3 Drakor dengan Pemandangan Indah Korea

Drama Korea punya banyak aspek yang bisa digali dalam tulisan, selain dari akting para pemainnya, jalan cerita, maupun latar belakang, ada hal-hal kecil namun ternyata besar dampaknya pada kepuasan menonton.

Salah satunya adalah latar belakang tempat, view atau pemandangan dalam setiap episode drakor, yang seringkali sukses bikin kita pingin menuju ke sana. Padahal, nggak sedikit juga drakor yang pemandangan indahnya adalah hasil efek CGI (Computer Generated Images), tapi karena mereka piawai mewujudkan gambar tersebut menjadi seolah-olah nyata, penonton sangat dimanjakan dengan tayangannya.

drakor pemandangan indah

Nggak heran sih, kalau pariwisata Korea mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Korea jadi negara ke-20 yang paling banyak dikunjungi di dunia, sementara jadi nomor 6 yang paling sering dikunjungi di Asia. Para wisatawan asing datang setiap tahunnya untuk menikmati pemandangan alam di Korea, dan melihat uniknya tradisi, budaya, dan kuliner Korea.

Buat saya, atau siapa aja yang merasa Korea masih sulit untuk digapai, mari menikmati keindahan Korea lewat drakor aja. Ada banyak drakor dengan pemandangan indah, dan mengekspos spot-spot terbaik di Korea, meski tidak selalu langsung syuting di TKP semuanya.

3 Drakor Dengan Pemandangan Indah Korea

1. Winter Sonata (Nami Island)

nami island

Drakor lawas yang jadi pioneer hallyu wave di Indonesia ini terkenal dengan scene lejennya, yaitu bersepeda di antara pepohonan. Drama yang dibintangi sama Bae Yong Joon dan Choi Ji Woo ini masih terpatri di hati penonton drakor nggak cuman di Indonesia, tapi juga di Korea.

Beberapa spot wisata di Nami Island dibuat berdasarkan drama ini, sebut aja Winter Sonata statue, cafe Winter Sonata (cheo um), dan Petite France (yang juga jadi tempat drama My Love from the Star).


kafe Winter Sonata

winter sonata statue
Winter Sonata statue (KTO)

Nami Island terletak 60 km dari Seoul. Pulaunya berbentuk bulan sabit dan mencapai kepopulerannya pasca dipakai jadi tempat syuting drakor. Ada banyak sekali paket tur ke Nami Island dari travel internasional maupun Indonesia.
Nami Island Korea
Nami Island, South Korea
Yah, memang bagus banget sih pemandangannya ya. Apalagi Winter Sonata mengambil setting romantis saat musim gugur dan musim dingin.

2. Hometown Cha Cha Cha (Pohang City)

gongjin
Ada banyak drakor yang menampilkan pemandangan laut dan pantai, seperti Chocolate, Descendants of the Sun, dan Goblin. Homcha adalah salah satu drakor yang berlatar belakang kehidupan kota kecil di pesisir pantai.

Yang menjadi setting tempat syuting Homcha sebagai Desa Gongjin adalah Pohang City, yang terletak di Provinsi Gyeongsang Utara. Pohang merupakan kota pelabuhan utama tempat industri baja terbesar berada. Red lighthouse, rumah penduduk, toko Bora, dan Yoon dental clinic semua memang ada di Pohang dengan fungsi yang berbeda. 

Port Pohang
Port Pohang (cruisemapper.com)

Meukenbong Hills, Sabang Memorial Park


hometown cha cha cha
Rumah Bu Gamri (ada yang sadar nggak di belakangnya itu rumah Hye Jin?)

Nyatanya, luas wilayah dan populasi Pohang City itu cukup besar, bukan kota kecil yang sepi dan sempit seperti di Homcha. Ada banyak pantai di Pohang, salah satunya Wolpo Beach tempat Hye Jin dan Dung Sik pertama kali ketemuan.
wolpo beach
Wolpo Beach

3. Jirisan (Jirisan National Park) 



Meski di beberapa adegan drama ini menggunakan efek CGI, nggak bisa dipungkiri bahwa pemandangan hutan di gunung Jiri sangat indah divisualisasikan. Beberapa waktu lalu saya sempat mengulas Jirisan National Park secara khusus di Drakor Class.

Air terjun, daratan savana, pepohonan musim gugur yang berwarna kuning dan oranye, semuanya bikin adem dan ingin segera hiking (kemudian ingat badan yang nggak pernah olahraga).

puncak Cheonwanbong


Judul drama ini sesuai dengan setting tempatnya, dan memang sudah jadi tempat wisata di Korea sehingga nggak perlu disamarkan seperti drama lain. Kabar baiknya, gunung ini bisa didaki oleh siapa saja dengan track yang sudah tersedia dan sistem pengamanan yang sudah disiapkan.

Kalau tersesat, panggil uri ranger aja deehh yaa!

Selain ketiga drakor di atas, tentu masih banyak lagi pemandangan indah yang diekspos di drama. Ada Memories of Alhambra, Goblin, Legend of the Blue Sea, dan drama sageuk yang selalu mengedepankan indahnya istana-istana di masa kerajaan.
Next Post Previous Post
21 Comments
  • Karimah Iffia Rahman
    Karimah Iffia Rahman 17 November 2021 21.55

    hometown cha cha cha aku udah nonton emang pemandangannya bagus di tepian laut... semoga suatu hari nanti bisa ke sana...

