Modal 500 Ribu, Bisa Jualan Online Apa Ya?

Yuk jualan online!

Kata-kata itu sering banget digaungkan oleh para pebisnis online yang usahanya sudah maju, omset puluhan juta per bulan dengan profit yang bisa dipakai buat bayar cicilan mobil.

Benarkah jualan online semudah itu? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai posisi penghasilan yang nyaman dan aman untuk melepas pekerjaan utama dan bisa full time jualan online?

Kalau bicara aja sih, gampang, ya…

Setiap orang yang memulai usaha pun, start-nya berbeda-beda. Ada yang mulai jualan saat ada modalnya, sudah ketemu suppliernya, atau punya barang yang akan dijual. Kerja keras yang harus dijalani tentu berbeda dengan yang startingnya dari modal minim.

Tapi, modal minim bukan berarti tidak bisa memulai dan berkembang. Semua balik ke niat dan kerja keras. Barangkali dengan menimba ilmu dari seller-seller online yang sudah sukses bisa bikin kita semangat untuk memulai bisnis dari bawah.

Jualan di Lazada

Belajar dari Kesuksesan Seller-Seller Online

Saya habis baca di portal online tentang seller teladan Lazada dari Surabaya. Seller ini memiliki toko online palugada (apa yang lu mau, gue ada), mulai dari fashion, aksesoris kendaraan, serta perlengkapan bayi. Nggak jauh-jauh sama kita lah ya, apa yang bisa jadi cuan kita jual.

Waktu awal-awal jualan di tahun 2015, toko Mbak Yuli ini hanya mengirim 10 pesanan per hari. Setelah beberapa lama jualan di Lazada, frekuensi penjualan terus meningkat hingga kini bisa mengirim 500 sampai 600 paket setiap harinya.

Peningkatan pesat jumlah pesanan toko dalam jangka waktu 5 tahun ini tentunya dicapai melalui usaha dan ketekunan Mbak Yuli sebagai seller. Beliau rajin upgrade ilmu-ilmu bisnis yang diadakan oleh Lazada, menjalankan tips-tips dari sesama penjual, dan berkomunitas dengan Lazada Seller Club.

So, berkembang atau tidaknya bisnis kita tergantung sama usaha kita sendiri ya mau upgrade skill atau tidak, mau upscaling bisnis atau tidak.

Ada banyak banget yang bisa dipelajari saat jadi seller Lazada, seperti yang saya baca di blog How We Sell Asia, semisal mencari produk yang sedang trend, ide jualan online, dan aneka peluang memulai bisnis lainnya. Kamu juga bisa baca-baca seluruh tips jadi seller online di situ. Pokoknya jadi seller Lazada tuh nggak pernah mandeg sepanjang kita mencari ilmunya. 

Punya Modal 500 Ribu Bisa Jualan Online Apa Saja?

yuk jualan online

Nah, kalau nyali buat jualan sudah ada, tinggal mulai nih. Buat kita-kita yang menyisihkan uang dari penghasilan bulanan untuk modal usaha tentu butuh waktu buat ngumpulin modal banyak.

Tapi jangan khawatir, modal 500 ribu aja sudah bisa kok jualan online. Inilah keuntungan membuka bisnis secara online. Persiapan cepat dan tidak memerlukan tempat atau sumber daya lain pada awal bukanya.

Tapi modal 500 ribu bisa jualan apa aja, sih?

Nih saya kasih tahu yaa, karena saya juga pernah jadi seller online dengan modal minim, jadi perlu strategi buat memulai bisnis online di marketplace.

Jadi reseller/dropshipper

Bisa nih jadi reseller produk dari toko-toko yang sudah laris dan besar. Ibaratnya, kita memperpanjang tangan mereka untuk menjangkau customer-customer kecil. Selisih harga reseller bisa dikumpulkan untuk modal lagi dan mulai sedikit-sedikit nyetok barang supaya tenang.

Jualan aksesoris

Nggak tahu nih, walau kelihatannya receh tapi aksesoris itu barang yang nggak ada matinya dicari orang. Mulai jepit-jepit lucu, tas-tas cute sampai sandal pun banyak penggemarnya. Asesoris juga cenderung murah harganya dan bisa dibeli secara grosir sehingga kita bisa dapat untung lumayan dari setiap pieces-nya.

