ASUS ExpertBook B3000 Detachable, Laptop Ringkas Bisa Ditenteng!

Nggak terasa udah ‘habis’ 2 laptop dan beberapa kali ganti hape untuk menunjang kerjaan nulis dan membuat konten sampai saat ini. 

Ketika kerjaan nulis makin panjang listnya, dan mengharuskan saya bisa bekerja dari mana saja, kemana-mana bawa laptop dirasa kurang praktis karena volume dan ukuran. 

Apalagi saya sering bekerja sambil nunggu waktunya jemput anak sekolah, laptop ini akan saya bawa ke pasar dulu, kemudian cari tempat ngetem, baru mulai bekerja, dan lanjut ke sekolah lagi. Sangat-sangat membebani punggung dan membuat saya harus bawa ransel padahal saya ingin juga pakai tote bag atau sling bag yang lebih compact dan handy.  

Lebih Praktis Laptop atau Tablet? 

Lalu terpikir opsi lain yang lebih enteng daripada laptop apa, ya? Saya sudah pernah mencoba netbook tetapi ukurannya masih terlalu besar. Lalu eksternal wireless keyboard yang disambungkan ke handphone, tapi karena handphone-nya cuma satu jadi ribet dengan bolak-balik cek messaging, dll. 

Awalnya tidak terpikir memilih opsi tablet, karena duluuu banget pas zamannya tablet baru keluar saya menganggap tablet ini kurang praktis. Tidak se-handy handphone, apalagi kalau sambil nelepon atau chat… lamaa ngetiknya… 

Dan sekarang, eranya laptop ringkas yang portable mulai hits. Dimulai dari ASUS yang selalu terdepan ngeluarin trend baru dan stylish. 

Ada produk baru apa dari ASUS? 

ASUS ExpertBook B3000 Detachable, Laptop atau Tablet?

ASUS resmi memperkenalkan ExpertBook B3000 Detachable, laptop ringkas yang handy dan memiliki perangkat keyboard dan layar yang dapat dilepas (ini kenapa namanya detachable).

Laptop ini bukan sembarang laptop yang biasanya berat dan bulky, dilihat dari gambarnya saja sudah kebayang praktis dan ringan. Cocok banget buat mobilitas tinggi orang masa kini.
review asus expertbook

Pada event ASUS ExpertBook B3000 Gathering tanggal 17 Desember lalu di Ascent Premier Malang bersama para blogger dan komunitas tekno enthusiast (ada Snapdragon Community, ada content creator, dan lain-lain), saya berkesempatan ngelus-ngelus langsung dan mencoba produk barunya ASUS ini. Apa yang disampaikan lewat brosur dan webnya, sangat sesuai dengan produk rilnya, rek.   

Ukuran layarnya hanya 10.5 inchi, dengan bobot 590gr, gak sampai 1 kilo gaes… cocok banget dibawa ibu-ibu di dalam tote bag-nya. Tidak perlu dikempit atau pakai tas khusus juga, karena ukuran segini mah di dalam tas juga masih lowong banyaakk. 


ExpertBook B3000 dapat digunakan secara fleksibel sebagai tablet maupun laptop. Keyboard ExpertBoard yang telah disediakan di paket penjualannya menggunakan sistem magnet sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas.

Apa susah lepas pasangnya? Enggak dong, kan pakai sistem magnet, tinggal "klik" aja gitu kedua kutubnya nanti mereka nempel dan kokoh sendiri.

Kalau nggak mau pakai keyboard juga ada stylus yang bikin lebih praktis buat gambar-gambar.

Sementara itu, di bagian belakang bodinya terdapat ExpertStand cover yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan agar ExpertBook B3000 dapat digunakan layaknya sebuah laptop. Menariknya, ExpertStand cover memiliki dua mode dudukan yang memungkinkan ExpertBook B3000 dapat digunakan secara vertikal maupun horizontal.

Naah silakan pilih, kalau mau mode laptop bisa direbahin, kalau mau mode tab bisa mode diberdirikan.

Performa dan Daya Tahan Panjang 

ExpertBook B3000 ditenagai Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform yang bikin dia berbeda dengan laptop pada umumnya. Prosesor ini menggunakan arsitektur ARM yang dikenal sangat hemat daya sehingga dapat menemani penggunanya seharian.

ExpertBook B3000 hadir sebagai laptop dengan pengalaman penggunaan layaknya perangkat mobile berkat daya tahan baterai sampai 21 jam! Nggak perlu heboh nyari colokan kalau gitu, ya? 

Ah iya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform juga dibekali dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. Jadi kalau sekadar bikin desain-desain sederhana, atau anak-anak mau minjam buat main game dengan grafis kompleks seperti Roblox, bisa banget nggak bakal ngelag! 

Portable dan Fleksibel 

Keunggulan utama ExpertBook B3000 ada pada portabilitas dan fleksibilitasnya. ExpertBook B3000 didesain sangat ringkas dan ringan dengan bobot hanya 590 gram serta ketebalan hanya 0,9 cm. Berkat bobot serta dimensi tersebut, ExpertBook B3000 dapat tampil sebagai laptop yang sangat portabel serta mudah untuk dibawa bepergian.

Lihat nih, bezelnya tipis banget kan setipis dompetkuu... 


Untuk mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya, ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur modern salah satunya adalah AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI), sehingga pengguna laptop ini dapat berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti sesi online meeting.

Selain mengurus audio, kamera ExpertBook B3000 telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Teknologi tersebut juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Jadi nggak perlu insecure lagi sama tampilan di layar saat meeting online, ya? Nggak perlu pakai filter lagi, udah cakep, hahaha.

Aman untuk Kesehatan

Ini fitur yang unik banget karena jarang-jarang barang teknologi memikirkan kesehatan penggunanya. 

ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh 16:10 (1920 x 1200) dan telah tersertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland. Artinya, layar ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang minim sehingga tidak merusak Kesehatan mata dalam jangka waktu panjang. 

Spesifikasi layar ini nggak bisa dianggap remeh juga, khususnya bagi pelajar dan pekerja yang bisa menggunakan ExpertBook B3000 dalam jangka waktu panjang dalam kegiatan sehari-harinya.

Sementara itu, kita tahu kan kalau laptop itu tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang paling banyak? Kelihatannya aja bersih, padahal tangan habis dari mana-mana nemplok ke situ. 

Nah, Keyboard ExpertBoard di ExpertBook B3000 telah dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam. 

ASUS Antibacterial Guard telah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196. ASUS Antibacterial Guard memastikan ExpertBoard yang merupakan bagian yang paling banyak disentuh oleh pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya. 

Gimana, gimana… ini gadget kok cakepnya dapet sehatnya juga dapet yah?? 

review ASUS Expert Book B3000

Sebentar, pertanyaan penting mamak-mamak nih… berapa sih kalau mau beli ASUS ExpertBook 3000 Detachable ini? Takut mahal, ya, ma? 

Harga ASUS ExpertBook B3000 Detachable 

Harga ExpertBook B3000 nggak jauh dari laptop-laptop medium yang mumpuni diajak kerja dan belajar. Cukup 7.399.000 rupiah aja untuk mendapatkan laptop ringkas yang penuh fasilitas ini. 

Tidak lebih mahal, tidak juga terlalu murah yang membuatnya minim fasilitas. Harga ASUS ExpertBook ini worth to buy!! Gaass lah pakai bonus akhir tahun, hihihi!

Next menunggu gathering ASUS lagi buat kenalan sama produk-produk ASUS yang selalu ciamik. Kalau ASUS ngeluarin produk baru lagi, semoga bisa saya ulas lagi yaaa...  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url