Metode Yang Umum Digunakan Dalam Financial Analysis Bisnis

financial analysis business

Analisa keuangan perlu dilakukan oleh bisnis sehingga dapat mengetahui perkembangan atau kondisi keuangan yang dipunyai oleh bisnis. Financial analysis tersebut dilakukan dari laporan keuangan yang dipunyai oleh perusahaan. 

Sehingga dengan melakukan analisa keuangan dapat untuk menilai mengenai pencapaian laba, stabilitas keuangan, memberikan informasi mengenai kondisi keuangan bisnis, dan juga lainnya untuk membantu perkembangan perusahaan di masa depan. 

Adapun untuk metode yang bisa digunakan untuk melakukan analisis keuangan di dalam bisnis tersebut, meliputi:

Metode analisis tren

Metode pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis atau di perusahaan adalah dengan menggunakan metode dari analisis tren yang sedang berlangsung. Jenis metode ini juga disebut sebagai analisis horizontal dan vertikal yang memberikan manfaat untuk dapat menganalisis laporan keuangan perusahaan yang dimiliki dalam waktu tertentu. 

Caranya adalah dengan membandingkan rasio laporan keuangan dalam waktu tertentu tersebut dalam satu waktu, sehingga akan bisa melihat perbandingan dari hasil yang ditunjukkan dari laporannya. Menganalisis laporan keuangan tersebut menggunakan teknik rasio data yang bisa untuk menyimpulkan mengenai posisi bisnis yang dipunyai oleh perusahaan. 

Dari hasil yang ditunjukkan dari laporan keuangan selama periode tertentu akan bisa mengetahui mengenai presisi, keuntungan, dan juga waktu perusahaan mengalami kerugian. Sehingga bisa memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan dengan lebih jelas dan rinci.

Presentase perubahan

Metode selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan analisa keuangan bisnis adalah dengan menggunakan presentase perubahan. Metode ini dapat dilakukan dengan menghitung tingkat pertumbuhan yang dipunyai oleh perusahaan. Utamanya untuk laporan rugi dan keuntungan yang ditunjukkan dari laporan keuangan yang diperiksa. 

Dengan menggunakan analisa presentase perubahan ini dapat mengetahui kondisi keuangan lebih rinci apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian yang dinilai dari kondisi pertumbuhan, aset perusahaan yang dipunyai, dan juga penurunan nilai penjualan yang terjadi. Dari persentase perubahan tersebut akan bisa untuk mengetahui kondisi keuangan dengan lebih rinci khususnya laba rugi dan neraca keuangan perusahaan.

Rasio keuangan

Financial analysis selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai rasio keuangan yang bisa digunakan untuk menjadi tolak ukur dalam mengetahui keuangan perusahaan. 

Mulai dari rasio solvabilitas yang bisa untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam jangka panjang yang perlu untuk dipenuhi, rasio likuiditas untuk mengukur kemampuan jangka pendeknya, rasio aktivitas untuk mengukur aset yang dimanfaatkan oleh perusahaan, dan terakhir adalah rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan agar bisa mendapatkan keuntungan.

Break even

Metode untuk menilai keuangan perusahaan atau bisnis juga dapat menggunakan metode break even. Metode ini digunakan untuk mengetahui produk dan jasa yang bisa untuk dihasilkan dan bisa membantu untuk menentukan harga yang tepat. 

Metode break even ini dapat memberikan hasil untuk dapat menentukan tingkat pendapatan yang diperlukan untuk dicapai oleh perusahaan dalam periode tertentu, sehingga akan dapat untuk membantu mencapai keuntungan dan meminimalkan kerugian yang dapat dialami.

Metode modal kerja

Melakukan analisa keuangan selanjutnya juga bisa menggunakan metode dari modal kerja yang dipunyai. Ketika akan melakukan usaha tentunya mempunyai modal kerja yang perlu untuk dipersiapkan. Dari modal kerja tersebut akan bisa dilakukan analisa dengan mengetahui sumber dan juga alokasi modal kerja yang digunakan, sehingga akan mempengaruhi penggunaannya.

Analisis industri

Metode terakhir yang bisa digunakan untuk melakukan analisa keuangan adalah dengan analisis industri. Cara ini bisa dengan menilai mengenai pemanfaatan dengan melihat kondisi perusahaan yang dipunyai dengan kompetitor yang ada di industri yang sama. 

Sehingga dari analisa industri ini akan bisa digunakan untuk bisa membuat rencana keuangan yang lebih tepat untuk bisa bersaing dengan pesaing bisnis lainnya di industri yang sama.

Di atas merupakan 6 metode yang digunakan untuk melakukan financial analysis yang bisa membantu untuk merencanakan keuangan lebih baik untuk bisnis Anda. Pelajari mengenai metode analisa keuangan dengan lengkap serta cara mengatur keuangan untuk bisnis dengan mengikuti pelatihan program keuangan bisnis yang ada di Prasmul-ELI. 

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengikuti program pelatihan financial bisnis dengan menghubungi kontak Prasmul-ELI di nomor +62 811 1991 1168 atau bisa juga kunjungi halaman berikut ini https://prasmul-eli.co/id/short-programs/Financial-Analysis 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url