Storytel Aplikasi Audiobook, Cara Kekinian Mendengarkan Buku

Aplikasi Audiobook Storytel, eh, apa itu? Buku bisa didengarkan?

Yeeess, bestie… kamu nggak salah dengar.
  
Storytel aplikasi audiobook merupakan platform streaming yang menyediakan buku audio berlangganan terbesar di dunia. Lewat Storytel, kita bisa membaca dan mendengarkan lebih dari ratusan ribu judul buku yang tersedia dari seluruh dunia.

Buat yang ingin baca buku tapi waktunya sering tabrakan sama aktivitas lain seperti saya, aplikasi audiobook ini sangat bermanfaat. Kita jadi bisa mendengarkan buku di mana saja dan kapan saja, tanpa harus mencari tempat untuk duduk diam dan memegang buku fisik.

Buat yang punya tipe belajar audio juga aplikasi ini cocok banget karena bisa fokus memahami sesuatu dengan mendengarkan. 

Yuk, kita ulas yaahh …

Aplikasi Audiobook

Storytel, Aplikasi Audio Book Terkini

Sebenarnya kita sudah cukup familiar kok dengan sistem Storytel pada kehidupan nyata. Kita, atau dulu orang tua kita suka mendongengkan cerita dari sebuah buku sebelum tidur, lalu entah karena terhanyut dalam cerita atau yang bacain cerita udah ketiduran, kita pun akan kriyep-kriyep sampai ikut tidur.

Naahh, Storytel membuat kenangan tersebut lebih kekinian. Yakni kita mendengarkan isi buku yang dibacakan oleh narator lewat platform streaming audiobook ini. Kalau sedang senggang, kita juga bisa mendengarkan sambil membaca ebook-nya.

Ada 150.000 lebih judul buku best seller yang tersedia di Storytel, baik dari genre fiksi maupun nonfiksi. Semua bisa dibaca dengan bebas berlangganan.

Nggak ada lagi alasan nggak punya waktu, malas, ngantuk, mager membuat kita tidak membaca buku. Storytel membuat semuanya jadi mungkin lewat rekomendasi buku best sellernya. Kita tinggal mendengarkan sambil melakukan aktivitas menyetir, cuci piring, atau sebelum tidur.

Kita tahu, bahwa buku apa pun yang akan dibuat bentuk audionya, tetap membutuhkan izin. Bisnis penerbitan Storytel aplikasi audiobook ini dilakukan melalui penerbit buku audio StorySide dan penerbit Nordik yang terkenal seperti Norstedts, People’s Press, dan Gummerus.

Kantor pusat Storytel ada di Stockholm, Swedia dan beroperasi di lebih dari 20 pasar seluruh dunia. Kita tahu lah ya, kalau negara Skandinavia ini juara banget untuk tingkat literasinya, maka nggak heran hadir inovasi keren seperti Storytel ini. 

Keunggulan Aplikasi Audiobook Storytel

Storytel

Storytel punya banyak keunggulan yang memudahkan kita membaca buku dengan cara baru. Ini dia keunggulan Storytel:

Multitasking

The most ultimate tentu adanya kemudahan dalam mendengarkan buku sambil beraktivitas. Buat kaum introvert seperti saya, Storytel membantu membuat hidup lebih ‘sibuk dan berisik’ tanpa perlu mengganggu aktivitas lain.

Tersedia Ribuan Judul Buku

Bahkan ada ratusan ribu audiobook di Storytel yang siap didengarkan kapan saja. Coba tengok halaman beranda aplikasi Storytel, rekomendasi buku-bukunya menarik, mulai nonfiksi seperti Sapiens, sampai yang fiksi fantasi seperti Game of Thrones. 

Mau audiobook Indonesia? Adaaa…banyak novel fiksi Indonesia seperti Dilan karangan Pidi Baiq yang fenomenal itu (adakah yang hari ini belum baca Dilan?). 

Kapan lagi coba bisa namatin banyak buku dalam seminggu? Untuk baca metropop Divortiare aja saya dulu butuh berminggu-minggu baru selesai. Eh, ya itu saya aja sih ….

