Teknologi Rumah Pintar dengan BARDI

3 komentar
Kalau lagi nonton drama Korea, seringkali kita diperlihatkan kecanggihan-kecanggihan teknologi garapan negeri Ginseng itu. Wah kayaknya hidup di Korea serba modern ya, banyak teknologi yang memudahkan hidup. Masih inget banget waktu nonton Start Up, saya langsung kepincut sama Yong Sil, asisten berbasis AI yang stand by di rumah Pak Han. 


Yong Sil ini hanya berbentuk benda bulat saja, tapi bisa melakukan banyak hal, mulai menyala-matikan lampu, membacakan resep masakan, meladeni pertanyaan absurd termasuk ramalan cuaca hari ini. Di kemudian hari, Yong Sil dikembangkan lagi menjadi aplikasi teknologi pemindai benda dan suara yang kelak membantu mereka yang membutuhkan bantuannya.

Teknologi memang memudahkan segalanya. 

Bahkan di saat-saat geje, saya suka iseng ngobrol dengan Google assistant. “Google, apa kamu bisa matikan lampu teras?” Saking magernya saya buat bangkit dari kasur untuk nyetrekin saklar di tembok. Dengan kecewa saya pun tahu, itu lampu bakalan nyala terus sepanjang saya tetap rebahan selimutan. 

Tapi, kenyataan bahwa teknologi smart home ini sudah ada di antara kita, memang menyenangkan sekaligus membuat kita terkagum-kagum. Menurut definisinya, smart home atau rumah cerdas, adalah teknologi yang menggunakan sensor, fitur, atau perangkat lain yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) yang dapat dimonitor, dikendalikan, atau diakses dari jarak jauh.

Kenalan dengan BARDI 

review BARDI


Mari kita kenalan sama BARDI, salah satu penyedia produk-produk smart home unggulan yang bisa membantu kita dalam melakukan beberapa pekerjaan rumah yang berbasis teknologi. 

BARDI adalah produk teknologi yang didukung oleh Tuya, platform pengembangan AI+IoT dan platform suara AI terkemuka di dunia. Produk BARDI bisa dikoneksikan melalui aplikasi Bardi Smart Home menggunakan wifi/hotspot dan kita tinggal melakukan perintah lewat ponsel saja. Produk BARDI juga bisa menerima perintah suara lewat alexa, google assistant, dan siri. 

Benar-benar teknologi impian banget yang selama ini cuman di angan-angan. 

Produk BARDI ada banyak, antara lain masuk dalam kelompok smart lights, smart pet series, dan smart security systems. Tapi saya mau review yang saya pake aja : smart bulb, smart remote, dan IP camera. 

Tapi, sebelum mulai mengaktifkan BARDI devices, kita install dulu BARDI Smarthome untuk satu kemudahan untuk semua gadget BARDI. 
  1. Unduh BARDI Smart Home di Apps Store/Google Play 
  2. Registrasi menggunakan email aktif 
  3. Lakukan verifikasi akun di email untuk mengaktifkan akun.

 

BARDI SMART BULB 9W – RGBWW

smart bulb BARDI

Lampu LED ini secara ukuran diameternya sama saja kaya lampu seperti biasanya dan berfungsi sebagaimana lampu rumah. Tapi istimewanya dia bisa dikendalikan oleh aplikasi BARDI Smarthome lewat ponsel. 

Melalui wifi yang terhubung antara lampu dan ponsel, BARDI Smart LED Bulb 9W RGBWW adalah bohlam pintar yang bisa di mati nyalakan, diubah warna, dan diatur kecerahannya. 

