Menginap di Hotel Savana Malang

Staycation di Hotel Savana Malang – Salah satu poin penting ketika memutuskan buat family staycation adalah lokasi hotel atau penginapannya. Di Malang, hotel yang punya pemandangan bagus biasanya lokasinya ada di dataran tinggi atau pelosok yang masih alami. Cocok banget buat yang ingin santai-santai, menikmati view, dan refreshing ke tempat-tempat wisata.

Tapi, terkadang saat nginep di tempat wisata begitu, nggak mudah mobilitasnya ketika kita mau beli makan, butuh beli sesuatu hal, atau ingin jalan-jalan ke tempat lain. Terlebih kalau nggak punya kendaraan sendiri, pesan ojek online juga kejauhan, jadi repot mau kemana-mana.

Karena alasan tersebut pula, beberapa kali saya memilih staycation di hotel di tengah kota. Karena niatnya hanya ingin ‘pindah tidur’ saja, saya sengaja cari yang terjangkau baik oleh kendaraan umum maupun transportasi online. Dengan begitu, kalau mau cari makan atau delivery pun mudah dan banyak pilihan.

Savana Hotel and Convention, Malang

hotel Savana Malang
Source: hotelsavana.com

Hotel Savana adalah salah satu pilihan hotel terbaik di tengah kota Malang. Posisinya di pinggir jalan raya besar, mudah ditemukan, dan ada banyak angkutan umum berbagai jurusan.

Hotel ini memiliki konsep chic urban vibe dengan klaim bintang empat. Terdiri dari 164 kamar dengan 8 tipe berbeda, superior queen, deluxe twin, grand deluxe queen, junior suite, family suite triple, royal suite, savana suite, president suite.


Alhamdulillah bisa dapat kamar deluxe twin dengan harga epic nyungsep di H-1. Jemput anak-anak dari sekolah, langsung cuss check in tepat jam 14.00. Proses check in berlangsung lancar karena sudah booking sebelumnya. Kami dapat kunci nomor 501, tapi waktu tiba di depan kamar pintunya nggak bisa kebuka-buka. Berkali-kali dicobain sampai keringetan kok terkunci terus, sampai kami minta tolong sesepetugas yang rupanya bawa kembali kuncinya ke lobi.

Nggak lama, petugas lain datang (yang sepertinya lebih tinggi pangkatnya dari mas-mas sebelumnya), memberitahu kami untuk naik satu lantai lagi. Rupanya tadi salah pasangan antara kunci dan nomor yang tertera di kartu. Dia mengantar kami dan membukakakan pintu kamar yang tepat.

Kamar di Savana Hotel Malang

Begitu kagetnyaaa, pas masuk kamar menemukan space yang luaaass buat ukuran kelas paling murah. Kamar deluxe ini ukurannya 35m2. Jarak antara kasur dengan meja tv mungkin ada sekitar 4 ubin 50x50. Bisa gelar tiker nih kalau mau lesehan, haha.

savana hotel malang

hotel di malang

AC berfungsi dengan baik, arah kiblat ada, lampu juga semuanya berfungsi.

Ukuran kasur standar yaahh...bantal dan kasur empuk, dengan lampu tidur di sudut-sudut. Selain meja kursi untuk kerja, ada juga meja dan kursi pojok untuk sekadar ngopi (atau mau IG live, haha).

Kamar Mandi

Kamar mandi cukup luas, terdiri dari tiga jajar kisi; shower, toilet, dan wastafel. Toilettries lengkap, handuk, odol, sabun, shampoo dan.. hair dryer, penting!


hotel di Malang
Air panas berfungsi dengan baik sepanjang hari, aliran shower-nya juga banter bikin pengen mandi terus-terusan.

Di depan kamar mandi ada lemari baju dengan attached hanger, deposit box, dua pasang sendal hotel, mini bar dan pemanas air, daan....kulkas!

Mini Bar

Yeee, alhamdulillah banget ada kulkas soalnya kami bawa puding ulang tahun anak-anak. Ekspektasi makan puding dingin kesampaian setelah agak kelamaan dibawa di mobil.

puding buah

mini bar isian standar

Di dalam kulkas, ada satu botol air mineral dan Teh Pucuk, free. Pastikan dulu ya kalau amenities yang di dalam kulkas itu free, soalnya ada aja yang ternyata harus bayar. Ya lumayan aja lha kalau bayar, pasti lebih mahal daripada Alfamart 😀

View

Pernah baca ulasan hotel ini tentang view railway di belakang hotel. Katanya, kalau mau dapat view railway kita harus minta kamar di lantai 5 ke atas. 

Kamar kami ada di 601, tapi posisi pintu kaca ada di dalam balkon belakang. Sementara jendela balkon belakang pun cukup tinggi, sehingga kalau mau lihat kereta api lewat ya harus berdiri di atas kasur (nggak, anak-anak doang kok yang berdiri...ortunya enggak, wkwkk)

But, karena udah tahu ada di tengah kota kami sih nggak nuntut view yang begimana juga...

begini nih balkon belakangnya

keliatan gak tuh rel keretanya?

Fasilitas Umum di Savana Hotel Malang

Secara umum, fasilitas di Hotel Savana Malang sama dengan hotel lainnya, seperti fitness center, spa, restaurant, dan swimming pool. Tersedia juga 24 hours call-doctor, dan baby cot sesuai permintaan (ini saya nggak tahu pakai tambahan biaya atau enggak).

Restaurant

Ada beberapa restoran di Hotel Savana Malang, yang terkenal tuh sky lounge After5, di lantai 7. Buka dari jam 14.00-21.00, cocoknya sih jadi tempat makan malam sama pasangan menikmati senja sambil menatap kota dari ketinggian. Uhuuyy.

After5 sky lounge hotel Savana

Yang lain adalah Kayumanis Lounge, letaknya di lobi hotel (kelihatan pas check in). Lounge ini buka dari jam 10 sampai tengah malam, jadi cocok buat yang janjian sama orang atau kelaparan dan ingin ngemil di tengah malam.

kayumanis lounge

Ada juga Dynasty Restaurant, yang khusus menyajikan masakan oriental halal. Restoran ini hanya buka di waktu-waktu tertentu, jam 11.00-14.00, dan jam 18.00-22.00.

Satu lagi, Teratai Restaurant yang jadi tempat kami breakfast di Hotel Savana. Sebetulnya setiap person added akan dikenai 60rb/pax, tapi kayanya hotel ini lebih ramah untuk anak-anak. Mencari-cari foto sarapan ternyata kehapuuusss, gara-gara ngosongin memori, huhuhu. 

monmaap mamak yg narsis ya, biar gak hoax aja :))

Menu breakfast di Savana Hotel cukup lengkap dan variatif. Dessert dari mulai puding, fruit cocktail, juice, dan infused water. Aneka roti dan selai, cereal dan susu untuk anak-anak, kopi, teh. Menu tradisional seperti pecel, soto ayam, bubur ayam.

Untuk main course, sistemnya masih belum prasmanan alias diambilkan oleh waiternya. Jadi kita tinggal rekues aja mau nasi apa, dengan lauk apa saja. Tenang aja, nggak dibatasi kok mau nambah 2-3 kali juga. Ada telur dadar dan sosis juga kita boleh minta banyak di piring terpisah.

Swimming Pool

Kolam renang Hotel Savana Malang terdiri dari dua kolam kecil dan besar. Yang kecil hanya sebetis anak-anak, biasanya dipakai oleh anak-anak balita, sementara yang lebih besar dalamnya hanya 1.3m.

kalau malam hari airnya pakai lampu warna-warni

Terrace Pool Savana Hotel berada di indoor, tepatnya di belakang resepsionis dan di sebelah Teratai Restaurant. Jadi pengunjung masih bisa berenang sampai jam 19.00 malam, pun ketika paginya anak-anak bisa berenang dulu lanjut sarapan. 

Ketika anak-anak berenang jam 5 sore, penerangan kolam masih baik jadi masih kelihatan ke dasar kolam dan nggak serem gituuu...

Kolamnya sih nggak besar, tapi bersih.

kolam renang Savana Hotel
kolam renang Savana Hotel

Nah, setelah bongkar-bongkar tas baru sadar ternyata saya lupa bawa baju tidur. Biasalah yak, mamak-mamak sibuk sama baju orang, baju sendiri nggak dihitung. Habis magrib cuss lah naik ojol beli daster tidur darurat sementara anak-anak masih di kamar bersiap makan malam di luar.

