Jang Man Wol, Inspirasi Sajang-nim Favorit

Senang sekali bisa nulis tema drakor lagi di tengah-tengah nonton ongoing dalam dark mode saat ini. Udah dua tahun langganan dan nonton drama Korea di aplikasi Viu adalah keputusan tepat buat mengisi me time setelah menjalani hari yang mumet di rumah aja. 

Nah nggak kerasa juga sudah akhir Maret ya, April bulan depan biasanya digaungkan soal women-empowerment, jadi pengin ngobrolin juga soal tokoh perempuan favorit di drama Korea nih.

Kebanyakan orang berasumsi kalau fans drakor menonton hanya untuk segerin mata dengan melihat oppa. Makanya produsen drakor sadar betul dengan hal ini, banyak adegan-adegan yang didramatisir untuk mengeksploitasi sisi visual dari aktornya. Well, ini nggak salah. Tapi faktor tersebut hanya satu dari sejuta alasan menonton drakor dong, ya nggak? 

Nyatanya, saya sering kagum dan bahagia juga jika ada tokoh perempuan drama Korea yang digambarkan punya karakter yang keren, progresif, tambah didukung dengan storyline yang kuat.. rasanya ingin masukin ke daftar girl crush aja deh!

Meskipun begitu, seringnya karakteristik umum tokoh perempuan dalam drakor digambarkan sebagai seseorang yang cantik, manja, dan a bit clumsy. Tapi enggak dengan girl crush yang mau saya ceritakan ini doong… Nggak cuman cantik dan elegan, tapi punya personality yang strong and struggle.

nonton drama Korea di aplikasi Viu
Perkenalkan: Jang Man Wol (CEO Hotel Del Luna) 

Jang Man Wol (Hotel Del Luna)

Man Wol berarti bulan purnama. Cadass dan badass. 

Drakor Hotel del Luna bercerita tentang sebuah hotel yang berlokasi di Myeong-dong, Seoul, untuk tempat transit arwah-arwah yang masih “ada urusan” di dunia. Pemilik hotel ini adalah perempuan yang bergaya hidup glamour tapi kesepian bernama Jang Man Wol (IU) -- anggota kelompok bandit era Goguryeo di kehidupan masa lalunya.

Jang Man Wol yang terjebak di dunia antara, tidak menua juga tidak mati, merasakan sakit dan perihnya nasib saat harus melepas tamu-tamunya ke akhirat. Tamu-tamu yang akhirnya bisa tenang melangkah ke kehidupan selanjutnya setelah urusan di dunianya selesai. Mereka pergi ke terowongan menuju akhirat dengan wujud terbaiknya. 

Sementara itu, Man Wol masih terikat pada Pohon Bulan yang menentukan hidup dan matinya.


Mengingat dosa-dosa dan kepahitan di kehidupan sebelumnya, Man Wol dengan tabah menjalani kutukan yang tak berakhir selama ribuan tahun menjadi CEO Hotel Del Luna yang melayani kebutuhan orang-orang mati. Apalagi di masa lalu, cintanya kandas pada seorang prajurit Yeongju dengan dibalut kebencian. 

Dalam kelam hidupnya, dia kemudian hidup menjadi seseorang yang berhati dingin, minim empati, dan emosional. Dia sendiri bahkan tidak yakin, apakah dia itu masih manusia atau arwah hidup karena hatinya sudah sedemikian beku.

nonton drakor di Viu
sajang-nim beserta staf hotel saat menyambut Raja Joseon

Nah, karakter Man Wol sebagai bos ini unik banget menurut saya. Jang sajang-nim yang galak, membawahi para staf hotelnya yang (diceritakan) cuman 4 orang itu dengan kharismatik. Man Wol dikenal sebagai orang yang berapi-api, mudah marah, dan kerap meluapkan emosinya dengan ekspresif. Ketika ada hal-hal yang tidak disukai atau di luar harapannya, dia akan bereaksi saat itu juga dengan melempar barang atau bertindak impulsif tanpa banyak berpikir. 

Beruntunglah, orang-orang di sekitar Man Wol seperti Kim sunbae dan Ny. Choi memahami karakter Man Wol sejak lama dan bersedia dengan tulus selama ini jadi bumper kelakuan bosnya.

