Menjawab Pertanyaan tentang Pencapaian dengan Metode STAR

blogger perempuan challenge



Pada waktu senggang dan iseng, saya sempat baca pertanyaan seperti ini di Glints (website tempat pengembangan karir).

Hai, gue udah beberapa kali ikut interview kerja di beberapa perusahaan. Ada satu pertanyaan yg sampe skarang gue masih bingung gimana cara jawabnya, yaitu pertanyaan soal "apa pencapaian terbesarmu dalam hidup". Minta tips and trick nya dong, gimana ya cara jawab pertanyaan itu? Jawaban spt apa yg hrd mau?

Hm, menarik.

Rasanya saya juga pernah ditanya seperti ini beberapa tahun silam, baik saat interview kerja atau di kesempatan lainnya. Sekarang sih udah emak-emak paruh baya nggak pernah lagi ya, Mak, ditanya begituan. Kalau ada juga yang ditanyanya "apa harapan buat anak-anak?"

Nah, saya sejujurnya enggak ingat apa jawaban saya dulu. Tapi, untuk menjawab pertanyaan seperti ini dari interviewer, perhatikan ketiga hal berikut untuk menjawab pertanyaan susah-susah gampang seperti di atas:

1. Sebutkan Prestasi dalam Menyelesaikan Masalah di Pekerjaan
2. Sesuaikan Prestasi dengan Posisi yang Dilamar
3. Sampaikan Prestasi dengan Struktur yang Baik, salah satunya dengan metode STAR

Mengenal Metode STAR

Dalam wawancara kerja, biasanya muncul tipe pertanyaan behavioural-based question. Tipe pertanyaan ini mengharuskan kita menjawab tentang pengalaman, situasi atau permasalahan yang pernah dihadapi sebelumnya.

Tujuan behavioural-based question ini adalah agar pewawancara dapat mengetahui bagaimana cara kita menyelesaikan permasalahan. Yaa, bisa semacam studi kasus gitu terus yang akan dilihat adalah cara handling kita terhadap situasi tersebut dan tentu saja hasilnya.

Untuk membantu menjawab tipe pertanyaan seperti ini, ada baiknya mengetahui metode STAR yang terdiri dari empat elemen yakni Situation, Task, Action/Approach, Result. Dengan mengikuti alur pikir metode ini, kita bisa menjawab pertanyaan tentang prestasi hidup secara menyeluruh dan terstruktur.

Situation

Kita harus menemukan contoh pengalaman dengan situasi yang sesuai dengan pertanyaan interviewer. Contohnya, jelaskan dengan singkat kondisi pekerjaan, jobdesk, atau komunikasi dengan rekan kerja di pengalaman sebelumnya.

Task

Di sini, kita tekankan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita dalam situasi tersebut, serta apa harapan perusahaan saat itu.

Action/Approach

Setelah menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab kita, selanjutnya kita perlu menjelaskan apa yang sudah kita lakukan dalam menghadapi situasi-situasi dalam pekerjaan tersebut.

Lebih baik lagi jika disertai alasan atau rasionalisasi kenapa kita mengambil tindakan-tindakan tersebut.

Result

Jelaskan juga hasil dari action kita sebelumnya. Dari sini, interviewer bisa melihat proses kerja kita menuju hasil. Bisa berupa angka/kuantitas (penjualan naik, pemasaran berkembang, page view) atau yang berupa kualitas (promosi, engagement).

Menjawab Pertanyaan Wawancara dengan Metode STAR


Dalam menerapkan metode STAR untuk menjawab wawancara, selalu ingat untuk tidak melebih-lebihkan diri atau pencapaian di depan interviewer. Artinya, usahakan jawaban kita serealistis dan sewajar mungkin sesuai yang pernah dialami. Karena pertanyaan interviewer tidak bisa diprediksi, maka sebaiknya kita tidak melakukan hal-hal yang bisa jadi blunder pada kita sendiri.

Carilah contoh kasus/situasi yang sesuai. Siapkan beberapa contoh kasus yang sudah dipikirkan sebelumnya.

Sampaikan dengan singkat. Berlatihlah untuk menyampaikan apa yang penting dan yang tidak. Tidak perlu menceritakan secara detail permasalahan sehingga berisiko omongan kita akan ‘bocor’ kemana-mana.

