PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan untuk Biaya Pendidikan Anak

aplikasi perencanaan keuangan

Tiba jugaaa di pertengahan tahun alias bertemu lagi dengan tahun ajaran baru…
Waktunya kenaikan kelas, waktunya daftar ulang, waktunyaa… keluar uang lagi, hihihi. 

Ada yang selalu pusing di waktu-waktu ini? Kalau iya, mari duduk bareng sama saya. 

Ini artinya kita butuh aplikasi perencanaan keuangan untuk membantu mengatasi sakit kepala akibat mengatur dana pendidikan anak. Biar dibantuin ngitung gitu, kalau ngitung sendiri biasanya hanya akan berujung pada keluhan, “ambil duit buat ini itu dari mana, yah?” 

Terus sebenarnya sejak kapan sih mulai menyiapkan dana pendidikan anak? Bagaimana juga mengatur dana pendidikan anak yang nggak cuma satu seperti saya? 

Strategi dan Instrumen Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak

Karena biaya pendidikan anak ini sifatnya jangka panjang, ada beberapa cara atau instrumen dalam menyiapkan biaya pendidikan anak, di antaranya: 

  • Tabungan Konvensional 
  • Asuransi Pendidikan 
  • Tabungan Pendidikan 
  • Reksadana 
  • Deposito 
  • Emas  

Kesemuanya bisa coba dipakai untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Nggak harus punya semua tentunya, tapi nggak ada salahnya juga untuk menyebar aset di beberapa tempat untuk antisipasi risiko. 

Sementara untuk strategi dan perencanaan, perlu banget kita dan pasangan memperhatikan hal-hal berikut ini: 

Buat perencanaan

Namanya rencana, berarti dilakukan jauh-jauh hari. Kalau anak mau masuk TK, persiapkan dana setidaknya dua tahun sebelumnya. Perencanaan ini meliputi survey biaya sekolah dan breakdown berapa uang yang harus disisihkan per bulannya. Sementara anak sekolah TK, persiapkan dana untuk masuk SD (di sini biayanya rata-rata sudah mulai mahal), lalu untuk masuk SMP, persiapkan selama 6 tahun sejak anak masuk SD, dan seterusnya. 

Tapi, karena rencana ini akan dipakai dalam jangka panjang, jangan sampai banyak diambil di tengah jalan sehingga membutuhkan komitmen yang kuat demi kelancaran biaya pendidikan anak. 

Kumpulkan uang

Caranya bisa pakai salah satu di antara instrumen di atas yang disebutkan. 

Tabungan pendidikan bisa jadi instrumen paling sederhana yang bisa jadi pilihan. Buat satu rekening khusus untuk pendidikan anak. Nantinya, tiap bulan setorkan uang ke rekening tersebut secara rutin, jangan lupa kalau ada tambahan penghasilan juga bisa di top up ke situ. Sistemnya bisa auto debt, bisa juga metode setor sendiri. 

Penyesuaian gaya hidup 

Ini adalah konsekuensi rumah tangga memiliki anak. Kita harus bisa menyesuaikan diri dalam berbagai aspek termasuk gaya hidup. Apalagi jika ada dua atau tiga anak yang harus ditanggung pendidikannya, jelas nggak bisa mempertahankan gaya hidup seperti sebelumnya. 

Perlu konsistensi dan komitmen tinggi dari orang tua dalam menyiapkan biaya pendidikan anak-anak. Jika orang tua kesulitan dalam mengatur keuangan mereka secara manual, maka bantuan aplikasi perencanaan keuangan adalah solusi bijak untuk mempermudah segalanya. 

PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan 

aplikasi budgeting

PINA adalah aplikasi catatan keuangan pribadi dengan basis teknologi yang memberikan solusi efektif dan praktis bagi pengguna untuk mencapai tujuan finansialnya. 

PINA membantu merancang dan membangun masa depan keuangan investor untuk membantu semua orang mencapai kebebasan finansial. Seluruh produk dan tools yang ada di PINA dapat membantu membuat keputusan finansial yang rumit jadi lebih mudah dan relevan. 

Keunggulan PINA daripada aplikasi lainnya yaitu, cukup dengan satu aplikasi, pengguna dapat melihat pertumbuhan “Net Worth”, membuat perencanaan keuangan, sekaligus melakukan investasi saham dan reksadana. 

PINA juga menyediakan informasi yang terintegrasi dengan berbagai macam aspek keuangan seperti tabungan, BPJS, dan kartu kredit agar pengguna lebih mudah mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kondisi keuangannya.

