5 Drama Korea Romantis Terbaik

16 komentar

Daftar drama Korea romantis terbaik ini versi saya, tentunya. Karena versi orang lain bisa jadi berbeda. Maklum, kadar romantis orang kan beda-beda yaa, ada yang terlalu manis sampe giung, ada romantis garis keras, ada juga yang cukup manis-manis sudah dibilang romantis. Satu hal yang pasti sih, nonton drama korea romantis gini bikin hati jadi hangat dan senyum-senyum sendiri :)   

Saya sendiri golongan yang menganggap cerita romantis itu yang manis-manisnya cukupan, cinta dua arah (jangan ada yang mati hihi), dan ketulusan masing-masing pasangan untuk mempertahankan hubungannya. Jadi nggak perlu banyak skinship atau nempel terus kemana-mana sih, nantinya malah jadi diabetes. 

Jadi, list drama korea romantis terbaik menurut DailyRella, adalah: 

1. The Moon Embracing the Sun (2012)

"My heart already belongs to you. Have you got to fear?" - Yeon Woo.

drama korea romantis

Drama berdasarkan novel "Haereul Poomeun Dal" yang ditulis oleh Jung Eun-Gwol ini mengisahkan cinta antara putra mahkota Lee Hwon dengan peramal Wol (sebelumnya bernama Yeon Woo, seorang anak pejabat). 

Dalam menjalani percintaannya, mereka menghadapi berbagai rintangan sampai kematian. Mulai rencana ibu suri yang punya misi pribadi, kakak yang mencintai perempuan yang sama, dan adik yang jadi penyebab kemalangan cintanya. 

Adegan-adegan antara mereka berdua yang saling bertatap penuh cinta itu buat saya nggak lebay. Usahanya Lee Hwon mencari fakta dalam penantian selama belasan tahun itu tentu nggak mudah bagi seorang raja yang bisa berdampingan sama siapa saja yang dia mau. Wol juga sosok perempuan cerdas, dia mencintai pujaannya dengan elegan dan sabar. 

Noted that drama sejarah rata-rata ceritanya memang romantis tapi selalu ada aja bumbu-bumbu tragedi yang membuat kisah cintanya lebih tragis, meskipun happy ending.  

2. That Winter, The Wind Blows (2013)

“What a person can do for another is not forgiveness, but comfort” – Oh Young

drama korea romantis terbaik
Ini koleksi melodrama lawasan juga yang ceritanya romantis menyayat-nyayat. The man who wants to live meet the woman who wants to die

Seorang penipu berlatar belakang kehilangan orang-orang yang dicintainya, muncul dalam kehidupan seorang gadis buta demi kekayaannya. Tapi seiring waktu menyelami kedua pribadi masing-masing, muncul perasaan cinta yang tulus. 

Sebenernya mudah ketebak sih pasti ujung-ujungnya gitu, tapi pembawaan Oh Soo dan Oh Yong yang mencintai dengan pelan-pelan itu uwuuu manis bangeettt.. 

Menurut saya, Jo In Sung sama Song Hye Kyo cocok banget chemistry-nya di sini, sayang mereka nggak ketemu lagi di drama yang lain.  

3. 100 Days My Prince (2018)

"Jika rasa tidak nyaman ini adalah rasa cemburu. Mungkin aku memang cemburu" - Won Deuk

drama korea romantis

Putra Mahkota Lee Yeol tiba-tiba menghilang dan dinyatakan meninggal setelah suatu pertempuran di hutan. Dia menjalani 100 hari kehidupannya kemudian sebagai Won Deuk, pria sederhana yang mencintai cinta masa kecilnya dengan sederhana juga.

Love after marriage
. Uwu!

Saat drama korea kekinian mengusung percintaan yang lepas, saya jadi lebih punya respect pada drama yang ceritanya punya noble values seperti 100 Days My Prince ini.

