Mudah Berkomunikasi saat Umroh & Haji

12 komentar


Nyambung lagi obrolan tentang umroh di beberapa postingan lalu ya. Saya sebagai umat yang belum berkesempatan maupun belum dimampukan untuk berangkat, saat ini baru bisa browsing-browsing aja sebagai bagian dari usaha berencana dan doa agar segera dimampukan ke sana. 

Kan katanya Paolo Coelho, when you want something, all the universe conspires in helping you. Hitung-hitung memfokuskan ikhtiar supaya Allah melihat kesungguhan kita dalam mendekatkan diri ke rumah-Nya, boleh lah kita kumpul-kumpulin dulu informasinya supaya nanti tidak rempi lagi urusan teknis, tinggal khusyuk melakukan ibadahnya.

Beberapa catatan yang saya keep untuk persiapan umroh (aminin dulu aja ya, pemirsa) :


1. Nabung , ya jelas yaaa....usahakan nabung untuk berdua dengan mahramnya (dalam hal ini, saya menargetkan pergi dengan suami, insyaallah). Menurut saya, niat baik juga harus dilakukan dengan cara yang baik, sebaiknya tidak mengakali dengan surat keterangan mahram. Bukankah lebih tenang dan romantis juga berangkat bersama mahram :)

2. Cari informasi tentang travel umroh terpercaya, berikut paket-paketan yang ditawarkan. Mau reguler atau plus, kelebihan dan kekurangannya, juga kemungkinan biaya-biaya tambahan yang harus dipersiapkan.

3. Persiapkan dokumen-dokumen penting. Paspor, visa, sertif vaksinasi, riwayat kesehatan dan kalau belajar dari orang tua sih, kemarin mereka nyiapin juga surat-surat hibah dan waris yang posisinya diketahui sama anak-anaknya. Ya bukan apa-apa ya, tentu kita semua ingin sehat dan selamat sampai kembali ke rumah, hanya saja semua rahasia Allah, wallohua'lam bisshowab.

4. Persiapan fisik dan hati. Fisik udah jelas, jaga kondisi dan kesehatan. Hati juga dijaga dari segala kekotoran riya dan ujub. Untuk menunjang fisik yang prima, ada baiknya melakukan olahraga rutin beberapa bulan sebelumnya atau dimulai dari sekarang juga gapapa, supaya badan sudah enteng. Misal jalan pagi, jogging atau berenang. Periksakan kesehatan rutin untuk menjaga stabilitas tubuh. Jaga makanan agar tidak menimbulkan penyakit-penyakit yang mengganggu kelak.

5. Cari ilmu syari. Tentunya kita nggak bisa bergantung hanya pada latihan manasik dekat-dekat nanti, jauh lebih baik banyak-banyak murojaah dari sekarang, hafalkan doa-doa, ibadah lebih kenceng mana tau kunfayakun, disegerakan, aamiin.

6. Pilih paket-paket komunikasi. Demi kelancaran berkabar dengan keluarga dan kerabat di rumah, komunikasi saat ini penting buat diprioritaskan. Cek paket-paket komunikasi umroh dan haji yang menyediakan layanan nelepon, internet, dan sms dengan hemat.

Satu-satu yaah, khusus persiapan yang nomer 6 ini saya udah browsing banyak ampe blenger banget, wkwkwk. Bagi saya, urusan komunikasi ini harus dibuat selancar mungkin. Ada anak-anak yang (mungkin, semoga saja bisa ikut semua) ditinggal di rumah bersama keluarga dekat. Saat orang tuanya absen di rumah, mereka nggak boleh kehilangan sosok dan kontrol orang tua. They're still need supervision. Meski cuman 10-14 hari terpisah jarak, jangan sampe ada yang lolos, hehe.

Tentunya kita juga pengen ya bisa berkabar sama orang tua. Mama dan Bapak saya saat umroh pertengah tahun kemarin alhamdulillah lancar juga komunikasi dari Saudi, video call nya clear, termasuk saat mereka jalan-jalan ke Universitas Madinah dan doain cucu-cucunya ada yang bisa kuliah di sana, aamiin.

Seriously, daritadi nulis ini banyak doa yang terucap :') .. Moga makin banyak yang baca, makin banyak juga yang mengaminkan.

Habis browsing banyak banget kayanya saya menjatuhkan diri ke pilihan satu provider biru yang memungkinkan kelancaran dan kemudahan komunikasi jadi bisa semua. Paket internetan, nelepon, sms mulai dari 149ribu tanpa harus ganti kartu! Asoy!

Apaan sih, Burel, provider yang biru-biru itu?


Nah, ini dia jawabannya. Paket Umroh & Haji XL membuat internetan, nelepon, dan SMS dari Tanah Suci ke Tanah Air jadi bisa. 

Saya telusuri paket-paketnya, fasilitas kuota besar dan jaringan kuat dibanderoll nggak terlalu mahal. Pastinya biaya ini juga jadi pertimbangan utama karena kan pengeluaran nggak cuman ke sini aja, melainkan juga banyak hal-hal lain. Jadinya, untuk komunikasi, ambil yang murah dan lengkap, yaitu Paket Umroh & Haji XL. 





Wuih, banyak banget ya pilihannya Paket Umroh & Haji XL. Ini yang bikin tambah nyaman, bebas memilih Paket Umroh & Haji XL yang sesuai keinginan baik dari periode berlaku maupun kebutuhan isi paketnya.

Selain pilih-pilih, saya juga udah coba teknis cara aktivasi Paket Umroh & Haji XL ini waktu ngantar orang tua umroh Agustus lalu. Nggak lucu kan, kalo di sana baru ribet aktif-aktifin, iya kalo udah ngerti...sayang waktunya kalo ngurusin hal-hal teknis. Jadi, meski Paket Umroh & Haji XL ini bisa diaktivasi dari Indonesia maupun di Saudi, alangkah baiknya menurut saya, diaktivasi duluan di sini sebelum berangkat. Yaa nggak usah jauh-jauh, kan periodenya cuman ada 10-40 hari... minimal H-1 deh udah gape gimana-gimananya, jadi di sana cuss jadi bisa tinggal pake teteleponan. Pokoknya gak ribet sih, gak perlu ganti kartu segala kan. 

Gini caranya, nih... 

1. Paket Umroh & Haji XL, diaktifkan di ponsel melalui *123*747# atau bisa lewat aplikasi myXL, lalu pilih paket yang sesuai kebutuhan 

2. Saat tiba di Saudi, pastikan layanan data roaming di ponsel aktif. Ini kalo orang tua-orang tua sepuh kadang nggak ngeh, jadi kudu dikasih tau sebelumnya 

Udah, selesai gitu aja cara aktivasinya. Sementara itu, kalo mau ngecek seberapa pemakaian Paket Umroh & Haji XL kita, bisa tekan kembali *123*747# atau buka aplikasi myXL nanti ada informasinya terkait penggunaan data roaming selama di Saudi. Jangan khawatir, apa yang awalnya seperti ribet, sekarang semua jadi bisa aja kok dilakukan. Dengan Paket Umroh & Haji XL, Jadi Bisa! 

Yup, dengan punya bekal persiapan gini, saya jadi pede insyaallah, untuk bisa berangkat umroh ke Tanah Suci. Kekhawatiran ninggal anak-anak, sudah tereliminir dengan adanya Paket Umroh & Haji XL yang punya jaringan kuat dan kuota besar. Kapanpun mereka pengin ngobrol bisa call duluan. 

Tinggal persiapan lain-lainnya, yang bisa diurus sambil jalan, sekalian tabungan juga semoga bertambah terus biar bisa bawa oleh-oleh buat anak-anak dan keluarga di Indonesia. Yeay, aminin lagi doonggg..... :))

12 komentar

  1. Aamiin Mbak. Semoga kita semua mendapat kesempatan untuk berkunjung ke sana ya, aamiin. Baru tahu soal paket baru xl ini, makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  2. Iya sih ya, jangan pas hari H nya baru menghafal bacaan apa saja ketika nanti di tanah suci. Harus sudah dipersiapkan dari beberapa bulan sebelumnya ya

    BalasHapus
  3. Saay juga pakai XL nih.
    Asyik banget kalau ada fasilitas yang memadai untuk komunikasi saat haji dan umroh.
    Jadi ingat belasan tahun lalu, tante saya haji, komunikasi masih sulit, jadinya deg-degan menanti kabar.
    Zaman sekarang udah lebih asyik ya, minimal keluarga nggak deg-degan menanti kabar dari tanah suci :)

    BalasHapus
  4. Masya Allah. Iya, saya juga kepengen banget bisa naik haji bareng suami. Ini lagi mulai nabung-nabung, semoga dimampukan ya Allah.

    Dan komunikasi juga penting, apalagi kalau ninggali anak di rumah. Huhu, kepikiraann

    BalasHapus
  5. Alat komunikasi itu penting banget saat kita Umroh dan Haji, karena koordinasi rombongan umumnya dilakukan via grup Whatsapp, jadi kalau nggak punya paket internet ya wassalam deh bisa-bisa ketinggalan informasi :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya, Mbak. Sekarang kalau mau ke tanah suci nggak perlu lagi khawatir dengan sarana komunikasi ya. Kita bisa paket Umroh dan Haji XL sesuai dengan budget untuk berkomunikasi dengan keluarga di tanah air. Semoga kita segera dimampukan untuk berhaji ya, Mbak. Aamiin.

    BalasHapus
  7. wah ternyata paketnya XL cukup murah ya untuk umroh dan haji jadinya bisa ngabarin keluarga dan teman2 dekat deh.. tapi sayangnya aku ga pake operator ini.. mungkin nanti bisa jadi perbandingan.. kalo ternyta ini lebih murah bisa dipake untuk di tanah suci aja

    BalasHapus
  8. Bapak ibuku kemarin waktu hajian juga mengaktifkan pake XL mereka mbak :D
    Semoga kita semua dimampukan untuk pergi ke tanah suci baik itu umroh maupun haji ya aamiin

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ada paket mudah dan meriah kayak gini ya. Soalnya kalau haji buat komunikasi sama keluarga di tanah air kan penting juga, kalau paket biasa pastinya mahal banget.

    BalasHapus
  10. Teknologi sekarang makin canggih ya mbak. Jarak bukan lagi masalah untuk komunikasi

    BalasHapus
  11. Komunikasi sangat penting sekali ya apalagi saat menunaikan ibadah Haji atau umrah ya, Semoga bisa segera menunaikan ibadah Haji dan umrah lagi

    BalasHapus
  12. Semoga saya dan keluarga serta teman2 bisa dimampukan untuk pergi umroh dan haji aamiin
    Terima kasih pengalamannya mba jadi tahu harus bagaiman. Komunikasi penting apalagi jauhan ya Mba.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^