Multigenre

Genre buku yang tersedia di aplikasi audiobook Storytel juga beragam. Ada romance seperti Mariposa karangan Luluk HF, young adult, classics, kids, personal development, crime & thriller, biography, fiction, religion & spirituality, non fiction, business & economy, fantasy & science fiction, history, poetry & short stories, podcast, hingga language.

Tinggal pilih, dan kesampingkan dulu yang bukan genre-mu. Biar nggak pusing!

Narator Berkualitas

Narator memegang kunci dalam bercerita, termasuk dalam audiobook. Kepiawaian narator dalam menyuarakan alur dan dialog dalam sebuah buku, mempengaruhi pemahaman kita atas isi buku tersebut.
Audiobook Indonesia

Beruntung, Storytel memiliki narator yang berpengalaman di bidangnya, sehingga isi buku tersebut tersampaikan dengan baik kepada para pendengarnya. Bahkan, sejumlah public figure juga ikutan jadi narator di Storytel seperti Dian Sastro dan Dee Lestari. Duuh, berasa didongengin sebelum tidur sama Mbak Dian, nggak siihhh ….

Bisa Baca Buku Online Tanpa Kuota

Eh, beneran nggak pakai kuota bisa? Bisa, dong. Sekali-kali ke warung kopi atau di kantor gitu, download sepuasnya buku-buku yang ingin dibaca, baru nanti di rumah tinggal putar ulang deh rekaman buku yang sudah di-download di rak.

Misalkan mau mendengarkan Hunger Games yang terdiri dari 3 buku, bisa download satu-satu atau sekaligus tiga dan dengarkan satu per satu. 

Sama seperti musik favorit yang bisa didengarkan berulang-ulang, buku di Storytel juga bisa digituin!

Fitur-fitur yang Tersedia di Storytel

Ada banyak sekali fitur menarik dan membantu pencapaian membaca kita dalam Storytel. Dijamin banyak yang bisa dieksplor selama kita berlangganan Storytel. Apa saja fitur yang ada di aplikasi audiobook Storytel ini?

Pengaturan Waktu

Selain untuk menyetel berapa lama durasi audiobooknya, ada juga pengaturan kecepatan narasinya. Misal pengen cepet beres ya dicepetin aja sekian detik. Semua bisa kita atur settingannya, misal mau baca satu bab satu bab ya bisaaa, durasinya kelihatan kok di masing-masing chapter buku.

Pemberian Rating

Asik kan, kalau kita bisa memberikan rating setelah membaca atau mendengarkannya. Ada pilihan rating yang bisa diberikan; inspiring, motivating, atau thought-provoking.

Selain rating, ada juga emoticons buat yang suka sama visual-visual gini. Ada emot boring, confusing, cozy, funny, informative, heartwarming, mind-blowing, informative, dll.

Sejujurnya antara satu buku dan buku lainnya kita akan merasakan perbedaan; enaknya cukup didengerin atau sambil baca? Nah di akhir buku kita bisa kasih review berupa komentar juga sambil memberikan ratingnya.

Statistik Bacaan

Naahh fitur statistik ini bagus untuk ngeset target baca. Di bagian statistik ini nanti kelihatan perjalanan kita selama memakai aplikasi ini, sudah berapa banyak yang dibaca, sisa berapa menit lagi dari satu buku, dan masih banyak lagi.

Filter Judul Buku Melalui Search dan Kategori

Tersedianya ratusan ribu judul buku di Storytel bisa dengan mudah dicari dengan menggunakan fitur search. Saat masukin judul di menu search, misalnya mau baca novelnya A. Fuadi yang berjudul Negeri Lima Menara, di sini sudah tersedia jalan pintas sesuai dengan kategorinya yaitu novel Indonesia. 

Kalau masih bingung mau baca buku apa, atau nyari suatu buku berada di genre mana, bisa pakai fitur search ini.

Fitur Bookshelf

Ini semacam playlist buku-buku yang belum selesai kita baca atau dengarkan, semua akan tersimpan di sini secara sistematis. Kita bisa nyari lagi buku yang belum selesai atau mau dibaca ulang dengan menyortir berdasarkan abjad atau penulisnya.

Ketik 'Selamat Tinggal' untuk judul buku, atau Tere Liye untuk pencarian berdasarkan penulisnya. 

