Memilih Cincin Terbaik untuk Merayakan Anniversary

Bikin cincin kawin custom untuk pernikahan atau anniversary kini bukan sekadar angan-angan lagi. Punya desain dan bahan cincin yang sesuai keinginan dan personality setiap pasangan pastilah jadi salah satu wishlist dalam menghadapi hari bahagia.

Ini juga yang dulu saya dan suami inginkan sewaktu mencari vendor dan model cincin menjelang hari pernikahan. Mendapatkan cincin yang “kita banget” itu kadang susah-susah gampang. Ada yang modelnya cocok, tapi harganya kelewat budget, ada yang budgetnya masuk tapi model dan bahannya tidak tersedia yang sesuai. 

Berkali-kali kami keluar toko emas dan pameran perhiasan, berkali-kali juga kami pulang dengan tangan kosong. Sebenarnya sih simpel aja, kami ingin desain cincin yang sederhana, elegan, tapi jangan mahal-mahal :)) 

Maklum, dulu saya masih baru diangkat jadi karyawan tetap di kantor sementara suami status kepegawaiannya berbasis kontrak sekian tahun. Jadi, kami berusaha betul mengencangkan ikat pinggang untuk biaya pernikahan. Yang penting cocok, yang penting ada, gitu aja deh.

Lalu akhirnya dapat nggak, cincin yang diinginkan?

Ya, dapat. Kami bawa pulang cincin emas putih dengan 5 mata berlian yang tertanam di bagian depan secara zigzag. Persis seperti gambar ini... 

Tapi pasangan cincin tersebut kami tinggal di etalase, dan cuma beli satu saja untuk saya. Pasalnya, laki-laki muslim tidak boleh pakai emas. Lumayan banget mengurangi budget cincin hampir separuhnya dari harga sepasang.

Untuk suami, kami membeli cincin perak dengan desain yang mirip dengan cincin saya (belum kepikiran platinum, titanium, dkk waktu itu). Balik lagi, asal cocok dan asal ada saja dulu.

Lalu ke mana cincin itu sekarang?

Raib, hiks. Cincin kawin kami yang sederhana itu sudah nggak ada lagi di jari manis kami, entah di tahun pernikahan ke berapa. Cincin suami hanyut kebawa air waktu nyuci baju di kosan, sementara punya saya nggak tahu menggelinding ke mana saat masih riweuh gendong-gendong bayi.

Ya sudahlah, jatah kepemilikannya cuma sampai saat itu saja. Qodarullah. Sejak itu kami berdua nggak pakai cincin kawin lagi sampai sekarang. Takut dikira single? Nggak bakal lah ya, tampilan kami sudah kelihatan kok, beranak tiga, haha.

Memilih Cincin Kawin dan Anniversary Terbaik

Dalam waktu kurang dari 3 bulan lagi, saya dan suami akan menginjak usia pernikahan yang ke-13. Tiga belas tahun yang tentunya tidak mudah dilalui, tapi kami bersyukur sudah sampai sejauh ini ditemani anak-anak yang membuat kami terus berbenah diri. Alhamdulillah.

Kepikiran pengen gitu ya punya cincin anniversary, buat menandai momen. Karena tahu sekarang cincin kawin sudah bisa custom, saya cari informasi lagi tips dalam memilih cincin kawin mulai dari desain sampai bahan.

Desain atau Model Cincin Kawin

cincin kawin custom

Umumnya, model cincin kawin tidak banyak berubah dari waktu ke waktu. Model yang cenderung everlasting yaitu model polos melingkar untuk pria, dengan penambahan mata berlian pada cincin perempuan. Kalau orang tua bilang, ya begitulah pakem cincin kawin, bentuknya konvensional. Kalau terlalu dimodel-modelin malah nggak berasa megahnya, katanya begitu.

Model cincin kawin polos memang akan selalu ada peminatnya dan nggak tergerus zaman sih. Tapi seiring selera tiap orang kini berkembang, bisnis cincin kawin juga ikut beradaptasi. 

