Mengenal Fungsi dan Manfaat Kartu Pra Kerja Bagi Generasi Muda

15 komentar
What's Up 2020! 

Ada kabar apa nih di pembuka tahun? Saya habis baca-baca soal kartu pra kerja yang dicanangkan Presiden Jokowi, penasaran apakah pengangguran seperti saya bisa dapat juga nih kartu? 

Rencana realisasi kartu pra kerja tampaknya akan mulai diwujudkan tahun 2020. Hal ini ditunjukkan oleh masuknya biaya kartu pra kerja dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020. Kendati demikian, sebenarnya masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi dan manfaat kartu pra kerja. Padahal, fungsi dan manfaat kartu pra kerja sangat penting untuk mengurangi pengangguran sekaligus mendukung pertumbuhan sektor industri. 

Wah, apa aja tuh? 



Kalau ingin tahu lebih detail tentang fungsi dan manfaat kartu pra kerja yang akan segera diluncurkan, yuk simak dulu ulasan berikut ini deh... 


Memberikan Uang Insentif kepada Pihak yang Berhak 

Pemerintah menganggap bahwa masyarakat usia produktif yang belum mendapatkan pekerjaan terbilang layak menerima uang insentif. Karena uang insentif tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan diri sendiri selama mencari kerja. Uang insentif dapat dianggap sebagai ongkos transportasi yang akan digunakan para pencari kerja ketika mendapatkan panggilan tes serta wawancara kerja. Pemberian uang insentif diharapkan memacu semangat pengangguran untuk gigih mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. 

Meningkatkan Kemampuan Calon Tenaga Kerja di Tanah Air 

Bukan sekadar mendapatkan uang insentif secara cuma-cuma, para pencari kerja yang menjadi menjadi pemegang kartu pra kerja wajib melalui serangkaian proses. Para pencari kerja tersebut diwajibkan mengikuti kegiatan pelatihan vokasi yang bertujuan menambah keterampilan kerja. Kegiatan pelatihan tersebut bisa dipilih berdasarkan minat atau keterampilan yang sudah dimiliki sebelumnya. Proses pelatihan vokasi diharapkan efektif menambah keterampilan calon tenaga kerja sehingga lebih siap memasuki dunia kerja. 

Pemberian Sertifikat Kompetensi Sebagai Bukti Keterampilan 

Jika para pemegang kartu pra kerja sudah menyelesaikan pelatihan vokasi hingga tahap akhir, maka mereka berhak mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bukti keterampilan. Kepemilikan sertifikat tersebut membuktikan bahwa pemegang kartu pra kerja punya kemampuan lebih unggul dibandingkan calon tenaga kerja lainnya. Peluang mendapatkan pekerjaan pun akan semakin besar jika ditunjang dengan kemampuan kerja yang memadai. 

Mempermudah Penyaluran Calon Tenaga Kerja ke Perusahaan 

Selama proses pelatihan pemegang kartu pra kerja berlangsung, Kementerian Ketenagakerjaan juga akan menjalin kerja sama dengan beberapa BUMN. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mempermudah proses penyaluran tenaga kerja dengan kompetensi memadai. Sehingga nantinya tenaga kerja tersebut bisa bekerja di beberapa BUMN sesuai dengan keterampilan yang sudah dimiliki. Dengan demikian, jumlah pengangguran akan berkurang karena proses penyerapan tenaga kerja lebih efektif. 

Mendukung Pertumbuhan Sektor Industri Tanah Air 

Fungsi dan manfaat kartu pra kerja bukan hanya dapat dirasakan oleh para pekerjanya. Justru sektor industri di tanah air juga bisa merasakan manfaat karena bisa menyerap tenaga kerja yang punya keterampilan khusus. Keberadaan tenaga kerja dengan keterampilan memadai akan mendukung proses bisnis menjadi lebih efisien. Perusahaan pun tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk proses training. Bahkan, risiko merekrut karyawan yang kurang kompeten di bidang pekerjaannya pun dapat diminimalkan. 

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Para Pencari Kerja 

Tak dapat dipungkiri bahwa menganggur terlalu lama sering membuat orang jadi rendah diri dan stres. Itulah sebabnya kehadiran kartu pra kerja diharapkan mampu menumbuhkan rasa percaya diri para pencari kerja. Karena nantinya para pencari kerja bisa aktif menjalani kegiatan pelatihan yang bermanfaat. Uang insentif yang bisa diperoleh juga dapat dialokasikan untuk berbagai kebutuhan pribadi selama proses mencari kerja masih berlangsung. 

