Kursus Full Stack Web Developer Untuk Karir Masa Depan

Mendengar kata full stack dan web developer, pasti kita langsung terbayang pada hal-hal yang berhubungan dengan internet, website, ataupun kombinasi simbol, angka, dan huruf yang orang sering sebut coding itu. Tapi sebenarnya apa sih itu full stack? Web developer sih kayanya sering dengar, tapi bagaimana dengan full stack? Lalu di mana tempat kursus full stack web developer?


Mau cerita dulu aja sih, sejak menonton drakor Start Up akhir tahun lalu plus mengulasnya dalam beberapa bagian tulisan, jujur aja, saya jadi memperhatikan profesi-profesi yang berhubungan dengan bidang informatika (informatics engineering). Jurusan atau profesi ini memang bukan hal yang baru, dari waktu saya SMA juga jurusan ini passing grade-nya paling top. Tapi semakin ke sini, bidang ini dan turunannya makin banyak diminati seiring kemajuan zaman.

Tentu saja, pada era serba digital begini, hampir semua hal dalam kehidupan kita sehari-hari berbasis internet. Sesederhana bakso gerobak saja sudah bisa pesan lewat WhatsApp, perangkat rumah pintar pakai aplikasi, sekolah daring, kirim paket, bahkan koperasi digital pun sudah ada. Belum lagi gempuran aplikasi aneka marketplace yang macam-macam itu, semua butuh internet.

Saat ini siapa yang nggak kenal marketplace raksasa seperti Shopee, Tokopedia, atau Amazon? Aplikasi belanja ini begitu memanjakan dan memudahkan kita untuk ‘membeli dunia’ dalam genggaman. Setiap marketplace punya ciri khas dan pasar yang setia, seperti saya yang hanya belanja di si Hijau dan si Oren aja, bukan karena langganan gandeng artis kpop, tapi karena menurut saya dua ini yang paling enak dan menarik dari sisi tampilan aplikasi, display barang, dan kemudahan transaksi. 

Ngomong-ngomong, buat bikin website aplikasi yang disenangi pengguna tentu harus bisa memadukan antara performa fungsi yang baik, tampilan, dan experience juga dong ya. Ingat banget Shopee waktu di awal-awal aplikasinya terasa berat dan njelimet, tapi nggak butuh waktu lama mereka improve semuanya dan sekarang jadi marketplace sejuta umat.

Saat ini website juga bukan lagi hanya sekadar etalase produk atau perusahaan aja, tapi juga bisa berfungsi melakukan transaksi sekaligus sebagai penyimpanan data. Untuk itu, perusahaan sekarang memberikan perhatian lebih untuk pengembangan web yang baik.

Siapa sih yang mengerjakan hal-hal begini? Nah, salah satunya orang-orang seperti Nam Do San alias programmer lah yang bekerja mengembangkan website dan daleman-dalemannya.

Tahukah, gaes, bahwa untuk membangun sebuah website aplikasi yang bagus, membutuhkan kerjasama setidaknya dua pihak yang terlibat? Satu sebagai front end web developer, dan satu lagi sebagai back end web developer. Skill ini tentu nggak main-main, dan kabar baiknya, bisa dikuasai dua-duanya oleh satu orang saja. Waw!

Ngerjain tugas dua divisi oleh satu orang, gajinya dobel dong? Saya sih percaya prinsip you get what you give yah… apa yang kamu terima akan sesuai dengan apa yang kamu kerjakan.

Jadi, kalau kita punya skill front end to back end, pasti jadi nilai plus buat diri sendiri dong!

Simak dulu deh video ini :

 

Mengapa Butuh Skill Full Stack Developer?


Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa era saat ini sudah sangat membutuhkan talenta-talenta yang bisa menguasai bidang pemrograman yang bisa memudahkan kehidupan banyak orang.

