Coba Treatment Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah


Source: Pixabay

Meski sudah sembuh, terkadang jerawat juga meninggalkan bekas luka yang bisa mengganggu penampilan. Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat adalah dengan treatment. Kini treatment bekas jerawat semakin mudah dengan apply kartu kredit gampang.

Bekas jerawat sebenarnya bisa dihilangkan dengan produk kecantikan. Namun, bekas jerawat seperti tekstur atau bopeng memerlukan perawatan tertentu agar bisa tersamarkan. Perawatan tersebut bisa dilakukan di dokter kulit atau dokter kecantikan.

Treatment untuk Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah dengan Apply Kartu Kredit

Berikut ada beberapa jenis prosedur medis yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah:

Dermabrasi

Dermabrasi adalah perawatan kulit dimana dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengikis atau menghilangkan lapisan permukaan kulit luar yang rusak atau memiliki bekas jerawat.

Metode ini tidak hanya menghilangkan lapisan kulit yang rusak, namun juga mendorong pertumbuhan lapisan kulit yang baru sehingga kulit kamu menjadi lebih halus dan mulus.

Selain bisa menyamarkan bekas jerawat, prosedur ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka maupun kerutan di wajah.

Sebelum dermabrasi dilakukan, nantinya dokter akan memberikan bius lokal pada kulit kamu terlebih dahulu untuk mengurangi rasa sakit yang bisa timbul selama prosedur dilakukan.

Hasil dari dermabrasi biasanya sudah bisa terlihat setelah 1 sampai 3 minggu. Jika kondisi bekas jerawat kamu tergolong parah, biasanya diperlukan lebih dari 1 kali prosedur.

Laser

Berikutnya, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan menggunakan sinar laser. Dalam prosedur ini, ada 2 jenis laser yang bisa dipilih yaitu laser ablatif dan non-ablatif.

Pada jenis laser ablatif, prosedur dilakukan untuk menghilangkan lapisan kulit terluar yang memiliki bekas jerawat. Sedangkan pada jenis non-ablatif, sinar laser digunakan untuk merangsang kolagen yang bisa membantu menyamarkan bekas jerawat.

Hasilnya, bekas jerawat akan tersamarkan dan warna kulit akan lebih merata. Sebelum melakukan prosedur ini, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebab tidak semua jenis dan kondisi kulit akan cocok dengan perawatan laser.

Chemical Peeling

Ketiga, ada chemical peeling yang merupakan prosedur pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimia seperti asam salisilat atau glikolat. Sel-sel kulit mati akan terganti dengan sel kulit baru yang lebih bersih dan sehat.

Jenis bahan kimia yang dipilih nantinya akan disesuaikan dengan tingkat keparahan bekas jerawat kamu. Prosedur ini hanya boleh dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu untuk menghindari iritasi.

Setelah melakukan perawatan ini, kamu perlu memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Microneedling

Microneedling adalah prosedur menghilangkan bekas jerawat yang dilakukan dengan menggunakan jarum berukuran kecil dan dermaroller.

Nantinya, dokter akan menusukkan jarum kecil di sekitar area bekas jerawat guna merangsang produksi kolagen. Kolagen tersebut nantinya akan mengisi tekstur bekas jerawat sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus. Treatment ini sangat aman untuk segala warna kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya prosedur ini juga perlu diikuti dengan prosedur kecantikan lain seperti chemical peeling.

Fillers

Injeksi filler adalah perawatan kulit yang dilakukan dengan menyuntikkan senyawa tertentu yang dapat mengisi lekukan kulit atau bopeng. Hasilnya, tekstur kulit menjadi lebih rata dan halus.

Beberapa senyawa yang biasa digunakan pada suntik filler antara lain yaitu kolagen dan asam hialuronat. Hasil dari injeksi filler bisa bertahan permanen atau perlu diulangi lagi setiap beberapa bulan sekali, tergantung dari jenis senyawa yang digunakan.

Injeksi asam hialuronat biasanya perlu diulangi setiap 3 bulan sekali. Kamu bisa melakukan injeksi di klinik terdekat dengan apply kartu kredit.

Mikrodermabrasi

Berikutnya, ada treatment mikrodermabrasi yaitu prosedur menghilangkan bekas jerawat yang dilakukan dengan cara mengaplikasikan kristal atau bahan abrasif lain pada kulit.

Meski memiliki nama yang mirip, namun mikrodermabrasi berbeda dengan prosedur dermabrasi. Mikrodermabrasi digunakan untuk mengatasi bekas jerawat yang ringan, sedangkan dermabrasi digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang lebih berat.

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk mengangkat sel kulit secara optimal serta merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Sel-sel kulit mati tersebut nantinya akan dibersihkan dengan alat vakum.

Platelet Rich Plasma

Platelet Rich Plasma atau PRP adalah prosedur kecantikan baru yang dilakukan dengan memberikan injeksi plasma darah untuk memperbaiki jaringan parut dan merangsang produksi kolagen serta sel-sel kulit baru yang sehat.

Plasma darah yang digunakan berasal dari darah tubuh kamu sendiri. Darah tersebut diambil, kemudian diletakkan pada mesin untuk diambil plasmanya.

Prosedur ini dianggap efektif untuk menghilangkan bekas luka atau jerawat serta memiliki efek samping yang paling minim di antara treatment kulit yang lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, prosedur ini perlu diulang beberapa kali.

IPL

Terakhir, ada IPL atau Intense Pulsed Light. Ini adalah prosedur perawatan kulit yang dilakukan dengan menggunakan sinar laser. Prosedur ini mirip dengan teknik perawatan laser, hanya saja gelombang cahaya yang digunakan berbeda.

Perawatan laser hanya menggunakan 1 gelombang cahaya sedangkan pada IPL menggunakan banyak gelombang cahaya.

Energi cahaya yang dihasilkan IPL akan diserap oleh sel pigmen kulit dan diubah menjadi panas. Kemudian, panas tersebut menghancurkan pigmen kulit yang tidak dibutuhkan. Hasilnya, bekas jerawat atau luka akan memudar.

Itulah beberapa treatment menghilangkan bekas jerawat di wajah yang bisa kamu coba. Perawatan di atas bisa kamu lakukan di klinik kecantikan terdekat. Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter atau ahli kecantikan terlebih dahulu sebelum memutuskan!

Kini, perawatan wajah jadi lebih mudah dengan Kartu Kredit Digital digibank. Ini adalah kartu kredit digital pertama di Indonesia. Kemudahan dan keuntungan kartu kredit yang ditawarkan banyak sekali.

Kamu bisa mengajukan dengan mudah dengan approval 60 detik. Selain itu, transaksi bisa diubah menjadi cicilan 60 bulan. Kamu tidak perlu khawatir soal limit belanja karena dapat diatur melalui Aplikasi digibank by DBS.Tunggu apalagi? Segera apply Kartu Kredit Digital digibank sekarang juga untuk dapatkan cashback sampai Rp250 ribu! Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan di sini!
Next Post Previous Post
1 Comments
  • duniamasak
    duniamasak 26 Maret 2024 pukul 09.01

    pengen banget hilangin bekas jerawat biar mulus~

Add Comment
comment url