Meskipun keduanya pasangan menikah, jarang banget ada skinship di sini, cukup popo di waktu hujan dan pandangan-pandangan uwu yang seolah-olah bilang "aku akan mencintai dan melindungimu..."

Banyak kata-kata bagus yang diucapkan Lee Yeol sebagai suami kepada Hong Shim, istrinya. Menggambarkan sosok suami yang bertanggung jawab pada komitmen, padahal dia sendiri belum tahu persis siapa dirinya sebenarnya. Dia hanya tahu, Hong Shim adalah seseorang yang istimewa di hatinya. 

Scene yang paling meleleh ketika Hong Shim bantu-bantu di acara kegubernuran dengan berdandan, lalu suaminya datang dan meminta dia menghapus riasannya. "Tolong, tidak usah berdandan selain untukku.." awuuuu, betapa terjlebnya saya yang cuma dandan kalo mo pergi. Mamam tuh, Rel...

4. Go Back Couple (2017)

” Don’t marry a successful man, marry a good man.” – Choi Ban Do

drakor romantis terbaik

Cerita tentang pasangan menikah berusia 38 tahun jelang putusan perceraiannya. Dimulai dari saling melontarkan kekecewaan, pertanyaan-pertanyaan dan penyesalan satu sama lain, sampai mereka menjalani time travel ke masa-masa mereka masih muda, memberi kesempatan memilih pasangan hidup yang lain. 

Saya rasa semua pasangan menikah juga familiar dengan kalimat retoris seperti; oh aku muak denganmu, coba kalo dulu kita nggak menikah. 

Jujur aja, waktu nonton ini di episode pertama saya langsung merasa relate. Bukan soal ingin cerainya, tapi permasalahan pernikahan ini duh, too close too reality.  Suami punya tekanan dari luar dan dalam tapi nggak bisa mengeluh, sedangkan istri repot sendirian dan butuh didengarkan...hal-hal kecil begini nih, rawan banget terjadi di pernikahan mana saja.  Nggak ada rumah tangga yang jalannya mulus terus.

Lets get honest, pernah kan ada sekelebat pemikiran "coba kalo dulu gue nggak sama dia....pasti gue udah begini, begitu..." Nah, itu yang drama ini ingin visualisasikan. Bahwa, begini lho kalo kamu pikir bisa mengubah nasib dengan memutar waktu, ini kesempatannya, dan kejadiannya ya bakal gini-gini aja. 

Jodoh nggak kemana, takdir nggak bisa dihindari :') 

5. Flower of Evil (2020)

"I wish we could switch bodies just for one day, so you could feel how much i love you" - Cha Ji Won

drakor romantis
Aduduuh, bingung sekali menempatkan FoE  atau It's Okay Not To Be Okay dalam lima drama korea romantis terbaik. Saya suka dua-duanya, tapi seperti dibilang di atas, i put more respect to marriage story

Then this is is, Do Hyun Su dan Cha Ji Won, pasangan detektif dan lelaki antisosial yang hidup dalam identitas palsu. 

Tapi cinta mereka nggak palsu. 

Meskipun Ji Won harus cari tahu soal kehidupan asli suaminya sebelumnya, itu nggak melunturkan cintanya. Biar dia bilang mau cerailah, merasa tertipu, kecewa, tapi nggak mengurangi besarnya cinta pada papa EunHa. Dia justru bertekad dan berusaha keras membuktikan kalo suaminya nggak bersalah, karena apa lagi kalo bukan karena cinta. 

Begitu juga sama Hyun Su yang lovable banget saat jadi suami dan ayah. Kemanisan pasangan ini nggak luber turah-turah, tapi sikap yang saling melindungi, kepercayaan satu sama lain, cukup memperlihatkan rasa peduli yang berlimpah. 

Mewek parah waktu mereka ngalamin fase di mana cinta sedang pergi entah ke mana. Tapi Ji Won terus mendekat (kalo pada bilang bucin terserah, tapi gue anggap itu sebagai usaha), yang akhirnya Hyun Su pun sama-sama mau berusaha cari tahu tentang perasaan tulusnya yang pernah ada.