Jarak ke tempat beli baju cuman 3 km aja, enaknya nginep di tengah kota. Begitu keluar toko, suami dan anak-anak udah di tempat parkir, ready to cuuzzz cari tempat makan malam ke daerah Batu. Sayangnya hari itu jalanan lagi ramai bangeeettt, mungkin orang-orang juga udah pada kebelet pengen main, karena saat ngobrol sama pihak hotel juga mereka bilang okupansinya mulai normal lagi di minggu ini setelah sepi pas bolak balik PPKM.

Besoknya, jam 11 siang anak-anak masih minta berenang lagi... Jadi kami turun sekalian check out. Berenang sampai jam 1, mandi di toilet lobi, lalu berangkat ke Cimory Dairyland, Prigen. Tadinya mau berenang di Cimory aja, tapi ternyata waterparknya lagi tutup. Beruntunglah anak-anak udah sempat berenang 3x. 

So, untuk Savana Hotel Malang, saya beri rate 8/10 karena dari segi lokasi, luas kamar, kebersihan, amenities, menu breakfast dan fasilitas semua lengkap dan memuaskan. Customer servicenya juga responsif meski hanya berkomunikasi via Whatsapp. Di belakang hotel ada Bakso President, bakso legendaris Malang yang terkenal karena lokasinya di pinggir jalan kereta api. Akses kemana-mana juga mudah dan dekat.

Sebenarnya ada banyak juga hotel yang letaknya di tengah kota Malang pinggir jalan besar. Teman-teman bisa coba rekomendasi Atria Hotel, Maxone, Whiz Prime, Ibis Styles, dan Aria Gajayana.

Savana Hotel&Convention Malang
Jalan Letjen. Sutoyo 30-34
Malang, East Java, Indonesia 65141
Phone : +62 341 495555
Wa : +62 811 3113 4955
Fax : +62 341 410999
Next Post Previous Post
12 Comments
  • nurul rahma
    nurul rahma 14 November 2021 20.27

    Luas bangeettt kamar hotelnya mbaaa
    aku catet nih
    siapa tau... thn 2022 ada rejeki kami bolang k MLG sekeluarga
    kalo di Malang, aku baru nyoba Santika dan hotel apa sih yg warna korporatnya merah ituuu. Atria? Kalo ga kliru.
    makasii makasiii mba

  • Farida Pane
    Farida Pane 15 November 2021 05.14

    Gede banget kamarnya. Kalau ke malang, nginep sini aja, ah.
    Soal resto, kayaknya semua hotel sekarang emang ga prasmanan untuk pencegahan covid-19

  • duniamasak
    duniamasak 15 November 2021 09.26

    swimming pool nya bagus bangetttt :D jadi kangen staycation

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 15 November 2021 20.57

    Mendangan hotelnya indah sekali pastinya bikin tambah bahagia kalau nginep di sini ya

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 16 November 2021 15.55

    Viewnya dari atas cakeup amat mbak rel. Kolam renangnya luas juga ya, menggiurkan itu memanggil manggil buat dicemplungin..

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 17 November 2021 16.04

    Duh asik banget staycation ya mbak Rel? pankapan kalau saya ke malang kita ketemu ya hehe

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 19 November 2021 04.53

    Rekomended banget ya Hotel Savana Malang ini. Dari dulu pengen ngunjungin Malang tapi belum kesampaian aja. Kolam renangnya bikin ikutan pengen nyebur ke sana, anakku suka banget berenang kalau staycation. Tempatnya oke sih, suka ama hotel ini.

  • Antung apriana
    Antung apriana 20 November 2021 03.47

    Kolamnya luas ya, mbak. Mana ada ukuran anak-anak juga jadinya nggak harus bawa ban buat anak-anak berenang

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 20 November 2021 08.18

    wah iya, hotel Savana ini aku pernah kesana mbak
    ikut suamiku yg lagi dinas disana, anak anak suka main di poolnya

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 20 November 2021 11.07

    Wah keren banget ya mbak hotel Savana ini. Jadi rekomendasi hotel Terbaik buat liburan bareng keluarga nih sepertinya. Mau juga ah rasain nginap disana kalau pas ke malang

  • atinnuratikah
    atinnuratikah 20 November 2021 11.49

    Aduh udah lama banget gak staycation di hotel. Kangen juga nih. Savana hotel bisa jadi rekomend nih buat next list.

  • Rindang Yuliani
    Rindang Yuliani 24 November 2021 08.40

    Mupeng lihat kamarnya yang luas dan kolam renangnya yang bikin adem gitu. Masyaallah semoga kesampaian juga staycation di sini.

Add Comment
comment url