Lebih Bahaya Vape atau Rokok? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Tidak ada komentar
Karena ada adik dari Bandung yang liburan akhir tahun ke sini, saya ajak lah dese nongkrong-nongkrong di kafe anak muda. Yamaklum ya, adik saya 15 tahun lebih muda daripada saya, jadi nggak asik kalo saya ajak ngasuh ke playground, hahahah. 

Minusnya kafe anak muda kekinian tuh, banyak banget yang sebal-sebul sana-sini. Meski bukan asap rokok klasik yang bau khas tembakau itu, asap vape juga sama menyebalkannya bagi saya. 


Memang sih, kehadiran vape berhasil menggeser dominasi rokok dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang beranggapan bahwa vape lebih aman daripada rokok. Padahal, perdebatan lain tentang lebih bahaya vape atau rokok juga tak kunjung selesai. Lagi pula, pasti masih banyak orang yang bingung bila mendapat pertanyaan tentang lebih bahaya vape atau rokok? Ada yang jawab rokok, ada yang jawab vape atau malah bingung dewe. 

Kalau ingin tahu lebih bahaya vape atau rokok, coba simak deh ulasan informasi lengkap berikut ini... 

Mengenal Kandungan Rokok 


Rokok bukanlah produk yang asing di tanah air. Bahkan, ada puluhan bahkan ratusan merek rokok yang beredar di Indonesia. Namun, apa kamu tahu bahwa rokok mengandung beberapa senyawa ini? 

· Nikotin: Senyawa candu yang satu ini membuat orang ketagihan merokok. Nikotin bisa mencapai otak dalam kurun waktu 15 detik setelah dihirup. 

· Tar: Tar adalah senyawa yang muncul ketika rokok dihirup. Biasanya tar akan tertinggal di paru-paru dan meninggalkan bercak kecokelatan yang rentan menyebabkan kanker. 

· Asetaldehida: senyawa ini merupakan karsinogen (pemicu kanker) yang sering digunakan pada lem. 

· Arsenik: banyak ditemukan pada racun tikus dan pestisida serta terdapat juga dalam asap rokok. 

· Aseton: senyawa yang digunakan untuk menghapus cat kuku ini rentan menyebabkan kerusakan hati dan ginjal dalam jangka panjang. 

· Benzene: benzene yang masih ke tubuh manusia dapat mengganggu sistem reproduksi dan menurunkan jumlah sel darah merah. 

· Kadmium: senyawa ini sering digunakan untuk melapisi logam dan bahan baku baterai. Kadmium yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan kerusakan otak, ginjal, dan hati. 

· Acrolein: bahan yang terdapat dalam gas air mata ini bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan atas dan rentan menjadi karsinogen. 

Selain beberapa kandungan tersebut, tentu masih banyak kandungan berbahaya lainnya yang terdapat pada rokok. 

Mengenal Kandungan Vape 


Jika banyak orang sudah mengenal kandungan rokok, lain halnya dengan vape. Beberapa zat dalam vape ini rupanya justru belum banyak diketahui orang: 

· Nikotin: sama seperti rokok, vape juga mengandung nikotin yang membuat penghirupnya jadi kecanduan. Nikotin bisa menyebabkan kerusakan otak remaja, gangguan kesehatan ibu dan janin. Penggunaan tabung vape bertekanan tinggi membuat kadar nikotin yang masuk ke tubuh semakin banyak sehingga orang yang mengonsumsinya semakin rentan kecanduan. 

· Volatile Organic Compounds (VOC): senyawa yang satu ini mirip dengan propen glikol yang biasanya digunakan untuk menghasilkan efek kabut di panggung. Pada kadar rendah, VOC bisa menyebabkan iritasi mata, paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Namun, pada kadar yang lebih tinggi, senyawa ini rentan merusak sistem saraf, hati, dan ginjal. 

· Formaldehyde: formaldehyde akan terbentuk ketika vape terlalu panas. Senyawa ini sering digunakan untuk proses pembuatan kayu lapis. Jika masuk ke dalam tubuh manusia, formaldehyde dapat merusak sistem pencernaan, paru-paru, dan kulit. 

· Propilen glycol: zat yang satu ini merupakan alkohol tak berwarna yang bisa menyebabkan iritasi mata, kantuk, atau sensasi pusing. 

· Bahan kimia perasa: zat-zat perasa yang digunakan dalam vape ternyata menunjukkan kandungan diacetyl. Diacetyl merupakan senyawa yang diduga sering menjadi pencetus penyakit paru-paru kronis, salah satunya adalah bronchiolitis obliterans. 

Jadi, Lebih Bahaya Vape atau Rokok? 


Belum ada penelitian kesehatan yang secara gamblang menyebutkan lebih bahaya vape atau rokok. Karena gangguan kesehatan tidak hanya bersumber dari konsumsi tembakau dalam rokok saja. Walaupun tidak mengandung rokok, nyatanya vape juga mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang rentan mengganggu kesehatan. Bahkan, ada beberapa bahan kimia dalam vape yang terbukti sama dengan kandungan rokok. 

Kendati demikian, laporan dari CDC - Centers for Disease for Control and Prevention memaparkan bukti tentang risiko vape yang mengakibatkan kerusakan paru-paru serius setelah dikonsumsi satu tahun. Bukti tersebut bersumber dari 200 pasien yang dirawat di rumah sakit dengan gejala kerusakan paru-paru akibat aktivitas mengonsumsi vape. Dampak negatif tersebut tentu patut mendapat sorotan khusus supaya tidak menimbulkan lebih banyak korban. 

Jadi, ketimbang hanya bertanya-tanya tentang lebih bahaya vape atau rokok,  sebaiknya hindari aja konsumsi dua jenis produk tersebut mulai sekarang. 

Selain untuk menjaga kesehatan, tidak mengonsumsi beginian juga bisa menghemat pengeluaran. Uang untuk membeli vape atau rokok sebaiknya dialokasikan untuk kebutuhan lain. Sehingga kamu akan lebih sehat dan terbebas dari gangguan finansial akibat kecanduan rokok atau vape. https://www.cekaja.com/info/efek-samping-rokok-elektrik-vape-yang-harus-kamu-waspadai

Tips Antrean Paspor untuk Anak Supaya Tak Bosan Karena Menunggu Lama

Tidak ada komentar



Ada yang liburan ini baru bikin paspor buat anak-anak? Gimana sih cara antisipasi antrean panjangnya itu? Beberapa bahkan sampai apply ke imigrasi kota lain karena di kota domisilinya penuh. 

Sistem antre paspor konvensional sering membuat orang menyerah dan akhirnya mengandalkan biro jasa, makin males kan apalagi kalo bawa anak. Namun jangan khawatir, antrean paspor modern kini lebih efisien karena bisa diurus secara online. 

Jika mau mendaftarkan antrean paspor untuk anak, kita harus mengetahui prosedurnya terlebih dahulu agar prosesnya berlangsung lancar. Jangan menggerutu dulu soal urusan antrean paspor untuk anak karena prosesnya tidak serumit yang kamu bayangkan.

Jika sudah mengetahui tips-tips tentang antrean paspor untuk anak berikut ini,  insyallah pasti nggak akan kesulitan menyelesaikan prosesnya di kantor imigrasi:

Menyiapkan Dokumen Penting untuk Syarat Paspor Anak


Sebelum bisa mengurus antrean paspor untuk anak, kita mesti menyiapkan beberapa dokumen penting terlebih dahulu sebagai syarat, yaitu:
  • · E-KTP ayah dan ibu (atau surat rekam E-KTP)
  • · Akta perkawinan atau buku nikah orang tua
  • · Akta kelahiran anak
  • · Kartu keluarga
  • · Surat kuasa bermeterai jika salah satu orang tua tidak bisa hadir
  • · Jika orang tua sudah bercerai, maka akta cerai dan surat hak asuh wajib dilampirkan
  • · Paspor orang tua yang masih berlaku (jika ada)
  • · Paspor anak yang sudah habis masa berlakunya (jika ada)
Jangan lupa, wajib memastikan bahwa tak ada dokumen yang terlewatkan agar proses pengurusan paspor anak berlangsung lancar.

Mendaftarkan Antrean Melalui Aplikasi atau Nomor WhatsApp


Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendaftar antrean melalui aplikasi smartphone atau nomor WhatsApp. Saat ini, setiap kantor cabang imigrasi menyiapkan nomor WhatsApp khusus untuk mendaftarkan antrean paspor. Sistem ini membuat proses antrean paspor untuk anak jadi lebih praktis dan efisien. 

Kita tinggal mendaftarkan pembuatan paspor anak melalui nomor WhatsApp. Sistem WhatsApp akan meminta informasi tentang anak, yaitu nama, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan beberapa informasi lainnya. Kalau proses pendaftaran sudah selesai, kita akan mendapatkan nomor antrean serta perkiraan jam antrean pada tanggal yang sudah ditentukan.

Datang Lebih Awal pada Tanggal Antrean yang Sudah Ditetapkan


Jangan sampaaaiii lupa dengan jadwal antrean paspor untuk anak setelah berhasil melakukan pendaftaran. Alangkah lebih baik jika bisa datang lebih awal ke kantor imigrasi, minimal setengah jam dari jadwal yang sudah ditentukan. Supaya nanti nomor antrean tidak terlewat ketika giliran dipanggil tiba. Patut juga mempertimbangkan risiko kemacetan yang bisa mengganggu proses antrean paspor anak. Berangkatlah lebih awal supaya tidak terjebak macet, terutama kalau rumah letaknya jauh dari kantor imigrasi (seperti sayaaa). 

Membawa Camilan dan Mainan Kesayangan Anak


Bukan rahasia lagi jika pada umumnya anak-anak mudah bosan dan cengeng saat menunggu. Apalagi jika harus menunggu antrean di kantor imigrasi. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya kita juga membawa camilan dan mainan kesayangan anak. Biarkan anak-anak bermain dan menikmati camilan selama proses mengantre masih berlangsung. Ajarkan si kecil untuk bersikap tenang agar tidak mengganggu pengunjung kantor imigrasi yang lain.

Oh, iya, jangan sampe lupa ... harus datang bersama pasangan bila masih berstatus suami istri (tidak bercerai). Karena proses pembuatan paspor anak memang melibatkan kedua orang tua. Barangkali di sana mau ngajak anak jalan-jalan di sekeliling kantor imigrasi, atau mau anter ke toilet, masih ada pasangan yang bisa menunggu daftar antrean.

Memastikan Anak Menggunakan Pakaian yang Tepat


Anak-anak juga harus berpakaian rapi saat membuat paspor. Karena pakaian tersebut juga akan digunakan untuk kepentingan pas foto paspor. Oleh karena itu, harus memastikan anak menggunakan pakaian yang tepat, yaitu atasan berkerah dengan warna selain putih (karena latar foto berwarna putih). Untuk mengantisipasi baju anak yang kotor terkena keringat atau makanan, sebaiknya juga membawa satu dua helai baju ganti. Bila antrean wawancara dan sesi foto anak akan segera tiba, pastikan bahwa si kecil sudah dalam kondisi rapi dan siap difoto.

Pengalaman mengurus antrean paspor untuk anak emang cukup mendebarkan kalau baru pertama kali melakukannya. Namun, tenang... nggak perlu terlalu khawatir. Sistem antrean yang praktis dan kehadiran para petugas akan membantu proses pengurusan paspor secara praktis, efisien, dan cepat.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera urus paspor anak-anak! https://www.cekaja.com/info/cara-membuat-paspor-untuk-anak-beserta-syarat-dan-biaya

Review Whiz Prime Hotel Malang, Tidur Nyenyak Hemat

1 komentar

Whiz!!! 


Adalah suara hembusan angin saat sesuatu melesat ke udara. Melejit, meningkat, meroket, apapun namanya, filosofi ini yang dipegang oleh grup Intiwhiz Hospitality Management, head grupnya Whiz Prime. Dengan mengusung nama brand Whiz untuk hotel dan residensial, harapannya dapat terus melaju meningkatkan pelayanan menjadi pilihan nomer satu untuk jasa hospitality di Indonesia. 


Whiz Prime Hotel Malang

Waktu menginjakkan kaki di hotel Whiz Prime Malang, kesan simple namun berkelas langsung kentara. Mulai dari interior lobi yang mungil namun cukup, tambah lagi waktu menyusuri lantainya satu per satu. Bukan yang avant-garde dengan ornamen-ornamen mewah memang, tapi Whiz Prime jelas punya gaya. 

Berlokasi di jalan utama dua arah yang sangat strategis, yaitu di Jalan Basuki Rahmat, posisi Whiz Prime Malang sangat menguntungkan bagi tamu maupun pihak-pihak yang berkunjung, dan tentu saja pelaku usahanya. Hotelnya mudah dicari, transportasi umum pun banyak seliweran lewat bagi tamu-tamu yang senang mingle dengan suasana kota.

Kuliner, stasiun, historical landmark, taman kota, alun-alun, dekat semua dari Whiz Prime Malang! 

Intip-intip kamarnya yuu... 

Selain Wisata di Ranca Upas Bandung, Ada Destinasi Menarik Lain di Ciwidey!

12 komentar
Hayo siapa yang masih bingung mau liburan kemanaaa? Udah masuk peak season lho, yuk segerakan keburu liburannya abis ^^

Kebetulan, bapake lagi ada tugas ke Bandung, bisa dicari-cari nih destinasi wisata yang agak melipir di Bandung Selatan, soalnya Bandung tuh kalo liburan wedeuuh lautan manusia. 

Nah, beberapa tahun belakangan ini, aktivitas wisata di Ranca Upas Bandung memang semakin populer. Maklum saja, Ranca Upas memang merupakan destinasi wisata menarik yang menawarkan panorama istimewa. Wisata di Ranca Upas Bandung menawarkan pengalaman liburan berbeda karena kita bisa berburu foto-foto instagramable sambil berkemah di alam terbuka. Jadi, tak mengherankan deh jika tempat wisata di kawasan Ciwidey ini semakin digemari para wisatawan.

Selain wisata di Ranca Upas Bandung, sebenarnya bisa mengunjungi beberapa destinasi menarik berikut ini saat berada di Ciwidey:

Mudah Berkomunikasi saat Umroh & Haji

12 komentar


Nyambung lagi obrolan tentang umroh di beberapa postingan lalu ya. Saya sebagai umat yang belum berkesempatan maupun belum dimampukan untuk berangkat, saat ini baru bisa browsing-browsing aja sebagai bagian dari usaha berencana dan doa agar segera dimampukan ke sana. 

Kan katanya Paolo Coelho, when you want something, all the universe conspires in helping you. Hitung-hitung memfokuskan ikhtiar supaya Allah melihat kesungguhan kita dalam mendekatkan diri ke rumah-Nya, boleh lah kita kumpul-kumpulin dulu informasinya supaya nanti tidak rempi lagi urusan teknis, tinggal khusyuk melakukan ibadahnya.

Beberapa catatan yang saya keep untuk persiapan umroh (aminin dulu aja ya, pemirsa) :