Yes, PINA sudah seperti personal assistant yang siap memberikan saran atau informasi kapan saja dan di mana saja terkait aset dan keuangan kita dalam satu genggaman tangan.

Ada alasan utama mengapa PINA disebut aplikasi investasi terpercaya, yaitu para pengguna PINA nggak perlu khawatir tentang keamanan dana atau instrumen investasinya. Hal ini karena dana pengguna berada di Rekening Dana Nasabah (RDN) milik sendiri, dan investasi pengguna akan disimpan di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melalui Trust Sekuritas yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 1981.

Selain itu, Trust Sekuritas sebagai penerbit aplikasi ini mendapatkan kepercayaan untuk bekerja sama dengan beberapa perusahaan aset manajemen seperti Sinarmas Asset Management, BNI Asset Management, Sucorinvest Asset Management dan Bank BNI yang menjadi tempat penyimpanan Rekening Dana Nasabah.

Dengan teknologi keuangan yang canggih seperti ini, PINA hadir untuk melengkapi kebutuhan hidup keluarga muda, profesional muda, dan middle worker sebagai target pasarnya. Selain menyiapkan pendidikan anak di masa depan, generasi sekarang juga sudah mulai aware dengan persiapan kebebasan finansial saat pensiun. 

Fitur Aplikasi PINA

Sebagai aplikasi budgeting paket lengkap, PINA memiliki beberapa fitur unggulan: 

Save 

Fitur ini menurut saya paling menyenangkan. Selain untuk menabung, fitur ini dapat membantu pengguna mengatur keuangan dengan lebih cerdas dan sesuai dengan tujuan finansial. 

Mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan memang menjemukan, makanya PINA tahu betul sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi, PINA bisa memberikan gambaran akurat tentang arus kas kita setiap bulannya. 

aplikasi catatan keuangan pribadi

NetWorth (kekayaan bersih)

aplikasi investasi terpercaya

Mengetahui net worth atau kekayaan bersih itu penting karena dapat membantu mengidentifikasi area di mana uang banyak dihabiskan. 

Pelacak kekayaan bersih atau NetWorth Tracker yang ada di PINA akan memberikan gambaran tentang situasi keuangan yang paling terkini. Di sini, kita bisa tahu informasi tentang total aset, liabilitas, akun finansial, investasi, dan jaminan hari tua dari kondisi keuangan kita sendiri.

Sambungkan akun finansial kita ke sini (bisa BCA atau bank lainnya) lalu pencatatan otomatis bisa dilakukan. Dengan adanya analisis net worth, kita jadi tahu berapa total asetnya. Sudah jadi sultan belum, nih?

Invest

Fitur ini membantu para pemula yang masih bingung bagaimana cara berinvestasi yang tepat. PINA Invest menawarkan pengaturan otomatis berdasarkan goal, atau investasi manual sesuai preferensi kita agar investasi menjadi lebih mudah. 

Pengguna cukup jawab beberapa pertanyaan untuk mengecek toleransi risiko dan tujuan finansialnya. Nanti PINA yang akan otomatis membantu memberikan pilihan dari beragam portofolio yang sudah dipersonalisasi dan mempunyai potensi bagus. Aplikasi investasi terpercaya yang cakep banget! 

Goal

Selanjutnya, pengguna juga dapat menabung dengan fitur PINA Goal yang mudah dan lebih untung daripada deposito bank. Melalui fitur ini pengguna dapat melakukan penarikan uang kapan saja tanpa ada biaya dengan indikasi tingkat pengembalian berdasarkan kinerja masa lalu. 

PINA Goal juga dapat mengatur dana pensiun, dana pendidikan dan juga membuat perhitungan ketika kita ingin membeli sebuah hunian.

Classroom 

Di PINA, kita nggak cuman diminta invest atau nabung satu arah saja tapi juga dikasih belajar lewat materi-materi edukasi finansial gratis. Pengguna akan mendapatkan tips dan trik dalam mengelola keuangan melalui fitur ini. 

PINA classroom

Nih contoh halaman classroom yang bisa dibaca-baca sama pengguna. 

Waktu belum tahu PINA, saya kesulitan banget dalam mengatur cash flow dan pencatatannya. Pasalnya, ketika uangnya sudah dipencar-pencar sesuai post, eh ada kejadian comot-comot dari post yang tidak seharusnya. Akibatnya ya pencatatan keuangan jadi amburadul. 

Jadinya saya bingung. Yang mana uang yang masih available untuk digunakan, yang mana yang sebetulnya sudah beku nggak bisa diganggu-gugat. Frustrasi bikin saya lebih boros lagi karena menggunakan uang secara membabi-buta, gesek sana gesek sini karena lihat nominal yang masih terisi. 

Dengan PINA, saya bisa memasukkan salah satu rekening yang jadi post aliran dana harian. Lalu melakukan controlling-nya dari situ semua. Jadi saya nggak perlu tengok rekening lain yang memang sudah fix untuk suatu kebutuhan. Cukup PINA aja yang digenggam untuk dana yang mengalir sehingga pencatatannya lebih tertib.  

Karena tujuan investasi keluarga saat ini adalah untuk fokus pada pendidikan tiga anak, saya juga sudah daftar webinar di bawah ini. Cocok banget sesuai apa yang saya butuhkan. 

Bahkan kalau kita masih belum puas eksplorasi via aplikasinya, kita bisa konsultasi langsung dengan certified financial planner untuk bantu advis mengenai cara mencapai goal keuangan kita. Lengkaapp kaapp banget fasilitas dari PINA sebagai aplikasi perencanaan keuangan ini. 

Gimana, udah mulai kerasa butuh bantuan aplikasi budgeting buat mengatur keuangan kamu? 

PINA juga mau bantu raih apa pun tujuan keuangan yang kita inginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa cashback up to 10 Juta. Waaawww. Buat tujuan keuangan di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun, nanti PINA berikan cashbacknya! 

pina cashback

Pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA dengan mengunduh aplikasi PINA untuk iOS dan aplikasi PINA untuk Android

Yok, selamat ngitung-ngitung yah! 

Next Post Previous Post
41 Comments
  • ggaga
    ggaga 14 Juni 2022 13.14

    artikelnya sangat bermanfaat

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 17 Juni 2022 07.53

    oh jadi Pina ini aplikasi perencanaan keuangan yang memiliki banyak fitur untuk membantu kita mengelola keuangan

  • lianny
    lianny 17 Juni 2022 13.43

    Biaya pendidikan anak sekarang memang tidak murah, memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari ya, apalagi jika punya anak lebih dari satu.
    Aku baru tau ada aplikasi perencanaan keuangan PINA, komplit juga ya fitur-fiturnya, tertarik nih dengan PINACash dan PINAInvest.

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 17 Juni 2022 18.31

    Bener ya untuk biaya pendidikan anak perlu direncanakan sebelumnya, soalnya Kita engga pernah tahu apa yang nanti terjadi di masa depan. Jadi aplikasi perencanaan seperti PINA sangat membantu sekali

  • Rina s
    Rina s 17 Juni 2022 19.33

    Aplikasinya cocok nih buat bu ibu mengatur keuangan, mau coba download akh

  • Okti Li
    Okti Li 17 Juni 2022 22.43

    Ya saya setuju kalau semuanya kembali ke masalah gaya hidup dan kebiasaan. Soalnya kalau udah sukanya gitu, mau diarahkan bagaimana pun tetap saja gak berubah, ya. Belajar dari itu menggunakan aplikasi keuangan semacam PINA ini sangat membantu pastinya

  • Eviindrawanto.Com
    Eviindrawanto.Com 18 Juni 2022 10.26

    Emang kalau dengan Pina, perkara mengatur keuangan akan lebih mudah ya. Gak perlu bikin catatan dibuku atau spreadsheet yang ujung2nya bikin mumet. Karena kebutuhan kita banyak, dengan aplikasi mengatur keuangan kita jadi tahu p0s-pos yang mana harus dikurangi atau ditambah untuk kebutuhan tertentu. Misalnya mencatat semua penghasilan dari semua pintu terus ditargetkan berapa untuk biaya sekolah anak. Membantu kita disiplin juga deh kayaknya

  • Lintang
    Lintang 18 Juni 2022 11.14

    Emang deh masalah pendidikan buat kita yang anaknya banyak jadi harus dipikirin jauh hari. Apalagi liat biaya skolah blum tambah les ini itu. Waahh untung kan ada PINA jadi bisa bikin goals trus investasi buat persiapan sekolah sampai kuliah.

