Day 9 : Catat, 5 Bahan Alami ini Berkhasiat Putihkan Gigi

by - Mei 14, 2019


Banyak faktor yang menyebabkan gigi berubah warna menjadi kusam, menguning atau menghitam, antara lain kebiasaan merokok, kafein dan konsumsi makanan dan minuman tertentu. 

Hal ini tentunya agak ganggu, bikin kurang pede saat mesti berhadapan dengan orang lain atau berfoto. Kentara banget warnanya, padahal sering sikat gigi lho, tapi kok warnanya masih menguning juga? 

Zaman sekarang, apa sih yang nggak bisa yaa...yang gelap bisa jadi terang, yang pesek bisa jadi mancung, termasuk gigi juga kembali crong putih bersinar dengan cara cepat. Pada umumnya, ada dua cara memutihkan gigi : menggunakan pasta gigi dengan pemutih, atau pergi ke dokter gigi. 

Yang pertama, sudah tahu ya. Ada banyak merek pasta gigi yang mengandung whitening di pasaran, tinggal pilih. Hanya saja cara ini tidak langsung instan, melainkan perlahan-lahan dalam jangka waktu bulanan. Selain lama, pasta gigi whitening juga bersifat abrasif sehingga lama kelamaan gigi menjadi kasar. Baiknya sih, setelah 3 bulan ganti dulu pasta giginya dengan yang biasa. 

Yang kedua, langsung cuss ke dokter gigi tentu saja bisa mendapatkan hasil yang signifikan dengan cepat. Biaya mempercepat segalanya. I mean, sesuatu yang instan pastilah memerlukan pengorbanan, salah satunya biayanya yang cukup tinggi. Namun nggak masalah, sekarang ini bukan cuman seleb aja yang melakukan bleaching gigi dan kulit, tetapi orang biasa kaya kita juga bisa, asalkan nabungnya kenceng. Yang pernah saya baca, harga ini tergantung pada metode dan hasil yang diinginkan, yaitu start dari 3 juta sampai 7 jutaan. No pain no gain yaaa, hasilnya akan terlihat dalam jangka waktu 1-2 minggu, gigi bisa putih hingga 8 tingkat. 

Selain cara medis seperti di atas, ada juga bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Nggak susah-susah, semuanya mudah ditemukan, seperti :

1. Baking soda 
Bubuk baking soda bisa menimbulkan kondisi mulut yang lebih basa, sehingga bisa meminimalisir pertumbuhan bakteri yang dapat mengubah warna gigi. Ambil sedikit dan ratakan di atas sikat gigi yang kita pakai menggosok.

2. Air lemon 
Campur air perasan lemon dan garam, oleskan pada gigi sebanyak 1-2 kali seminggu. Kandungan PH pada lemon mampu menyapu bakteri penyebab gigi kuning. Bisa juga digunakan dengan mencampurnya dengan baking soda kemudian digosokkan ke bagian gigi. 

3. Wortel  
Kunyahlah wortel segar, hal ini dapat membuat gigi putih cemerlang dan membersihkan plak gigi. 

4. Strawberry 
Siapa sangka buah merah yang mengandung asam malat ini juga bisa membuat gigi bersinar. Gosok-gosokkan bagian luar buah strawberry pada gigi, hal ini dapat mengangkat noda dan kotoran pada gigi 

5. Cuka apel   
Baik cuka apel, maupun buah apel, keduanya punya manfaat yang sama untuk memutihkan gigi. Konsumsilah apel secara rutin, kemudian gosok-gosokkan dagingnya pada gigi, niscaya noda kuning akan terangkat dan gigi jadi bersih. Begitupun dengan 1 sendok makan cuka apel yang digosokkan pada gigi.

Hyaaakkk....cara alamiah memang tak semudah cara instan, namun yang alami seringkali tidak menimbulkan konsekuensi panjang, seperti gigi makin sensitif sebagaimana sering dibleaching. Pasti nggak mau banget kan, giginya putih tapi nggak asik makan apapun? Es batu masih enak lho dikunyah, krauk krauk, hahaha.   

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen