Aplikasi Absensi Online Terbaik Buat Start Up

Salah satu klien start up pertanian di mana saya terlibat dalam content writing perusahaannya, memiliki persoalan baru sebagai perusahaan rintisan. 

Ketika dia mulai punya workshop besar, dan mempekerjakan beberapa karyawan, dia bingung bagaimana mengelola SDM supaya bisa disiplin dan produktif dalam menjalankan usahanya. 

Sebagaimana start up pada umumnya yang menjalankan fleksibilitas working space, tetap harus punya prosedur standar operasional (SOP) yang mendisiplinkan para karyawannya, baik bekerja di office atau di rumah. Berhubung karyawannya masih pada baru dan terbatas, owner masih turun tangan untuk sejumlah operasional perusahaan termasuk menangani sumber daya manusianya. Sehingga, perlu banget bantuan otomatisasi dalam berbagai urusan supaya efisien, efektif dan tetap produktif.

Beruntung sih zaman sekarang perkembangan teknologi makin pesat ya, sehingga ada yang namanya aplikasi absensi online untuk perusahaan. Sangat memudahkan mulai skala start up seperti milik klien saya, sampai ke skala korporat besar. 

Aplikasi absensi online ini sepertinya mulai banyak digunakan sejak pandemi Covid-19 di mana sebagian besar karyawan bekerja di rumah. 

Sistem kerja dari rumah atau WFH bisa saja menjadi masalah apabila tidak dikelola dengan baik, mulai dari kehadiran karyawan, proses penggajian, reimbursement, sampai produktivitas kerja yang menurun.

Nah, salah satu solusi bagi perusahaan dalam pengelolaan kehadiran karyawan, memastikan produktivitas mereka bekerja ya dengan absensi secara online. Adanya tools absensi online adalah langkah tepat untuk monitoring karyawan sekaligus melakukan fungsi SDM lainnya.  

Keuntungan Aplikasi Absensi Online

Aplikasi Absensi Online merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pencatatan jam kehadiran karyawan pada website yang dapat diakses melalui komputer atau menggunakan aplikasi tertentu pada smartphone yang terkoneksi dengan internet.  Pada umumnya, karyawan hanya perlu memasukkan username dan password pada aplikasi tersebut lalu mereka melakukan absensi.

Dibanding fingerprint ataupun alat absen konvensional, aplikasi absensi karyawan jauh lebih unggul dan patut dipakai. Praktis, tak memakan banyak biaya, sistem terintegrasi secara otomatis, dan data yang akurat.

Tentu ini sangat praktis, efisien, dan modern ya. Rasanya sih sekarang sudah zamannya pakai beginian, terutama buat teman-teman UKM, start up, dan sejenisnya yang belum punya perangkat SDM lengkap dalam monitoring karyawan.

Aplikasi Absensi Online Terbaik 

Nah, ada tiga nih rekomendasi aplikasi absensi online yang bisa dicoba untuk bantu kita mengelola SDM. 

  1. GajiHub

GajiHub adalah aplikasi absensi gratis buatan Indonesia yang bisa dipakai untuk iOS & Android. Silakan unduh via Play Store dan App Store. 

Dengan absensi berbasis GPS, kehadiran karyawan bisa terpantau secara akurat melalui penetapan lokasi dengan GPS dan swafoto. 

Aplikasi GajiHub juga bisa mendeteksi jika ada pelanggaran dilakukan karena sudah dilengkapi dengan sistem software abuse detection. Dengan software tersebut, sistem akan menolak presensi jika diketemukan ada yang menggunakan fake GPS, fake IP, dan juga memakai face recognition. 

Memang sebaiknya karyawan jangan coba-coba main curang ya, demi kredibilitas dan karir. 

Jika kantor masih menggunakan mesin fingerprint lama juga tidak masalah, karena GajiHub bisa melakukan sinkronisasi jadwal otomatis secara real time dengan fitur absensi mobile atau mesin fingerprint. Semua sudah automisasi yaah, tanpa perlu penyesuaian manual lagi.

GajiHub pun sudah terintegrasi dengan sistem rekap absensi dan payroll. Cuti, lemburan, gaji, semua sudah tercatat dan terhitung secara otomatis ke dalam kalkulasi deduksi dan allowance. 

Sehingga, karyawan tidak perlu khawatir lemburan nggak kehitung karena penghitungan gaji bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. 

  1. Time Clock Wizard

Time Clock Wizard merupakan aplikasi absensi karyawan buatan New York, Amerika Serikat. Fitur yang dimiliki aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari penggantian jadwal hingga jam kerja karyawan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur khusus penggajian. Fitur itu membantu HR dalam membuat laporan gaji pokok dan uang lembur. Time Clock Wizard bisa diunduh secara gratis via Google Play Store dan bisa dipakai untuk jumlah karyawan yang tidak terbatas.

  1. PHP Timeclock

Aplikasi yang berdiri sejak 2006 ini memiliki tampilan yang cukup sederhana. Meskipun demikian, aplikasi ini sangat efektif untuk dipakai absensi online. 

Tidak hanya mendata kehadiran karyawan, PHP Timeclock juga dapat membantu HR untuk melacak waktu kerja, istirahat, dan liburan para karyawan. Canggih kan, ya? 

Aplikasi ini juga memiliki fitur reporting yang dapat membantu HRD menggolongkan karyawan berdasarkan indikator tertentu, mulai dari departemen atau divisi area kerja, hingga kantor tempat mereka bekerja.

Namun, PHP Timeclock juga bisa dimanfaatkan oleh karyawan, bukan cuma HR. Lewat aplikasi ini, karyawan bisa mengetahui berapa durasi mereka bekerja, serta kapan mereka masuk dan pulang kantor. 

Nah, di antara tiga rekomendasi aplikasi absensi terbaik di atas, saya rekomendasikan enaknya pakai aplikasi buatan dalam negeri aja sih. Pengembangnya ada di sini-sini juga jadi kalau ada komplain atau butuh support service lebih mudah didapatkan. 

Anyway, semangat yaahh kamuu yang sedang memulai usaha dan mengelola karyawan. Semoga sukses semuanya :) 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url