Tipe Suami Ideal : Han Ji Pyeong atau Nam Do San?

18 komentar
Sosok first lead dan second lead male di drama Korea Start Up kayanya jadi pembicaraan paling hot di jagat per-korea-an tahun 2020. Drama ini gaungnya kenceng banget sampai dibicarakan oleh kalangan non-drakorian. Drakorclass aja mengumpulkan 8 tulisan tentang drakor Start Up, nggak hanya soal review atau prediksi, tapi banyak banget sudut pandang yang bisa jadi bahasan seperti ilmu bisnis dan investasi, ilmu teknologi informasi, sampai premis cerita dari sudut pandang penulis.  


Selain ceritanya yang mengangkat tema yang menarik dan kekinian, dua karakter pria-nya juga sama-sama punya kharisma masing-masing yang membuat pemirsa terpecah belah jadi kedua kubu #TimNamDoSan dan #TimHanJiPyeong. Nggak sering-sering juga nih, second lead punya tempat yang dominan di hati pemirsa. 

Sebetulnya kalau udah biasa nonton drakor, kita akan lumrah bahwa serumit apapun situasinya, kedua first lead akan menemukan jalannya untuk bersatu. Drakor sih nggak akan kaya western series yang tokohnya bisa ke sana ke sini sama siapa aja. Cuman yang jadi greget di drama ini, second leadnya dibuat sosok yang first lead-material, bahkan karakter dan ceritanya lebih kuat ketimbang sang pemeran utama. 

Tapi ya tentu saja ini terkait posisi keduanya sebagai mentor dan inovator, yang punya role berbeda. Seorang mentor selayaknya dengan cermat memperhitungkan benefit&risiko dan cenderung protektif terhadap asuhannya sebelum memutuskan sesuatu. Sedangkan inventor tentu saja lebih impulsif karena dia fokus pada pengembangan dan perluasan produk. Lagipula diceritakan si Han Ji Pyeong memang lebih dewasa dan berpengalaman, berbeda dengan Nam Do San, a nerdy genious yang hidupnya kurang  mengenal banyak warna selain RGB. 

Ngadepin dua cowok yang sama-sama tampan, sama-sama punya cinta, kalau saya jadi Seo Dal Mi, saya juga pasti pusing. Apalagi nggak punya waktu buat melarikan diri karena pekerjaan mereka yang menuntut bakal ketemu terus-terusan...

Nganu, lupakan Seo Dal Mi. 

Kalau masih penasaran dan ingin coba peruntungan, silakan browsing "Google, how to be Seo Dal Mi?". Saya cuma mau berandai-andai saja, andai kedua jenis cowok ini ada, tipe mana yang lebih cocok jadi suami ideal? 

Han Ji Pyeong atau Nam Do San : mana yang lebih husband-able? 

drakor start up
Han Ji Pyeong (kiri) vs Nam Do San (kanan)

Saya nggak mau mancing-mancing war, karena saya tetap konsisten dalam golongan #DoSanUntukDalMi dan #JiPyeongUntukSaya. Hayuklah, tanpa melihat siapa-siapa pemerannya, nggak menyerang pribadi aktornya, kita fokus sama karakternya aja yaaaa ... 

Nam Do San 

Nam Do San

Sebagian besar laki-laki mungkin punya sikap yang hampir sama dengan Nam Do San, nggak bisa basa-basi, nggak peka, nggak ngerti bahasa alus. Nggak perlu anak teknik aja yang begini, karena memang otak laki-laki umumnya hanya menangkap yang straight to the point, baru ngerti kalau dikasih tau.  

Do San cukup gentle mengakui perasaannya dengan yakin, ketika ditanya teman-temannya apakah dia menyukai Dal Mi, dia langsung jawab : IYA! Dengan mengonfirmasi dan memvalidasi perasaan sendiri, lingkungan pun akan mendukung keinginan kita. Minimal, segala tindakan kita akan mengarah pada tujuan itu. Inget kan, teori Law of Attraction? Hukum alam ini mengatakan di mana apapun yang kita fokuskan atau impikan dalam pikiran dan perasaan, adalah yang akan ditarik dan hadir ke dalam kehidupan ... 

Nam Do San, anak tunggal yang punya krisis kepercayaan diri, peragu, nggak merasa berharga dan nggak punya kelebihan apa-apa. Dia merasa tidak sehebat apa yang dibanggakan orang tuanya, dia terbebani oleh tuntutan lingkungan terhadapnya yang terlalu besar, padahal dia pun pernah melakukan kesalahan. Intinya, Do San adalah sosok yang insecure dan inferior, nggak heran kalau dia gugup dan grogi bukan main saat merasa suka sama seseorang, nggak tau harus ngapain, apalagi lawan yang harus dia kalahkan adalah kenangan cinta pertama.  