3 dari 5 isinya marriage love ya, haha. Beginilah kalo emak-emak yang bikin list, bapernya bukan soal cinta bertepuk sebelah tangan, tapi usaha mempertahankan cinta. 

Kalo kamu, suka drakor romantis yang mana? 

16 komentar

  1. Waaaa drakor yg kutonton baru the world of the married aja 😂

    BalasHapus
  2. Kayaknya Dewi lagi butuh lihat yang romantis begini deh! Biar bisa senyum -senyum jadi metime deh, hihihi... Salam kenal dari Dewi optimasitwitter ya kak...

    BalasHapus
  3. Aku hampir ga pernah nonton drakor karena tadinya kupikir kisahnya tentang cinta2an orang nyari pasangan. Karena jujur saya sama kaya mbak "I put more respect to marriage stories"
    Jadi pengen nonton drakor yang dirimu rekomendasikan. Makasih ya udah sharing. Buat orang yang ga tertarik sama drakor aku jadi pengen nonton gara2 baca reviewnya hahaha. Tabik

    BalasHapus
  4. Belum pernah nonton semua. Tapi setuju sih,kalau kisah cinta pernikahan itu lebih kompleks dan berbobot pembahasannya.

    BalasHapus
  5. Yeay, aku tau keracunan FoE dari grup Satu Atap kan? Ekekekekek. Itu seru banget ya, tapi ga ada santai2nya, tegang muluu. Plot twist nya juga keren banget, ketipu terus asli.

    Ini kenapa CLOY ga dimasukkan??

    BalasHapus
  6. Duh dari sekian banyak film itu kenapa ngga ada satupun yang pernah kutonton yah huhu, nampaknya harus mulai rilex nihh. sempetin nonton drakor biar nngga pusing hahaha

    BalasHapus
  7. Nomor 4 fix masukkin di list nonton karena relate ya ke kehidupan pernikahan. ^^

    BalasHapus
  8. Baru nonton go back couple sama embracing sun. Goblin gak masuk ya? Atau yg lawas Full House Hehehe

    BalasHapus
  9. Yeayyy akhirya ada juga drakor yang pernah aku tonton lhooo. No 1,3 dan 4 udah pernah nonton. So, nggak kudet banget lah ya akutu. Wkwkwkw. Tinggal dua lagi yng belum nonton kalau berdasarkan rekomendasi diatas. Hmm...apakah aku harus install viu lagi?

    BalasHapus
  10. Cakep mak, bs jd referensi ntn drakor nii..😊

    BalasHapus
  11. Lah srmuanya aku belum pernah nonton, yg aku tonton paling cm cuplikan2nya aja. Jadi gak tau sebaper apa romantisnya, wkwkwk..

    BalasHapus
  12. wah belum nonton semua nih
    tapi kayaknya mau lihat yg nomor 2 dulu deh
    soalnya penasaran banget sama akting Jo In Sung sejak Memories Of Bali

    BalasHapus
  13. Benar mbak. Kadar keromantisan orang beda-beda. Kalau menurut yuni 100 day prince kurang romantis sih. Yuni nggak begitu favorit sama drama ini. Tapi lumayan bagus juga lho. Hehehe

    BalasHapus
  14. Ini sering jadi obrolan di grup emak2 ni.. dan saya roaming haha.. coz aselik lom ketemu ketertarikan nonton pelem koweaa haha

    BalasHapus
  15. Ahh drakor romantis bikin hepi nontonnya ya mbak..
    Dari list ini yg sudah kutonton baru FOE aja, itupun nggak aku tamatin, hehe

    BalasHapus
  16. yang terakhir ditonton adalah flower of evil. sukak!
    genrenya lebih tepat ke mistery, thriller dan keluarga sih menurutku :D

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^