Mengatasi Alergi Saat Mencuci Baju

alergi saat mencuci baju

Urusan laundry memang bukan dan tidak pernah jadi kerjaan domestik favorit saya. Tapi segimana pun sebelnya sama kerjaan ini, tiap hari ada terus dan tetap harus diselesaikan, bukan? Mau benci pun bisa apa, huhuhu.  

Pasalnya, selain kerjaan laundry ini nggak habis-habis, saat melakukan kegiatan mencuci dan rangkaiannya juga suka ngalamin hal-hal yang menyakitkan. Nggak selalu begitu sih, tapi beberapa kali waktu masih mencuci manual pakai tangan, tangannya jadi gatal, ruam, bentol-bentol, perih, dan berasa terbakar. Beberapa orang malah ada yang tangannya sampai luka melepuh ...

Akhirnya sesi mencuci jadi sangat menyiksa, karena tiap ngucek bikin perih senut-senut. Siksaan juga nggak berhenti sampai di situ, karena setelah dijemur, waktunya setrika atau lipat-lipat baju, saya kembali diserang bersin-bersin. Partikel dari serat kain itu bikin hidung saya gatal dan berair terus. 

Kapok? Balik lagi ke paragraf pertama, kan tetap harus nyuci. 

Cuma jadinya bisa antisipasi di waktu selanjutnya. Entah ganti deterjen atau cara nyucinya yang disiasati. Meski setelah punya mesin cuci, saya juga tetap nandain hal-hal yang bikin saya alergi. 

Alergi Saat Mencuci Baju 

Alergi merupakan reaksi sistem imun terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Pada kondisi normal, sistem imun manusia bereaksi terhadap zat berbahaya. Namun, ada beberapa zat yang bisa  memicu reaksi tertentu dari tubuh kita dan itu sebagai pertanda bahwa tubuh kita tidak bisa menoleransi zat tersebut.   

alergi deterjen

Penyebab Alergi saat Mencuci Baju

Nah, penyebab alergi saat mencuci baju ini bisa jadi dari deterjen atau kotoran yang ada di baju cucian.  Bahan-bahan yang ada dalam deterjen yang bisa menyebabkan alergi biasanya ada pada zat-zat tambahan yang dimiliki, seperti pelembut, paraben, pelarut, dan pengawet. Dilansir dari National Eczema Association, beberapa bahan kimia seperti lactic acid, benzoyl peroxide, dan ethanol sangat rentan pada kulit yang sensitif.

Sedangkan kotoran dalam baju cucian bisa macam-macam. Bisa dari serat kain atau jamur yang ada pada cucian. 

Untuk mengatasi alergi terhadap jamur saat mencuci baju, kita perlu tahu cara menghilangkan jamur pada cucian. Salah satunya, yang juga merupakan tips dasar mencuci: keringkan baju segera setelah dicuci dan hindari menumpuk baju lembap terlalu lama di keranjang pakaian kotor.

Tanda-tanda Alergi Deterjen

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa kita alergi pada jenis deterjen tertentu, dan kapan waktunya untuk ganti deterjen?

Simak beberapa gejala yang dapat menjadi tanda-tanda alergi deterjen: 

  • Kulit terasa gatal.
  • Kulit menjadi kering hingga bersisik.
  • Ruam dan kemerahan muncul pada kulit.
  • Masalah pernapasan pada sebagian orang >> nah ini aku

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, kita patut melakukan langkah pencegahan dan antisipasinya karena mencuci baju adalah bagian dari urusan rumah tangga sehari-hari. 

Pencegahan dan Antisipasi Alergi saat Mencuci Baju  

Beberapa hal di bawah ini biasa saya lakukan sebagai pencegahan maupun solusi saat alerginya mulai bereaksi di kulit: 

  1. Ganti deterjen dengan bahan dan merek yang berbeda. 
  2. Gunakan sarung tangan saat mencuci.
  3. Kompres tangan yang gatal dengan air dingin.
  4. Menggunakan obat antihistamin/antialergi
  5. Menggunakan krim hidrokortison untuk diaplikasikan pada kulit yang ruam.

Memilih Deterjen Anti Alergi

Nah, memang jauh lebih baik jika kita mulai melakukan pencegahan lebih awal lagi, yakni saat memilih bahan pembersih cucian yang sekalian cespleng alias antialergi. Bagaimanapun juga, namanya bahan kimia ya akan ada potensi memicu alergi lagi. 

Jadi, bisa dipilih dari alternatif di bawah ini mana saja yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya reaksi alergi pada kulit karena deterjen.
  • Gunakan deterjen bebas pemutih dan pewangi
  • Selalu periksa kandungan kimia deterjen sebelum membelinya
  • Gunakan deterjen cair ketimbang bubuk untuk menghindari residu yang dapat menyebabkan alergi 
  • Pilih deterjen sehat yang kandungannya ramah lingkungan seperti baking soda/washing soda 
  • Kembali menggunakan bahan yang alami seperti sabun lerak  
Buat saya, yang paling feasible saat ini memang memakai deterjen biasa tapi yang konsistensinya cair alias deterjen cair yang saat ini sudah banyak pilihannya. Tapi untuk beberapa jenis kain, seperti baju dalam atau baju anak-anak waktu bayi, saya cuci baju pakai sabun alami batangan (bukan yang di pasaran) dan lerak untuk stripping cloth diaper. 

