Pengalaman Beli Perhiasan Emas UBS di Surabaya

Investasi emas sekarang lagi hits. Tapi tulisan ini mau membahas tentang beli perhiasan emas UBS ya, bukan beli emas batangan alias logam mulia. Untuk pembelian emas batangan, akan dibahas di tulisan lain lagi (kalau saya beli LM). 

Ini pengalaman saya beli perhiasan emas UBS di Surabaya.
Update : sekarang sepertinya cara membeli emas UBS sudah lebih mudah dan banyak tersedia di mana-mana, nggak perlu seribet cara saya di bawah. 



beli emas UBS


Cara Beli Perhiasan Emas UBS 

Sebelumnya, apa itu UBS? 

PT UBS (Untung Bersama Sejahtera), adalah perusahaan swasta yang memproduksi emas baik batangan maupun perhiasan. Sama dengan King Halim, HWT, dan Antam (bedanya, Antam adalah perusahaan milik negara), mereka adalah perusahaan-perusahaan produsen emas dalam negeri.

Apa keunggulan emas UBS? 

Karena perhiasan yang dijual oleh UBS kadarnya tinggi (mulai dari 70%), serta modelnya yang bagus-bagus. 

Terus terang saya juga baru ngeh sama ginian setelah ada perbincangan tentang emas di WAG emak-emak tempo hari. Rupanya, emas masih tetap jadi instrumen investasi favorit yang likuiditasnya tinggi, dibanding tanah dan properti yang kenaikannya juga gila-gilaan tapi lebih susah jualnya.

Anywy, akhirnya setelah tahu UBS, saya browsing ke webnya. Mereka punya unit usaha logam mulia (UBS Gold) dan perhiasan (UBS Lifestyle). Liat model-model perhiasannya waw lucu-lucu banget. UBS juga jadi pemegang lisensi resmi perhiasan Disney, maka jika kamu Disney-mania, boleh tengok perhiasan di UBS, yakin pasti kalap!

Karena UBS ini tidak membuka store sendiri khusus untuk penjualan retail, maka kita harus tau bagaimana cara mendapatkannya. Setelah saya cari-cari info, untuk membeli perhiasan UBS ini ada dua cara : online dan offline.

Offline

Nah, mau cerita yang offlinenya dulu ya. Di webnya UBS Lifestyle, ada tab store locator setiap kota yang menunjukkan di mana aja kita bisa membeli perhiasan produksi UBS sebagai partner toko. Di Surabaya, tempat beli perhiasan emas UBS tertulis toko emas Wahyu Redjo beralamat di BG Junction, Jalan Bubutan.

Oke, saya meluncur....

Setelah sampai BG Junction, ternyata di sana ada toko displaynya UBS di mana kita bisa melihat-lihat koleksi perhiasannya. Aakk, seneng banget....lebih puaass daripada cuma lihat di website. Bisa pegang dan coba-coba...lengkap mulai giwang sampai anklet. Fix, bakal langsung beli di sini aja deh.

Eh, ternyata...mereka nggak melayani transaksi jual beli di situ. Memang sih, tulisannya di situ semacam service centernya UBS. Jadi mereka memang sengaja memajang barang display untuk dibeli, tapi tidak bertransaksi di situ.

Bingung? Mari kita mulai dari pilih-pilih perhiasan yang mau dibeli.
Setelah ada barang yang cocok dan terpilih, kita bilang ke petugasnya ingin membeli barang x. Lalu pihak UBS akan membuatkan nota pemesanan atas barang x. Bayarnya, silakan di toko-toko emas yang melayani jual beli perhiasan UBS.

Sementara nota dibuatkan, saya sempat tanya sama petugasnya berapa saya harus bayar ke toko emas nanti. Lalu jawaban si mbaknya mencengangkan!
"Saya nggak tahu, Bu. Silakan tanya ke toko emasnya aja. Nanti mereka yang kasih harga".

Tapi saya belum puas, lalu saya tanya lagi, "Ada nggak kisaran harga per gramnya berapa? Atau di mana toko yang kasih harga paling baik di sini?"
Dengan senyum-nggak-mau-bilang-bilang, si mbak hanya menggeleng. "Saya nggak bisa kasih harga, Bu."

Ah, ya sudahlah...sayapun keluar toko membawa kertas nota sambil keliling cari toko emas yang kira-kira kasih harga bagus. Di BG Junction ini nggak susah cari toko emas, semacam tempat ngumpulnya malah. Karena di lantai yang sama dengan toko display tadi, berjejer toko-toko emas yang siap melayani anda.