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 18 Juni 2022 12.30

    Kalau mau bikin budgeting buat masa depan, sudah serahin sama PINA aja ya. Jujur kuikut deg-degan soal dana pendidikan anak. Jadi kudu disiapkan sedini mungkin

  • TIAN LUSTIANA
    TIAN LUSTIANA 18 Juni 2022 14.15

    Penasaran banget nih sama aplikasi PINA ini, keren nih untuk perencanaan keuangan, jadinya lebih cerdas lagi mengelola keuangan nih

  • Idah ceris
    Idah ceris 18 Juni 2022 20.36

    Aplikasi PINA ini paket komplit banget ya. Bisa integrasi dengan BPJS dan lainnya juga. Kereen!

  • Mugniar
    Mugniar 18 Juni 2022 22.01

    Penyesuaian penganggaran dengan gaya hidup juga penting ya ..,.. supaya bisa klop apa yang diharapkan dengan apa yang dijalani.

  • echaimutenan
    echaimutenan 18 Juni 2022 22.43

    tosss aku juga pakai pina buat perencanaan keuangan. demi kan demi masa depan sapa tau pina jadi bikin aku makin bisa tracking sehari-sehari biar ga boncos juga semangat kita makkk enak pakai pina kok

  • lendyagassi
    lendyagassi 18 Juni 2022 22.52

    Ini aplikasi kece banget siih..
    Awalnya aku suka warnanya yang cerah ceria, seolah membawa yang melihat tertarik untuk tahu lebih jauh mengenai aplikasi pengatur keuangan ini. Tapi lama-lama, baca reviewnya Rella, aku jadi kepincut gegara ada belajar bersama dan mengenal cara berinvestasi.
    Artikel mengenai finansial planning ini aku butuhin banget sebagai refrensi. Ditambah apps ini bisa memberikan saran aku sebaiknya menggunakan investasi apa yaa... berdasarkan cash flow keuangan aku yang amburadul.
    Huhuu...gak boleh pesimis, kudu optimis setelah intal apps PINA di HP.
    Skuy!

  • Gusyi yeni
    Gusyi yeni 18 Juni 2022 23.20

    Aplikasi keuangan PINA sangat recomended untuk di coba. Membantu emak dalam.mengatur keuangan.
    Aplikasinya mudah di pahami dan di terapkan.

  • Dzulkhulaifah
    Dzulkhulaifah 18 Juni 2022 23.28

    Untuk pendidikan anak sekarang keluarga kami pakai tabungan pendidikan dan baru mulai invest di reksadana. Karena anak sudah masuk SD, jadi perencanaan berikutnya adalah biaya pendidikan SMP dan seterusnya. Cakep banget nih aplikasi PINA, ada fitur invest yang bisa bantuin kita memilih investasi yang sesuai untuk kita.

  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story 18 Juni 2022 23.40

    Semakin tahun biaya pendidikan anak semakin mahal, diperlukan budget khusus yang disisihkan setiap bulan untuk sekolah mereka kelak. Aplikasi keuangan PINA ini recomended sekali memudahkan emak dalam mengatur keuangan (gusti yeni)

  • April Hamsa
    April Hamsa 18 Juni 2022 23.48

    PINA ini fitur-fiturnya lengkap yaa. Berguna banget utk merencanakan goals finansial, salah satunya untuk pendidikan anak2.
    Ternyata juga ada materi2 mengenai keuangan dan fitur investasi di aplikasi ini ya. Bisa makin melek keuangan nih kalau buka aplikasi ini terus hehehe TFS infonya ya

  • catatansiemak
    catatansiemak 20 Juni 2022 05.14

    Wah aku baru tahu ada Pina yakni aplikasi perencanaan keuangan yang memiliki banyak fitur untuk membantu kita mengelola keuangan. Ini membantu banget untuk para orang tua ya ak

  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka 20 Juni 2022 09.28

    Lengkap banget fiturnya Pina ini kita jadi bisa mengelola keuangan keluarga lebih rapi dan baik, lebih praktis juga karena tercatat sistem aku masih kesulitan nih mengatur keuangan keluarga jadi ada bocor misal kebanyakan jajan hehe

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 21 Juni 2022 19.01

    Biaya pendidikan anak tuh memang lumayan yaaa... apalagi kalau kita merencanakan menyekolahkan anak di sekolah yang butuh biaya lebih. Harus direncanakan dari jauh-jauh hari. Aplikasi PINA ini bisa membantu kita untuk mencapai target keuangan tersebut.

  • Nurul Dwi Larasati
    Nurul Dwi Larasati 22 Juni 2022 15.43

    Kebetulan sekali saya sedang mengatur dana pendidikan anak-anak. Bisa nih pakai PINA. Alokasi dananya tertarget.

