Kreasi Pukis Merdeka bersama Fitur Yummy App

Ketiga anak laki-laki saya sedang pada masanya gembul dalam makan apa saja. Makan reguler tiga kali sehari, ditambah rutinitas buah setiap pagi, dan camilan siang dan sore.

Bagian camilan ini yang sedikit challenging buat saya, karena mereka lebih menyukai camilan rumahan yang dibuat langsung di dapur. Meski saya senang, tapi juga pening memikirkan bikin camilan apa lagi hari ini. Kehadiran gerobak makanan keliling kadang melegakan, tapi tentu tak bisa setiap hari diandalkan.

Karena setahun belakangan ini kami sekeluarga jarang makan di luar, saya harus berpikir taktis dan kreatif. Eksplorasi menciptakan pengalaman dan pengetahuan, oleh karena itu, berbagi kreativitas di dapur sudah jadi gaya hidup yang baru di era digital ini.

Nah, salah satu yang sering menyelamatkan saya dari kegalauan di dapur adalah aplikasi masak seperti Yummy App by IDN Media Tinggal unduh saja melalui Google Playstore untuk Android atau Applestore untuk iphone. Sekali install, bukan hanya tiga pulau terlampaui tapi ratusan resep tersedia!

Ya, aneka tantangan dapur yang berkecamuk di kepala kini dengan mudah dicari solusinya lewat Yummy App. Adanya fitur-fitur pada aplikasi Yummy memperkuat tagline yang diusung yaitu #MasakItuGampang. Ya, gampang, tinggal bangkit eksekusinya saja melawan mager :)

Sebelum saya share hasil eksplorasi dengan resep di Yummy App, kita kenalan dulu dengan fitur-fitur andalan Yummy, yuk!

Review Fitur Yummy App 

yummy app

Fitur Masak

Ada yang kaya saya nggak, sebelum dan sesudah tidur suka kepikiran mau masak apa? Setelah ada bahan, mau diolah apa? Kalau iya, toss dulu. Mari temukan solusi di fitur “Masak”, di mana kita bisa mencari inspirasi masakan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah, lengkap dengan resepnya.

Caranya tinggal klik fitur Masak > lalu masukkan bahan yang ingin dimasak (maksimal 2 kombinasi) > kemudian pilih masakannya.

Ini contoh saat saya mencari resep dengan bahan ‘mie’ dan ‘telur’ ya.


aplikasi yummy

Di dalam fitur masak, masih terdapat fitur turunan untuk lebih spesifik lagi seperti filter harga/bujet masakan, durasi memasak, porsi, dan kategori masakan.

Kurang cakap dalam memasak? Tenaang, ada fitur tips memasak yang akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan rinci.

Fitur Tulis Resep

Eh ternyata kalau kita punya resep-resep andalan, atau hanya ingin menyimpan resep saja untuk arsip pribadi, kita bisa tulis resep di fitur ini. Katanya sih, kalau upload resep di sini juga bisa jadi cuan, ahhh ibu-ibu kalau dengar kata cuan jadi semangat masaknya, dong … kan buat belanja dapur juga ^^

Caranya, klik fitur Tulis Resep > Baca Panduan Menulis Resep > tulis resep lengkap sesuai kolom > klik publish.
yummy aplikasi

Nanti, di menu akun kita, akan ada keterangan resep yang disetujui, resep yang sedang ditinjau, dan resep yang direvisi. Ih senang, deh, rapi banget prosedur pengarsipannya. Resep-resep di Yummy App jadi terjamin kualitasnya karena dikurasi dengan baik sebelum bisa dibagikan ke para pengguna.

Kebetulan saya belum coba fitur upload resep ini karena masih senang bereksplorasi dengan ratusan resep-resep yummy yang sudah ada.

Fitur Pencarian

Nah, fitur pencarian ini adalah shortcut dari fitur masak, cocok digunakan ketika kita sudah tahu ingin cari resep apa. 

Pencarian ini juga mencakup fitur turunan buat ibu-ibu yang ingin memulai usaha makanan dari rumah. Silakan intip fitur RESEP IDE JUALAN di halaman depan Yummy App. Semua yang kita butuhkan dalam dunia masak-memasak hadir dalam genggaman tangan. 

Sedangkan untuk pencarian resep secara umum caranya, klik tanda loop di kolom pencarian > pilih dari kelompok makanan yang tersedia atau langsung ketikkan resep yang ingin dicari.

aplikasi masak

Sebagai contoh, saat saya mencari resep pukis, akan keluar beraneka ragam resep varian pukis dari yang polos sampai modifikasi rasa.

Gemes sekali ingin semuanya dicoba, tapi karena saya sedang kangen pukis, tadaaaa ... jadilah cemilan sore favorit anak-anak yang mudah dan praktis.

resep pukis

Karena masih dalam euforia bulan kemerdekaan, saya namakan panganan ini Pukis Merdeka. Basic-nya adalah adonan pukis dasar yang diberi pasta red velvet. Padahal ini bukan pertama kalinya saya membuat pukis, tapi karena sajiannya berbeda, anak-anak excited makannya.

Ngomong-ngomong soal pukis, saya jadi mengingat kenangan waktu sekolah dulu. Tukang pukis adalah salah satu yang selalu ada di deretan gerobak jajanan bersama kudapan ala sekolah lainnya. Rasa pukis seharga 200an itu standar saja, dominan rasa tepung dengan topping adonan cokelat yang diaduk di permukaan kue -- belakangan saya tahu ini disebut motif marble/marmer.

Meskipun begitu, saya masih ingat betul tekstur pukis yang lembut dan empuk saat masih hangat. Yang paling menakjubkan bagi saya yang masih SD, pukis dibentuk dalam cetakan-cetakan cekung di mana adonan cair mengembang menjadi kue yang montok dan menggiurkan. Kelihaian tangan abang pukis dalam mencukil kue panas secara cepat pun jadi sebuah tontonan akrobatik yang menarik.

Bagi saya, pukis ber-topping meises cokelat yang masih meleleh sudah cukup mewah dan everlasting. Kini saya pun tahu, bahwa meises yang bagus itu harusnya tidak meleleh saat dipanaskan, hehe.

Zaman berganti, pukis pun naik kelas. Sekarang topping dan glaze pukis sudah banyak macamnya, mulai green tea sampai cokelat crunchy. Bahkan, gerai fastfood aja sekarang sudah menjual pukis sebagai teman ngopi.

Tapi kalau sudah punya Yummy App di rumah sih aman, hadirkan sajian ala kafe di rumah aja untuk disantap bersama keluarga. Meski sederhana, buatan rumah selalu dicinta. 

Semangat eksplorasi di dapur bersama Yummy ya, para home chef!
Next Post Previous Post
22 Comments
  • Sapamama
    Sapamama 23 Agustus 2021 06.55

    Infografisnya lucu banget mam. Ngomongin pukis, udah lama banget sejak terakhir aku makan pukis. Mau beli cetakannya dulu ah biar bisa eksekusi resep pukis Yummy App

  • Deris Afriani
    Deris Afriani 25 Agustus 2021 22.15

    Simple ya Mbak resepnya. Jadi pengen nyoba. Kalo aku pas sakit kemarin nyobain wedang covid-19 dari yummy app. Mantap deh aplikasi satu ini. Solusi buat aku yang malas masak.

  • Andina
    Andina 26 Agustus 2021 20.23

    Boleh juga ya kapan2 buat pukis di rumah. Gak pernah buat soalnya. Alhamdulillah ada Yummy App, bisa buat sekarang

  • ApiidaSokoomah
    ApiidaSokoomah 27 Agustus 2021 02.29

    Warnanya menarik dan menggoda untuk dicoba.

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 27 Agustus 2021 11.21

    Bisa jadi salah satu camilan nih buat anak PJJ
    Apalagi memang suka pukis
    Bisa kreasi topping juga ya nanti
    Hmm... mari kita buka Yummy App

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 30 Agustus 2021 15.08

    Saya juga suka pukis Mba. Enak ya ada Yummy Apps, jadi bisa lihat resep dan masak camilan kesukaan keluarga

  • Rizky Nurhayati
    Rizky Nurhayati 31 Agustus 2021 19.27

    Dari dulu aku ga ahli bebikinan moms, tapi ternyata setelah sering² baca resep & trial eror akhirnya pelan² bisa bebikinan. Team yg suka cari resep di Yummy hihi kadang samain plek resepnya dan kadang modif dikit.

  • Ola Aswandi
    Ola Aswandi 1 September 2021 05.52

    Yummy app ini benar-benar penyelamat para bunda di dapur yang sering bingung mau masak apa yaa..

    Sering banget masak menyesuaikan isi kulkas.. nah kalo bisa cari resep yg menyesuaikan dengan bahan makanan yg ada tentu bikin mamak hepi syekali..

    Btw jadi pengen ngunyah pukis juga nih, hehehee..

  • Rizky Nurhayati
    Rizky Nurhayati 1 September 2021 08.35

    Aku tipe yg bebikinan mesti liat resep sana sini ka. Dan bukan tipe yg sekali resep langsung berhasil jadi makanan yg enak hihi emang Yummy Apps ini andalannya :)

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 1 September 2021 14.51

    resep masakan lengkap semua ada di aplikasi yummy app, bisa jadi solusi buat aku yang kurang kreatif ini dalam mengolah menu masakan

  • Desy Yusnita
    Desy Yusnita 1 September 2021 15.25

    Koq aku juga baru tau kalo mesis yang bagus itu ga meleleh ya. Waaah sebuah informasi baru buat aku. Btw warna pukisnya meriah banget, pasti anak-anak suka deh makannya.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 1 September 2021 16.56

    Saya lebih sering beli pukis kak daripada buat sendiri ehheeh, tapi ngeliat cara di atas make aplikasi yummy kok asik. Jadi pengen download juga, biar makin mahir masak dan mertua jadi senang deh

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 1 September 2021 17.12

    Yummy apps ini super lengkap ya. Fiturnya juga beraneka ragam. Jadi gak bosen. Banyak menu-menu yang bisa di recook juga.

  • Ririe
    Ririe 2 September 2021 00.09

    Saya juga install aplikasi Yummy ini, fitur-fiturnya useable semua. Apalagi yang koleksi resep masakanya bejibun. Asyiknya, tiap resep masakan ada estimasi waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya. Ngebantu banget kalau galau mau masak apa lagi hari ini, esok, lusa dan seterusnya

  • April Hamsa | Parenting Blogger  keluargahamsa.com
    April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 2 September 2021 12.35

    Zaman sekarang enak kalau mau intip resep tinggal dalam satu genggaman khususnya di aplikasi resep kyk gini ya mbak.
    Apalagi pandemi gini di rumah aja, org rumah biasanya butuh rekreasi mulut alias cemal cemil, supaya gak bosan :D

  • Larasatinesa
    Larasatinesa 2 September 2021 20.33

    Ya ampun kue pukis kesukaanku, unik banget mbak warna merah putih sesuai kemerdekaan. Kreatif banget deh hehe, kayaknya aku harus download yummy app buat bikin cemilan di rumah nih, selama WFH bawaannya lapar terus.

  • Putri Lasim
    Putri Lasim 2 September 2021 22.48

    pas banget nih mba, aku gak bisa masak, auto download yummy apps ih fiturnya super lengkap

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 3 September 2021 05.51

    duh menggoda mbak pukisnya, jadi pengen nyobain bikin juga nih yan merah putih gini hehe.. sekarang masak apa aja jadi makin gampan ya karena bisa ada contekan dari yummy hehehe

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 4 September 2021 11.45

    Yummy Apps ini sangat membantu sekali, terutama buatku semenjak pandemi. Sudah pasti urusan masak-memasak jadi lebih sering karena masih di rumah sajakan. Nah akhirnya setiap ada request masakan yang belum pernah ku masak sama sekali biasanya nyontek dari apps.

  • Aldila Kun Condroweni
    Aldila Kun Condroweni 5 September 2021 05.04

    Aku termasuk yg lihat resep nih kalo masak.. Dengan adanya yummy apps pastu membantu banget nih kalo mau masak enak..

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani 5 September 2021 15.33

    Wow, suka banget sama kue Pukis ini Mbak. Sayang blom punya cetakannya saya nih. Suka banget dengan nama pukis merah putihnya.

  • Fitria Rahma
    Fitria Rahma 5 September 2021 18.42

    Wah, pukis udah jadi camilan favorit sejak kecil. Pengen banget bisa bikin sendiri. Ternyata di Yummy App ada juga resep pukis.

Add Comment
comment url