[Review Drakor] The World of the Married (ost)

1 komentar

The World of the Married, atau The World of Marriage Couple, adalah drakor fenomenal 2020. Semuanya pas. Pas momen di rumah aja, pas temanya pelakor, pas banget favorit penonton Indonesia. Thanks to JTBC. Habis drama keren Itaewon Class, digempur langsung sama drama rumah tangga sensasional. Daebaakk! 

Karena review dan spoiler hardcore sudah bertebaran di mana-mana, saya nggak mau bahas lagi. Udah lewat ye cin, gue aja yang telat. Saking hebohnya saat on going, dibicarakan di mana-mana, ya forum drakor, forum nonton gratisan, sampe Komunitas Bisa Menulis ampir tiap minggu ada angkat jadi bahasan. Sampe muntah-muntah, kalo kata Jupe. 

Eng, nganu... saya bahas lagu soundtrack dan backsoundnya aja yah. Karena, seperti drama sebelum ini (beneran deh JTBC bersinar taun ini), kumpulan OST Itaewon Class juga lagunya bagus-bagus. Nah, TWOM juga punya kumpulan lagu pengiring yang bikin suasana drama tambah deramaahh...

Yes, soundtrack dalam serial atau film merupakan elemen penting pendukung suasana sebuah adegan dalam cerita. Tanpa soundtrack, tayangan jadi terasa hambar tanpa kesan. Begitu pula dengan bakcsound, yang punya peran penting dalam penggambaran situasi, perasaan maupun pemikiran tokohnya. Visualisasi adegan didukung dengan instrumen audio yang pas, mewakili cerita yang disampaikan tanpa banyak berkata-kata. Salut buat penata musik drama The World of the Married ini, apiik banget nempatin dukungan melodi di setiap adegan-adegannya. 

soundtrack the world of the married
pasti inget banget kan scene yang paling menegangkan ini? :) 

Jadi setuju kan ya, kalo kita seringkali kebawa tegang, kebawa sedih, kebawa kesel karena musik yang dimainkan? :D 

Begitu pula lagu-lagu yang mengiringi kisah pilu rumah tangga Bu Dok Ji Sun Woo dengan mantan suaminya Lee Tae Oh, bikin hati penonton makin teriris-iris serasa dikucuri jeruk nipis. Terutama di adegan-adegan yang mengaduk-aduk perasaan, contohnya saat dia menceburkan diri ke laut, lantunan A Loneliness Voyage makin menusukkan perih di hati yang luka, siapalah yang kuat hati seperti budok, setegar itupun ada keinginan buat menghilang ditelan bumi... 

Aaahhh, aahhhh....haaaaa aaahh aaahh... *meweeekk*


Tapi kemudian setelah scene dramatis ini music scoring jadi adem, ketika Kim Yoon Ki datang sebagai penyelamat gundah hati emak-emak, eh Sun Woo (ya budok juga emak-emak kaann...) 

Begitu dahsyat efek musik dalam cerita. Seringkali sebuah lagu soundtrack mengingatkan kita pada adegan atau setting tertentu. Bahkan soundtrack dan backsound drama ini nggak kaya cuman musik latar saking menyatunya setiap alunan dalam cerita. 

Bahkan tak jarang kalo di Korea, si aktor/aktrisnya juga bisa menyanyikan lagu soundtrack drama yang dimainkannya. Kedua bisnispun saling mendukung.  

Berikut 5 soundtrack dan backsound yang ada di The World of the Married yang terkadang menyebalkan tapi terngiang-ngiang terus di telinga saya :)) 

1. Farewell in Tears (Hu Gak) - eps 5


Ini lagu manis sebenernya. Diputer saat pemotretan keluarga buat foto dinding itu. Tapi jadi perih karena dipake juga sama Tae Oh dan si Keong saat balik ke Gosan. Cuman instrumennya aja sebenernya udah bikin sedih... Same energy with waktu Da Kyeong nemuin hape rahasianya Tae Oh, aaakkkk....jleb jleb jleb.  

2. The Day We Love (Baek Ji Young) - eps 6 



Gimana dong, ini lagunya bagus kan romantis. Tapi diputer pas lagi sendu-sendunya, hancur-hancurnya ...  there is no you in my memory... 

3. Sad (Sonnet Son) eps 3 


Ini lagu mejik yaaahh. 
Langsung bisa bawa aura  gelap, sakit, tapi powerful. Ji Sun Woo banget, aigooo. 

4. Lonely Voyager (Kim Yoon Ah) - eps 1


Sejak lagu ini muncul di eps 1, langsung tergambar semua rasa dalam drama ini. Lara, haru, kehilangan, rasa sakit, kesedihan mendalam, dan perihnya pengkhianatan.

Hatiku terluka aku tak bisa untuk menahannya. Kegelapan yang semakin dalam mencoba menelanku.

Sampe waktu belanja ke toko perabot aja backsoundnya lagu ini dong, gimana gak autodrop mood belanja saya, hahahaha. 

5. The Backsounds 

Adegan testpack garis dua... 
Adegan Joon Young kabur... 
Adegan pas buka handphone Tae Oh dan muncul foto si pelakor... 
Adegan Hyun Mi dikejar-kejar In Kyu di stasiun Gosan... 
Adegan Da Kyung lihat handphone rahasia Tae Oh...

Silakaaan diingat-ingat lagi, musik apa pas adegan apa, hahahaah. Merindiiinggg... 


Anyway, bagian instrumen violin, stylenya mengingatkan saya sama soundtracknya Sherlock Holmes edisi RDJ - Jude Law. Full album isinya instrumen semua dengan melodi violin ala tahun 1800an.  

My Only One (Sting) - bonus 

Ini sebenernya bukan ost hahahaha, tapi saya mau bahas soalnya bikin pengen lempar batu ke kaca mobilnya Da Kyung. Siapa yang tiba-tiba merasa jijik inget adegan dalam mobil saat berduka? Hahahaha...kuingin meruntuk, tapi udah lewat. 


Om Sting mungkin nggak nyangka lagunya bakal dipake drakor perselingkuhan, tapi dengan ini orang jadi langsung ngeh "lagunya si Tae Oh buat ngemodus yah" :)) 

So far, dengerin sealbum lagunya enak-enak semua sih. Yaa gitu yaa, mungkin kalo gak pake sambil nonton gak terlalu berasa feelnya. Tapi atas nama solidaritas perkumpulan emak-emak non Gosan, tiap kali denger lagu sambil inget adegan ceritanya, rasanya pengen tak hiiihhh >.< 

1 komentar

  1. Bagus ini ceritanya.
    Tapi kalau selingkuhannya cantik dan muda gitu sepertinya saya juga gak sanggup

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^