Day 8 : Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering

by - Mei 13, 2019

Nulis ini untuk arsip diri sendiri, yang sudah memasuki usia 30++ hihi. 


Berbeda usia, berbeda juga treatment yang dilakukan untuk kulit wajah. Jika pada umur 20an permasalahannya hanya seputar jerawat hormonal, memasuki umur 30an masalahnya lebih kompleks lagi. Mulai adanya flek, garis kerut, kulitpun semakin kering dan kusam. 

Biasanya, kulit wajah yang kusam sering terjadi pada pemilik kulit kering. Ini  juga yang pertama kali dibilangin dokter Helga di Airin tempo hari pada saya. "Kulit ibu nggak ada masalah, hanya kusam saja." Walau "saja" tapi JLEB banget, nggak keurus :)) 

Penyebab kulit kering disebabkan karena alamiahnya memiliki jenis kulit yang kering atau disebabkan karena kekurangan cairan tubuh atau perubahan cuaca. Ditambah lagi seringnya terpapar sinar matahari secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang panjang, polusi dan debu, tidak optimalnya pengangkatan sel kulit mati dan tentu saja pertambahan usia. 
Ya udah nggak usah nangis, begitu itu alamiah kok :) wajar ya, Kak, kita kan sudah mulai matang dan mempesona. Fenomena kulit kering yang nggak kenyal lagi kaya Yupi itu jamak banget dialami sesama wanita 30an, kamu nggak sendirian. Ada baiknya kita cari tahu bagaimana penangannya agar kulit selalu terhidrasi dengan baik dan skincare yang cocok sesuai problematika kulit kering dan kusam. 
1. Hydrating Toner
Belum pernah pake hydrating toner? Sekarang saatnya! Toner ini kesannya sepele gitu, nggak juga gapapa kali, tapi faktanya dia mengandung humectants yang dapat mengunci kadar air dalam kulit.  

Nyari toner gini nggak susah, malah gampang banget, karena salah satu produk perawatan kulit klasik yang udah ada dari zaman baheula. Ada Viva dan Sariayu yang legendaris sampe sekarang, lengkap sama cleansernya. Pergi ke minimarketpun dapet. Untuk rekomendasi merek lokal lainnya, cek ke Sociolla.  

Cari produk-produk yang mengandung glycerin dan hyaluronic acid supaya kulit lebih moist.

2. Vitamin C
Vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan sebagai antioksidan yang luar biasa. Vitamin ini bisa didapat dari produk perawatan kulit yang mengandung Vit.C, suplemen dan yang terutama dari asupan makanan sehari-hari.   

Usia 30, akan berhadapan dengan flek hitam akibat radikal bebas. Nah, vit C inilah yang akan melindunginya. 

3. AHA dan BHA
Sodara kembar ini adalah exfoliating acidAHA dapat meluruhkan sel kulit mati sementara BHA dapat mengatasi pori-pori tersumbat. Di usia 30 tahun, kecepatan regenerasi kulit mulai melambat, sehingga kulit sering terlihat kusam. Nah, produk-produk yang mengandung AHA-DHA inilah yang akan menetralkannya.  

4. Serum
Menginjak usia 30an, kulit mulai kehilangan kelembaban dan elastisitas alaminya. Ini saatnya untuk mulai menggunakan serum wajah yang mengandung antioksidan dan bahan-bahan yang melawan tanda penuaan.

5. Eye Cream
Jangan kaget kalo menemukan garis kerut di sekitar area mata. Itu karena kulit di bagian situ lebih tipis daripada yang lain, sehingga lebih mudah kering dan deal with dark circle duluan. 

Untuk perawatan anti-aging, sama dengan kandungan pelembab di malam hari, pilihlah eye cream yang mengandung niacinimide atau vitamin B3. Di dalam eye cream, formula tersebut berfungsi sebagai pencegah garis-garis halus dan meminimalisir lingkar hitam di area kulit mata.

6. Sunscreen
Lebih baik telat daripada tidak. Meski biasanya nggak pernah pake, mulailah dari sekarang pake sunblock/sunscreen karena sun damage bersifat kumulatif. Pakai sunscreen minimal SPF 30 agar terlindung dari UVA dan UVB yang bisa membuat flek hitam di wajah. 

7. Pelembab
Pelembab dengan tekstur krim atau balm cocok digunakan bagi pemilik wajah kering dan kusam. Hindari produk dengan bahan dasar alkohol karena justru bisa menyerap air sehingga menjadikan kulit makin kering.

Yang paling penting, bersihkan wajah pagi dan malam hari and skincare is a must!

Jangan lupakan masker dan scrub sebagai rutinitas. Boleh kok dipake 2-3x seminggu, kalo exfoliating cukup 2 minggu sekali aja. Favorit saya sheet masknya Nature Republik atau Innisfree, praktis banget, dipake kalo habis berkutat di dapur dengan oven.    



Kalo untuk merek-merek produknya terus terang saya juga nggak hapal, buanyaakkk bangett..karena nggak semua pake jadi kurang tau review produk-produk yang nggak dipake. Bisa cek-cek aja yaa di Productnation, sekalian banding-banding harga. 

Yuk, jangan malas yuukk..malu sama Song Hye Kyo *giggle*

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen