Liburan Anti Mabuk, 7 Tips Ini Bisa Diterapkan Agar Perjalanan Lancar

Mabuk saat perjalanan seringkali dialami banyak orang. Akibatnya, perjalanan jadi molor, teman satu perjalanan pun kebingungan memberikan bantuan. Kalau kamu termasuk langganan mabuk, maka sebaiknya pertimbangkan beberapa pencegahan agar hal yang sama tidak terulang lagi.

Tujuh tips berikut ini dapat kamu terapkan agar perjalanan jadi lebih lancar. Jangan lupa, siapkan juga tiket pesawat bagi kamu yang ingin berwisata ke luar pulau. Amankan kursi pesawat dengan pesan tiket di sini.

anti mabuk perjalanan

Tips Perjalanan Anti Mabuk

Siapkan Cemilan Anti Eneg

Kalau kamu tipe orang yang gampang mabuk perjalanan, usahakan memilih cemilan yang tidak bikin enek seperti buah-buahan atau puding. Hindari membawa makanan berat semacam nasi atau roti.

Membawa minuman segar juga bisa jadi solusi. Kamu bisa bawa air putih, jus buah atau air mengandung elektrolit.

Usahakan Perut Tidak Kosong

Sebelum kamu menempuh perjalanan jauh, pastikan makan dulu agar perut tidak kosong. Akan tetapi, usahakan untuk makan secukupnya saja.

Perut yang terlalu penuh akan terguncang selama kendaraan berjalan. Jika kamu makan kekenyangan, perut pun akan mulas, kamu pun akan kesusahan mencari kamar mandi di tengah perjalanan.
Oleskan Minyak Angin

Menurut nenek moyang zaman dahulu, pusar adalah pintu masuknya angin di tubuh manusia. Nah, dengan mengoleskan minyak angin pada pusar, perut kembung pun akan sembuh.

Kembung adalah salah satu penyebab kenapa perut bisa mual. Nah, kamu bisa melakukannya sebelum atau setelah perjalanan agar rasa mual pergi.

Bawa Aromaterapi

Kamu perlu menghirup minyak aromaterapi guna menyamarkan bau tidak sedap penyebab mual. Bau harum minyak aromaterapi bisa membuat mood kamu lebih rileks juga.

Lagi pula, pikiran yang stress memang dapat menyebabkan metabolisme menurun, menyebabkan mual dan pusing datang lebih cepat.

Alihkan Rasa Mual dengan Ngobrol

Perasaan menyenangkan selama perjalanan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Itulah kenapa, kamu disarankan untuk mencari teman ngobrol selama perjalanan agar perasaan kamu bahagia.

Kalau kamu sosok yang pendiam, mungkin bisa coba mencari kesibukan lain yang dapat mengalihkan perhatian. Contohnya adalah mendengarkan lagu atau tidur sebentar.

Kurangi Melihat Gadget

Terlalu lama menatap tulisan di gadget ternyata bisa bikin kamu pusing. Meskipun cuma scroll saja, ternyata memusatkan perhatian pada gadgetmu berpotensi bikin mabuk.

Tak cuma gadget, aktivitas memandang terlalu lama pada buku juga sama pusingnya. So, lebih baik kamu tidur atau mendengarkan musik saja.

Memperhatikan Pemandangan

Mengamati pemandangan selama perjalanan adalah cara terbaik untuk melepas penat. Sebaliknya, terlalu lama menatap dalam bus atau pesawat bisa bikin penat, mual pun melanda dengan cepat.

Kamu bisa alihkan pandangan beberapa menit menatap suasana luar dari balik jendela. Bisa juga berfoto sebentar agar mood kamu lebih baik.

Barang Bawaan untuk Atasi Mabuk Perjalanan

Minyak Angin

Minyak angin dapat dibawa untuk dibalurkan di bagian dahi, perut dan hidung guna mengusir mual. Ada banyak merek minyak angin di pasaran, bawalah yang berbentuk roll on untuk menghindari tumpah.

Masker

Penciuman sensitif mungkin dapat menimbulkan rasa mual dengan cepat. Untuk itu, kamu perlu membawa masker untuk menutup batu tidak sedap masuk ke dalam indra penciuman. Sirkulasi udara di ruangan tertutup seperti bus sangat memang mudah membuat mual.

Aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu menyamarkan bau tidak sedap penyebab mual yang sering tercium saat perjalanan jauh.

Kamu akan sangat mungkin mencium aroma tidak sedap dari badan pengunjung lain. Nah, fungsi aromaterapi adalah membantu agar penciuman tidak terganggu karena bau-bau tersebut.

Obat Anti Mabuk

Sebelum berpergian, kamu perlu mengkonsumsi obat anti mabuk agar tubuh tetap fit selama perjalanan. Obat anti mabuk mampu meredakan mual, muntah dan pusing yang kerap dirasakan selama mabuk perjalanan.

Tisu

Membawa tisu saat bepergian penting untuk mengelap bekas muntahan. Bawa tisu basah dan kering, ya.

Tisu basah mampu menghilangkan bekas muntahan tanpa kamu perlu pergi ke kamar mandi. Sementara itu, tisu kering digunakan untuk mengelap area wajah.

Kantong Plastik

Buang bekas muntahan ke dalam kantong plastik. Tujuannya agar muntahan tidak mengotori area dalam bus atau pesawat. Kantong plastik tidak usah terlalu besar, yang penting tebal dan mampu menampung muntahan.

Air Mineral

Setelah muntah, kemungkinan tubuh akan dehidrasi. Untuk itu, membawa air adalah persiapan terbaik selama perjalanan jauh. Kamu bisa menggunakan air juga untuk berkumur agar rasa pahit setelah muntah segera hilang.

Inilah tujuh tips agar perjalananmu lancar tanpa kendala mabuk. Meskipun bukan masalah medis yang serius, kondisi ini membuat dampak psikologis bagi penumpang.

Tujuh tips perjalanan Anti mabuk ini mungkin bisa mengatasi masalah yang sering kamu alami. Siapkan produk kesehatan sebelum berangkat, bisa pesan lewat Traveloka Apps.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url