Ruangkerja, Pelatihan Online untuk Bisnis yang Bersaing

Sebenarnya, ada banyak cara supaya bisnis punya daya saing tinggi dan sukses bertahan dalam waktu yang lama. Beberapa di antaranya adalah memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keinginan terus bertumbuh, dan dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat.

Saat ini, bisnis apa pun menghadapi persaingan yang ketat di berbagai bidang. Untuk itu, perusahaan mesti berpikir keras mencari cara bertahan dan menjaga keberlangsungan sebuah bisnis. Salah satu dari yang di atas adalah perusahaan perlu memastikan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki kualitasnya sudah baik dan sesuai standar yang dibutuhkan.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang juga diproyeksikan untuk keberlangsungan bisnis, diperlukan adanya pelatihan-pelatihan dan program pengembangan baik untuk materi manajemen maupun teknis yang diberikan pada karyawan menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan.

Masalahnya, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir dua tahunan ini menjadi hambatan untuk dilakukannya pelatihan-pelatihan SDM tatap muka seperti biasanya padahal anggaran sudah disiapkan perusahaan.

Kalau sudah begini ya mau tidak mau perusahaan juga beradaptasi dengan keadaan. Majunya dunia digital saat ini bisa dimanfaatkan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan online yang sama efektif dan berkualitasnya dengan pelatihan yang diadakan offline.

Pelatihan Online untuk Kemajuan Perusahaan

Teknologi kini bisa menyentuh banyak hal, termasuk memudahkan setiap individu melakukan aktivitas tanpa bertemu muka. Program-program pelatihan dan pengembangan diri menjamur di berbagai platform dan bisa diikuti siapa saja. Bukankah ini justru sebuah kemajuan zaman yang memudahkan manusia?

Pernah dengar Learning Management System (LMS), nggak? Buat yang mendampingi anaknya sekolah daring, atau kantornya WFH, pasti pernah dengar yaaa. LMS kini menjadi alternatif yang digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM perusahaan dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah Ruangkerja by Ruangguru.

Ruangkerja

Mengenal Ruangkerja by Ruangguru

Ruangkerja by Ruangguru, melalui LMS Ruangkerja, memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan SDM perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang ada di LMS Ruangkerja dapat mendukung proses pelatihan menjadi nyaman untuk karyawan.

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, Ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika dibutuhkan sehingga tidak mengganggu pekerjaan reguler para pekerja.

Apakah pelatihan online terbukti bisa efektif bagi karyawan? Bagaimana memastikan bahwa pelatihan online memiliki struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pemelajaran yang terlewat dan dipahami semua pesertanya?

Fitur Ruangkerja by Ruangguru

Berbagai potensi risiko dalam pelatihan online sudah diantisipasi dengan baik oleh Ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, dalam Ruangkerja, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Jadi meski pekerjaan utamanya sibuk, karyawan tetap bisa mengikuti pelatihan ini secara penuh.

Dalam Ruangkerja juga terdapat fitur learning plan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi, materi pelatihan setiap karyawan akan tepat sasaran menyesuaikan kebutuhannya.

Selain itu, untuk membuat nyaman dan menghindari kebingungan, pada aplikasi Ruangkerja, desain dibuat dengan baik agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya.

Ada satu lagi fitur menarik pada Ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Pada fitur ini, Ruangkerja membuat forum diskusi agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Selain itu, peserta juga dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari.

leaderboard Ruangkerja

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, di mana performa setiap peserta pelatihan dalam board tersebut akan terlihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan makin semangat untuk belajar sampai memperoleh sertifikat.

Keunggulan LMS Ruangkerja

LMS ruangkerja menawarkan solusi untuk pelatihan online karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan berbagai perangkat mulai dari handphone, PC, atau laptop.

Keunggulan Ruangkerja sebagai mitra penyedia jasa pelatihan terpercaya adalah ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Ruangkerja by Ruangguru

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal.

Biaya Pelatihan Online di Ruangkerja

Secara teknis, Ruangkerja tidak diragukan lagi efektivitas dan efisiensinya. Biasanya setelah ini timbul pertanyaan soal biayanya, apakah bisa sesuai yang dianggarkan atau justru membludak melebihi anggaran?

Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, yaitu sebuah sistem investasi perusahaan agar lebih hemat dalam anggaran pelatihan.

Subscription model melalui cloud Ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud Ruangkerja.

Nah, setelah tahu keunggulan dan sistem yang dipakai oleh Ruangkerja, sudah saatnya perusahaan-perusahaan membangun rencana pelatihan dan pengembangan karyawan. Strategi ini ditujukan agar keberlangsungan perusahaan lebih panjang, perusahaan maju, SDM juga berkembang.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui Ruangkerja by Ruangguru, perusahaan akan mendapat efisiensi waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan karyawannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url