Fitur Kids Mode

Sesuai namanya, ini pengaturan khusus anak-anak sehingga hanya akan menampilkan buku yang masuk kategori anak-anak aja. Untuk mengaksesnya, kita mesti punya passcode dan anak-anak bebas masuk memilih buku-bukunya sendiri. Aman kan.

Cara Download dan Berlangganan Storytel


Untuk menikmati beragam fitur yang ada dalam Storytel itu semua, silakan download dan instal dulu deh, tersedia Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android.

Biaya berlangganan Storytel hanya Rp39.000 aja per bulannya, tapi kita bisa memilih, membaca dan mendengarkan, atau mengganti-ganti buku sebanyak mungkin. Harga yang sangat terjangkau untuk fasilitas senyaman itu.

Pembayaran bisa melalui e-wallet, Shopeepay, Gopay, dan pulsa Telkomsel. 

Nah, kalau ada yang kaya saya, ingin baca buku tapi rasanya nggak ada waktu untuk duduk diam, Storytel lah solusinya. Seperti ini nih, sebelum filmnya rilis di Indonesia minggu depan, saya dengar lagi buku Fantastic Beasts and Where to Find Them untuk mengingat-ingat ceritanya dan merasakan magical feeling-nya. 

aplikasi audiobook

Dituturkan oleh Eddie Redmayne, sang pemeran Newt Scamander sendiri, saya sangat bahagia mendengar aksen British di telinga, anggap saja sedang latihan listening supaya kuping kita juga terbiasa dengan bahasa asing. 

Jangan lupa juga dengarkan Harry Potter audiobook supaya logat British-nya makin kental. 

Dengan mendengarkan audiobook kapan saja, jiwa yang selama ini hampa karena kurang asupan bacaan jadi terasa 'terisi' lagi dan wawasan pun bertambah. Aktivitas lain pun tetap jalan selagi bacaan terus bertambah. 

Yok, tunggu apa lagi yok, mumpung lagi bulan puasa, kita ngabuburit dengerin buku lewat Storytel sambil jalan nyari takjil.
Next Post Previous Post
55 Comments
  • wahyuindah
    wahyuindah 6 April 2022 22.59

    cara baca buku paling asyik pakai storytel ya mbak. pakai kuping. dengerin sambil masak. hehe

  • Nita
    Nita 7 April 2022 17.20

    Keren banget ini masyaAllah aplikasinya, terobosan cerdas, saya tuh orang yg paling jarus ditemani sama suara2 klonlagi mengerjakan rutinitas. Bisa nih dijadiin alternatif yg lebih berkualitas malah. Thankyou for aharing, Kak Rella.

  • nurul rahma
    nurul rahma 8 April 2022 06.21

    Enjoyable bangeett kalo ada app Storytel ini
    karena emak biasanya kan bakal rempong di bulan puasa, nyiapin sahur, buka dll
    nah asik deh klo ada app Storytel

    • nchie  hanie
      nchie hanie 23 April 2022 22.38

      Bisa sekalian nemenin buat ngabuburit nih storytell atau bisa dengerin mas lagi masak2 biar tambah asik sensasiny yaaa.
      So, ga ada alasan lagi buat males baca.

  • Indri Ariadna
    Indri Ariadna 8 April 2022 07.54

    Ini kayak di dongengin sambil beraktivitas nih. Thanks infonya mba, jadi pengen dengerin yang percakapan pakaih bahasa inggris biar terbiasa denger conversation.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 8 April 2022 08.18

    Aku dengerin buku favoritku dibacakan narator di Storytel sampai kriyep-kriyep juga..pas mau tidur atau lagi rebahan asyik. Juga bisa pas ngerjain apa gitu dengerinnya , asyik bener. Aku pas antri vaksin dengerin, pas beberes juga:)

  • Okti Li
    Okti Li 8 April 2022 11.36

    Waduh saya aja mungkin ini yang belum download aplikasi sekeren ini? Tertinggal banget nih saya. Padahal dari dulu kepikiran banget andai bisa baca buku tapi bisa sambil mengerjakan pekerjaan .. eh ternyata sekarang kejadian ya

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 8 April 2022 12.02

    ah storytel, aplikasi yang menarik ya mbak, wajar kalau mendapat rating tinggi ini

  • SHalikah
    SHalikah 8 April 2022 16.14

    Dengan koleksi buku yang jumlahnya banyak banget, keren sih menurut saya aplikasinya. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman masuk ke isi buku sambil melakukan aktivitas yang lain..