Membuat aplikasi canggih semacam Yong Sil atau NoonGil, sebetulnya nggak cuman ada di cerita aja tapi juga bisa diwujudkan di dunia nyata oleh para programmer handal yang memiliki skill membuat aplikasi yang secure dan scalable. Saat ini contohnya ada Tokopedia dan Gojek sebagai produk anak bangsa yang sukses menguasai pasar digital. Membangun web aplikasi semacam ini tentu membutuhkan kemampuan yang mumpuni, oleh karena itu, kita perlu membekali diri dengan training full stack, belajar javascript, dan kursus web programming.

Untuk diketahui, javascript adalah bahasa pemrograman yang bisa dipakai untuk front end dan back end sekaligus. Dengan mempelajarinya lewat training javascript dan belajar web developer, kita bisa mengembangkan karir sebagai seorang full stack web developer.

Mau tau prospeknya seorang full stack developer? Yes, menurut pengalaman di lapangan, ada jenjang karir yang nggak main-main ya.

range gaji seorang full stack developer


Course-Net, Tempat Belajar Full Stack Developer

Course-Net adalah salah satu tempat terbaik untuk kursus full stack developer. Melalui coach kelas dunia yang ada di Course-Net, kita akan dibimbing mulai dari dasar perancangan web menggunakan HTML CSS, bahasa pemrograman Javascript front end dan back end, koneksi, serta perancangan database. Selain itu, kita juga akan belajar mengoptimasi website dengan 4 framework utama Javascript yaitu: ReactJS, Redux, Express dan PostgreSQL.

Nggak ngerti kata-kata yang disebut? Tenang aja, pada saat belajar web developer, nanti akan diajarin satu-satu. Semua pembelajaran di Course-Net diajarkan dari dasar sesuai dengan spesialisasi yang ingin diperdalam. Tidak ada syarat apapun untuk belajar di Course-Net, baik umur maupun latar belakang non-IT sekalipun.

Course-Net menggabungkan materi yang ada dengan kasus-kasus yang terjadi secara real di lapangan. Di akhir pelatihan, setiap peserta akan dibekali project dan belajar strategi praktis membuat aplikasi yang secure, reliable dan scalable.

Apa Saja yang Dipelajari di Course-Net?

Dalam setiap sesi belajar javascript pemula, peserta kursus akan didampingi seorang coach secara semi privat (max 8-12 orang/kelas) dan bisa belajar dari pengalaman yang sudah dipelajari pada coach selama puluhan tahun.

Melalui kelas belajar Javascript ini, diharapkan peserta akan bisa memahami hal-hal berikut:
  • memahami step by step perancangan sebuah sistem aplikasi berbasis web baik front end maupun back end.
  • membuat system client server dalam sebuah website
  • mampu membuat aplikasi web yang reliable, secure dan scalable
  • merancang sebuah website yang mampu melakukan penyimpanan data, manajemen transaksi secara efektif dan efisien
  • meningkatkan peluang karir sebagai seorang full stack web developer di perusahaan start-up maupun multinasional company dengan penghasilan yang menjanjikan


Kelebihan Kursus di Course-Net


Kalau boleh saya kasih tau, ini 5 alasan kenapa kursus web developer di Course Net direkomendasikan untuk memperoleh skill dan meningkatkan kualitas diri demi karir cemerlang di masa depan:
  • No.1 Practical IT Coaching. Course-Net Indonesia merupakan Practical IT Coaching di Indonesia nomer satu. Course-Net telah menghasilkan 22000++ lulusan dan mendapatkan penghargaan di ajang ECC Global Award 2019. Course-Net Indonesia juga telah mendapatkan lisensi resmi bertaraf Internasional dari PearsonVUE dan EC-Council.
  • 3P Coach. Para pengajar yang merupakan praktisi langsung di dunia industri, memiliki sertifikasi internasional dan prestasi di tingkat dunia. Jadi peserta akan dapat bekal teori dan praktik secara seimbang.
  • 100% Training Guarantee. Bukan hanya sekedar pelatihan yang hanya mengajarkan konsep dasar, Course-Net merupakan IT Coaching yang mengajarkan strategi praktis yang real di dunia industri. Selain itu setiap peserta juga dijamin belajar sampai bisa, dan bisa mengikuti ulang kelas yang kurang dipahami, GRATIS.
  • Strong Connection. Course-Net Indonesia telah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan besar di Indonesia dan siap menyalurkan alumninya sebagai tenaga ahli di sana setelah lulus. Selain itu, ada learning community yang akan mendukung pembelajaran setelah pelatihan selesai.
  • Project Review and Certificate. Setelah pelatihan selesai, peserta akan diarahkan langsung membuat project pertama. Sehingga apa yang dipelajari bisa langsung diterapkan dan dipraktikkan. Project juga akan direview langsung oleh Coach 3P Course-Net.
Nantinya, setiap peserta lulus akan mendapatkan dua macam sertifikat, yaitu attendance certificate, dan skill certificate.

Attendance Certificate merupakan sertifikat yang menandakan setiap peserta sudah menyelesaikan modul pelatihan dengan jumlah absensi minimal 80%. Sedangkan Skill Certificate merupakan sertifikat yang menandakan seorang peserta sudah lulus dan berhasil memenuhi standar kompetensi, sehingga bisa dibantu untuk mereferensikan ke perusahaan.


certified peserta dan coach

Beberapa penghargaan yang pernah didapatkan oleh Course-Net juga layak jadi pertimbangan sebagai tempat kursus full stack web developer terbaik di Indonesia.

Course-Net Indonesia Academy pernah menerima penghargaan bergengsi EC-Council Global Awards 209 dengan kategori “EC-Council Academia Best Newcomer Award” dalam EC-Council VIP Dinner Awards 2019. EC-Council adalah lembaga sertifikasi profesional di bidang IT khususnya dalam keamanan cyber. EC-Council merupakan pencetus dari Certified Ethical Hacker (CEH) dan sertifikasi cyber security lainnya.


Penghargaan The Most Impactful IT

Selain itu, Course-Net sebagai lembaga pendidikan bidang teknologi ini juga memperoleh penghargaan dari Corporate Vision sebagai The Most Impactful IT, dan diulas di berbagai media dan surat kabar.


Fasilitas dan Bonus Course-Net


1. Free E-book Summary Javascript Full Stack Web Developer yang sudah dirangkum dalam Bahasa Indonesia.
2. Free E-book dan akses video tutorial 8 Materi IT Fundamental Seumur Hidup yang berisi 8 materi dasar bidang IT yang wajib dikuasai, meliputi:
  • Jaringan Komputer Tingkat Dasar
  • Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar
  • Object Oriented Programming Tingkat Dasar
  • Pengelolaan Database Tingkat Dasar
  • Digital marketing pada Instagram, Digital Marketing pada Web
  • Data Science Tingkat Dasar
  • Microsoft Excel Tingkat mahir
  • Materi ITversity yang menjadi mata kuliah kunci jurusan IT3. Free re-Coaching dan konsultasi.
  • 4. Free Exclusive Jacket dari Course-Net Indonesia.

Semua fasilitas, bonus, dan benefit ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dan bahkan kita akan mendapat lebih yang dibayarkan. Ssst, Februari ini ada diskon khusus lho!

Siapa saja yang sedang mencari tempat belajar javascript atau kursus web develop, bisa mendapatkan info selengkapnya mengenai Course-Net melalui www.course-net.com. Di sana juga ada testimoni-testimoni dari alumni dan perusahaan yang mempekerjakan lulusan Course-Net.

Contohnya ini adalah salah satu video testimoni peserta kursus web developer yang tidak memiliki latar belakang IT.



