5 Ide Kegiatan Selama Puasa

Tidak ada komentar

Ada banyak ide kegiatan selama puasa dari berbagai sumber. Hanya saja, kadang kita terlalu malas beraktivitas dengan alasan puasa. Kali ini mau nggak mau harus punya aktivitas selama puasa di rumah aja. 

Mengutip dari situs HaloDoc, ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan selama puasa di rumah bersama keluarga, yang saya rangkum antara lain ; 

1. Memasak
Bisa mencoba resep takjil sederhana yang menarik dan menggugah selera. Atau kamu juga bisa membuat kue kering untuk latihan menjelang lebaran. Kalau ternyata rasanya lezat, tidak ada salahnya untuk dijadikan ide bisnis dadakan jelang hari raya. 
2. Berkebun
Kegiatan satu ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan fisik maupun psikis. Karena, saat kita berkebun, anggota tubuh otomatis bergerak dua kali lebih aktif. Aktivitas berkebun seperti mengolah tanah, memindahkan tanaman, membersihkan tanaman, dan menyiram bisa meningkatkan kekuatan otot. Kegiatan ini ternyata juga dapat meningkatkan hormon melatonin dan serotonin, sehingga bisa menurunkan tingkat stres selama puasa.
3. Bermain Board Game
Bermain board game dengan anggota keluarga lain bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan selama puasa di akhir pekan. Bermain game seperti ini juga membawa semangat kompetitif satu sama lain. Anggota keluarga dapat memilih dari berbagai pilihan game yang bisa mengasah strategi hingga menguji pengetahuan umum. 
4. Olahraga
Takut olahraga membuat lelah dan haus? Hal ini tidak akan terjadi jika tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah selepas sahur atau sejenak sembari menunggu waktu berbuka.
Lakukan olahraga ringan saja, seperti bersepeda atau berjalan kaki. Meski terasa sederhana, olahraga selama Ramadan juga penting karena baik untuk kesehatan tubuh. 
5. Mengaji 
Yang kelima ini tambahan dari saya sendiri, yaitu mengaji atau murojaah membaca Al Quran. Karena tentu saja amalan ramadhan pahalanya berkali lipat. Manfaatkan waktu di rumah saja untuk menambah hafalan surat dan mengkaji tafsir Quran sebanyak-banyaknya. 
Bisa juga dibuat game atau tantangan untuk anak-anak, yang paling banyak hafalannya akan dapat tambahan hadiah Hari Raya atau bebas memilih menu berbuka sesuai keinginannya. Seru juga tuh! 


Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^