Iseng saya dekati sesembak yang kerja di sesetoko emas yang kelihatan lagi nganggur.

Saya : "Mbak, kalo mau beli emas di UBS gitu gimana, sih?"
Mbaknya : "Ibu udah bawa notanya?"
Saya : "Eh, belum sih mbak (sambil nyembunyiin kertas putih yang dipegang). Saya pengin tahu dulu, harganya biasanya berapa per gram?"
Mbaknya : "Tiap toko emas ngasih harga beda-beda sih, rata-rata 460an....terus tergantung toko emasnya mau ambil keuntungan berapa"
Saya : "Jadi saya dapat harganya dari sini (toko emas) atau dari sana (toko UBS) ?"
Mbaknya : "Kita yang ngasih harganya, Bu"

Oooh jadi gitu. Karena harga jual/beli emas tiap toko emas juga beda-beda. Berarti PR nya adalah cari toko emas yang harga jualnya paling murah. Tapi yang mana? Kan di sini banyak banget, nggak mungkin kita tanya satu-satu. 

Lalu saya ingat tujuan saya sebelumnya ke sini, daripada bingung, cari toko emas yang tertulis di webnya saja. Udah pasti reseller resmi, kan.

Datanglah saya ke toko emas Wahyu Redjo ini tapi belum mau langsung menyerahkan nota pemesanan. Saya tanya-tanya dulu ke situ, bagaimana prosedur pembelian emas UBS yang barangnya sudah dipilih dari toko service center yang tadi itu.

Jadi, caranya adalah : kita bawa nota pemesanan ke toko emas yang kita pilih (tentu yang sudah bekerjasama dengan UBS ya, biasanya ditandai dengan adanya poster/logo UBS di tokonya). Lebih aman lagi sih, cari toko emas yang sudah tertulis di webnya aja.

Barang x akan dihargai sesuai harga jual/beli si toko mas. Si Wahyu Redjo ini jual emas dengan kadar di atas 700 seharga 467rb/gr, lalu ambil keuntungan 10rb/gram untuk pembelian emas UBS. Kenapa ambil keuntungan? Karena barang yang kita beli adanya di toko lain (di servis center tadi itu), bukan stok si toko emas tsb.

Nah, sudah disepakati nih harga per gramnya 477rb. Lalu kita bayarlah sesuai dengan gramasi perhiasan x yang akan dibeli. Setelah dibayar, kita diminta tunggu sementara pihak toko emas mengambil barang dari toko service yang punya barang tadi.

Setelah barangnya ready, dicoba, lalu selesai deh. Dapat surat-surat dari toko emas tsb. Jadi hitungannya kita bertransaksi dengan toko emas tsb, meskipun barangnya ambil dari tempat UBS tadi. 

Dengan kata lain, si toko emas ini makelarnya yaa, tapi kita pilih barang langsung sendiri di supplier. Bisa aja kita langsung pilih-pilih barang emas UBS yang ready stok ada di toko emas tsb, namun modelnya tentu nggak banyak karena toko emas nggak ambil barang cuma dari satu produsen saja, kan. Kalo modelnya ada yang cocok sih, nggak apa-apa langsung beli di toko emas itu aja. Prosedurnya lebih cepat.

Pernah saya kroscek harga perhiasan UBS di reseller Malang, toko Bulan Purnama Gold. Di situ harganya 530rb/gr. Lumayan jauh selisih harganya 60ribuan.

Online 

Pembelian perhiasan UBS bisa dilakukan lewat saluran berikut ini :
Website : www.ubslifestyle.com
Tokopedia : UBS Lifestyle
Instagram : @ubslifestyle (khusus untuk tanya-tanya)

Jika beli online, UBS menerapkan harga per item, bukan per gram. Jadi, saya nggak bisa pakai patokan harga emas per gram yang saya pernah beli. Misal saya beli kalung x seberat 3 gr, kalau saya pake hitungan Wahyu Redjo harganya sekitar 1.4juta. Tapi di situ harganya lain, bisa jadi 1.8jt. Saya sendiri kurang paham, selain yang tertera adalah harga per item, apa ada lagi asuransi pengiriman atau biaya lain-lainnya. 

Kesimpulannya, mending beli offline aja sih...meski prosesnya nunggu agak lama di toko emas (sekitar 1 jam-an), tapi dapat harga lebih murah dan dapat surat dari toko emas in case mau dijual kembali. 