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 18 November 2021 19.08

    Benar nih, aku tuh selain memperhatikan fashionnya, budayanya, biasanya pemandangannya jg. Paling suka kalau scenenya di alam dan pas musim semi sih

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 19 November 2021 21.33

    Pemandangannya keren2 ya. Selama ini tahunya keindahan Pulau Jeju saja tapi ternyata masih banyak tempat yang keren ya di Korsel ini termasuk pemandangan di Gunung Jirisan juga.

    Ternyata memang gunungnya terbuka untuk didaki siapa saja ya. Tahu gunung ini pun karena nonton drakornya yang sementara masih tayang :D

  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia 20 November 2021 03.47

    hometown cha cha cha bagus emang pemandangannya mba, winter sonata dan jirisan juga, banyak dari drama korea yang menampilkan pemandangan korea yang cukup keren mba, nggak cuman pemandangan perkotaan aja yang ditampilkan kadang yang seger seger gini makanya aku suka banget sama drakor wkwkwk itung itung wisata virtual

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 22 November 2021 12.23

    wahh ada winter sonata
    drama lawas banget ya ini mbak
    Btw iya, Hometown Cha-Cha-Cha ini emang keren ya pemandangannya
    Desa Gongjin 😍😍😍

    • nurul rahma
      nurul rahma 24 November 2021 07.57

      Udah pasti aku mupengg ke Pohang! :D
      Sebagai penggemar HomCha, kayaknya asik banget yaakk, main air di pantai
      Cuss!

  • Rani R Tyas
    Rani R Tyas 23 November 2021 08.01

    Sebagai penggemar drama saeguk, aku pengen banget datang ke Folk Village 😍
    Yuk Rel.. kita minta sama yang di Atas biar bisa ke Korea barengan 😍😍😍

  • Maria Tanjung
    Maria Tanjung 23 November 2021 13.45

    Aku selalu tahu pulau Jeju aja hahaha. Tapi winter Sonata tahu juga sih karena kan film lama ya. Cuma kota Pohang ini yg baru aku tahu.

  • Mugniar
    Mugniar 24 November 2021 09.42

    Keren-keren ya pemandangan di 3 film itu. Paling penasaran saya sama Jirisan National Park

  • Ulfah Wahyu
    Ulfah Wahyu 25 November 2021 16.53

    Dari ketiga drakor itu hanya winter sonata yang pernah nonton meskipun gak sampai selesai. Saya ingat memang pemandangannya bagus banget, benar2 memanjakan mata. Kalau nonton drama dengan pemandangan indah kayak gitu jadi betah ya mbak.

  • steffifauziah
    steffifauziah 25 November 2021 19.41

    hometown chacha sama jirisan oke bangeeet sih pemandangannya. sinematography-nya oke banget. suka liatnya hehe. apalagi yang hometown chachacha jadi kangen pantai gak sih? udah lama banget gak ke pantai semenjak pandemi hehe.

  • Kata Nieke
    Kata Nieke 25 November 2021 20.32

    Hampir semua drakor kayaknya ada adegan pemandangan alam yang memukau banget. Begitu juga acara variety shownya seperti 3Days2Night. Itu lokasi syuting Goblin yang di pantai happenning banget pas dramanya tayang. Hebat ya mereka, bikin drakor sekaligus promosiin tempat wisatanya.

  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy 27 November 2021 05.19

    Aku lagi nonton nih Jirisan, emang keren banget ya drakor yang ngak hanya menyuguhkan cerita tapi settingnya juga di ekspos keindahannya. Kalau Winter Sonata paling juara urusan pemandangan alam, sampe sekarang aku masih mimpi pingin ke Nami Island.

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 27 November 2021 06.07

    wah saking fenomenalnya beneran sampai dibuat patungnya? Tapi emang kalao nonton film apapun kalau dibumbuin dengan pemandangan yang indah itu lebih menyenangkan ya, salah satu cara promosi wisata paling manjur juga...

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 27 November 2021 06.58

    Kalo yang menarik perhatianku di beberapa drakor jadi ciri khas banget rumah pemeran utama yang ada di ketinggian sampe pemeran utamanya harus ngelewatin sekian anak tangga buat sampe ke rumahnya. Trus dari rooftop keliatan deh pemandangan yang bagus disekitarnya.

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 27 November 2021 08.54

    ketiganya aku udah nonton nih drakornya, yang terbaru Jirisan. Ternyata di Korea itu ga banyak ya gunungnya, itu pun gak tinggi2 amat, tapi pemandangannya indah

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 27 November 2021 09.45

    Aku juga tonton hometown cha cha cha karena pemaandangannya indah banget ya mbak. Jirisan belum sempat nonton tapi udah tahu pasti pemandangannya keren banget dari trailernya

  • Antung apriana
    Antung apriana 27 November 2021 10.46

    Korea ini memang pintar banget masukin tempat-tempat cakep dan ikonik di negaranya yang bikin orang-orang mau ke sana. Investasi banget mereka dalam memperkenalkan budayanya ke seluruh dunia

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 27 November 2021 11.02

    Jirisan National Park bagus banget yaaa. Apalagi kalau pas autumn gitu pasti makin keren dengan daun-daun yang beraneka warna. Jadi pengen ke sana.

  • lendyagassi
    lendyagassi 27 November 2021 12.10

    Selain pemandangan Visual wajah para oppa eonni, alam ini menjadi sangat merebut perhatian hati pemirsa yaa.. Selain konflik dalam drama itu sendiri.
    Dan Winter Sonata ini yang paling hype...sampai dibikin monumennya. Indah sekali~~

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 27 November 2021 14.02

    Wah bener ya mbak lokasi shooting drakor emang alamnya indah2 jadi kepo klo datang langsung ke TKP pasti keren banget ya

Add Comment
comment url