  • Juwita
    Juwita 9 April 2022 03.49

    Thanks sharing informasi bermanfaatnya . Sangat membantu emak-emak di saat saat tugas negara padat merayap nih

  • Han
    Han 9 April 2022 04.15

    Aku kemarin cobain dengerin Harry Potter sekalian belajar bahasa inggris wkwkwk tapi blm kelar sih sampai sekarang eekkeke

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 9 April 2022 09.02

    Aplikasi ini udah banyak direkomendasikan blogger nih, jadi pengen segera coba apalagi ada yang bagian buku anak

  • Amiamia
    Amiamia 9 April 2022 09.19

    Keren ya Storytel apalagi naratornya kece-kece. Kalau download banyak audiobook gitu habisin memori banyak nggak mbak?

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 9 April 2022 09.44

    Saya suka fitur download Storytel, bisa baca tanpa koneksi internet. Jadi hemat kuota kalau pas lagi di luar rumah.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 9 April 2022 11.03

    Aku suka banget sama aplikasi audiobook Storytel ini mbak
    Bisa tahu isi buku dgn mendengarkan ceritanya
    Uda dengerin 6 buku aku di Storytel ini

  • Simiati257
    Simiati257 9 April 2022 11.52

    Lagi hits banget ini aplikasinya
    Jadi mau coba deh

  • sylvianayy
    sylvianayy 9 April 2022 12.54

    keren banget ya... jadi lebih bebas dengerin cerita dari novel-novel favorit walaupun gak ada waktu buat baca sendiri.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 9 April 2022 14.28

    Nyaman banget nih bisa 'membaca' jelang tidur tanpa mata harus terpicing yaa.. Klo malam kan biasanya sudah pakai lampu kecil, pegang buku dan membacanya jelas tidak baik bagi kesehatan mata. Storytel ini bisa banget jadi substitusi buku fisik untuk pengantar tidur yaaa...

  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman 9 April 2022 21.31

    Aku baru donlot Storytel Mba, baru tes sekali sih belum dengar full 1 buku, tapi suara naratornya udah manteeeppp banget. Lagi cari waktu buat dengar full nih, soalnya aku lebih suka baca dari pada dengar hehehe

  • Yusriah Ismail
    Yusriah Ismail 12 April 2022 15.22

    banyak yg ulas strorytell nih 😍 kudu dicoba banget apalagi sebagai mak emak kadang baca buku gak sempat 😁

  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com 21 April 2022 10.48

    Cakep beut nih Storytel. Bisa baca buku praktis dimana aja dan kapan aja

  • Farida Pane
    Farida Pane 21 April 2022 12.46

    Membantu sekali buat yang tipe audio, ya. Yang visual kayak aku pun jadi hepi karena mata ga capek.

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 21 April 2022 13.55

    aplikasi audiobook storytel ini memudahkan buibu yang gak sempat baca buku ya, jadi bisa disambi sama kegiatan lain

  • Bunda Erysha (yenisovia.com)
    Bunda Erysha (yenisovia.com) 23 April 2022 05.19

    Ahhh jadi makin kepo aku ama aplikasi ini. Secara aplikasinya itu kayaknya ngebantu banget nih buat emak emak yang susah cari waktu buat baca buku karena kebanyakan iklan ama anak.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 23 April 2022 06.47

    Sebagai Potterhead aku suka dengar Harry Potter karena logat Britih yang kental...
    Oia, setuju buat yang tipe belajar audio, Storytel pas banget karena bisa memahami dengan mendengarkan, sudah terbukti pada kedua anakku yang menggunakan Storytel juga

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 23 April 2022 07.43

    Aplikasi Storytel sangat membantu banget yang hobby baca seperti aku ini ya kak. Kadang baca itu suka ngantuk apalagi kalau tulisannya kecil- kecil. Tapi dengan Storytel ada narator yang bantu bacain kita tinggal duduk manis mendengarkan. Ah menyenangkan

  • Nanik nara
    Nanik nara 23 April 2022 10.01

    Seneng deh akhirnya ada juga aplikasi audiobook untuk buku-buku berbahasa Indonesia. Saya kalau lagi malas baca, biasanya buka aplikasi text to speech, tapi ya gitu karena penutur asing jadi logatnya terasa aneh.