Tapi kalau mau beli online juga aman dan nggak masalah, dikemas dalam storage box yang ekslusif...menambah nilai perhiasannya itu sendiri. Dari segi kepraktisan, online tetep juaranya.


Next Post Previous Post
18 Comments
  • Alif Kiky Listiyati
    Alif Kiky Listiyati 23 Januari 2019 pukul 05.07

    Owalah, saya baru tahu kalau belinya kayak gini. Pernah denger bisa beli langsung di mall konter LM gitu, kalau di pegadaian bisa beli tapi barangnya indent

    • Rella Sha
      Rella Sha 24 Januari 2019 pukul 15.55

      Kalo di pegadaian mungkin untuk beli emas batangan ya, mbak. Kalo ini perhiasan bebas dibeli di toko mas yg menyediakan stok perhiasan keluaran UBS.

    • Riries
      Riries 27 Februari 2020 pukul 22.13

      Di UBSlifestyle-nya kok ada opsi beli perhiasan lewat pegadaian dan harganya juga lebih murah sedikit?

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 September 2020 pukul 16.02

      dicoba saja mbak, beli di pegadaian.

  • Unknown
    Unknown 10 Maret 2020 pukul 18.38

    Pembelian perhiasan ubs by online apakah bs dijual kembali ya? Terima kasih sebelumnya..

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 September 2020 pukul 16.02

      saya kurang paham, bisa ditanyakan langsung ke cust service nya UBS

  • Anonim
    Anonim 28 Mei 2020 pukul 15.54

    Ini nanti LM nya bisa dijual lagi gak? Kalo kita udah beli

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 September 2020 pukul 16.02

      saya nggak beli LM, jadi saya kurang tahu :)

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 8 Juni 2021 pukul 12.53

    bagus ya karena lengkap dengan surat-surat juga, modelnya juga pasti lebih banyak dan up to date ya Mbak :)

  • Unknown
    Unknown 30 September 2021 pukul 08.10

    Q beli online via shopee d usblifestyle,krna kekecilan ceritaya mw q jual lg,harga ya 1,8 q bawa k toko emas d Deket rumah,d bayarin cma 500😭knpa yah kira2

    • Unknown
      Unknown 28 Februari 2022 pukul 23.14

      Emang gitu kak, saya beli emas di 2020 dg harga 3,7jt, pas jual di th 2022 cm laku 2,7jt Ancur bgt emng klo ngasih harga buyback. Gak kira² rugi nya. Sampe sejutaan lho. Jadi kapok jual beli emas disitu

    • Anonim
      Anonim 22 Agustus 2022 pukul 22.30

      iya kapok dah beli online di UBS apalagi saya jual selisihnya 17% huhuhuhu

    • Anonim
      Anonim 14 Oktober 2022 pukul 18.17

      Berarti bener ya rugi banget kalau beli emas ubs online, febuari aku beli kalung+liontin 4,1 gr harga 3.644.000
      aku jual kembali di ubs dihargai 2.500.000
      Mau nangis rasanya, baru kali ini jual perhiasan rugi 1 Juta lebih 😭😭

    • Anonim
      Anonim 7 Juli 2023 pukul 15.25

      Iya kak kalo ngasih harga buyback gak kira2... parah banget saya beli gelang 1,8 via online baru sehari patah saya buyback dapatnya 1,1 suedih polll gak lagi2 deh kapok

  • Unknown
    Unknown 14 April 2022 pukul 06.45

    Perhiasan ubs apakah tertulis harga pasti di surat,,, atw seperti emas batangan tidak di batasi harga tertulis..jadi tiap taun bisa naik.?

  • Unknown
    Unknown 30 April 2023 pukul 17.05

    Terimakasih sekali sharingnya. Aku juga pernah beli lewat online ubs kemahalan.. jd sekarang aku offline aja. Biar harga buybacknya ga terlalu selisih jauh

    • Anonim
      Anonim 7 Desember 2023 pukul 14.10

      lewat pegadaian aja ka, tahun lalu saya pernah coba tanya untuk gadai cincin yg saya beli seharga 1.5jt kemudian orang pegadaian kasih harga tertinggi 900rb pdhl tanpa surat dan hanya dicek barangnya saja tanpa bertanya harga beli dan berat barangnya
      mungkin sekarang sudah menyamai dengan harga belinya jika mau gadai, kalau iya begitu jatuhnya ga rugi2 amat lah

  • Anonim
    Anonim 13 September 2023 pukul 22.47

    Saya beli perhiasan ubs lewat tokped lalu kalau suatu saat mau jual gimana caranya kak

Add Comment
comment url