Lokasi Course-Net 


Saat ini, Course-Net memiliki dua lokasi yang berbeda:

1. Course-Net Gading Serpong

Ruko Bolsena Blok A / 7, Gading Serpong, Tangerang


2. Course-Net Kebon Jeruk

Ruko Business Park Kebon Jeruk (Kencana Tower) Blok E1 / 9, Jakarta Barat

So, buat yang ingin segera belajar web develop, training javascript dan bercita-cita jadi full stack web developer, segeralah mencari tempat kursus web develop yang kredibel, terpercaya dan berlisensi internasional sehingga bisa mengejar karir yang bagus di masa depan. Siapa yang berusaha pasti menuai kesuksesan! 
Next Post Previous Post
39 Comments
  • Astin Astanti
    Astin Astanti 27 Januari 2021 pukul 10.09

    Wah asyik banget ya, jadi bisa bikin web sendiri dan bisa bantu aku dong, membuat web yang sesuai aku inginkan.

  • EkaKuncoro
    EkaKuncoro 27 Januari 2021 pukul 10.54

    Gak bisa dipungkiri sih ,team IT memang yang paling "mahal" saat ini karena banyak startnup yang muncul dalam beberap tahun ini.

    Keren sekali sih ini idenya buka peluang buat yang ingin belajar masalah teknologi.

    • Rella Sha
      Rella Sha 27 Januari 2021 pukul 14.41

      iya betul mbak, SDM bidang ini termasuk jajaran termahal ya.

  • Annafi
    Annafi 29 Januari 2021 pukul 05.07

    Karena teknologi selalu berkembang begitu juga dengan lapangan pekerjaan, kalau punya skill di bidang digital rasanya bisa dapat pekerjaan lebih mudah ya, untung ada kursus yg kredibel seperti course-net.com yaa

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 29 Januari 2021 pukul 09.52

    Kebayang ini belajarnya pasti ruwet kalau bagiku, hehehehee... Tapi sepadan sih apa yang dipelajari dengan apa yang nanti didapatkan.

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 Januari 2021 pukul 14.58

      sama mbaakk, hehehe... belajar SEO aja amburadul aku, tapi pastinya kalau serius bakal menuai hasil yang indah

  • Mayuf
    Mayuf 29 Januari 2021 pukul 12.56

    Rekomendasi yang bagus kak untuk kursus web developer

  • April Hamsa | Parenting Blogger  keluargahamsa.com
    April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 29 Januari 2021 pukul 15.07

    Sekarang mau develop web keknya gak perlu kuliah jd programer bisa ikut kursus gini, asal telaten mau belajar juga bisa ya mbak hehe.
    Apalagi kalau orgnya kuliah di jurusan sejenis trus ikutan kursus juga, makin kaya ilmunya pastinya ya

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 Januari 2021 pukul 14.59

      iyaa setujuu, buat nambah skill ini kalo ada basicnya pasti joss banget

  • K. Niken
    K. Niken 29 Januari 2021 pukul 15.52

    Membangun website aplikasi ini perjalanan panjang banget ya. Butuh tenaga yang memang sesuai dibidangnya agar hasilnya juga ok. Pak suami belajar tipis2 buat sekadar tahu aja. Haha

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 Januari 2021 pukul 14.59

      nanti ajarin yaaaa

  • Priyo
    Priyo 30 Januari 2021 pukul 15.22

    Aku lho sering bgt pusing sama jeroan webku. Namanya pake code orang, apalagi wp based yg jelas banyak mengandalkan plugin. Sering bgt harus ngulik cpanel cuma karena bbrp plugin konflik. Emang harusnya bljr ngedevel beneran. Dulu pas kuliah kebanyakan bercanda sih akunya hihihi

  • Raneey
    Raneey 30 Januari 2021 pukul 15.37

    Waah kelasnya 8-12 orang itu serasa private ya, jad bener-bener bisa fokus belajar dan ga banyak distraksi.

  • nurul rahma
    nurul rahma 30 Januari 2021 pukul 18.44

    Weleh deleehh, kalo ikutan kursus full stack web developer ini, niscaya bakal lahir segabruk nam do san brilian dengan kearifan lokal ya mbaa

    Trus, banyak start up yg makin kece dan moncerr
    Mantul abiiisss

  • Wiwied Widya
    Wiwied Widya 30 Januari 2021 pukul 20.54

    Wajar sih kalau penghasilannya dipatok segitu, ini memang keahlian yang banyak dibutuhin sekarang. Aku tertarik tapi nggak yakin bisa tahan pelajarinnya deh. Wong mikir besok masak apa aja bisa bikin aku bingung. Hahaha

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 30 Januari 2021 pukul 21.31

    Wah seru ya ada kursusnya juga, saya pernah sih belajar di kampus karena jurusan teknik informasi gitu, tapi yaahh belajar di kampung kadang hanya formalitas saja, lebih intens deh kalau bisa kursus.

  • Triani Retno
    Triani Retno 31 Januari 2021 pukul 04.21

    Mata langsung bling-bling lihat gaji si poject development :D . Tapi wajar sih kalo lihat keahliannya.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 31 Januari 2021 pukul 09.44

    Wah, keren banget nih tempat kursusnya. Kepengen banget deh bisa kursus canggih begini. Di masa di rumah terus kayak sekarang, ikut kursus hal baru kayak begini tuh menantang banget. Mupeeeeng! :D

  • Rienzbie
    Rienzbie 31 Januari 2021 pukul 09.47

    Jujur makin banyak aku mendalami dunia blog, makin kesini makin banyak banget pengalaman serta pelajaran baru dari yg awalnya belajar cara bahasa, menulis, cara meningkatkan traffic, terus bagaiamana optimisasi Seo hingga cara coding ya 🤣, jujur emang ribet tapi klo dipelajarinya satu2 dan ketemu orang yg punya growing mindset jadi seru dan asik,,, karena kita belajarnya sama2

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 31 Januari 2021 pukul 10.59

    Buat kita yang punya web blog sebenarnya belajar pemrograman seperti itu memang perlu juga, selain buat tambah skill biar makin mantap lagi web yang kita kelola

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 5 Februari 2021 pukul 20.05

    Langsung penasaran dengan biayanya. Haha.. kalau profesi potensial sperti Web developer gini pasti mahal ya. Bidang IT emang keren dan menjanjikan saat ini.

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 6 Februari 2021 pukul 06.39

    Tenaga ahli di bidang IT memang saat ini sudah sangat dicari ya, Mbak. Apalagi pas lihat range gajinya. Wow.. jadi mupeng hahaha. Dan sekarang juga dipermudah dengan banyaknya kursus-kursus keren penunjang.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 6 Februari 2021 pukul 07.28

    wah mantap tempat kursusnya
    bisa tu buat yg pgn jadi kayak dosan ya mbak, haha..
    aku mana bisa belajar ini, bljr seo ae wes ngelu, haha
    tapi bisa ni ku rekomendasikan sepupu yg lagi sekolah smk it, biar makin mantap ilmunya dia bisa ikut kursus

    • Fenni Bungsu
      Fenni Bungsu 7 Februari 2021 pukul 04.16

      Hihi bener Kak Dee, tapi tetep harus SemangatCiee agar mahir tentang pemrograman, walau memang belajar javascript ndak mudah. Kudu ala bisa karena biasa. Semangat belajar

  • Jasmi Bakri
    Jasmi Bakri 6 Februari 2021 pukul 09.56

    aku angkat tangan deh kalau soal pemrograman gini walau namanya juga blogger harus paham lah dikit yak, minimal buat ngurusin blog sendiri. Sekarang ini kan web developer jadi pekerjaan yang menjanjikan ya kak. Salarynya lumayan banget.

  • Sam Leinad
    Sam Leinad 6 Februari 2021 pukul 13.36

    Developer web dan profesi berbasis IT memang butuh skill mumpuni, nggak heran gajinya juga tinggi. Mudah2an banyak anak2 muda yg terus mengasah kemampuannya di bidang ini ya.

  • hani
    hani 6 Februari 2021 pukul 22.31

    Istilah²nya aku banyak ga ngerti deh. Sekarang banyak profesi yg berkaitan dng IT ya. Hebatnya bisa kita pelajari melalui kursus dan gajinya besar pula...Ada batasan usia ga ya?...hehe

  • Zee Vorte
    Zee Vorte 7 Februari 2021 pukul 00.23

    widih keren baru tau saya ada kursus belajar full stack web developer wah pasti mantab nih dapat ilmu baru di jaman teknologi ini

  • Maz Guru | Belajar Menulis
    Maz Guru | Belajar Menulis 7 Februari 2021 pukul 05.09

    Pengen belajar javascript. Moga aja mudah belajarnya di Course-net. Sepertinya menarik.

    Makasih infonya.

  • bibliofil
    bibliofil 7 Februari 2021 pukul 13.01

    Dunia digital memang sangat menjanjikan ya Kak, ga heran web developer makin dicari. Skill dan kompetensi bisa dibangun dengan kursus di Course-Net. DIjamin bisa dan gratis ya kalau mengulang kelas. Keren itu, apalagi diajar kalangan profesional.!

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 7 Februari 2021 pukul 17.41

    Ilmu nya kece banget, bisa diaplikasikan dan pasti jarang yang menguasai. Buat yang mau nambah ilmu dan skill boleh juga sih latihan dikursus online disini

  • Heizyi
    Heizyi 7 Februari 2021 pukul 18.00

    Keren ihhhh... dari dulu tih aku pengen banhet bikin sebiah aplikasi. Tapi gak ada yang ngajarin.

    Eh, ketemu sama Course-Net. Kebetulan banget aku mau belajar

  • Yurmawita
    Yurmawita 7 Februari 2021 pukul 21.07

    Rekomended banget nih buat anak anak muda, ntar kalau anak anak mau suruh masuk jurusan IT aja, sepertinya memang lagi naik daun nih

  • Sitatur Rohmah
    Sitatur Rohmah 7 Februari 2021 pukul 21.48

    Wajar ya kalau keahlian itu dihargai dengan mahal. Karena memang nggak semua orang mau dan mau tekun mempelajarinya contohnya saya, hehe.. untuk blog lebih memilih jasa bikin blog daripada ngulik sendiri, hehe...

  • Apura
    Apura 7 Februari 2021 pukul 22.15

    Iya sih. Sekarang itu orang yang paham IT dicari banget skillnya. Meskipun pas sekolah atau kuliah bukan di IT, sekarang tetap bisa belajar ya di Course-Net

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 7 Februari 2021 pukul 22.19

    Pasti qualified banget ya Rella... kursus full stack di Course-net Indonesia, pelatihannya emang praktisi web developer, punya sertifikasi keahlian, dan punya prestasi tingkat dunia pula. kerennn

  • Fionaz
    Fionaz 7 Februari 2021 pukul 22.33

    Course-Net ini pas banget buat yang mau mendalami semua hal yang berbau digital gitu ya

  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama 8 Februari 2021 pukul 10.45

    Wah sekarang ada kursus nya ya? Tersertifikasi pula. Zaman dulu harus ambil S1 informatika dulu. Aku ga mudeng blas bahasa komputer, tp suamiku kerjaannya di sana. Hehe. Emang mantap sih smua mua butuh IT zaman sekarang.

  • Rifa
    Rifa 2 Mei 2021 pukul 14.03

    Zaman sekarang makin mudah ya akses informasi seperti ini. Apalagi ini kursus ada sertifikasinya. Cocok banget buat freshgraduate yang ingin memulai berkarir.

Add Comment
comment url