  • Bibi Titi Teliti
    Bibi Titi Teliti 23 April 2022 11.40

    Seru banget nih sekarang membaca buku jadi lebih berwarna pake aplikasi Storytel yaaah, berasa lagi diceritain. Bisa menuntaskan waiting list buku yang belum terbaca sembari mengerjakan pekerjaan lain nih. Penasaran juga pengen dengerin Harry Potter nih, favorite aku banget soalnya

  • Lintang
    Lintang 23 April 2022 13.01

    Aku juga udah nyobain dong Storytel. Asli ketagihan, soalnya banyak banget buku best seller yang belum sempat aku baca. Apalagi pas tau narator Dunia Sophie itu Dian Sastro, waaa langsung terbuai dengan suara merdunya. Bikin melayang. Ada mode anak-anak juga yang pasti aman buat anak-anakku.

  • Wiwied Widya
    Wiwied Widya 23 April 2022 21.11

    Aplikasi ini lg hits ya. Banyak banget yg ngerekomendasiin. Asyik jg kayaknya bs dibacain buku, kita dengerinnya sambol beraktivitas gt. Aku mau cari buku2nya enid blyton kira2 ada nggak ya

  • Keke Naima
    Keke Naima 23 April 2022 21.53

    Kebiasaan saya sekarang kalau lagi di depan laptop biasanya sambil dengerin YouTube. Pengen juga sesekali cobain denger cerita lewat Storytel

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 23 April 2022 22.30

    Aku pembaca dari yang buku fisik lalu coba e-book. Kayanya setelah sering baca Storytel, kumau coba audiobook juga deh. Lumayan kalau dapat Nataror yang oke. Berasa didongengin

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 23 April 2022 22.33

    Akuu termasuk type yg suka mendengarkan dari pada membaca, jadi dengan adanya Storytell ini sangat sukakk.

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 23 April 2022 23.01

    Aku ya gegara lihat beberapa review teman-teman blogger tentang Storytel ini jadi penasaran, terus aku download juga dong. Senang banget pas cek beberapa buku yang aku cari ada, akhirnya sekarang bisa jadi teman pas jemput anakku dan kalau beberes di rumah.

  • Siti Hairul
    Siti Hairul 23 April 2022 23.21

    Aku sudah mendengarkan beberapa buku nih di Storytel. Bahkan sudah punya listing di sini hehehe. Bagus2 juga buku yang dibacakan. Apalagi kalau naratornya enak bacainnya

  • echaimutenan
    echaimutenan 23 April 2022 23.24

    Aku dah donlot seneng banget bisa diceritain ama storytel inii hepiii

  • lendyagassi
    lendyagassi 23 April 2022 23.50

    Duh, beneran bahagia banget ada kabar ini, Rel..
    Rasanya kudu nyobain buku yang bisa ngomong. Hehhe...bukan bulan aja yaa..
    Kini ada aplikasi audiobook Indonesia. Juara banget... multitasking yang sangat produktif.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 24 April 2022 02.41

    Aplikasi yang keren. Dengan hanya tinggal dengerin gini, milenial dijamin bakal suka deh dengan buku. Bisa sekalian multitasking ya dengernya. Aku nyoba ah. Kangen gak baca buku novel.

  • Lusi
    Lusi 24 April 2022 09.24

    Anakku sudah agak lama pakai audiobook. Literasi nggak harus baca buku fisik kok, yg penting pengetahuannya nambah. Kalau cerita fiksi, yg penting terhibur. Apalagi jaman sudah semaju ini, cara menambah wawasan juga harus upgrade.

  • diane
    diane 24 April 2022 10.20

    Aplikasinya bener-bener inovatif nih.. Secara biasanya baca buku butuh waktu banget dan gak bisa disambi aktivitas lainnya kan.. Dengan aplikasi ini manfaat membaca kita dapet.. Sambil aktivitas lainnya juga bisa ya.