Kini yang polos juga bisa berimprovisasi dengan bentuk gelombang atau kombinasi warna. Meski berlian tetap jadi creme de la creme, ada juga yang menambahkan batu permata lain yang berwarna untuk menambah kesan unik dan personal. 
cincin kawin palladium

cincin kawin platinum

Bahan Cincin Kawin

Bahan cincin kawin umumnya terbuat dari emas. Tentu saja selain karena emas adalah logam mulia yang tidak akan mengalami pengaratan, value-nya juga tinggi apabila dibutuhkan sewaktu-waktu untuk dijual.

Namun, sesungguhnya ada banyak macam logam yang bisa dibuat cincin dan mulai populer digunakan karena memiliki ketahanan yang sama baiknya.

Emas kuning

Emas kuning masih jadi primadona dan bahan yang paten dalam membuat cincin kawin. Emas kuning unggul dari sisi kemewahan karena kilau kuning alaminya yang tak lekang oleh waktu.

Meski kadang emas kuning terkesan ‘tua’, kita bisa mengakalinya dengan model yang lebih simpel dan kekinian sehingga tetap terlihat modern. 

Emas putih

Emas putih juga populer digunakan untuk bahan cincin kawin. Lapisan rhodium yang membuat emas berwarna putih keperakan meninggalkan kesan kilap yang elegan dan klasik.

Emas putih cenderung lebih netral untuk dipakai pria dan wanita ketimbang emas kuning.

Perak

Konon, perak justru lebih dulu digunakan sebagai cincin kawin sebelum emas. Keunggulannya adalah perak mudah dibentuk aneka ragam, bisa mengikuti selera pemakainya, mau desain simpel atau yang rumit dengan lekukan-lekukannya.

Perak banyak disukai juga karena harganya yang jauh lebih murah daripada emas, sehingga toko perhiasan masih menjual produk-produk perak karena permintaannya tidak pernah mati.

Palladium

Palladium merupakan logam yang aman digunakan untuk membuat cincin kawin. Density-nya mencapai 99% sehingga kuat dan tidak mudah kotor jika digunakan sehari-hari. Palladium juga tidak menimbulkan alergi pada kulit.

Bersama dengan perak, palladium juga jadi alternatif bahan cincin kawin untuk pria muslim.

Platinum

Platinum adalah logam yang kuat dan berat sebagai bahan cincin kawin. Kandungan platinum dalam setiap cincin kawin biasanya 95% yang menandakan karakter logam ini akan melekat seterusnya dalam cincin. 

Platinum cenderung tahan aus dan korosi dan tidak menyebabkan alergi. Sayangnya, kelangkaan logam platinum ini membuat harganya relatif mahal.

Kotagede Jewellery, Vendor Cincin Kawin Custom Premium

Ada banyak pengrajin perhiasan handmade, tetapi jika cari vendor yang memiliki komitmen, amanah, dan memiliki value plus dalam membuat cincin kawin dan anniversary custom premium, Kotagede Jewellery jawabannya.

Seperti tagline-nya MORE THAN LOVE JOURNEY, Kotagede Jewellery ingin menjadi saksi dari indahnya kebersamaan pasangan-pasangan yang mengikat janji suci dengan menyediakan layanan cincin custom dengan pilihan bahan logam sesuai keinginan.

Kotagede Jewellery bahkan memiliki bahan unggulan yang telah melalui inovasi riset dan pengembangan, yaitu logam platidium, campuran antara platinum dan palladium. Platidium sebagai bahan pembuat cincin mewarisi sifat-sifat terbaik dari kedua logam pembentuknya. 

Cincin kawin platidium memiliki karakter awet, tahan gores, anti korosif, dan tidak menimbulkan alergi pada kulit adalah alasan kenapa harus pilih platidium untuk cincin kawin dan anniversary.

Kotagede Jewellery telah malang melintang di dunia produksi cincin kawin Yogyakarta sejak tahun 2012, dan memperluas usaha dengan membuka cabang di kota-kota besar. Dari semula hanya di Sleman, DI Yogyakarta, kini Kotagede Jewellery memiliki cabang di Semarang dan Surabaya, dan sebentar lagi Bandung.