From Cold to Warm-hearted Jang Man Wol

Kebekuan hatinya lambat laun luluh saat Man Wol membuka hatinya pada manusia bernama Goo Chan Song (Yeo Jin Goo), manajer hotel yang bekerja di Hotel Del Luna karena utang budi ayahnya. 

Dengan merasakan cinta, Man Wol perlahan-lahan mengalami progres dalam hidupnya menjadi lebih baik, setidaknya dia sudah mau mendengar dan memahami orang lain. Kemajuan hati ini divisualisasikan dengan manis oleh tumbuhnya dedaunan baru dari Pohon Bulan yang selama ini kering tak bertunas.


Ikut bahagiaaaaa liatnya 💓💓💓

Adegan mengharukan saat dia ngasih waktu buat arwah sopir truk meminta maaf pada seorang ayah dan anaknya yang pernah dia tabrak. Awalnya kita akan mengira Man Wol nggak akan ngasih kesempatan, tapi ternyata dia membiarkan peristiwa itu terjadi sehingga kita yang menonton pun ikut merasa lega, dan ikut bahagia telah tumbuh kepekaan dalam diri Man Wol.

Meski terkesan cuek, Man Wol juga bela banget sama orang-orang di sekitarnya. Sewaktu novel Kim Si Ik (nama semasa hidupnya Pak Kim), akan diterbitkan secara publik yang berpotensi mempermalukan nama baiknya, Man Wol langsung bertindak cepat dan strategis menyelamatkan reputasi Kim sunbae. Dalam sikap dinginnnya, Man Wol membuktikan ada sisi-sisi hangat dari dirinya yang kerap kali disalahpahami orang lain. 

lee ji eun

Bagi orang kebanyakan, karakter seperti Man Wol ini mungkin akan terasa terlalu bossy, galak dan keras. Tapi sungguhlah perempuan itu mesti kuat menghadapi kerasnya dunia. 

Orang bijak berkata, keraslah kamu pada dirimu, maka dunia akan lebih lunak kepadamu. Lunak artinya saat masalah-masalah datang pada hidup, kita jadi bisa menaklukannya karena sudah terbiasa keras terhadap diri sendiri. Sebaliknya jika kita terlalu lunak terhadap diri sendiri, maka sekali ditempa masalah, kita bisa semakin hancur.

Fashion Style ala Jang Man Wol

Dalam hal yang berbeda, sosok Jang Man Wol juga bikin gemas dengan selera fashion dan gayanya yang keren. Bajunya bagus-baguuuusss, cocok sama tiap karakter yang ditampilkan dan dibawakan dengan apik sama IU, fit to her style. 

Bahagia deh kalau dapat paket lengkap gini : idolain karakter tokohnya + aktris pemerannya. 

Lagipula, cuma Jang sajang yang berani OOTD pakai legging macan dengan pedenya. Couple-an pula sama outfit macan punya Goo Chan Song (dipaksa pakai pastinya). 

nonton drakor di Viu
aauumm!!

Beberapa kali Man Wol juga mempesona kita dengan senyum jahil yang mengintimidasi, kontradiktif dengan tingkahnya yang kocak dan berbinar-binar saat agenda menjajal tempat makan baru. 

Yang terpenting adalah she’s so bold! Pendirian yang kuat dan percaya diri tuh bikin seorang perempuan semakin shining, shimmering, splendid. 

Man Wol tahu betul bahwa untuk menebus tumpukan dosanya, dia harus banyak berbuat baik dan menjadikan dirinya berguna buat orang lain. Tapi, bukan sajang-nim kalau nggak membahagiakan diri dengan berfoya-foya dengan koleksi perhiasan dan mobil mewahnya (mumpung masih hidup di dunia) 😎 



She has style!

Jang Man Wol juga bukan perempuan yang manja dan mudah putus asa ketika seolah tidak ada jalan keluar dia bisa mengakhiri permasalahan hidupnya. Kalau kita suka mengeluh saat menjalani satu masalah berasa menderita seribu tahun, maka Man Wol benar-benar literally bermasalah selama ribuan tahun lamanya. Namun dia tetap tegar, menyembunyikan kepedihannya dengan memasang tameng self defense mechanism, dan tetap hidup dengan elegan.