Jualan hijab, fashion

Fashion juga jadi bisnis yang cenderung everlasting. Buat perempuan, tentu butuh koleksi hijab berbagai warna. Tinggal main di bahan, kita bisa jual hijab dengan range harga belasan ribu sampai puluhan ribu per helainya. Kita juga bisa cari supplier sendiri di pasar daerah untuk kulakan. Untung banget!

Jualan kuliner

Ini gampang-gampang susah, tapi usaha kuliner itu konsumennya biasanya loyal. Kita bisa mulai dengan jualan produk kuliner yang tahan lama seperti snack atau camilan yang bisa dibeli secara grosir. Bisa juga membuka custom goodie bag untuk acara-acara, sekalian kalau kita punya skill desain, bisa dibikinkan juga desain kemasannya. Lucu, kan?

Jualan produk digital

Tahu nggak sih, kalau sekarang tuh orang bisa jual gambar digital karya dia sendiri. Modalnya cukup skill sama gadget aja, tapi jangan lupa keluarin portofolio kita untuk display di toko. Dijamin kalau gambarnya bagus sih, pesanan akan mengalir terus.

Masih banyak lagi peluang bisnis online yang bisa kita jalani hanya dengan modal awal 500 ribu. Percaya deh, pasar itu sangat luas meski seller sudah banyak selalu ada rezekinya buat kita. Baca aja tips dan trik memulai bisnis online dengan modal 500 ribu di blog How We Sell Asia. 

memulai bisnis

Kuncinya, seperti kata Mbak Yuli di atas, kita harus mau upgrade dan beradaptasi dengan trend dan teknologi. Toko kita pun mesti punya keunikan dan layanan berbeda yang membuat customer balik lagi dan jadi langganan.

Yuk Jualan Online di Lazada!

memulai bisnis

Lazada bisa banget bantu kita membangun bisnis online meski hanya punya modal minim. Tidak perlu lahan, tidak perlu website sendiri, cukup mendaftar sebagai seller, jualan di Lazada, gratis!

Yuk jualan online di Lazada! Ikuti langkah-langkah jualan online di Lazada berikut ini:
1. Masuk ke Lazada.co.id 
2. Klik menu "menjadi seller" 
3. Masuk ke halaman daftar penjual dan silahkan mendaftar di Lazada
4.  Isi Alamat Toko dan Dokumen Penjual
5. Segera login ke seller untuk mengisi alamat dan dokumen informasi bisnis & bank
6. Unggah produk yang akan dijual
7. Siap jualan online di Lazada! 

Selain jualan mencari cuan, kita juga bisa ikutan campaign-campaign di Lazada, upgrading skill, dan punya support system lewat klub sesama seller. Lazada juga punya program inkubasi 90 hari yang membantu meningkatkan performa toko. Yuk jualan online di Lazada dan siap-siap bisnis kamu #NaikKeLaz.
Next Post Previous Post
25 Comments
  • K. Niken
    K. Niken 16 November 2022 09.13

    Aku pernah coba jualan semua yg ada di artikel mbak Rella. Wkwkwk. Akhirnya saat ini bermuara di jualan produk digital. Ehhh tapi, tetap masih punya mimpi bisa punya bisnis fashion. Dengan Lazada, kita bisa jualan dengan mudah ya.

    • Rella Sha
      Rella Sha 17 November 2022 18.07

      bisnis fashion memang hidup terus yah, mbak... barangnya juga banyak yang nyari.

  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu 16 November 2022 09.53

    Wah, menarik juga ya jualan di Lazada. Selama ini belum pernah nyoba sih. Jadi pengen coba nih karena ternyata gak ribet ya caranya

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 17 November 2022 15.24

    Jadi dropshipper bisa dpt untung banyak kl punya strategi yg tepat ya, Mbak. Saudaraku awalnya merintis usahanya dari dropshipper. Akhirnya skrg sudah jadi bos. Wkwkwk
    Gampang juga coba jualan di Lazada, ya. Banyak benefitnya pula

    • Rella Sha
      Rella Sha 19 November 2022 12.04

      iya nih bener banyak juga yang jadi sultan dari hasil jualan online yaa... nggak kelihatan pergi ke kantor tapi pemasukan lancaarr, hehehe

  • Julia Pasca
    Julia Pasca 17 November 2022 18.19

    Lazada memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menambah ilmu jualannya. Keren banget euy Mbak programnya.

    Selagi ada kesempatan, hayuk ah dicoba. Gak akan pernah ngerti hasilnya kalau belum dicoba kan..kan..kan..