Membantu Pemerintah Mengumpulkan Data Calon Tenaga Kerja 

Pemerintah juga akan mendapatkan fungsi dan manfaat kartu pra kerja secara maksimal. Para pemegang kartu pra kerja akan didata sebagai calon tenaga kerja usia produktif. Proses pendataan tersebut merupakan pemetaan yang dilakukan untuk mendukung upaya-upaya Kementerian Ketenagakerjaan selanjutnya. Melalui demografi yang diperoleh, pemerintah bisa menentukan upaya lanjutan yang harus dilakukan usai merealisasikan kartu pra kerja. 

Ternyataaaa, fungsi dan manfaat kartu pra kerja sangat penting bagi berbagai pihak, ya. 

Saya sih berharap semoga kartu pra kerja ini benar-benar bisa segera diluncurkan dan proses penggunaannya berlangsung efektif sesuai ekpektasi pemerintah. 

Buat yang belum mendapatkan pekerjaan, jangan berkecil hati dulu. Siapa tahu nanti jadi pemegang kartu pra kerja yang bisa mendapatkan beragam kemudahan. Check this out ya >> https://www.cekaja.com/info/kartu-pra-kerja-siap-di-rilis-anggarannya-sampai-rp10-triliun/

15 komentar

  1. wah, tahun 2020 ini banyak banget hal yang makin up ya, tapi jadi makin banyak kartu sih kalo gini (menurut aku) tapi tentu ada benefit yang sudah dipikirkan terutama memudahkan untuk mendata para pencari kerja sehingga mengurangi angka pengangguran ini

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran, kartu pra kerja ini bisa dimanfaatkan oleh fresh graduate aja atau yang pernah kerja tapi kena PHK misalnya juga bisa dapat?

    BalasHapus
  3. Wah bagus nih kak, jadi pelajaran banget buat generasi muda kaya aku yang lagi mengandalkan pekerjaan.

    Semoga lulus kuliah nanti bisa langsung dapat pekerjaan yang nyaman hehe aamiin

    BalasHapus
  4. jujur sih ini gimana2nya masih belom paham, terimaksih kak udah nulis ini informatif sekali aku jg jadi mulai paham sekarang hehe

    BalasHapus
  5. Wah aku baru denger soal kartu pra kerja ini. Keunggulannya banyak banget ya. Jadi penasaran juga gmn klo ini sudah dirilis ya

    BalasHapus
  6. makin canggih aja yah, semoga memang berjalan sesuai dengan manfaatnya ya

    BalasHapus
  7. Ini sudah berlaku mulai kapan ya? apakah masih sekitaran jabodetabek atau sudah seluruh indonesia ya

    BalasHapus
  8. Waah baru tau nih mba. Bagus program kartu pra kerja. Semoga sehabis diluncurkan bisa digunakan sebaik-baiknya oleh para calon pekerja dan pemerintah mendukung dengan total ya.

    BalasHapus
  9. Oh ternyata ini ya fungsi kartu prakerja, aku baru tahu selengkap ini ternyata. Penting sekali bagi pemerintah untuk memiliki data penduduk usia produktif yang sedang mencari kerja agar bisa dipetakan. Selain itu, untuk segera mengentaskan jumlah pengangguran di Indonesia yang cukup banyak.

    BalasHapus
  10. Oh I see, jadi ngga bener bener cuma-cuma sih yaa hehe. Meskipun menurutku di luar Yang intensif, yang paling penting adalah ilmu dan keterampilan kerja yang didapatkan setelah pelatihan

    BalasHapus
  11. Sudah ada ya kartu pra kerja ini? Aku kudeeeet. Semoga ya, generasi muda kita cuma sebentar punya kartu pra kerjanya. Dan segera pada punya pekerjaan :D

    BalasHapus
  12. Kok kalau aku masih meragukan hasil nyata dari kartu pra kerja ya mbak? Masih belum paham aja itu akan didapat seberapa lama, bagaimana regulasi pendapatannya, dan bagaimana mengantisipasi kecurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya terhadap para pendari kerja. *cmiiw

    BalasHapus
  13. Aku sempet baca beberapa artikel tentang kartu pra-kerja ini dan aku nemu banyak positifnya, apalagi buat orang-orang yg masih nganggur dan kesusahan mencari kerja.

    BalasHapus
  14. Menarik sih ini ya kartu pra kerja. Tapi akan banya fraud nggak kira-kira mba? Karena kondisi belakangan kan banyak usia produktif kena phk. Lalu misalnya mereka membuat kartu pra kerja ehhh ternyata setahun kemudian kerja lagi, lalu ada saat phk lagi. Itu gimana ya mba? Alur dan syaratnya kudu jelas banget ya ini program

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^