Sampaikan peran dan tanggung jawab. Contohnya gini, “di pekerjaan sebelumnya, sebagai seorang wartawan saya dituntut untuk mendapatkan minimal 5 berita per hari.”

Jelaskan bagaimana kita bertindak dalam melakukan tugas tersebut. Katakan saja dengan contoh di atas, akan saya jawab “untuk itu, dalam sehari saya targetkan datang ke minimal 3 tempat untuk mencari data dan berita yang bisa disampaikan ke publik.” Jangan lupa kasih alasan kenapa kita melakukan itu, kenapa tempat yang didatangi ada tiga, tempat apa saja, dan kenapa memilih tempat tersebut.

Jelaskan hasilnya. Sudah jelas ya, selanjutnya saya akan menjawab “dari hasil berkeliling ke sumber data, saya mendapatkan 8-10 berita setiap harinya yang bisa diolah lagi menjadi lebih banyak tulisan.”

Nah, kurang lebih begitu metode STAR yang bisa digunakan dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja, salah satunya jika ditanya tentang pencapaian tertinggi dalam pekerjaan.

Adapun kalau pertanyaannya lebih luas seperti pencapaian tertinggi dalam hidup, kita bebas kok bisa jawab dari sisi pekerjaan atau dalam hidup sebagai manusia. Misalkan ketika saya bisa meng-umrohkan kedua orang tua dengan gaji saya sendiri, why not? Setiap orang punya standar pencapaian hidup yang berbeda-beda. Sukses buat kita, belum tentu sukses buat orang lain dan sebaliknya.

Be confident of yourself!

Next Post Previous Post
12 Comments
  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 5 Mei 2021 pukul 05.09

    menarik juga metode wawancara ini. belum pernah ikutan wawancara sih, tapi memang baiknya kalau menjawab petanyaan itu tidak bertele tele ya mbak..

  • Rani Oktapiani
    Rani Oktapiani 8 Mei 2021 pukul 19.20

    Keren tipsnya, baru tau nih ada metode ini. Interview atau wawancara memang tricky banget😭

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 9 Mei 2021 pukul 19.14

    Beneran baru tahu lho metode STAR ini 🙈 dulu sekali aja sih wawancara kerja, dan menjawab sekenanya. Ternyata memang ada tekniknya ya

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut 10 Mei 2021 pukul 20.31

    Aku beneran baru tahu tentang metode ini deh mbaa.. terimakasih sharingnya ya.. ternyata emang ada tekniknya yaaa...

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 11 Mei 2021 pukul 22.33

    saya baru tahu metode star ini setelah resign, hehehe. Tapi gak papa ini tips yang bagus untuk adik-adik yang saat ini sedang melamar kerja

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 14 Mei 2021 pukul 17.26

    baru tahu metode ini.. ternyata ada ilmunya juga pas me jawab interview.. ngga asal jawab jg

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 15 Mei 2021 pukul 10.00

    Saya malah baru tahu Mbak ada metode STAR seperti ini yang bagus diterapkan untuk wawancara kerja. Jika dipahami metodenya ini tentu sangat membantu sekali buat orang yang mau interview

  • Nadzira
    Nadzira 17 Mei 2021 pukul 12.22

    bagus banget artikelnya untuk saya yang mau melamar pekerjaan jadi ada gambaran

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 18 Mei 2021 pukul 11.58

    Singkat, padat, dan jelas itu langsung bisa mendapatkan nilai dari yang mewawancara biasanya ya MBak.

  • Sabrina
    Sabrina 20 Mei 2021 pukul 21.37

    wah bagus ya metode STAR ini, bagus buat saya kalau nanti pas mau interview pindah ke perusahaan lain. buat gambaran saat wawancara yang baik dan benar itu seperti apa

  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati 22 Mei 2021 pukul 20.06

    Wuih mantul nih tips nya.. coba baca ini pas dulu mau lamar kerja ya hehe auto keterima.. sekarang kayaknya aku gak akan ngelamar2 kerja lagi kak. Udah nyaman dengan pekerjaan freelance dari rumah

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 25 Mei 2021 pukul 14.36

    Wah jujur saya baru tahu nih. Ternyata ada triknya juga utk jawab pertanyaan.

Add Comment
comment url