Fitur-fitur yang ada dalam BARDI Smartbulb: 

  • Mati-nyala lewat ponsel 
  • Penjadwalan nyala dan mati 
  • Memiliki kecerahan maksimal 900 lumens, redup hingga 90 lumens
  • Memiliki kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna
  • Memiliki gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white) 
  • Mode fitur musik di mana lampu dapat berubah warna mengikuti ketukan lagu yang dimainkan
  • Mode lampu kelap-kelip 
  • Mode lain sesuai kebutuhan 

Seneng banget punya lampu kaya begini di rumah, minimal nanti kalau 17an nggak perlu beli lampu kelap kelip lagi, pake BARDI aja mode music biar kaya di club, hehe. Bohlam ini juga sangat mudah dipasang, tinggal diputar pada ulir E27, fitting lampu yang umum digunakan di Indonesia. Nggak ada kesulitan baik saat pasang, pairing, maupun mengoperasikannya. 


Cara pasang BARDI Smart Bulb: 

1. Pasang lampu dan pastikan lampunya terpasang dengan benar. 
2. Setelah aplikasi dan lampu terpasang, mulai pairing antara handphone dan lampu. Buka aplikasi BARDI, lalu pilih add device (tanda +), pilih Smart Bulb yang sesuai dengan spek lampu (9W RGBWW).
3. Tekan saklar on/off lima kali berturut-turut hingga lampu kedap-kedip 
4. Konfirmasi lampu berkedip pada aplikasi 
4. Lampu dan aplikasi terlah tersambung. Mulai ujicoba kontrol dari handphone. 

Dengan adanya kemudahan pengendalian jarak jauh, kita jadi mudah mengatur kapan lampunya nyala, kapan mati, pakai mode cahaya yang mana... meski kita keluar ninggalin rumah, nggak akan boros listrik karena lampu nyala terus seharian. 

Harga BARDI smart bulb 9W ini 115.000 rupiah. 

BARDI Smart Indoor Static IP Camera 

BARDI IP Camera

BARDI Smart IP Camera adalah kamera pintar yang dapat menyalurkan video dan suara ke dalam smartphone yang terhubung dengannya. Bentuknya ringkas, dengan batang langsing yang bisa ditekuk dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

batang fleksibel yang bisa ditekuk

Fitur-fitur IP Camera BARDI: 

  • memiliki slot SD card max 128GB (tidak termasuk dalam bundle produk) 
  • dapat memberi notifikasi bila ada gerakan terdeteksi
  • pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision
  • memiliki mic dan speaker internal untuk komunikasi dua arah
  • bisa merekam video, screenshot, memutar ulang video
  • tersedia fitur flip untuk memutar video saat kamera terpasang terbalik

Untuk menyalakannya, kamera ini hanya perlu disambungkan dengan listrik saja. Posisinya dapat digantungkan di plafon, maupun didudukan di atas meja atau lemari dengan orientasi video dalam aplikasi bisa di putar 180° sesuai penempatan. 

Agar posisi kamera tidak geser-geser, terdapat perekat 3M yang bisa menempel dengan cukup kuat. Namun, kabel kamera ini relatif pendek, sehingga kalau mau ditempatkan di tempat yang tinggi harus memakai tambahan kabel listrik supaya sampai di terminal listrik. 

Cara pasang BARDI IP Camera: 

1. Buka aplikasi BARDI, lalu pilih add device (tombol +), pilih Smart Indoor Static IP Camera
2. Lepas plastik pelindung, nyalakan tombol ON di kamera, dan biarkan aplikasi handphone memindai kamera  
3. Kamera akan mengeluarkan suara bip jika sudah berhasil terpasang 
4. Konfirmasi suara pada aplikasi
5. Kamera dan aplikasi terlah tersambung. Mulai ujicoba kontrol dari handphone. 

emaknya sambil masak di dapur bisa ngawasin anak-anak yang lagi BDR di depan

Selain fitur-fitur standar kamera di atas, IP Camera ini juga bisa diintegerasikan dengan produk BARDI smart home lainnya. Ada smart feature bernama Automation, yang memungkinkan penggunanya untuk men-setting perangkat BARDI yang berbeda-beda secara otomatis. 

