Day 25 : 5 Tradisi Lebaran Unik yang Indonesia Banget

by - Mei 29, 2019

Di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri identik dengan hari berkumpulnya seluruh keluarga besar untuk silaturahim, saling bermaafan dan memberi hadiah. Nggak cuman berkumpul, sajian menggiurkan khas lebaran juga terhampar di meja. Jangan lupa menjelang Idul Fitri, ada budaya mudik yang nggak ketinggalan. 

Sebenarnya, apa saja tradisi lebaran yang spesial ala Indonesia banget ini? 


1. Mudik 
Nggak mudik, nggak afdol. Gitu mungkin yang ada dalam pikiran masyarakat Indonesia tentang tradisi mudik saat hari raya. Selain jadi ajang bertemu dengan orangtua dan kerabat saudara, mudik juga jadi semacam ajang pembuktian sudah sejauh apa kesuksesan di rantau. 

Saking kentalnya tradisi mudik, seringkali jadi isu utama pada setiap Idul Fitri. Orang-orang bela-belain banget keluar dana yang luar biasa besar buat mudik. Maklum lah, nggak cuman ongkos, tapi juga biaya hidup dan biaya sosial di kampung halaman. 

2. Ketupat 
Ketupat yang terbuat dari beras di dalam daun kelapa ini menu wajib sajian lebaran. Nggak cuman di Indonesia, di masyarakat muslim Asia, ketupat adalah primadona di Hari Raya. Belakangan ada juga alternatif lontong, buras atau lemang. Tapi ketupat tetap tak lekang dimakan zaman. 

Jangan lupakan teman-temannya ketupat, yaitu opor ayam, rendang atau gulai. Tambah lagi sajian pelengkap seperti sambel goreng ati, semur dan kerupuk. 

Anehnya, di masa non-lebaran, keberadaan ketupat ini hampir nggak ada, dan kalo makan ketupat bukan di lebaran rasanya nggak spesial, hihihi. 

3. Bedug 
H-1 Idul Fitri disebut malam takbiran. Takbiran yang merupakan seruan "Allohu Akbar" ini dikumandangkan di masjid mulai bakda ashar sampai keesokan harinya menjelang sholat Ied. Di negara lain, terutama Arab Saudi, takbiran baru diserukan pada saat menjelang sholat Ied saja, tidak dari malamnya. 

Di Indonesia, tradisi bedug ini malah melebar ke festival takbir keliling atau pawai obor. Ramai sekali suasana malam takbiran di masjid-masjid.   

4. Kue lebaran 
Kalo mau gendut, gendut sekalian! hahaha. 
Nggak cuman makanan berlemak nan kolesterol yang jadi andalan sajian lebaran, tapi juga kue kering yang bertabur tepung dan gula. Tapi siapa yang bisa menahan gurihnya kaastengel, manisnya nastar dan ademnya putri salju di lidah?? 

5. Ziarah 
Meski tidak diwajibkan saat lebaran, dan tidak ada dalil perintahnya, ziarah seringkali jadi ritual wajib semacam menyambangi keluarga yang sudah meninggalkan untuk bersukacita bersama dalam suasana Idul Fitri. Biasanya makam ramai pengunjung, begitupun wisata religi di makam para pemuka agama. 

Ada yang kurang? Kayanya masih banyak deh...baju lebaran, salam-salaman, meminta maaf...tapi kayanya segitu sudah mewakili yaaa. Yang pasti suasana lebaran yang gini  ini bikin kangeeenn sama lebaran.    

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen