[Review Drakor] Move To Heaven : Setiap Orang Punya Kesempatan

Gaes, gaes... udah pada nonton drakor Taxi Driver belum tempo hari? 

Nah, selagi Taxi Driver masih tayang, penonton yang ter-jeehon-jeehon disuguhkan kembali akting memukau kang taksi di drama pendek Move To Heaven. Tayang di Netflix sewaktu liburan lebaran kemarin, drakor Move To Heaven sungguh mencuri timing yang pas buat penonton Indonesia.  

Drama Korea Move To Heaven yang langsung jebret tayang sebanyak 10 episode ini mengangkat tema unik, yakni tentang jasa pembersih barang-barang orang mati -- entahlah apa nama profesinya ini. Daya tarik pertama ya zuzur aja, Lee Je Hoon adalah magnet yang membawaku ke serial ini. 

Move To Heaven terinspirasi dari esai yang ditulis oleh Kim Sae-Byul "Things Left Behind" (Ddeonan Hooe Namgyeojin Geotdeul) pada tahun 2015. Kim Sae Byul adalah orang Korea pertama yang berprofesi sebagai 'trauma cleaner' (begini rupanya nama profesinya). 
-- sampai saya menulis postingan ini, belum ketemu naskah esainya, padahal pengen baca.
 
Review drakor Move to Heaven

Move To Heaven 

Drama: Move To Heaven / Move To Heaven: I Am a Person Who Arranges Articles Left by Deceased (literal title)
Revised romanization: Move To Heaven: Naneun Yoopoomjungrisaibmida
Hangul: 무브 투 헤븐: 나는 유품정리사입니다
Director: Kim Sung-Ho
Writer: Yoon Ji-Ryeon
Network: Netflix
Episodes: 10
Release Date: May 14, 2021

Sinopsis 

Move To Heaven bercerita tentang seorang remaja usia 20an bernama Han Geu Ru (Tang Joon Sang), yang menderita Asperger syndrome. Kondisi ini membuat Geu Ru kesulitan berinteraksi secara sosial dan tidak bisa memahami cara komunikasi nonverbal. Seorang Asperger's juga dikarakteristikan memiliki pola perilaku yang repetitif, teratur, dan konsisten terhadap apa yang disukainya. 

Sehari-hari, Geu Ru membantu ayahnya --Han Jeoung U (Ji Jin Hee), dalam melakukan pekerjaannya sebagai pembersih barang-barang orang yang sudah mati. Geu Ru beruntung memiliki ayah yang sangat menyayangi dan selalu ada di sisinya. Namun, sebuah tragedi menyebabkan Geu Ru harus kehilangan ayah tercintanya. Kini ia sendirian dan harus melanjutkan bisnis mulia Move To Heaven sebagai bakti kepada ayahnya.

tang joon sang
Geu Ru dan ayahnya dalam melakukan tugas Move To Heaven

Beberapa hari setelah kepergian ayah Jeong U, seseorang yang bernama Cho Sang Gu muncul tiba-tiba di depan pintu rumah Geu Ru. Ia mengaku sebagai paman alias adik Han Jeong U meskipun berbeda marga. Sesuai dengan wasiat ayah Geu Ru pada pengacaranya, Paman Sang Gu akan ditunjuk sebagai wali untuk Geu Ru. 

Masalahnya, Paman Sang Gu adalah seseorang yang tidak bisa dikatakan dapat dipercaya menjadi wali Geu Ru. Pertama, karena dia merupakan mantan narapidana yang baru saja keluar penjara. Kedua, dia tidak terlihat punya niat baik untuk mengurus Geu Ru. Bahkan sesungguhnya dia punya motif tersendiri terhadap Geu Ru. 

move to heaven
Paman Sang Gu

Beruntung, ada pengacara dan Yoo Na Mu (Hong Seung Hee), tetangga Geu Ru yang baik hati, yang senantiasa mengawasi perlakuan sam chon terhadap Geu Ru. Oleh pengacara, paman Sang Gu diberi waktu uji coba selama 3 bulan untuk kemudian diputuskan apakah dia berhak menjadi wali Geu Ru atau tidak. 

Selama 3 bulan itu, Sang Gu mengikuti Geu Ru dalam melakukan layanan Move To Heaven. Meski ia tak telaten dalam melakukan pekerjaannya, Sang Gu bersedia membantu Geu Ru menyelesaikan tugas demi tugas.  

Dalam menangani setiap barang peninggalan mendiang, Geu Ru selalu ingat perkataan ayahnya, bahwa barang-barang ini punya cara untuk menyampaikan pesan mendiang kepada orang-orang yang dipilih sebagai ahli warisnya. Untuk itu dia memperlakukan peninggalan almarhum dengan baik, dan berusaha menuntaskan penyampaian pesan di balik barang-barang tersebut. 

sinopsis move to heaven
Tim Move To Heaven

Apakah Move To Heaven tetap berjalan dengan baik sepeninggalan ayah Geu Ru? Setelah terlibat dalam jaringan judi underground, apakah Paman Sang Gu akan benar-benar meninggalkan Geu Ru? 