Misalnya, pada saat IP Camera menangkap ada gerakan tertentu, lampu BARDI akan otomatis menyala sesuai fungsinya. Canggih betul ya, bisa isengin anak-anak kalo pas nggak mau tidur, hehe. Tapi ini kadang berhasil kadang enggak sih. 

IP Camera ini cukup didapatkan dengan harga 280 ribu saja. 

BARDI Smart IR Remote 10M-BLK


Nah, kalau produk yang ini mungkin kedemenan bapaknya anak-anak, karena paling sering ngilangin remote atau naruh di sembarang tempat. Dengan adanya BARDI Smart Remote, maka kita cukup punya satu remote untuk semua alat elektronik yang ada di rumah. Yeay! 

Asal jangan sampai handphone-nya yang hilang. Ambyar sudah… 

remote otomatis BARDI

Bardi Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi di handphone melalui wifi/hotspot.

Remote ini dapat menggantikan semua remot infrared dengan mayoritas mereknya sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa di duplikat signal infrared dari remot lama ke remot Bardi. Kalaupun mereknya tidak ada, bisa diduplikat signal infrared dari remot lama ke remot Bardi.

Seperti halnya lampu yang saya ceritakan di atas, smart remote juga bisa mengatur kapan AC menyala. Misalkan ketika dalam perjalanan pulang ke rumah, kita menyalakan AC duluan sehingga begitu sampai rumah, udara sudah sejuk tidak perlu menunggu lagi. Begitupun dengan televisi yang bisa disetting otomatis mati jam berapa barangkali kita ketiduran saat menonton tv. 

Satu remote untuk semua

cukup dikendalikan lewat handphone saja

Nggak cuman AC dan televisi aja, BARDI Smart IR Remote ini juga bisa digunakan untuk barang-barang lain yang punya infra red remote. Hampir semua merek sudah terdaftar dalam aplikasi BARDI Smart Home. 

Remot ini sangat mudah dipasang, hanya dengan menghubungkan kepala adaptornya ke terminal listrik. Dengan sudut pemancaran di 360 derajat dan jarak hingga 10 meter dari remote BARDI, remote ini dapat mengendalikan banyak perangkat tanpa harus nyari-nyari remote masing-masing. Praktis banget! 

Cara pasang BARDI Smart IR Remote : 

  1. Sambungkan BARDI Smart IR Remote menggunakan adaptor yang sudah disediakan.
  2. Tekan tombol reset selama 5 detik hingga lampu indikator berkedip.
  3. Buka aplikasi BARDI, tambahkan add device (tombol +), pilih Smart IR Remote 10M-BLK.
  4. Klik tombol konfirmasi IR Remote berkedip cepat 
  5. Pilih perangkat yang akan digunakan sesuai merek perangkat
  6. Tekan tombol power untuk melakukan tes remote, tekan “yes” atau “no” untuk verifikasi respon remote.
Harga Smart Remote 160.000 rupiah. 

Nah, mewujudkan rumah pintar impian ternyata bisa mulai dilakukan dari apa yang kita punya sekarang. Tidak harus menunggu semuanya canggih atau rumahnya semewah apartemennya Han Ji Pyeong, bahkan alat elektronik yang kita pakai saat ini pun bisa terhubung dengan aplikasi smart home dengan mudah. 

Kalau tertarik untuk melihat-lihat produk BARDI lainnya dan berbelanja, bisa pesan di marketplace https://bardi.co.id/shop-online. 

3 komentar

  1. "BARDI Smart IP Camera adalah kamera pintar." otomatis pemiliknya juga jadi pintar, ya, Mbak. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. Bardi hadir di Indonesia mewujudkan smart home menjadi nyata, dan bermanfaat banget terutama untuk hemat listrik.

    BalasHapus
  3. Seneng banget ya pakai Bardi. Penggunaan listrik jadi lebih efisien. Keamanan juga lebih terjaga ya. Sayangnya karena sesuatu hal aku belum bisa pakai Bardi ini di rumah >.<

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^