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 24 April 2022 13.14

    menurutku oke banget storytel ini mbak, jadi solusi banget yaa.. terutama buat yang pnya waktu terbatas untuk baca buku. genrenya ada banyak dan fitur2nya komplit banget

  • ade anita
    ade anita 24 April 2022 15.48

    aku jadi tertarik pingin donlot storytel nih karena ternyata banyak banget novel yang sudah ada di aplikasi ini. jadi lumayan kalo malas baca ada yang bacain

  • Siti Faridah
    Siti Faridah 24 April 2022 17.43

    Banyak banget ya genre buku yang ada di aplikasi Storytel. Jadi ingin mendengarkan buku juga nih di aplikasi Storytel.

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 24 April 2022 23.30

    Hebat banget nih Storytel. Kita bisa jalan mencari takjil untuk buka puasa sambil mendengarkan cerita dari novel kesayangan. Tak perlu takut kehabisan kuota, karena membaca buku kini tak butuh kuota banyak kita bisa mendownloadnya ya.... sayapun demikian mbak, puas memanfaatkan Storytel untuk teman disaat kesepian hehehe

  • Demia Kamil
    Demia Kamil 24 April 2022 23.57

    udah nggak ada alasan lagi baca buku nih kalo ada aplikasi sekece ini, jadinya praktis banget, jadi auto pengen download juga aplikasinya hihihi

  • Ibu Guru
    Ibu Guru 25 April 2022 09.07

    Dengan adanya storytel ini, saya optimis minat orang akan buku semakin meningkat. Aamiin ya robbal'alamiin

  • Jeanette Agatha
    Jeanette Agatha 25 April 2022 09.36

    Aplikasi storytel ini memang sangat menarik. Membuat membaca lebih menyenangkan dengan cara baru seperti ini. Aku sangat tertarik untuk dikenalkan pada anak2. Karena mereka sedang dibiasakan literasi, minimal sehari 1 cerita. Dengan aplikasi ini bisa lebih membuat mereka tertarik membaca nih 😍

  • Nunung Yuni Anggraeni
    Nunung Yuni Anggraeni 25 April 2022 09.36

    Naratornya berkualitas ya mbak. Kebanyakn mereka mereka yang udah punya nama di tanah air .

  • Mutia Nurul Rahmah
    Mutia Nurul Rahmah 25 April 2022 11.11

    aku sudah coba dengarkan beberapa buku yang dulu sering kubaca. Menarik juga diceritakan kembali dengan narator yang handal

  • April Hamsa | Mom Blogger
    April Hamsa | Mom Blogger 25 April 2022 12.28

    Aplikasi Storytel bisa menjadi salah satu alternatif buat mereka yang sibuk dan gak sempat membaca buku ya mbak.
    Apalagi fitur2nya pun memudahkan, jd gak ketinggalan nih kalau mau tau isi buku yang lg tren jg.

  • lendyagassi
    lendyagassi 25 April 2022 12.36

    Aku belum pernah mendengarkan dengan dipercepat. Mungkin selain lebih cepat selesai juga gak bertele-tele dengan intonasi yaa..
    Aplikasi audiobook Storytel membuat kualitas hidup meningkat. Senang sekali..

  • Kiky
    Kiky 25 April 2022 12.56

    Aku juga udah nyoba make ini dan emang senagih itu loh. Ini pengalaman baru yang faedah banget juga buat aku. Moga ada giveaway free subscription ya hihi.

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 25 April 2022 13.14

    Yang aku suka, ada kemudahan dan inovasi mendengarkan buku yang bagus dan berwawasan ya mba
    . Aku udah download dan merasakan manfaatnya

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 25 April 2022 18.18

    cara yang menyenangkan untuk menikmati buku - buku keren ya mbaa.. dan sambil bisa terus mengerjakan yanglain juga niiih

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 11 Mei 2022 19.34

    Terkadang mendengarkan cerita jauh lebih nyaman dibanding dengan membaca buku mbak. Senang banget kehadiran storytel ini membantu penikmat buku melalui audio.

Add Comment
comment url