Cara Membuat Masker Kain Sendiri Di Rumah

Tidak ada komentar
Masker kain ini emang lagi naik daun yaaa ... sejak masker medis harganya gila-gilaan, satu box di atas 300 ribu. Kalo bisa jahit, mending buat masker kain sendiri aja di rumah.  

Berhubung yang lebih membutuhkan masker medis adalah para tenaga kesehatan, kita yang nggak kemana-mana ngalah aja yuk nggak usah ikut-ikutan borong apalagi jual, ampuun deh nanti harganya tambah mahal. 

Penggunaan masker kain, menurut WHO dan CDC, memang tidak seefektif masker bedah, juga bukan untuk melindungi diri kita tetapi melindungi orang-orang di sekitar kita. Bisa aja kan kita punya penyakit tapi tidak bergejala, lebih baik prefentiv aja deh yaa.

Buat teman-teman yang punya keahlian jahit, lebih bagus lagi jika bikin masker kain sendiri. Bisa pake kain motif favorit, atau gambar kesukaan anak-anak. Anywy, selain bikin buat keluarga, bisa juga dijual atau dibagikan pada masyarakat secara gratis. 

Ah, nggak lama-lama, dari saya yang nggak bisa jahit ini, saya tetep suka kepo-kepoin akun DIY dan ternganga-ngaga dengan hasil karya mereka. So, here it is buat yang butuh tutorial atau pola masker kain. 

Oh ya, bisa baca-baca dulu artikel dari Healthline ini sebelumnya ya. 


Secara umum, bahan-bahan yang dibutuhkan hanya ini aja : 
- kain 
- gunting 
- karet elastis 
- pengukur 

Ini untuk pattern yang model pleated yaahh, dari Button Counter.. 

Ini untuk yang model olson, katanya ini yang diapprove rumah sakit tapi masker bedah sendiri bukannya model pleated ya? haha, anyway... Bisa dicek di Sew Can She ini yaa. 




Selamat ber-DIY 

Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^