Fungsi Hosting Bagi Website dan Bisnis

Lagi-lagi hosting, di mana-mana bahas hosting. Buat yang berkecimpung di dunia digital writing, SEO, dan blogging, obrolan soal hosting murah Indonesia emang enggak bisa dilepaskan dari pembahasan sehari-hari. 

Secara umum kita sudah pada tahu ya. Hosting, atau web hosting, adalah layanan penyimpanan data atau aset sebuah website. Bisa dibilang, hosting itu rumah untuk file-file yang ada di website seperti gambar, aplikasi, teks, database, email, dan data lainnya.    


Apa pun tujuan kita punya sebuah website, entah itu untuk website bisnis, toko online, atau blog seperti Dailyrella ini, hosting pegang peran kunci karena hosting yang memungkinkan website/blog kita dapat diakses secara online via internet dengan cepat dan lancar. 


Tapi, nih, dari sekian banyak penyedia yang menawarkan layanan hosting ini itu dengan bonus gini gitu, gimana caranya kita bisa tahu hosting mana yang paling bagus? Gimana cara pilih hosting sesuai yang dibutuhkan?


Sebelum memikirkan kriteria hosting yang dicari, kita perlu pahami dulu kenapa punya hosting itu penting. 


Mengapa Hosting yang Baik itu Penting? 


Logikanya sih, antara kualitas hosting dan performa blog itu berbanding lurus. Sehingga jangan sampai sembarangan pilih hosting murah dengan iming-iming bonus banyak, khawatirnya performa hosting tidak baik dan malah tidak aman untuk website. 


Nangis nggak tuh, kalau website toko online kita nggak bisa diakses, padahal potensi transaksi harian bisa cuan banget. Huhuhu. 


Bisa disimpulkan, ini sejumlah alasan kenapa hosting itu penting:


  1. Keamanan 

Keamanan hosting ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain lokasi penyimpanan fisik server, kualitas data center, sistem perlindungan dari malware, virus, dan potensi ancaman lainnya.

Selain cyber crime, ada bencana alam juga yang bisa membahayakan data seperti kasus kebakaran pada suatu lokasi server tempo hari.

  1. Performa website 

Terutama untuk toko online yang memuat sejumlah katalog produk, data transaksi, dan sebagainya, maka ini membutuhkan resource dengan spesifikasi tertentu supaya website tetap bisa diakses dengan optimal. Tentu pengguna akan senang mengunjungi website yang loadingnya cepat, tidak eror, memiliki fitur yang menarik, dan mudah berselancar. 


Hosting yang baik, akan menyediakan semua layanan resource yang dibutuhkan oleh website seperti disk space, bandwidth, database dan lainnya. 

  1. Kendali penuh 

Tiap website punya kebutuhan yang berbeda-beda. Kalau punya toko online atau website kuliner, artinya kita perlu kustomisasi untuk katalog, sistem live chat, shopping cart, dan lain-lain. Kalau website resep, akan ada banyak menu turunan dan gambar yang diupload ke dalam website. 


Semua resource yang dibutuhkan dalam membangun website ini ditopang oleh hosting, dan hosting yang baik akan memudahkan penggunanya dengan memberikan akses panel kontrol, pilihan domain, dll. 


Tips Memilih Hosting Terbaik 

Pada akhirnya kita harus jeli juga memilih hosting yang bagus untuk kebutuhan website yang kita bangun. Meski cuma blog suka-suka, kita juga punya tanggung jawab dan tujuan dalam membuat catatan pengalaman pribadi yang dipublikasikan. 

Berikut ini tips-tips dalam memilih hosting terbaik: 

Keamanan berlapis 

Tidak cukup dengan fitur keamanan standar seperti two factor authentication dan plug in security, hosting yang bagus biasanya memberikan fitur sistem keamanan berlapis. Fungsi keamanan berlapis ini tentu untuk mencegah website dari serangan dan pencurian data. 

Performa tinggi 

Enggak ada yang lebih menyenangkan pengunjung, pembaca, atau siapa pun yang berselancar di website ketimbang website yang cepat diakses. 

Maka dari itu, kecepatan dan keamanan hosting itu paket penting dari sebuah hosting. Tahu kan risikonya kalau website lambat diakses? Yak, pengunjung kabur dan meski kontennya bagus, website kita akan kalah sama jutaan website lain yang lebih menyenangkan visitor. 

Pilihan domain beragam dan Email domain

Dengan punya hosting sendiri, kita bisa pilih domain website sesuai dengan tujuan atau branding. Saat ini, domain yang paling populer adalah .com dan .id , tapi jika ingin punya website yang unik bisa juga pilih domain lain dengan harga yang beragam. 

hosting murah
Kita juga bisa punya email dengan domain sendiri supaya memperkuat branding dan kesan lebih profesional. Seperti aku@dailyrella.com, keren kan. 

Dukungan customer service 

Ini penting banget sih terutama buat blogger kaya saya yang minim paham soal teknis. Tidak semua orang bisa dan punya waktu mengurusi hal-hal teknis memang, yaa. Ini makanya pilih penyedia hosting yang bisa memberikan support bantuan kapan saja dengan tim ahlinya. 

Hosting Terbaik di Indonesia

Kalau mau beli hosting murah Indonesia sih sebetulnya nggak susah, karena kita bisa nilai sendiri hosting yang terpercaya itu dilihat dari performa website-website yang kita kunjungi. 

Seperti Niagahoster yang punya layanan hosting lengkap dengan support teknis 24 jam, pilihan domain yang beragam dengan harga kompetitif mulai 14rb/bulan, dan bisa melakukan transfer domain kalau pindah dari hosting lain sebelumnya. 

Yuk, semangat aahh menggeliat usaha, baik itu bisnis jasa maupun barang. Meski tinggal di Ujung Berung, kalau lewat internet, area kerja kita bisa sampai ke ujung dunia!!  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url