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 23 Juni 2022 15.54

    Yihaaa, app PINA Ini solutif bangettt.
    Pastinya banyak ortu yy butuh banget, secara ngatur keuangan secara bijak adalah PR yhaa

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 24 Juni 2022 10.54

    Merencanakan dana pendidikan anak sejak dini itu memang penting banget. Anak saya 3 tahun lagi kuliah dan melihat tingginya biaya kuliah bikin ngelus dada juga, ya. Meski terlambat mau mulai juga nih atur keuangan untuk dapen anak bungsu mumpung masih 9 tahun lagi hihihi.

  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy 24 Juni 2022 13.54

    Keren ya banyak fiturnya dan bantu banget buat bikin perencanaan keuangan masa depan terutama untuk urusan pendidikan anak. Memang kalau ngak disisihkan jauh-jauh hari, bakalan bingung saat anak masuk sekolah yang setiap tahun biayanya mahal.

  • cucum.my.id
    cucum.my.id 24 Juni 2022 16.31

    Wah keren banget ya ada aplikasi seperti PINA ini. Untuk ibu ibu yang menjadi manajer keuangan keluarga sangat berguna banget. Jadinya bisa mengatur keuangan menjadi lebih disiplin dan seharusnya. Maklum selama ini kadang suka banyak yang melenceng anggarannya hehe, nyesel deh belakangan.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 24 Juni 2022 21.38

    Menilik fiturnya pas buat siapa saja ya, PINA aplikasi perencanaan yang banyak manfaat. Pas untuk membantu merencanakan dana pendidikan anak di masa depan, juga persiapan kebebasan finansial saat pensiun.

  • Allamandawi
    Allamandawi 25 Juni 2022 05.04

    Kelihatannya menarik, saya termasuk pengguna app catatan keuangan sejak beberapa tahun terakhir

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 25 Juni 2022 05.25

    Yg namanya uang sekolah dan kuliah tuh rentan bikin kalut ya.

    Kudu dipersiapkan dgn bijak
    Dan pakai app ini.

  • Nunu Amir
    Nunu Amir 25 Juni 2022 07.45

    Btw, aplikasinya berbayar ga? soalnya bbrp kali download app sejenis, ujung2nya hrs berlangganan hehe

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 25 Juni 2022 08.55

    Ah iya, biaya pendidikan anak makin tahun makin membumbung tinggi ya
    Harus direncanakan sebaik mungkin
    Beruntung ada aplikasi PINA ini ya mbak
    Bantu merencanakan biaya pendidikan anak

  • amelia
    amelia 25 Juni 2022 09.10

    Penjelasan yang lengkap sekali Mba. PINA ini tadinha saya pikir cuma aplikasi pencatatan keuangan. Ternyata lebih dari itu ya.. makasih informasinya Mba.. 👍

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 25 Juni 2022 09.30

    Masalah pendidikan anak itu memang penting sekali dan PINA ini bisa jadi solusi perencanaan keuangan

  • Saraah Megha
    Saraah Megha 25 Juni 2022 09.33

    saat pertama kali lihat, ini aplikasi frsh banget gak ngira ternyata membantu perencanaan pendidikan anak, auto download

  • Saraah Megha
    Saraah Megha 25 Juni 2022 09.34

    cek cek cek komenku masuk gak ya mbak, sebelumnya kok gak masuk

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 25 Juni 2022 11.18

    aplikasi yang menarik nih kak,detail juga ya, sangat membantu nih,ga perlu ribet-ribet nyatat lagi, terima kasih infonya

  • Kata Nieke
    Kata Nieke 25 Juni 2022 11.26

    Aplikasinya cocok buat orang yang pengin belajar mengatur bajeting, membuat perencanaan keuangan. Penting nih.

  • Widyaningsih
    Widyaningsih 25 Juni 2022 12.14

    Benar-benar sekqrang sudah eranya digital ya. Sampai ada aplikasi perencanaan begini. Keren

  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony 26 Juni 2022 22.50

    Gemes sama lambangnya, Pina = Pinaple dan benaran ada gambar nanas hehe. Mau coba instal ah aplikasi keuangan ini, bagus banget fiturnya.

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 27 Juni 2022 15.58

    Buat pendidikan anak memang harus dipersiapkan sejak dini ya mbak. Bisa banget nih pakai aplikasi PINA untuk mengatur biaya pendidikan anak ke depan. Semakin mudah karena fitur PINA membantu banget

  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com 27 Juni 2022 16.23

    Ada class room.
    Ada cash back.
    Asyik dahhh

Add Comment
comment url