Belajar Blog pada Suhunya di Hari Blogger Nasional

ndoro kakung

Untuk seseorang yang nge-blog selama 10 tahun lebih, saya termasuk yang terlambat upgrade perkembangan dan update gelombang hype-nya. Terlalu lama mojok di posisi "udahlah gini aja, nggak bisa ikutan heboh-heboh".

Namun ternyata dunia blogging ini luas banget, selain menulis, ada SEO, ada grafis, ada social branding yang ikut dipikirkan. Saya harus ngos-ngosan ngejar ketertinggalan, karena blog yang dulu nangkring berjaya, sekarang udah kegulung entah terdampar di search engine halaman berapa (atau mungkin malah nggak ada? --- alias nggak terindeks).

Ikutlah saya di kelas-kelas konten, kelas ngeblog, kelas 30 Hari Naik DA  pokoknya apa aja deh yang bisa bikin upgrade diri dan ilmu. Ngikut komunitas-komunitas biar kecipratan networking dan wawasan baru, beberapa bloger lama masih saya inget namanya (merekanya yang nggak inget saya, haha).   

Di Hari Bloger Nasional yang diperingati tanggal 27 Oktober kemarin, saya ikut menyimak bincang-bincang Komunitas Indonesian Social Blogpreneur yang menghadirkan salah satu bloger lawas idola saya, Pak Wicaksono alias @ndorokakung . Senaang sekali setelah ngefans sekian lama dari jaman masih di Multiply (2008-2009), akhirnya bisa ikut belajar blog pada suhunya langsung. 

Pak Wicak ini humble banget, sampai saat ini beliau masih ngeblog, dan microblog (Instagram). Di sela kesibukannya sebagai penulis dan konten kreator, beliau menyempatkan menyapa kami berseratus orang untuk berbagi secuil dari pengalamannya yang seabrek itu.

Tips konsisten menulis dan mengalirkan ide ala Ndoro Kakung :

- mengasah skill menulis

Tidak boleh puas dengan yang ada saja, tapi harus terus upgrade diri menimba ilmu, belajar blog nggak ada batasnya, sehingga kita terbuka pada bentuk dan jenis tulisan manapun. 

- mengasah kepekaan menangkap isu dan trend kekinian

Jadi bloger itu harus berpikir kreatif, kalau sedang ada isu menarik langsung gercep merisetnya sebagai topik tulisan. Penulis juga harus membuka diri terhadap berbagai macam trend, baik itu buku, film, drakor atau lainnya.

- melatih mendengar dari pembaca

Kita hendaknya tidak hanya berbicara (melalui tulisan), tapi juga harus mau mendengarkan masukan, permintaan, atau balasan dari pembaca. 

- belajar mengelola waktu

Karena kegiatan ngeblog kita pasti berbentrokan dengan kegiatan lain yang juga sama utamanya, maka harus punya pengelolaan waktu yang baik. Konsistenkan aja, sanggupnya nulis berapa kali sepekan dan cari materi secara rutin.

Nah, kalau udah dapet booster semangat dari suhunya gini biasanya langsung kepengen nulis kan, yap, tulisan inilah hasilnya meskipun sempat nginep di draft dulu gara-gara pengen namatin Record of Youth dulu, hihi. 

Ahh iya, ngomong-ngomong soal blogging juga. Saat ini saya juga memberanikan diri buat ngisi blog satunya yang khusus tentang hobi nulis tentang masakan, dan satunya tentang drama korea (bareng teman-teman sehobi). 

Tapi yaaa begitulaaahh...saat ini masih belajaran banget buat bisa update semua lini. Kalau blognya aktif, sosmednya sepi, begitu sebaliknya, hihi.
Next Post Previous Post
13 Comments
  • K. Niken
    K. Niken 31 Oktober 2020 pukul 18.11

    Uwoowww 10 tahun lama juga yaaa. Itu setiap bulan selama 10 tahun pasti menulis di blog mba? AKu lama juga punya blog. tp kadang 6 bln sekali baru diisi. Bahkan 1 tahun sekali wkwkwkwkwk

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 November 2020 pukul 16.47

      Dulu setiap bulan ada, tapi sempet vakum juga, ada tuh setahun cuman 4 postingan, hihihi.

  • Okti Li
    Okti Li 7 November 2020 pukul 05.11

    Masuk group mana aja nih waktu di MP? Masuk group IUA gak? Waktu itu Islam under attack termasuk group ramai lho. Sekarang para adminnya juga masih pada ngeblog kok. Meski udah masuk usia sepuh

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha 7 November 2020 pukul 06.44

    Waah kmren aku ga ikutan acara isb ma suhu krna lgi mudik nih mba

  • Dwi Puspita
    Dwi Puspita 8 November 2020 pukul 04.54

    Bener banget, ngeblog banyak sekali macamnya. Ada yang SEO dan ada yang pokoknya asal nulis. Menurut saya SEO bagus sekali agar artikel kita selalu berada di pejwan saat orang mencari sesuatu

  • Rienzbie
    Rienzbie 8 November 2020 pukul 06.01

    Iya memang sbnernya kita harus banyak belajar ya kak, karena kalau kitanya ga berkembang blognya akan tetep gitu2 aja

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 8 November 2020 pukul 08.09

    blogging ternyata banyak sekali unsur yang mesti dipelajari lebih dalam, biar blognya bisa dioptimasi dengan baik

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 8 November 2020 pukul 14.56

    Sama banget mba. Malah kadang sepi 22 nya hahaha. Gak sosmed gak blog kalau lagi gak kondusif semua sepi. Pengen ih bisa ikutan kelas blog juga.

  • Dwi Puspita
    Dwi Puspita 8 November 2020 pukul 20.35

    Wah, lumayan banyak juga ya mbak blognya, punya blog khusus drakor dan masak juga,keren euy

  • Niwanda
    Niwanda 8 November 2020 pukul 23.35

    Kalau jam terbang udah tinggi mah memang beda, ya. Kadang justru soal teknis nggak terlalu dikejar, tapi lebih mengandalkan tulisan yang memang berkualitas baik dan tetap dengan etika yang bagus pula.

  • Annafi
    Annafi 9 November 2020 pukul 16.48

    Semenjak da dan algoritma google yang anjlok bikin aku down nge blog mba, sebenarnya karena laptop rusak juga sih, dibenerin cuma sehat seminggu K.O.. semoga kelar pandemi aku bisa beli laptop baru dan semangat lagi!

  • Larasatinesa
    Larasatinesa 9 November 2020 pukul 20.49

    Wow tipsnya mantul. Emang nggak kaleng-kaleng dari senior. Btw mbaknya rajin deh sampai punya blog khusus hobi. Aku sih mana sempat, bisa nulis blog sebulan sekali aja udah prestasi banget wkwk.

  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako 10 November 2020 pukul 12.02

    wow punya 3 blog mba? ngosa-ngosan gak sih nulis kontennya and maintainnya hihi, ini aja aku pindahan ke domain baru harus ulang ngejar DA PA lagi huhu

Add Comment
comment url