Oh iya, buat chingu deul yang punya peran di publik sebagai pemimpin atau CEO suatu usaha jasa, sebagai CEO hotel yang berpengalaman selama ribuan tahun, Jang Man Wol berpesan pada pemirsa untuk mendengarkan masukan pelanggan dengan baik dan jadilah CEO hotel yang berhati hangat :)


Pada akhirnya, ketegaran dan ketabahan Man Wol berbuah manis. Oleh Dewa, dia mendapat kesempatan untuk memperbaiki hidupnya dengan aneka pengalaman dan pelajaran hidup yang didapat selama 1300 tahun :)

Tokoh Perempuan dalam Drama Korea

Selain Jang Man Wol, ada banyak juga tokoh perempuan hebat dalam drama Korea yang mengusung tema women-empowerment. 

Katakan saja perempuan-perempuan tangguh dalam Search:WWW, Sekretaris Kim seorang pekerja keras yang jadi tulang punggung keluarga, ibu tunggal Go Ae Rin yang sukses jadi intelijen di Terius Behind Me, Na Jung Sun yang tegar dalam VIP, the fighter Dong Dong Joo dalam Tale of Nokdu, dan detektif Cha Ji Won dalam Flower of Evil.

Tidak hanya sosok perempuan dengan kepiawaiannya dalam pekerjaan, Ma Jin Joo, ibu rumah tangga biasa yang hanya ingin mempertahankan rumah tangganya dalam drama Go Back Couple juga adalah bukti bahwa perempuan memiliki kehendak dan andil dalam suatu hubungan. 

Lead female punya porsi sama besarnya dengan lead male dalam membangun kesuksesan sebuah drama. Apakah aktris yang membawakannya, atau karena karakter tokoh itu sendiri, perempuan dapat menjadi lead yang membuat ceritanya jadi lebih hidup dan punya sentuhan personal.

Nonton Drama Korea di Viu



Kalau chingu deul mau lihat kiprah Jang Man Wol dalam mengelola hotel hantu, atau mau merasakan ketegangan Cha Ji Won dalam mengungkap kasus pembunuhan yang melibatkan suaminya, nonton drama Korea di aplikasi Viu aja dan nikmati aneka genre drakor yang bisa ditonton secara gratis.

Biaya berlangganan Viu juga terbilang murah. Hanya 110.000 aja selama 6 bulan, atau nggak nyampe 20 ribu per bulannya! Cukup download aplikasi Viu di Google Play/App store, register, dan pilih metode pembayarannya sesuai keinginan.

Hari giniii masih nonton ilegal? Yang legal-legal ajalaah, udah murah juga kok. Malahan lebih puas nontonnya karena tayangan di Viu punya kualitas gambar yang baik dan subtitle yang akurat nggak asal-asalan, dan tentu aja BEBAS IKLAN. 

Dijamin deh, di rumah aja jadi nggak berasa membosankan karena ada Viu yang jadi penyelamat. Drakoran teroooss tiap hariii.... 

langganan aplikasi Viu
Terakhir, perempuan adalah sosok yang punya stok kasih sayang yang tidak terbatas. Kasih seorang ibu pada anak-anaknya membuktikan bahwa cinta tak bisa dibagi, tapi terus bertambah. Namun perempuan juga punya hak dicintai, bahkan dengan dicintai saja cukup untuk membuat seorang wanita berdiri tegak menjalani hari-harinya yang berat. 

Seperti ballerina Yeon So dalam Angel Last Mission bilang, “goodbyes are painful, but it was worth it because she was loved completely.”

Next Post Previous Post
31 Comments
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 28 Maret 2021 pukul 21.12

    Udah lama penasaran sama hotel del luna tapi maju mundur cantik mau nonton gara2 endingnya yang kabarnya nggak bahagia 😂 duh aku juga suka cha ji won, keren banget gak paham lagi deh!

