6 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi

Seiring boomingnya trend tanaman hias beberapa waktu ini, orang-orang juga jadi tertarik mengurusi rumah yang selama ini sering terabaikan karena sibuk bekerja dan beraktivitas di luar rumah. Kalau sudah banyak waktu luang gini baru deh kelihatan ada banyak sudut-sudut rumah yang sebenarnya bisa diulik. Salah satunya dengan mengombinasikan tanaman hias ke dalam unsur dekorasi rumah.

Biasanya nih, bagian rumah yang sering dipermanis dengan tanaman hias itu teras, ruang tamu dan ruang keluarga. Adanya tanaman hias ini memberi kesan ruangan tersebut adem dan nyaman. Tapi bagaimana jika obsesi tanaman hias ini kebablasan, alias rumah jadi kaya hutan saking banyaknya daun hijau di segala penjuru rumah?

Nah, memang benar bahwa tidak semua bagian rumah jadi tambah manis kalau ditempatkan tanaman hias. Kamar tidur misalnya, bagi saya cukup satu atau dua pot bunga meja saja untuk memberi kesan warm. Di ruangan lain pun, saya hanya akan menempatkan tanaman-tanaman yang tumbuhnya tidak terlalu cepat dan tidak merambat.

Pilihan tanaman memang soal selera, tapi kenali karakter masing-masing tanaman supaya tidak salah menempatkan tanaman yang cocok pada setiap ruangan. Tentu nggak cocok menempatkan pohon jambu air di ruang keluarga kan, hihihi.

kamar mandi asri

Salah satu ruangan lain yang sering diberi sentuhan tanaman hias adalah kamar mandi. Adanya tanaman di ruangan ini menjadikan suasana yang lebih asri dan nyaman sekaligus terang karena ada sinar matahari yang mengintip, menggantikan kesan umum kamar mandi yang pengap dan lembap.

Fungsi Tanaman di Kamar Mandi

Menaruh tanaman hias di kamar mandi memiliki berbagai fungsi selain memperindah ruangan. Manfaat menaruh tanaman di kamar mandi antara lain bisa meningkatkan kualitas udara di kamar mandi, menyerap kelembapan berlebih, menghilangkan bakteri dan membuat udara lebih segar karena tanaman menghasilkan oksigen. 

6 Tanaman Hias di Kamar Mandi

Nah, kira-kira apa saja tanaman hias yang cocok ditaruh di kamar mandi? Ini beberapa pilihannya yaa…

Golden Pothos (sirih gading)

sirih gading

Tanaman ini adalah yang terbaik di jajaran tanaman hias untuk kamar mandi. Daya tahan di segala kondisi dan cuaca membuat kita tidak perlu repot mengurusnya secara harian. Daun-daunnya yang cantik dan menjuntai cocok diletakkan di posisi tembok atas, memperindah suasana kamar mandi.

Calathea

Semua jenis calathea cantik dan bisa dipilih untuk menghias kamar mandi. Dalam ukuran kecil bisa ditaruh di pot di samping wastafel, atau dalam pot besar di salah satu sudut kamar mandi. Perawatan calathea juga tidak sulit dan tanaman ini cepat berkembang.

Snake Plant

sanseveiria
Lidah mertua memang primadona di segala suasana. Dalam ukuran yang besar, taruh snake plant di samping kiri kanan wastafel, atau beberapa ukuran snake plant mini di atas rak. Edgy to the max! 

Alocasia 

alocasia
Bentuk daun alocasia yang unik ini benar-benar bisa membuat ruangan lebih chic dan menyenangkan. Karena karakter daunnya yang besar-besar, alocasia cocok ditaruh di dalam pot besar di sudut ruangan.

Monstera 

Siapa yang tidak menyukai eksotisme daun monstera, baik yang sobek-sobek maupun yang bolong-bolong. Semua hits dan bikin kamar mandi lebih kekinian, buat pojokan hijau yang bisa dibuat selfie :)

Peperomia Watermelon


peperomia
Tanaman kecil mungil ini sangat manis jika ditaruh di atas rak atau meja wastafel. Peperomia juga tidak perlu disiram sering-sering karena daunnya yang tebal dan menyimpan cadangan air.

Nah, sudah ada 6 ide tanaman hias untuk ditaruh di kamar mandi. Kesemua tanaman hias ini mudah didapat, harga masih terjangkau dan mudah perawatannya.

Supaya kamar mandi terjaga kebersihan dan kenyamanannya, jangan lupa juga untuk rajin membersihkan kamar mandi dari jamur dan lumut, terutama pada tembok dan lantai. Pilih produk pembersih kamar mandi yang dapat menghilangkan noda membandel pada permukaan porselen, keramik, mosaik,dan sejenisnya dengan cepat.

Perpaduan kamar mandi yang bersih dan tanaman hias akan mewujudkan kamar mandi yang asri, bersih, dan segar. Wuw, sesi semedi di kamar mandi bisa lebih berlama-lama lagi nih :))
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Pida
    Pida 16 Agustus 2021 20.48

    Bunga sejuta umat niii si Daun sirih sama lidah mertua, hehhe
    Perawatannya juga gampil bangett, nggak heran kl tiap rumah pasti ada.
    Bagus sih yaa kamar mandi kalau diletain bunga gini, jadi lebih fresh dan segar juga yaaa, penuh warnaa

  • Bondan Murdani Soleh
    Bondan Murdani Soleh 17 Agustus 2021 18.39

    pernah dengar dari radio sih kalau perawatan tanaman hias itu ada caranya (tidak sembarangan). Berharap ada diblog ini juga.

    suka nih yang Peperomia Watermelon

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 Agustus 2021 20.08

      Haaii, untuk merawat tanaman hias saya sudah tulis di sini ya https://www.dailyrella.com/2020/10/merawat-tanaman-hias-di-rumah.html

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 19 Agustus 2021 02.39

    Ya ampun, beneran biki seger dah ya kalo ada taneman hias di kamar mandi. Aku mau coba peperomia watermelon deh. Hihi..

Add Comment
comment url