Karena sifat barang custom yang personal, Kotagede Jewellery telah memiliki ribuan pelanggan setia yang tersebar di Indonesia, sampai ke mancanegara seperti Singapura, Taiwan, dan Hongkong. 

Kita simak salah satu testimoni pasangan pengantin yang puas memakai pelayanan Kotagede Jewellery untuk berpartisipasi dalam momen istimewa dalam hidupnya. 


Alasan lain kenapa mesti pilih Kotagede Jewellery adalah kelangsungan bisnis perusahaan yang patut diteladani, karena berkontribusi dalam pendidikan Al-Qur’an bagi santri yatim, dhuafa, dan masyarakat sekitar Yogyakarta. Insyaallah, berkah usahanya, berkualitas juga produknya.

Cara Pesan Cincin Custom di Kotagede Jewellery

Online

Untuk memesan cincin kawin custom di Kotagede Jewellery secara online, kita tinggal menghubungi via kontak Whatsapp 085280007373 atau marketplace. Saat ini tersedia koleksi Kotagede Jewellery di Shopee dan Tokopedia. 


Tapi jika bingung memutuskan cincin model bagaimana yang diinginkan, customer bisa konsultasi dulu via customer service. Nantinya, customer akan diberi pilihan dan pengarahan cincin terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki.

Offline

Ada pun untuk memesan secara offline, silakan datang ke toko-toko berikut ini:

Yogyakarta
Jalan Palagan Km 7, RT.13/RW.35, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, D.I.Yogyakarta (55581)

Semarang
Jl. Ngesrep Tim. V No.79, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50269

Surabaya
Jl. Mayjen Sungkono No.65 B, RT.004/RW.05, Gn. Sari, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur 60224

Berat cincin yang direkomendasikan oleh Kotagede Jewellery adalah 4 gr. Angka ini merupakan standar terbaik untuk menghasilkan cincin berkualitas karena dengan ukuran segitu, cincin memiliki kualitas yang baik karena presisi, tidak berongga, dan tidak mudah patah.

Saya sejujurnya galaauuu, ingin pilih cincin yang bagaimana dan model apa. Tapi kalau melihat karakter suami yang dominan bekerja outdoor dan bersinggungan dengan bangunan, dan saya yang sering di dapur mengulen kue dengan tangan, desain cincin anniversary yang elegan dengan mata yang sejajar adalah yang terbaik.

Mupeng bangeeett sama model cincin palladium ini... Semoga kesampaian, ya, Pak, bisa beli cincin seperti ini untuk anniversary kita :') -- semoga suami dengar, hihi.


Atau yang dari platidium + emas putih ini....


Ahh, pengen semua ya... ^^

Untuk kepo-kepo model lain sebagai inspirasi cincin kawin dan anniversary custom premium, silakan kunjungi sosial media PT Kotagede Jewellery Group di Instagram , YouTube, dan Tiktok

Enjoy pilih-pilih di sana dan dapatkan penawaran eksklusif dari Kotagede Jewellery buat hari yang istimewa :) 
Next Post Previous Post
30 Comments
  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 13 Oktober 2022 14.16

    Ya ampuunnn, cincinnya elegaannn buangettt😍 so lovelyyy

    Akupun entah di mana cincin kawin ku. Ga sepatio primpen 😆Boljugg nih klo eikeh wedding anniversary bs kode2 minta pak suami tumbas😉

  • winda- dajourneys.com
    winda- dajourneys.com 13 Oktober 2022 16.32

    emang ya kalau liat desain cincin yang cakep2 kayak gitu tuh bikin pengen koleksi wkwkwk

  • Nefertite
    Nefertite 13 Oktober 2022 19.13

    Wah, asek tuh kalau logamnya banyak pilihan, enggak terpaku pada emas saja ya.
    Jadi pengin bikin cincin kawin lagi nih, pilih-pilih dulu ah.