  • nurul rahma
    nurul rahma 29 Maret 2021 pukul 05.25

    Orang bijak berkata, keraslah kamu pada dirimu, maka dunia akan lebih lunak kepadamu.

    Waahh, kerennya, aku demen banget baca review drakor dan aneka karakter unik di dalamnya.
    Mba Rella emang TOP MARKOTOP banget, menjiwai pol-polan kalo udah mengulas tentang Drakor. Sippp!

    • Uniek Kaswarganti
      Uniek Kaswarganti 3 April 2021 pukul 11.01

      Setuju dengan pendapat ini. Jika terbiasa menempa diri dengan keras, maka segala permasalahan tak akan terlihat berat lagi ya mba.

  • Risna
    Risna 29 Maret 2021 pukul 11.54

    udah cantik baik hati pula ya sajang nim nya, IU gitu looooh!

  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama 29 Maret 2021 pukul 16.32

    Aku lihat Hotel Del Luna baru sampai ep 3 mam. Bagus. Tp kemarin baru semangat nonton Mr.Queen, sekarang lanjut Crowned Clown

  • Mugniar
    Mugniar 29 Maret 2021 pukul 19.20

    Saya kadang-kadang saja nonton, bisa apa saja. Dan saya juga suka kalau karakter perempuannya kuat, bukan sekadar ekspos fisik.
    Nah Viu ini bisa jadi tempat nonton asyik.

  • Widyanti Yuliandari
    Widyanti Yuliandari 30 Maret 2021 pukul 09.37

    Aku beberapa kali baca review film ini. Kebayang nontoninnya kalau aku pasti berjuta rasa. Karena selain emang gapernah nonton drakor, aku juga takut sama unsur horor. Hahaha #Cemen

  • Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini 30 Maret 2021 pukul 18.39

    Waaaah, ternyata tokoh perempuan yang dibahas bukan manusia. Hihihi.... Namun kerennya, bisa bangeeet menginspirasi manusia.

  • Ipeh Alena
    Ipeh Alena 30 Maret 2021 pukul 19.10

    Nonton drama atau variety show di viu itu enak. Ngga makan space di hape jadi tinggal streaming. Terus udah ada subtitlenya yang engga asal-asalan. Udah gitu kalo pake premium enaknya ngga ada iklan. Aku pengguna Viu premium buat setahun. Dan sering banget kupake buat nonton variety show Running Man. Soalnya aku fansnya RM

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 April 2021 pukul 11.51

      iya bener! nggak ngabisin storage kudu download.

  • NataHsu
    NataHsu 30 Maret 2021 pukul 20.52

    wah langganan viu ternyata ga mahal ya, adek ku sering rekomen buat nonton di viu

  • nurul rahma
    nurul rahma 31 Maret 2021 pukul 05.53

    IU nih kalo main drakor warbiyasaakk ya mba.
    peran2nya itu selalu kuat gitu lho
    nempel di benak pemirsa

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 31 Maret 2021 pukul 09.30

    Jan Man Wol punya karakter yang kuat ya. Meskipun terlihat dari luar keras dan seenaknya, tapi dalam hati selalu care dengan orang di sekelilingnya ya.
    Beuuhh.. hidup 1300 tahun, pengalamannya luar biasa tuh. ;)

  • Firdaus Deni Febriansyah
    Firdaus Deni Febriansyah 31 Maret 2021 pukul 09.44

    Belum pernah nonton film ini. Tapi sepertinya bagus ya filmnya. Kalau ada waktu aku tonton ah

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 31 Maret 2021 pukul 16.43

    Man Wool artinya bulan, Luna pun artinya bulan. Keren ini writer nimnya bikin nama. Aku belum nonton Hotel Del Luna nih, padahal banyak review yang bilang bagus. Mau nonton di aplikasi Viu ah.

    • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
      Alfa Kurnia - pojokmungil.com 3 April 2021 pukul 10.26

      Suka nonton di aplikasi Viu karena merasa lebih berkah aja soalnya legal hahaha. Apalagi langganannya juga murmer, cuma segelas boba bisa nonton resolusi tinggi tanpa iklan pula.