Pakai yang alami memang benar-benar bebas alergi, kulit tangan juga tetap halus dan tidak gatal, hanya saja ya memang lebih banyak mengucek alias butuh tenaga :)) 
Next Post Previous Post
20 Comments
  • Ulfah Wahyu
    Ulfah Wahyu 14 September 2021 05.29

    Dulu saya juga pernah alergi sama salah satu deterjen mbak. Kulit merah, lecet terus perih gitu. Alhirnya gak ngucek lama2 lagi deh, saya rendem terus kucek sebentar aja. Sekarang sudah ganti deterjen cair.

  • hujan di jendela
    hujan di jendela 14 September 2021 07.31

    Saya termasuk yang juga alergi saat mencuci baju, saya biasanya ganti kulit, gatal dan panas tangannya. Ternyata jenis bubuk memang demikian yaa, harus coba model liquid atau cair berarti agar terhindar dari alergi saat mencuci baju.

  • Dyah (Author roemahaura.com)
    Dyah (Author roemahaura.com) 14 September 2021 09.23

    Memang sebaiknya gunakan detergen sehat yang mbak, soalnya bukan hanya lebih aman tetapi bekas cuciannya juga tidak merusak lingkungan. aku pernah coba pake baking soda, bersih juga.

  • Bunda Tami
    Bunda Tami 14 September 2021 18.07

    Sama eh alergi detergen. Luka di tangan, bolong -bolong dan perih.. Kalau nggak ada mesin cuci paksu yang nyuci. Kalau kewalahan ya ke laundry 😄

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 September 2021 11.20

      apaaa, sampe bolong? huhu... ngerinya mbak

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 15 September 2021 10.48

    Bisa jadi pilihan nih detergjen sehat. Kalau aku di rumah yang alergi-an itu suami. Bisa gatal-gatal kalau kena pemicunya. Termasuk saat mencuci baju atau sabun mandi merk tertentu.
    Nanti kucoba deh ini

  • Maria tanjung sari
    Maria tanjung sari 15 September 2021 13.58

    Saya malah seneng banget kalau cuci baju daripada setrika. Alhamdulillah selama ini belum pernah alergi sama deterjen sih.

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 September 2021 11.20

      hahaha, iya tinggal cemplung2 ya mbak...

  • Okti Li
    Okti Li 15 September 2021 17.36

    Sabun cair saat ini jadi pilihan saya juga lho. Alhamdulillah sih sejauh ini saya tidak ada alergi dengan sabun cuci. Baik yang batangan, deterjen bubuk maupun cair

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 16 September 2021 07.12

    Mamaku nih alergi sama segala jenis persabunan untuk cuci mencuci. Ya sabun cuci piring, sabun cuci baju tapi sabun mandi enggak kayaknya. Jadi betul-betul pemiliih banget kalo urusan sabun cuci baju dan cuci piring.

    Kalau Mbak Rella lebih cocok pakai sabun cair ya, kalau ibu saya malah gatel-gatel Mbak kena sabun cair jadi pakenya sabun colek gitu buat cuci piring. Berasa jadul banget waktu pulang ke rumah tuh 😅

  • Mugniar
    Mugniar 16 September 2021 21.09

    Penting banget artikel ini bagi yang bermasalah dengan alergi ketika menggunakan deterjen. Ternyata deterjen pun harus memilih yang sehat bagi tubuh kita ya.

  • Sapamama
    Sapamama 16 September 2021 21.30

    Detergen sehat berapaan ya mam... Aku harap harganya ramah, hehehe... Maklum, emak-emak yang ditanyain nomer 1 biasanya itu mba.

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 September 2021 11.21

      deterjen sehat sih semisal pakai baking soda gitu mbak... ngga ada merek tertentu, hehe

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 17 September 2021 17.21

    jadi inget iklan detergent baru yang lebih ramah di kulit. dulu pas penelitian tugas akhir, salah satu bahan baku sabun yaitu surfaktan memang mempengaruhi juga nih performa tapi itu dia risiko alergi ke tangan manusiannya jauh lebih besar. harus pintar-pintar liat komposisi detergen deh jangan asal promo hehe

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 17 September 2021 19.17

    Anakku yang kecil dulu kulitnya sensitif, jadi waktu bayi nyuci bajunya harus terpisah dan pake deterjen khusus baju bayi. Lumayan bisa mengurangi reaksi alergi.

  • lendyagassi
    lendyagassi 18 September 2021 10.25

    Pernah ada tuh yanag lagi viral, pakai bola nyucinya. Jadi ramah lingkungan, ceunah..
    Tapi aku penganut mahzab "Gak begitu bersih gak apa-apa, yan penting wangi."
    Jiaaakakkak~

    Jadi,
    Dari dulu nyuci suka aja gitu maina busa dan air. Lallaaalaa~

  • atinnuratikah
    atinnuratikah 18 September 2021 10.48

    Iya nih aku sampe skip beberapa deterjen gak aku pakai lagi karena masalah alergi ke kulit tangan saat mencuci.

  • Nunu Amir
    Nunu Amir 18 September 2021 10.51

    Nice share mba, saya juga kadang kena alergi detergent. kadang kulit tangan terkelupas

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 18 September 2021 11.26

    Wah pencerahan banget ini bagi Saya kak, soalnya Ada tetangga yang memang alergi parah saat bersentuhan dengan detergent, trims kak izin Saya bagikan artikelnya ya

  • Bondan Murdani Soleh
    Bondan Murdani Soleh 19 September 2021 10.18

    kalau saya alergi dengan diterjen diterjen tertentu, biasanya tangan mencadi putih dan gatal

Add Comment
comment url