Sebagai seseorang yang rasional, Do San tahu bahwa usaha akan menghasilkan probabilitas atau peluang. Dia tahu betul sifat-sifat Percobaan Bernoullipercobaan yang menghasilkan dua kemungkinan hasil, yaitu Sukses dan Gagal. Ketika ada kesempatan untuk berusaha, dia nggak menyia-nyiakan momen tersebut buat merebut hati Dal Mi. Do San akhirnya punya tujuan hidup, tahu apa yang dia mau, dan merasa hidupnya ada yang diperjuangkan setelah suka sama Dal Mi.  

Kalau jadi suami, Do San tipikal yang mengiyakan usaha dulu ketimbang memikirkan kesulitan-kesulitannya. Dia senang menyenangkan pasangannya. Do San juga tipe yang supportif , protektif, dan mau mendengarkan lawan bicara. 

Han Ji Pyeong 


Han Ji Pyeong

Matang, dewasa, tampan, kaya raya. Kurang apaaa Han Ji Pyeong ini jadi suami. Mau belanja, byoor..byoorr aja kayanya istri bebas gesek di mana-mana. Penghasilannya 1.5M per bulan, ibu-ibuuu... siapa yang nggak ngiler coba. Tinggal di apartemen yang menghadap view Sungai Han seharga 80 juta semalam,  punya asisten namanya Yong Shil, meskipun Yong Shil nggak bisa ngepel dan masak.. 

Pak Han juga berpenampilan rapi, teratur, mantes banget kalau dibawa ke mana-mana, apalagi bawaannya Mercedes Benz AMG GT 4 door Coupe, harganya 1.5M sendiriii... 

Harta. Belanja. Namja. 

Pak Han adalah orang yang realistis dan penuh perhitungan. Nggak bakal takut miskin karena dia pintar mengelola aset dan menjadikannya berkali lipat nilainya. See? Masa depan cerah. Pak Han juga orang yang bertanggung jawab dan sangat fair. Dia nggak akan merebut apa yang bukan haknya, jadi dia cukup tahu diri. Dia juga bukan orang yang mengada-ngada, dia tulus bilang kalau bagus, juga tulus kalau bilang jelek tapi dia bisa sangat menghargai pasangannya.

Leader yang baik, pemimpin rumah tangga yang sangat bisa diandalkan. Dia orang yang paling tepat dimintai bimbingan buat istri atau anak-anaknya, cepat ambil keputusan, tegas, cermat, dan bertanggung jawab. Biasanya yang begini tuh idaman para mertua, karena di tangan suami seperti ini, keluarga lebih terjamin kehidupannya. 

Suami dengan tipe Pak Han adalah yang mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangnya lewat kerja keras. Orang lain nggak perlu tahu pengorbanan dia, tapi hasilnya nyata. Mungkin nggak die hard romantis, juga nggak suka yang mendayu-dayu. Mengingat latar belakang hidupnya yang tidak mudah, Pak Han juga nggak terbiasa dimanjakan dan memanjakan. Ditolong nenek aja dia serba salah kan, dapat perhatian lebih dia malah seringnya nge-gas, karena dia nggak suka berharap pada seseorang. 

Sedikit mengganggu mungkin karena superioritasnya itu. Suami model pak Han akan bersikap mengatur dan dominan, padahal dia cukup berpikiran terbuka tapi karena pengalaman hidupnya sudah banyak, dia jadi seperti lebih banyak memberi tahu. Sepertinya lucu sih kalau ketemu istri yang punya prinsip kuat, bakal saling melayani debat satu sama lain. 

Udah Galau, Belum? 

drakor Start Up

Sekiranya udah dapat jawaban dari Google (atau Yong Shil?) gimana caranya menjadi Seo Dal Mi, jadinya mau milih siapa? Galau bertahun-tahun juga kah, atau bisa memutuskan lebih cepat karena udah tau mana yang diinginkan? 

Lalu pertanyaan mungkin akan berlanjut: cowok-cowok model begini tuh beneran ada nggak sih di dunia nyata? 

Yaahh, mungkin ada aja sih...entah di belahan Bumi bagian mana, atau di planet mana adanya. Mungkin saja ada, dan mungkin saja tidak ada. Yang pasti, umur kita di dunia nggak dijamin untuk menunggu seseorang yang sempurna. Itulah kenapa kesempurnaan juga jadi hal yang relatif bagi tiap orang, sementara kebahagiaan juga yang merasakan adalah hati, bukan apa yang terlihat. 

WELL, TIDAK ADA YANG IDEAL, YA GAES.... 

Menurut saya sih, wajar aja kita punya syarat dan kriteria ini itu, gini gitu, karena kita semua menginginkan versi terbaik seseorang kan. Tapi yaaa mesti balik lagi ke teori relativisme tadi. Tidak ada yang mutlak di dunia ini kecuali apa yang sudah digariskan.  

Pada akhirnya, semua punya versi sempurnanya sendiri-sendiri. Idealis boleh, tapi pastikan tetap menjejak bumi yaaa :*  

18 komentar

  1. Ternyata ada banyak pelajaran ya yang bisa dipetik dari drakor Start Up ini. Kalau saya baru nonton dua episode dan sudah langsung menjatuhkan pilihan : lebih suka dengan suami tipe lelaki model Pak Han yang realistis dan perhitungan. Makanya bisa sukses gitu ya.

    BalasHapus
  2. Aduh... susah juga nyari tipe suami ideal ternyata 😁

    BalasHapus
  3. kalau mba pilih yang mana ni ? Saya belon nonton sih serialnya, tapi rata-rata lihat komentar orang-orang sepertinya menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah tegas sih, Mas. Do San biar buat Dal Mi, Ji Pyeong buat saya, hahaha

      Hapus
  4. Aku belum pernah nonton sebijipun drama ini, tapi lebih banyak baca dari tulisan temen or berita, klo ak tangkep sih mbak. Sebagai cowok, tetap kembangkan potensi kamu, mau jadi seperti apapun kamu nantinya kamu ttp punya 'target market' wanita, siapa tau kan kebetulan salah satu target marketnya yang kayak mpok Dal Mi

    BalasHapus
  5. Pokoknya sekali Nam Do San daku tetap Nam Do San,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Wkwkwkw tetap menjejak bumi ini yang susah kak. Apalagi bapernya nggak ketulungan dan susah move on nih

    BalasHapus
  7. Kalo Mba lihat stiker2 yg saya kirim di WA group, udah pasti mafhum ya, bahwa daku adalah.... Tim Han Ji Pyeong till jannah wkwkwkw

    HJP ini apa yaaa... kayak NYATA gitu lho, karakternya. Haqqul yaqin, beneran ADA sosok seperti dia. Agak2 sarkas, ngegas, nylekit, tapiii hatinya lembuuuut bakal marshmallow wkwkw.

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah nonton drakor apa pun sampai tuntas. Jadi memang gak tau dunia perdrakoran.

    Tetapi, kalau baca karakternya di artikel ini jadi bikin saya galau juga, ya. Kalau kemapanan tentunya pengennya yang kaya. Tetapi, kalau terlalu dominan juga kayaknya bakal banyak ributnya ma saya hahaha

    BalasHapus
  9. Mbaaa boleh jujur ga... saya banyak nonton film korea juga beberapa drakor tapi kok ya ga pernah hapal dan ingat nama2nya.. kalau alur film or drakor cocok saya lanjut klobga ya wassalam. Hihi..

    Aniwei mementukan pilihan yang tepat itu memang ga semudah bikin kriterianya ya.. bagus sih alur drakor start up ini..

    BalasHapus
  10. Aku tim tg penasaran tp ga nontn2, huhu.. Dari ringkasan ceritanya, aku timnya Pak Han sih kalo diliat dr rangkuman ceritanya mh. Wkwk

    BalasHapus
  11. Hihih, jadi bingung mau komentar apa. Gak ngerti bgt tentang Drakor.

    Tapi dari ulasan Drakor diatas, dapat diambil kesimpulan jika untuk menjadi pemimpin rumah tangga, maka harus bisa membimbingan istri atau anak-anaknya, bertanggungjawab tegas, cermat, dan bertanggung jawab pada keluarga.

    BalasHapus
  12. meski belum nonton drakor yang lagi hip ini, dari sekilas wajah dan karakter tentu milih Ji Pyeong juga ini *bukan karena matre siih, tapi itu juga bonus doong, hihihih

    BalasHapus
  13. Susah juga milih yg mana. Bingung jadinya. Tapi untuk mamak2 pejuang spp tp butuh shopping kayak aku pilih Ji pyeong aja lah

    BalasHapus
  14. mba aku penasaran sama mereka. tapi belum ada waktu buat nontonnya. kerjaan awal tahun melimpah sekali bund. huhuhu
    tapi penasaran. gimana ini :((

    BalasHapus
  15. EH, mbaaa, tau gak, pas adegan dalmi bentur2in kepala di mobilnya (pas di parkiran) episode 14 kalo ga kliru.... trus HJP kan ketok2 kaca mobil sambil senyum2 auto bikin diabet

    Abis gitu, dia komen rambut Dal Mi mirip sarang burung kan (masih sambil senyam/u)

    Nah, sampai di situ, aku baru nyadar.... SUSAH UGHAA PUNYA SUAMI kayak HJP :D

    Kenapaaa? Karena dia (hampir) SELALU RAPI JALIIII. Jadi dia pasti menerapkan standar ke-rapi jali-an yg sama buat (bakal) bininya.

    Sekarang aku baru paham kalo Dal Mi ngga cucok buat HJP.

    Mungkin, yg cocok tuh siapa yaaa, aktris drakor yg selalu tampil rapiiiii penuh pesona? :D *mikir* Se Ri CLOY? Atau, Bae Ta Mi di Search WWW? :D

    BalasHapus
  16. Aku ngakak-ngakak ehhh mesam-mesem baca artikel ini. Ambyar wes. Aku pilih suamiku aja kali ya. wkwkwkkw

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^