Cara Menaikkan Domain Authority Blog Untuk Pemula

by - Mei 31, 2020

cara menaikkan DA blog

Menurut Moz.com, Domain Authority (DA) adalah ukuran kepercayaan sebuah blog atau web berupa skor/nilai dari 1-100. Nilai itu berasal dari rangking pencarian yang melibatkan beragam faktor yang ditentukan oleh MOZ sebagai pengukur kriteria. Semakin tinggi nilai Domain Authority, maka performa dan tingkat kepercayaan sebuah blog semakin baik. Ada banyak cara menaikkan Domain Authority yang sebagian akan saya bahas di artikel ini. 

Selama bulan Mei kemarin saya ikutan kelas 30 Hari Menaikkan Domain Authority dengan coach mas Irwin dari Tangerang Digital, dan mas Pewe. Duet maut coach ini beneran deh, mantul. Teman-teman, kalau kedua master ini buka kelas 30 Hari Menaikkan Domain Authority lagi mening segera ikut, seriusan. Ilmu yang dibagi, meski dikate baru kulitnya, tapi ampun nggak kaleng-kaleng. Bersyukur banget bisa jadi salah satu dari 30 murid di kelas ini, meski termasuk murid di barisan belakang wkwkwk. Siapa coba yang nggak ingin menaikkan DA blog yang mentok di angka 10 terus berbulan-bulan. Harapannya sih, selama 30 hari ini bisa berhasil menaikkan DA blog mencapai 15. 

Lalu apa saya berhasil? Nanti kita cerita tentang ini belakangan.

Saya mau berbagi wawasan dulu dari apa yang saya dapat di kelas ini, yaitu cara menaikkan Domain Authority blog dengan menerapkan SEO on page dan off page. Sebelumnya, mari kita mulai dari pertanyaan seberapa penting SEO dalam blog kita? jawabannya, PENTING banget! 

Kenapa? karena tanpa SEO blog kita akan mengambang begitu saja, jalan sendiri tak tentu arah. Tak terdaftar, tak tersampaikan ke publik yang lebih luas. Sekadar punya-punyaan aja. Ini mungkin cocok buat blog yang isinya curhat hardcore, tapi bagi yang ingin blognya bisa memberi manfaat dan dibaca lebih banyak orang, better belajar SEO dikit-dikit, lama-lama jadi bukit. 

Pertama, kita cek dulu kesehatan blog kita di SEO Optimer. 


Ini nilai kesehatan blog saya di awal kelas, sungguh kuterpuruk.


Tolong lihat nilai SEOnya, memprihatinkan :(

Ternyata, menulis blog tak sekadar menulis saja. Ada yang perlu diurus selain konten, dan ini yang selama ini saya abaikan karena mumet. 

Berangkat dari situ, saya membuat beberapa catatan singkat, begini langkah-langkah cara menaikkan Domain Authority blog; 

1. Kenali platform blog yang digunakan 
Selama ini saya cuman tau dua platform blogging yang sering dipakai, wordpress dan blogspot. Beberapa merekomendasikan pakai wordpress karena banyak plug in yang mendukung dan memudahkan SEO, tapi ini terserah sih. Saya pribadi memutuskan tetap pakai blogspot dulu aja, sampe ngerti beginian dan masih sayang blog yang sudah berumur ini, hihi.  

2. Rajin periksa performa blog 
Salah satu tools yang bisa digunakan adalah MOZ, yang juga sering dipakai jadi acuan sebagian besar agency untuk menilai suatu performa blog. Dengan menganalisa blog kita di Moz, kita jadi tahu permasalahan apa yang menyebabkan DA sulit naik atau masalah-masalah lain yang terjadi di dalam blog kita. Jangan kaget kalo jeroan blog kita diedel-edel sama MOZ, ketauan banyak brobroknya, eh ini sih blog saya aja yang amburadul.

3. Pasang Google Analytics dan Google Search Console 
Ini sulit dijelaskan, haha. Dicari ajalah ya, masih bawaannya Google. Intinya selain via dashboard blog, di sini kita bisa lihat traffic dan demografi visitor, page view postingan dan seberapa luas cakupan blog kita. 

4. Terapkan SEO on page dan off page. 

a. SEO On Page 
Yaitu optimasi halaman atau konten blog agar masuk ke mesin penelusuran (search engine), dan mendapat tempat di halaman 1 atau 2 hasil penelusuran. 

Ada 18 parameter yang harus diperhatikan dalam penerapan SEO on page ini, antara lain:
1. Riset dan distribusi keyword dalam tulisan 
2. Jumlah kata dalam tulisan minimal 600 (ini berkaitan dengan persaingan dengan mayoritas blog kompetitor) 
3. Link internal dan eksternal di dalam tulisan
4. Share di sosmed untuk menambah social signal 
5. Gunakan Google Search Console untuk memastikan artikel sudah masuk di indeks penelusuran Google 

b. SEO Off Page 
Berupa penyebaran atau penanaman link blog kita di situs-situs yang berperforma baik dan memiliki DA tinggi, istilahnya blog kita ikut terkatrol berkat menaruh link di dalamnya. Bagaimana kita bisa tahu website mana saja yang DA nya tinggi? Ada toolsnya untuk mengecek secara otomatis menampilkan skor website tersebut. 

5. Rutin menulis 
Ini yhaaa... konsisten is the key. Mengisi blog setidaknya sepekan sekali atau lebih bisa jadi salah satu cara menaikkan Domain Authority. Kemungkinan blog kita terbaca oleh mesin penelusuran lebih besar karena kita punya banyak aneka keyword di dalam blog.  

Nah, sekian tips cara menaikkan Domain Authority, gimana? Cukup ngelu

Anyway, alhamdulillah, setelah 30 hari blog saya masih istiqomah di 10 juga ini...wkwkwk, sebulan belajar SEO dari nol banget memang effortnya harus lebih...merangkak sangat lambat. 

Ada permasalahan, ada keribetan, ada keputusasaan, ada semangat, ada tekad. Apalagi waktu menganalisis MOZ, omg ... tenggak Panadol 3x sehari. Yang tadinya ikut kelas untuk mengisi waktu selagi puasa, sepertinya kelas ini nggak cocok buat sampingan. Nyesel banget terlalu banyak distraksi sampe sulit fokus.

Usaha memang nggak akan mengkhianati hasil, teman-teman sekelas yang berhasil fokus dan tekun praktik ilmunya pasti menuai kenaikan DA yang signifikan. 

Yup, dapat kesempatan belajar SEO gratis dari masternya nggak boleh disia-siakan, harus terus maju walaupun perlahan. Untung coachnya sabar banget, kalo di kelas lain entahlah mungkin saya udah di-DO hiks. 

Semoga tulisan ini sedikitnya bermanfaat buat teman-teman yang mencari cara menaikkan Domain Authority blog. 

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah pengin nih belajar naikin DA..

    BalasHapus
  2. Kalau istiqomah apdet blog, bisa naik kan Rel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti rutin di jadwal yang sama nggak sih? misal tiap senin ada postingan tayang ato gimana? wkwkw malah balik nanya.

      Hapus
  3. waduuuh gak naik juga ya DA nya ? semangat lagi ya kak, setidaknya kan sudah dpat ilmunya, tinggal diingat ingat lagi teori yang didapat... aku pun baru mau ikutan di gel 2 ni,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tekun dan serius pasti naik kok, yang lain juga pada naik. Saya aja yang enggak >.<

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen