Cara Membuat Rumah Tetap Sejuk dan Tidak Sumpek

Kamu tinggal di perumahan di Malang? Pasti suasananya sejuk ya. Namun, pernah nggak sih merasa rumah kamu sangat sumpek dan gerah? Apalagi kadang cuaca saat ini nggak bisa diprediksi. Kadang dingin, kadang panas sampai lembap. 

Kira-kira apa yang bisa kita lakukan agar isi rumah tetap sejuk dan nyaman untuk ditinggali? 

Berikut ini ada banyak cara membuat isi rumah tetap sejuk dan tidak sumpek, lho. Yuk kita simak informasi dan penjelasannya!

perumahan di Malang

Cara Membuat Rumah Tetap Sejuk dan Tidak Sumpek

Ingin rumah kamu tetap sejuk dan tidak sumpek? Well, sebenarnya bisa aja sih langsung menggunakan kipas angin dan AC. Namun, penggunaan alat elektronik tersebut dampaknya tidak permanen. Jika listrik mati, maka rumah akan menjadi gerah. 

Lantas, bagaimana ya agar rumah tetap sejuk? Gini caranya... 

Tidak Menumpuk Barang

Hal pertama yang bisa membuat rumah sumpek adalah terlalu banyak barang di rumah. Tumpukan barang tersebut bisa menghalau udara bergerak sehingga aliran udara tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, kamu bisa merasa gerah dan juga mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak.
Gunakan perabot atau furnitur yang penting saja

Sering kali kita ingin membeli segala furnitur dan perabot rumah yang lucu dan menarik. Pada kenyataannya kita tidak terlalu membutuhkan semua itu. Kita hanya memerlukan perabot dan furnitur yang mempunyai fungsi esensial saja. Misalnya lemari pakaian, laci untuk menyimpan sepatu dan lemari buku. Apabila dirasa pajangan rumah tidak terlalu penting untuk dibeli maka tahan dulu ya, sehingga kamu tidak harus membeli lemari pajangan. Tentunya ini akan menghemat space bukan?

Sesuaikan Ukuran Furnitur dengan Luas Rumah

Kemudian kamu juga harus paham ukuran luas rumah. Jangan sampai kamu memilih furnitur atau perabot dengan ukuran yang bisa memakan area di dalam rumah. Tips agar kamu tidak salah beli perabot atau furnitur, pastikan kamu mengukur ketersediaan lahan di setiap ruangan. Selanjutnya, lebih baik datang langsung ke toko perabot dan furnitur agar kamu bisa membayangkan ukuran ruangan saat membeli.

Buat Ventilasi Udara yang Pas

Pada sebuah hunian, ventilasi memiliki fungsi yang esensial. Bagian ini berguna untuk memastikan adanya jalur udara pada hunian. Jika tidak ada ventilasi di rumah atau ukurannya sangat tidak ideal maka bisa saja rumah kamu akan terasa panas. Hal yang lebih parah rumah kamu akan terasa bau dan mengganggu sekali, bukan?

Pastikan Jendela Menghadap ke Outdoor

Pernah tidak kamu melihat rumah dengan jendela yang menghadap ke dalam rumah? Padahal kan kita maunya jendela menghadap ke bagian outdoor atau luar rumah ya. Tujuannya agar udara dari luar bisa masuk ke dalam. Namun, jika jendela menghadap ke indoor atau bagian dalam rumah, bisa-bisa ruangan tersebut akan terasa sumpek. Solusinya adalah kamu bisa memasang ventilasi lalu letakkan blower untuk membantu pertukaran udara. Solusi terakhirnya adalah merenovasi bangunan.

Letakkan Tanaman Indoor

supaya rumah sejuk

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan agar rumah tetap sejuk adalah meletakkan tanaman indoor. Tanaman di dalam rumah akan memproduksi oksigen sehingga isi rumah akan lebih sejuk di siang hari. Pilihlah tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari dalam jangka waktu lama. Umumnya ini bisa sangat membantu kamu jadi tidak perlu repot memindahkan tanaman dalam waktu yang cepat.

Tanam Pohon atau Tanaman di Halaman

Apabila kamu mempunyai lahan yang luas, cobalah untuk menanam tanaman di halaman. Aktivitas berkebun ini tentu bisa memberikan keunggulan seperti membuat area halaman menjadi lebih hijau, tanaman tadi membuat udara di sekitar rumah lebih sejuk dan tentunya ini bisa menjadi alternatif olahraga di rumah.

Pasang Humidifier

Apabila area di dalam rumah kamu terlalu kering, kamu bisa menggunakan humidifier. Alat ini bisa membuat ruangan yang kering menjadi lebih lembap dan pastinya akan terasa sejuk.

Itu saja informasi mengenai cara membuat isi rumah tetap sejuk dan sumpek. Semoga cara di atas bisa membantu kamu ya membuat rumah tetap segar. Kalau kamu punya rumah dijual di Malang, mungkin cara ini bisa kamu lakukan untuk membuat suasana rumah tetap sejuk.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url