Tips Memilih Pakaian Muslim Pria

Tidak ada komentar
Dari waktu ke waktu, fashion pria memang selalu berkembang. Fashion pria sendiri bisa dibedakan menurut kegunaannya. Misalnya untuk beribadah, ada fashion tersendiri yang dapat digunakan, salah satunya pakaian muslim. Pakaian muslim pria untuk beribadah pun sangat beragam, mulai dari baju koko, kemeja, sarung, hingga jubah atau gamis.

Tips Memilih Pakaian Muslim Pria 

memilih pakaian muslim pria
Terlepas dari jenis pakaiannya, sebaiknya Anda mengetahui tips memiliki pakaian muslim terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasannya di bawah ini!

Tidak Transparan dan Menutup Aurat

Dalam memilih pakaian muslim pria, disarankan memilih baju muslim dengan bahan kain yang tidak transparan atau terlalu tipis. Hal ini bertujuan untuk menjaga tujuan utama dari pakaian yakni menutup aurat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa aurat seorang pria adalah bagian tubuh yang berada di antara pusar hingga lutut, sehingga harus dipastikan baju yang Anda pilih adalah baju yang bisa menutupi anggota tubuh yang tadi sudah disebutkan.

Padukan Dengan Bawahan

Memakai pakaian muslim bukan berarti tidak bisa tampil modis. Untuk penampilan yang lebih fashionable, Anda bisa bisa coba memadukannya dengan celana yang moderen. Tidak harus kain, Anda juga bisa memakai celana jeans sebagai paduannya yang sopan dan menutup aurat. Untuk acara formal, maka pilhlah celana kain yang sesuai dengan baju muslim yang anda kenakan.

Perhaikan Bahan Yang Digunakan

Selain untuk menutupi aurat, pastikan juga bahwa baju yang digunakan tersebut terbuat dari bahan kain yang nyaman. Jangan sampai baju yang digunakan tersebut membuat Anda merasa gerah atau gatal-gatal. Dan pastikan bahwa baju tersebut bukan terbuat dari bahan kain sutra, karena dalam Islam seorang pria tidak boleh menggunakan kain sutera. Karena kain sutera hanya diperuntukkan bagi kaum wanita saja.

Motif Baju

Dalam hal ini pastikan motif yang terdapat pada kain sesuai dengan selera Anda. Selain itu, pastikan bahwa motif tersebut tidak bertentangan dengan Syariat Islam, misalnya motif simbol-simbol agama lain, makhluk hidup, dan lain sebagainya. Dan pastikan baju yang Anda gunakan tidak ada tulisan atau gambar, terutama pada bagian belakangnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pada saat baju tersebut digunakan sholat berjamaah. Karena kalau ada gambar atau tulisannya, terutama di bagian belakang, bisa mengganggu konsentrasi orang lain yang melihatnya pada saat melakukan sholat berjamaah.

Perhatikan Postur Tubuh

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah postur tubuh. Ini dilakukan agar jangan sampai baju muslim yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Misalnya, baju muslim untuk orang dengan tubuh kurus tentunya memiliki perbedaan dengan orang yang bertubuh gemuk. Pria yang kurus lebih cocok menggunakan baju dengan motif berukuran besar dengan desain horizontal. Sedangkan bagi pria gemuk lebih pas jika menggunakan motif berukuran kecil dengan desain vertikal. Dengan menyesuaikan motif baju dengan postur tubuh Anda, tentunya akan membuat lebih percaya diri dalam menggunakannya.

Perhatikan Kebutuhan Baju

Pilihlah pakaian muslim yang disesuaikan dengan agenda yang diikuti. Baju untuk kegiatan formal tentu saja akan berbeda dengan baju yang digunakan untuk sehari-hari. Dalam hal ini, baju untuk digunakan acara formal sebaiknya memilih motif yang bisa terlihat elegan dan mewah. Sedangkan baju untuk sehari-hari, pilihlah motif yang sederhana saja.

Hindari Desain Yang Terlalu Mencolok

Ketika hendak akan mengenakan baju muslim, pertimbangkan juga dampak sosialnya di lingkungan tempat tinggal. Jangan sampai ada kesan terjadinya ketimpangan sosial yang begitu mencolok di tengah masyarakat. Untuk itu , pastikan model baju muslim yang Anda gunakan tersebut tidak terlalu mencolok yang bisa menimbulkan kecemburuan sosial.

Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^