Nonton aja deh yuukk, cuman 10 episode aja kok, dan satu episodenya hanya 30 menit 💗

Kisah-Kisah Kematian yang Indah


Satu per satu kisah kehidupan dan kematian diceritakan dalam setiap episode dengan indah. Meski menyakitkan, tapi kematian adalah sebaik-baiknya nasehat. Nggak terasa kita yang nonton aja ikut terhanyut dalam kisah-kisah haru, sedih, dan membelai air mata. 

Benarlah kata orang-orang, drama ini mengandung bawang satu kilo. Pemirsa boleh lho pilih di kolom komentar, cerita mana yang favorit dan paling menyentuh kalbu. 

Kalau saya sedari episode pertama udah nangis bombay, huhu. Damage betul episode pertama tentang seorang pekerja keras yang meninggal di tempat kerja. Selalu terenyuh sama cerita perjuangan hidup dan kasih orang tua pada anaknya. 

lee je hoon
Di episode-episode lainnya mungkin ada cerita yang nggak terlalu sreg, atau justru terlalu sedih buat penonton. Tapi bayangkan, saat nonton drama Move To Heaven, kita bakal punya 10 insight cerita yang berbeda-beda, selain dari konflik utama ceritanya. Nggak bakal bosan, kan.

Yak, kita juga akan dapat grand story tentang hubungan Ayah Jeong U, Paman Sang Gu, dan Han Geu Ru terkait masa lalunya. Darah mungkin lebih kental daripada air, tapi kasih sayang manusia tak mengenal hubungan darah. 

Duh, berderaaaiii air mata waktu Geu Ru nonton video terakhir di ponsel ayahnya, ikut patah hati rasanya... 💔 

Seperti alur utama ceritanya yang berfokus pada barang-barang peninggalan orang mati, drama ini punya titik berat pada barang-barang sebagai penyampai pesan cerita bagi penonton. Sepatu Nike, foto, dokumen resmi, kejadian runtuhnya Sampoong Dept Store tahun 1995, dan kemunculan kupu-kupu di episode terakhir, adalah pesan-pesan yang harus ditangkap oleh penonton untuk memahami cerita drama ini secara utuh.  

Pemeran dengan Karakter yang Klop 

Memerankan seorang petinju amatir yang berhati baik dan berkelakuan benjut, Lee Je Hoon sukses switch peran dari sopir taksi yang cool menjadi Paman Sang Gu yang slengean, bauk, dan nggak jaim. Rupanya peran dia nggak jauh-jauh dari aksi tarung, sesuai lah sama vibes-nya ya. Saya sendiri sebelumnya pernah nonton dia di drakor Signal, sama-sama action juga. 

drakor Move to Heaven

Sungguh kugeli dengan kuncir rambutnya, pengen nyukuuurrr... tapi yasudahlah, itu bagian dari memperkuat karakter Paman Sang Gu, hehe.   


Lalu yang dulu cuman anggota geng ghibah dari CLOY, Tang Joon Sang langsung ambil peran signifikan dalam drama ini jadi Han Geu Ru. Perannya juga nggak mudah, mesti melibatkan observasi dan bermain watak. Angkat jempol buat TJS, semoga dapat peran-peran penting di drakor selanjutnya (per tulisan ini publish, Racket Boys udah tayang selama beberapa episode, dan TJS jadi leads-nya juga). 

Tang Joon Sang

Hong Seung Hee sebagai supporting actress juga barusan selesai main di Navillera, dan ambil porsi besar di sini dengan baik. Gemes-gemes seneng gitu lihat Yoo Na Mu begitu baik pada Geu Ru. Seneng lihat aktor-aktor muda rising star yang naik kelas gini 😊

Move to Heaven
Yoo Na Mu, teman sekaligus tetangga Geu Ru

Last but not least, juara banget buat Ji Jin Hee sebagai ayah Geu Ru meski cuman tampil di episode pertama. Dia sukses mengesankan seorang ayah yang dedicated dan berhasil mendidik putranya dengan
attitude yang baik.  

Oh ya, pemirsa juga dikasih bonus banyak nih dengan penampilan beberapa cameo di drama ini. Seperti Lee Jae Wook yang jadi adik angkat sekaligus murid tinjunya Paman Sang Gu. Lalu ada Kwon Soo Hyun yang jadi dokter di episode 5, dan Choi Soo Young yang jadi pekerja sosial cem-cemannya Paman Sang Gu :D 

Review Move to Heaven
Lee Jae Wook sebagai Kim Soo Chul

Choi Soo Young SNSD
Choi Soo Young

Pokoknya, nonton drama ini tuh heartwarming banget deh sama semua aspek ceritanya. Ada kesedihan, ada ketegangan, tapi juga ada lucu-lucunya kok, komplit deh. 

Cocok buat mengisi liburan dan aman ditonton bersama keluarga. 
Next Post Previous Post
17 Comments
  • chairina bawazir
    chairina bawazir 26 Juni 2021 08.25

    Seru nih. Jalan ceritanya gak biasa ya. Aku udah lama ngga ngeliat film di netflix. Apalagi artisnya yang ganteng hihi.

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 26 Juni 2021 15.28

    Wah aku sduah lama sekali nggak nonton drakor... baca review ini jadi pengen nonton deh..

  • tuty saca
    tuty saca 27 Juni 2021 14.48

    Sejak di CLOY TJS ini menurutku memang sudah bagus aktingnya. Aku juga pengen nonton drama ini karena dia yang main. Sayangnya netflixku sempet error jd ketinggalan deh. Tapi skrg udah balik akunnya, eh pas ketemu post ini jd keinget lagi deh sama drama Move To Heaven.

    • Rella Sha
      Rella Sha 28 Juni 2021 00.14

      Iya ya, seneng liat perkembangan aktingnya. Hayuk nonton, Mbak.

  • Ririe Khayan
    Ririe Khayan 27 Juni 2021 17.03

    Yg bikin drakor lebih menarik, episodenya gak bertele-tele. Spt MOve to Heaven ini, cukup dengan 10 drakor dengan durasi 30 menit. Jadi lebih dapet feelnya, straight dengan tema ceritanya.

    • Rella Sha
      Rella Sha 28 Juni 2021 00.13

      Iya setuju, Mbak. Padahal drama, tapi bisa diselesaikan dengan tuntas dan nggak harus dipanjang-panjangin ya.

  • Enny Ratnawati
    Enny Ratnawati 27 Juni 2021 21.27

    jalan ceritanya unik juga nih, penasaran. udah lama nggak sempet drakoran gara2 anak-anak ulangan huhuhu
    thank you reviewnya yesss

    • Rella Sha
      Rella Sha 28 Juni 2021 00.12

      yuukk laah, udah libur kaann :)

  • Mellisa
    Mellisa 28 Juni 2021 11.40

    Sering liat sinopsis drama ini di sosmed, kayanya bisa nih masuk list drama yang bisa aku tonton, tapi sekarang mau marathon drama yang lain dulu. Hehe

  • Helenamantra
    Helenamantra 28 Juni 2021 13.37

    waduh mengandung bawang sekilo, makin sedih dong. Btw, pekerjaan di Move to Heaven ini menarik banget. Ga kepikiran deh sampai segininya memperlakukan benda-benda milik orang meninggal. Biasanya kan yang beresin ya keluarganya. Kenapa ini sampai ada petugas khusus?

  • Finaira Kara
    Finaira Kara 28 Juni 2021 15.50

    Joon Sang, aku benar-benar menyukai aktingmu di drama ini. Wkwk, entah kenapa vibe-nya dia tuh karakternya imut gitu di kepalaku, sejak kenal di CLOY. Mengandung bawang banget ini drama

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 28 Juni 2021 19.33

    fix aku mulai penasaran sama drakor nih, hehe.. kalau bukan yang serial gitu ada juga kan mbak? kalau pemula, enaknya nonton yang kaya gimana? aku gak pengen ketagihan gitu sama jalan ceritanya, hehe

  • Kak Niken - Kal
    Kak Niken - Kal 28 Juni 2021 20.50

    Udah 6 bulan off nonton drakor (lai). Move to heaven ini nampaknya bikin kembali pingin nonton drakor. Eh tapi nanti jadi begadang lagi. hmm.... pilihan yang sulit buat aku hahaha

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 29 Juni 2021 04.46

    Moga ada sekuelnya hehehhe suka banget sama kisahnya. Nggak biasa diangkat jadi nontonnya menikmati tau tau udah kelar

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 29 Juni 2021 08.19

    wah aku baru inget baru nonton sampai episode 3 nih drama korea move to heaven, pagi ini baru selesai nonton serial "MINE", mau ah nanti lanjut nonton

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 29 Juni 2021 19.37

    Waktu main di Fashion King, agak sebel sama aktingnya Jee Hon. Cuma pas ini dan apalagi si Taxi driver baru deh, lah ini yang gue suka aktingnya keren hehe

  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia 4 Juli 2021 20.27

    Suka banget sama drama netflik yang satu ini mba nggak panjang episodenya ceritanya bagus banget

Add Comment
comment url