  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar 18 November 2022 07.33

    Pengen banget nyoba jualan online, tapi masih belum berani aja.

  • Nita
    Nita 18 November 2022 18.18

    Semakin luas ya,. Kak kesempatan kita untuk bisa menambah penghasilan, nggak perlu punya toko secara fisik, SDH bisa berbisnis, Lazada memang keren...

  • Juwita
    Juwita 19 November 2022 05.02

    Beberapa kali pingin banget jualan online tapi kadang ragu. Artikel ini buat saya tercerahkan deh. Pingin lagi memulai nih

  • Mega Rachma
    Mega Rachma 19 November 2022 05.23

    Wah ada masa inkubasinya ya kalo di lazada untuk membantu penjualan. Jadi pengen coba jualan online buat nambah-nambah penghasilan deh

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 19 November 2022 07.48

    Harus peka terhadap perubahan trend yaaa... Membaca situasi dan produk apa yang kira-kira memang sedang digandrungi masyarakat saat ini. Misal punya produk dengan kekhasan tersendiri juga harus bisa menggapai target pasarnya. Lewat Lazada nih bisa banget, e-commerce yang jangkauan pasarnya sudah luas banget.

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 19 November 2022 07.56

    Ternyata kalau dropshipper juga harus punya strategi ya mba. Enaknya di Lazada ini bisa dapet pendampingan juga ya

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 19 November 2022 07.57

    Ide jualan yg bakal cuan bgt mbaaaa
    Modal gosah gede, yg penting ttp mau belajar yak

    Difasilitasi lazada pulaaaa

  • lendyagassi
    lendyagassi 19 November 2022 08.14

    Setuju banget, Rel..
    Kadang pasti juga yang namanya orang berjualan tuh nemuin yang namanya aral melintangnya dan gak bisa langsung sukses. Tapi daripada kebanyakan wacana A, B, C, lebih baik mencoba dulu dengan modal 500 ribu dan mengikuti semua prosesnya di LAZADA,

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 19 November 2022 09.00

    Yuk ah kak, saya juga penasaran nih ingin coba jualan online melalui Lazada, menarik ya program Lazada ini

    • Rella Sha
      Rella Sha 19 November 2022 12.05

      Iya kak, marketplace terbesar di Asia nih... banyak kesempatan dan upgradingnya. Cusss!!

  • Kata Nieke
    Kata Nieke 19 November 2022 09.13

    Wah bisa jadi peluang usaha ya ini. Tanpa harus sewa tempat. Kini jualan di marketplace kayak Lazada aja.

  • Nunu Amir
    Nunu Amir 19 November 2022 09.33

    wow, keren ya mba lazada bisa ngasih modal 500rb utk sellernya. tertarik nih jualan di lazada

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 19 November 2022 11.11

    Bisnis online ternyata mudah ya mbak
    G perlu bingung harus punya modal yang banyak dulu
    500 ribu pun cukup untuk punya bisnis online
    Apalagi kalau jualannya di Lazada, pasti lebih untung lagi

  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah 19 November 2022 13.41

    Lazada ini asyik banget programnya ya Mbak. Sangat membantu untuk penjual pemula. Mantap lah!

  • Analisa Muya
    Analisa Muya 19 November 2022 15.33

    mantabbb nih, bisa jualan online dengan mudah, gk perlu mikir modal yang bnyak, 500 ribuu bisa untuk memulai...

  • Allamandawi
    Allamandawi 22 November 2022 06.24

    Ngerasa klau lazada tuh penjual.y amanah" trus pengirimannya cepet, suka aku, tp baru tau nih cara jd reseller lazada

  • Mugniar
    Mugniar 24 November 2022 09.35

    Bisa juga ya jualan online bermodalkan 500 ribu rupiah. Yang penting gigih dn mau berusaha ya.

  • miyosi ariefiansyah (bunda taka)
    miyosi ariefiansyah (bunda taka) 24 November 2022 11.20

    Benar mba, jangankn 500rb bhkn dengan modal kurang pun bisa ya selama ada niat
    Terlebih ada lazada yg siap men-support
    Jadi terkompori untuk jualan barang nyata jg nih kalau liat benefits-nya hehehe

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 24 November 2022 13.35

    membantu bangeet ya mba kalau tidak perlu modal besar dan prosedur untuk melakukan bisnis online ini juga tidak sulit dan sederhana. Banyak yang bisa memanfaatkannya

Add Comment
comment url