  • Shanty febrianti
    Shanty febrianti 13 Oktober 2022 19.50

    Wah.. Asyik ya bisa custom cicin perkawinan tapi sayang di jakarta belum buka ya padahal design bagus-bagus

  • Nita
    Nita 14 Oktober 2022 02.06

    Aku kok, ikutan sedih ya ngebayangin cincin kawinnya hilang. Love storynya keren, mbak. Baru tahu juga ada bahan pa
    Ladium yg syar'i untuk laki2. Makin memudahkan, Yaa. Kota gede memang pusat perhiasan yg banyak pilihan.

  • iffiarahman.com
    iffiarahman.com 14 Oktober 2022 08.34

    Kotagede memang terkenal tempatnya jewellery gak heran desainnya pun bagus2 mengikuti tren customernya

  • Tetty
    Tetty 14 Oktober 2022 13.56

    aku paling suka yang emas putih, cincin kawinku udah kekecilan (wkwkw badannya sih sebenernya yang ngegedein) jadi pengen punya lagi cincin yang baru, tahun depan insya alloh aku rayain 13 th Anniversary, bisa minta kado cincin nih sama suami

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 14 Oktober 2022 18.09

    Bagusnyaaa cincin kustom Kotagede Jelwellery. Kalau pilihannya seperti ini ga perlu keluar masuk toko lagi, satu tempat bisa pesan sesuai keinginan. Mupeng beneran lihatnya, rekomen ke ponakan yang mo nikah aja ah

  • lendyagassi
    lendyagassi 15 Oktober 2022 03.10

    Huhu...Rella always menampilkan sisi-sisi realistis dalam tulisannya.
    Kaya "Takut dikira single? Engga lah..tampilan kami orangtua beranak 3."

    Oh pliiss..
    Hahha..ini bikin aku tersadar sebagai fangirling kpop gen 4.

    But balik lagi, kalau di drakor suka masih dikira single kalo gak pakai cincin, tapi di Indonesia, c'mon.. melihat sekilas aja uda tahu yaa.. Dan kini ada Kotagede Jewellery yang bisa bantu menemukan kembali cincin pernikahan custom yang sesuai dengan karakter si pemakainya.

    Aku suka cincin dengan detailing, sedangkan buat laki, pasti itu wagu banget.
    Cuuss cobain ke Kotagede Jewellery buat pilah-pilih model yang hype.

  • lendyagassi
    lendyagassi 15 Oktober 2022 04.22

    Aku jadi kepingin coba cincin Palladium.
    Jadi inget cincin unik tuh inget Nia Ramadani sama Ardhie bakri yang saling menanamkan tetesan darah masing-masing ke dalam cincin couple mereka.

    Ommonaa~

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 15 Oktober 2022 04.53

    Habis baca tulisan Kak Rella, jadi kepikiran mau punya cincin kawin lagi. Apalagi di Kotagede Jewellery bisa pesan desain custom dan bisa online juga ya pesannya. Cantik-cantik itu di foto pilihan cincin kawinnya

  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony 15 Oktober 2022 05.47

    Baru tau ada material cincin lain selain emas perak: Paladium dan platinum. Aku langganan pakai emas sih, cincin nikah suami pakai perak karena ga boleh laki-laki pakai emas dalam islam

  • Dw
    Dw 15 Oktober 2022 05.53

    Mba Rella yakin nggak tuh Paksu paham kodenya, klo butuh bantuan spam kasitau ya wkwkwk semoga langgeng selalu dan kesampean kado anniversarynya ;*

  • Juwita
    Juwita 15 Oktober 2022 06.12

    Masya Allah terharu saya dengan kisah nya. Apalagi cincin kawinnya. Sayang kami nggak punya cincin kawin waktu nikahan. Cuma saya aja maharnya cincin tapi dah dijual buat nambah daftar haji
    Hihihi jadi pingin bujuk misua deh beli di sini

  • Han
    Han 15 Oktober 2022 06.47

    Dulu pas nikah aku ngga mikirin estetiknyaa trus pas diajak belanja sama ibu mertua iya iya aja jadinya cincin kawin tuh kayak ga berkesan gitu hwaaa T___T Nyesel bangett, trus besok2 mau minta suami beliin cincin yg begini ajaa deeh hahaha

  • Ratri
    Ratri 15 Oktober 2022 07.09

    Hahaha aku juga gitu, Mba, cincin kawinnya nggak dipake. Hanya dipakai waktu ada kondangan atau acara2 resmi lain yg harus datang sepasang. Emang sering lupa aja pakai dan takut teledor.