  • Arinta Adiningtyas
    Arinta Adiningtyas 31 Maret 2021 pukul 18.54

    Aduh, aku jadi pengen install Viu lagi deh kalo gini. Waktu itu terpaksa diuninstall karena hp penuh, huhuhu.. Sekarang harus install lagi pokoknya, dan nonton Hotel Del Luna sampai selesai!

  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT 1 April 2021 pukul 19.10

    waw banyak yg merekomendasikan hotel del luna
    kan aku jadi penasaran
    juga penasaran sama si mbaknya itu kenapa begitu menginspirasi

  • celotehnur54
    celotehnur54 2 April 2021 pukul 21.11

    Meskipu saya tidak begitu untuk nonton drakor, tapi secara garis besar bisa menikmatinya via review ini. Terima kasih Mbak Rella.

  • Andina
    Andina 3 April 2021 pukul 00.06

    Memang murah ya biaya langganan Viu tuh. Menggiurkan. Aku belum nonton Hotel del Luna, tapi karakter Man Wool menarik sepertinya

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana 3 April 2021 pukul 05.05

    Aku udah nonton ini mbaaak..
    Jujur, aku berharap banget man wol sama si prajurit itu. Lupa namanya. Tapi rupanya terjadi kesalahpahaman. Hiks.

    Trus mirisnya, selama ini si prajurit selalu ada di dekatnya, tapi dia nggak tahu. Huhuhu... Sedih banget.

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 April 2021 pukul 11.50

      hahaha, Chung Myung yaaa..alias Mas Kunang-Kunang :)

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 3 April 2021 pukul 06.54

    emang banyak yg ngefans sama Jang Man Wol ya mbak, badas dan fashionable
    dan pastinya tempat nonton drakor tervaforit ya di VIU

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 3 April 2021 pukul 10.31

    Nyeess~
    Nonton Hotel Del Luna dibawa ke berbagai fantasy yang sangat beragam, seperti jungkir balik kehidupan Jang Man Wol.

    Jang Sajaaang~
    Selamat yaa...sukses bikin penonton mengharu biru.

  • Wiwin | pratiwanggini.net
    Wiwin | pratiwanggini.net 3 April 2021 pukul 22.23

    Rupanya saya kudet banget nih.. Sampai-sampai gak kenal sama Viu yang sekarang sedang ngetren. Seneng sih saya baca review-review drakor yang ditulis temen-temen blogger, serasa nonton langsung plus dapat insight sekalian.

  • Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti 4 April 2021 pukul 05.56

    Yuhuuu... Lee Ji Eun a.k.a IU memang keren kalo udah bawain peran judes kayak Jang Man Wol ini yaa. Sebenarnya saya belum sempat nonton sih, cuma liat cuplikan-cuplikannya dan diceritain teman waktu masih on-going dulu. Baiklah, nanti segera masuk daftar tontonan. Maklum, list tontonan buanyak ehh ada lagi drama-drama baru keren yg tayang di Viu.

  • Emmy Herlina
    Emmy Herlina 4 April 2021 pukul 12.02

    Ah, drakor ini salah satu yg iklannya sering nongol tiap buka Viu. Sudah kuduga ada horror horrornya tapi kayaknya ga serem yak. Jadi pengen nonton

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 4 April 2021 pukul 21.23

    Hotel Del Luna ini padahal udah masuk ke watching list drakor aku lho, Rella... tp kok lupa ya haha... gegara ganti ponsel, note nya ikut kehapus... Hmm tokoh perempuannya Jang Man Wol ya... mantul

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 April 2021 pukul 11.49

      cuuuss nonton, kak Mia. You'll love her character ^^

  • Rani R Tyas
    Rani R Tyas 7 April 2021 pukul 06.56

    Aaah akhirnya mampir juga ke blognya Rella chingu. Cantiknya nih blog seperti orangnya. Aku juga sukak sama tulisannya, entah mengapa hatiku menjadi hangat. Apa karena sebenarnya aku juga mengidolakan Jang Man Woel, entahlah.

  • Turis Cantik
    Turis Cantik 15 April 2021 pukul 07.10

    Jujur aj aku belom nontom yg ini. Pdhal aku pecinta IU hanya saja blom sempet hahahhaha.

Add Comment
comment url