Mengatasi Kacamata Berembun saat Memakai Masker

by - Mei 19, 2020

Adakah yang kacamatanya sering berembun saat memakai masker? Sama doong. Nggak enak banget, burem dan menghalangi penglihatan. Lalu bagaimana mengatasi embun pada kacamata saat memakai masker? 



Pertama, ketahui dulu penyebabnya kenapa kacamata kita bisa berembun saat memakai masker. Menurut ClevelandClinic, ini penjelasan ilmiahnya bagaimana itu bisa terjadi  ; 

When warm air hits a cool surface, condensation can form. Just think about how your glasses fog up when you walk into a warm building after being out in the cold. The same thing happens with a mask. When your warm breath escapes through the top of the mask, it hits the lenses of your glasses and causes them to fog up.

Nah, dari hasil browsing sana sini, saya menyimpulkan beberapa cara mengatasi kacamata berembun saat memakai masker; 

1. Pakai masker yang ukurannya pas, supaya udara dari embusan nafas tidak menguap ke kaca mata dari lubang antara hidung dan mata. 

2. Cuci lensa kaca mata dengan air sabun dan bersihkan dengan lap kering. Konsepnya persis kaya wiper di kaca mobil ya? 

3. Tarik masker sampai menutupi hidung, haha. Ini bagus untuk masker bentuk olson, lebih rapat ketimbang model pleated (kecuali model masker medis yang ada kawat hidungnya)

4. Pake selotip antara masker dan kacamata supaya posisinya diam tidak bergeser-geser. 

5. Buka marketplace, cari lap dan spray pengusir embun di kacamata. Ada kok. Contohnya seperti di bawah ini.  

Alhamdulillah, kacamata saya sekarang sudah nggak berembun lagi karena ketemu masker yang pas di muka. Namun ketika pake masker yang kebesaran lagi atau nggak pas, ya berembun lagi, apalagi kalo hujan tambah bureeemmm 😞

Ada lagi yang punya tips menghilangkan kabut di kacamata? yuk berbagi.

Selamat mencoba :) 

You May Also Like

5 komentar

  1. Suka kesel ya kalo keujanan berembun apalagi skrng pake masker ya berembun juga. Thank you tipsnya kak ^^

    BalasHapus
  2. Laah baru tau aku ada produk beginii. Tiap hari kerja pake masker butuh banget aku produk begini. Makasi ya Mba udah share. Btw salam kenal. Aku BW dari WAG <3

    BalasHapus
  3. Wah.terimakasih infonya kak
    Bener juga harus di praktekan.

    BalasHapus
  4. Ternyata memakai masker yang tepat bisa menghilangkan embun di kacamata ya. Masukan penting. Terima kasih mbak.

    BalasHapus
  5. Ini berarti bisa juga dipakai untuk googles dokter ya, pasangan baju hazmat.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^