  • Esy Kanastari
    Esy Kanastari 15 Oktober 2022 07.20

    Uwuw, baca ulasan Kakak jadi ikutan mupeng nih. Selamat menyambut anniversary ya, Kak. Semoga selalu samawa dan tercapai niatnya buat cari cincin kawin+anniv.

  • Mugniar
    Mugniar 15 Oktober 2022 07.46

    Waah keren ini Kotagede Jewellery ... semoga bisa buka cabang juga di Pulau Sulawesi supaya yang mau nikah punya banyak pilihan cincin.

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 15 Oktober 2022 09.38

    Kalau aku lebih suka emas kuning ksrena di kulitku jadi keliatan lebih wah kalau suami cincin nikahnya pakai paladium karna di agamaku laki laki ga boleh pake emas dulu kami juga custom di kotagede lho langsung sama pengrajin

  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy 15 Oktober 2022 09.41

    Wah cincinnya bagus banget desainnya, jadi pingin punya tapi aku dan suamiku ngak pernah pakai cincin kawin lho wkwkwk udah 20 tahun, pernah sih beli cincin couple tapi berasa aneh hahaha, sekarang malah pingin beli lagi.

  • Nunu Amir
    Nunu Amir 15 Oktober 2022 09.47

    Wah... cakep-cakep bgt cincinnya jd mupeng euyyyyy...

  • Allamandawi
    Allamandawi 15 Oktober 2022 09.51

    Cakep-cakep cincinnya apalagi yang ada ukirannya bagian dalm, jadi pengen punya jg

  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah 15 Oktober 2022 10.31

    Uwaaa, itu cincin bisa raib astagaaah, Mbaaak TT. Btw, cantik-cantik desain cincinnya ini apalagi bisa kustom ya, Mbak. Duh, nyatet aja desain cincin impiannya dulu, ntar kalau ada yang beliin tinggal pesan di Kotagede Jewellery.

  • Demia Kamil
    Demia Kamil 15 Oktober 2022 10.56

    waa bagus bagus ini design cincinnya yaaa, suka sama simple gitu aku tu, pas banget lagi nyari cincin pasangan juga karna cincin nikah udah sempit hehehehe

  • Jeanette Agatha
    Jeanette Agatha 15 Oktober 2022 11.23

    Bagus ya bisa custom gitu. Aku suka model yang simple tapi elegant. Mau bujuk suami ahh untuk upgrade cincin nikah sebagai hadiah 10thn pernikahan hehehe

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 15 Oktober 2022 11.36

    Dulu waktu married aku pesan cincinnya emas kuning mbak. Dan modelnya simple banget dengan ukuran nama. Btw cabang offline belum ada di Medan ya mbak jd pengen cuci mata mbak.

  • Ida
    Ida 15 Oktober 2022 11.39

    Cincinnya cakep cakep dan elegan nih jadi pengen punya satu aja, hehe.... cocok banget buat hadiah ulang tahun atau anniversary dari pasangan.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 15 Oktober 2022 11.44

    Wahh jadi kepikiran mau minta kado cincin nih dari suami di ulang tahunku nanti, dan kalo suami ulang tahun saya jadi pengen beliin dia cincin juga

  • Widya Herma
    Widya Herma 17 Oktober 2022 13.40

    Model cincinnya unik dan menarik, ga pasaran. Bikin siapapun yang memakainya jadi terlihat elegan. Aku jadi penasaran pengen cobain custom cincin di kotagede jewellery :D

  • JELAJAH MIA
    JELAJAH MIA 19 Oktober 2022 11.02

    Jadi kepikiran buat beli cincinnya deh, biar ga cuma emas kuning aja koleksiku

Add Comment
comment url