Jamu Kunyit Asem (Kunir Asem)

by - Februari 10, 2019

Kunyit, atau kunir, mengandung curcumin yang berfungsi sebagai analgesik (pereda nyeri),  antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang. Sedangkan asam jawa mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik dan penenang. 

Campuran kedua bahan alami ini sudah terbukti aman dan tidak menimbulkan keracunan bila dikonsumsi bersamaan. Khasiatnya juga tidak diragukan lagi dan jadi resep turun temurun untuk konsumsi harian. Itulah sebabnya jamu kunyit asem banyak penggemarnya. Selain rasanya juga segar, juga punya manfaat antara lain : 

1. Meredakan nyeri haid, persis seperti Kiranti 
2. Sebagai antioksidan 
3. Menurunkan berat badan, pasti dibela-belain minum nih!
4. Untuk kesehatan kulit. Bisa dipake buat masker juga, lho. 

Belakangan ini saya lagi rajin bikin ramuan jamu kunyit asem homemade. Awalnya memang karena mulai didera PMS lagi, trus suami juga suka minum jamu rumahan botolan yang dijual teman-teman. Ya mengapa tak coba bikin sendiri aja. 

Mulai sekarang jadi ada lapak baru yang rutin disambangi tiap ke pasar. Lapak rempah dan bahan jamu. Beberapa toko jamu menyediakan bahan-bahan yang sudah dikeringkan dan dibungkus gram-an, jadi lebih awet. Tapi pake bahan-bahan fresh memang lebih baik karena kita tahu persis gimana handle kebersihannya. 

Ada beberapa metode meramu jamu, sebagian langsung merebus irisan rempah langsung, sebagian diparut/ditumbuk lalu diperas sarinya baru direbus dengan air. Keduanya sah-sah aja, tergantung tingkat kepekatan yang diinginkan. Bakal tetep jadi jamu kok. 

kunyit diperas (hasil lebih pekat)

langsung rebus, lebih light

Jamu Kunyit Asem 


Peralatan : talenan dan pisau, parutan, panci dan saringan.

Bahan-bahan : 
1 liter air 
150 gr biang kunyit (kunyit besar) 
100 gr asam jawa  
150 gr gula jawa/gula aren

Cara membuat : 
1. Kupas kunyit, cuci bersih, parut (bisa ditambah kunyit putih untuk menambah khasiat)
2. Campurkan asam jawa dengan 500 ml air dalam mangkuk, aduk dengan tangan sembari membuang biji-bijinya.
3. Saring asam jawa hingga cuma airnya saja. 
4. Campurkan 500 ml air ke dalam parutan kunyit secara bertahap. Lakukan dalam tiga bagian. Setiap tahapan, aduk parutan kunyit dengan tangan sambil diperas sekitar 12 kali. Saring hasilnya ke wadah terpisah. Lakukan kembali dengan sisa air hingga campuran air dan kunyit mulai encer.
5. Campur larutan sari kunyit dan air asam jawa dalam panci. Panaskan dengan api kecil. Masukkan air gula jawa sambil diaduk.
6. Matikan api saat asap mulai keluar dari larutan yang dipanaskan. 

Cara lain yang tinggal rebus adalah, masukkan semua bahan ke dalam satu liter air lalu rebus sampai mendidih. 

Saring, dan sajikan dalam gelas kecil. Simpan sisa jamu di kulkas dalam keadaan sudah tidak panas dan uap hilang. Dapat dikonsumsi untuk satu pekan. Beri jeda seminggu sebelum konsumsi berikutnya. 

Untuk anak-anak, bisa ditambah temulawak juga..memang rasanya lebih ada pait-paitnya tapi demi efek nafsu makan yang meningkat, boleh dong dicoba :) 
   

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen