Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian

Salah satu me-time favorit saya adalah nongkrong sendirian menikmati minuman kekinian sambil main game atau nonton drakor. Rasanya puaasss gitu, nggak noleh kiri-kanan, dunia serasa milik sendiri hanya antara aku, gadget, dan minumanku. 

Kegiatan seperti ini rutin saya lakukan setidaknya sepekan sekali. Demi kesehatan dan kewarasan jiwa raga tentunya. Setelah seminggu beraktivitas dengan pikiran kesana kemari ala emak-emak, tentu perlu penyegaran diri di akhir pekan supaya nggak burn out. 

Kesehatan mental itu penting, ya gaes yaaa... 

Ada banyak cara memulihkan energi, menjaga kewarasan dan kesehatan mental buat setiap orang. Ada yang menjalankan hobi, ada yang jalan-jalan, ada yang tidur, ibadah, atau mencicipi hidangan enak-enak. Bebas aja sih sebetulnya mau melakukan apa, tergantung efektivitasnya terhadap diri kita. 

Kalau saya ya itu tadi, menepi sendirian sambil menikmati minuman-minuman kekinian... Biasanya sih, varian minuman yang saya pilih tergantung mood aja. Kalau lagi happy, pilih yang segar-segar. Kalau lagi suntuk, pilih kopi-kopian yang menenangkan, sedangkan kalau lagi galau, minuman berbasis cokelat sudah paling tepat. 
 
Tahu nggak sih, kenapa cokelat bisa membantu memperbaiki mood? Dilansir dari beberapa literatur, cokelat dapat mengatasi stress, meningkatkan mood, yang kemudian berpengaruh positif pada hal-hal yang terkait dengan psikologis. 

Lokita Indonesia

Beberapa waktu saat saya menyeruput tegukan terakhir iced choco cheese Lokita, saya baru ngeh bahwa ada banyak banget minuman kekinian yang sudah saya coba tiap kali waktunya nongkrong. Ini bisnis gurih banget, ya, batin saya. Apalagi lihat antrean di depan gerai atau yang duduk-duduk kaya saya gini nggak pernah sepi. Selalu ada yang mengantre barang 1-2 orang dengan arus pelanggan yang mengalir.   

Penasaran, saya mencoba baca-baca dari akun bisnis dan menyimpulkan beberapa hal tentang usaha minuman kekinian yang sedang menjamur di mana-mana. 

Tips Usaha Minuman Kekinian 

Usaha minuman kekinian memang lagi banyak digemari belakangan ini. Dari boba sampai teh, semua gerainya hampir selalu tersedia di tempat-tempat nongkrong, mall, kampus, dan tempat wisata. 
Enggak salah, sih, karena minuman-minuman seperti ini memang sedang hits jadi alat sosialisasi yang banyak dipakai oleh orang-orang masa kini. Ngobrol santai, lobi pekerjaan, atau sekadar pesan buat snack time di kantor pun tetap menyenangkan. 

Buat yang ingin mencoba usaha minuman kekinian, perhatikan hal-hal berikut ini supaya gerainya ramai dan jadi tempat jujugan orang-orang untuk menikmati kesegaran produk yang kamu jual: 

Lokasi Strategis

Ya tentu saja lokasi yang tepat memudahkan menggapai konsumen yang ditargetkan. Biasanya sih yang ramai itu di dekat sekolahan, kampus atau daerah-daerah kos, jalan yang di sepanjangnya banyak jajanan juga. 

Sesuaikan Budget 

Kalau belum bisa sewa lapak di mall, tidak masalah. Semua mulai dari titik awal yang memperhitungkan biaya, operasional, dan risikonya. Sesuaikan aja sama budget dan target pasar kita dulu. 

Kaya Varian Rasa 


Sebagai produk minuman kekinian yang ingin bersaing dengan bisnis lainnya, kudu pintar berinovasi menciptakan varian-varian rasa minuman yang otentik dan memiliki ciri khas. Kalau unggul dalam produk cokelat, ya bikin varian minuman cokelat lebih banyak tapi adakan juga varian lainnya sebagai pilihan alternatif. 

Bikin Kemasan Menarik


Visual ini penting banget buat bersaing di zaman sekarang, harus mau investasi lebih ke bahan dan desain/tampilan sehingga bisa mengangkat nilai jual dan keterbaruan. Material yang bagus juga memudahkan ojol bawa pesanan customer, tambah bagus lagi kalau cupnya bisa dipakai ulang beberapa kali jadi nggak perlu langsung nyampah.

Reguk Cuan Segar dari Minuman Kekinian LOKITA

Lokita Indonesia hadir untuk menyemarakkan pasar minuman kekinian di Indonesia. Angin segar buat yang tertarik membangun franchise minuman kekinian, ada peluang bisnis franchise minuman cepat saji dari Lokita yang menawarkan paket-paket usaha menarik dan terjangkau. 

Dengan update menu setiap 3 bulan sekali, dijamin enggak akan bikin bosan pelanggan dan bisa memberikan kejutan dan promo yang menarik massa. 

menu Lokita

Lokita sebagai brand lokal hadir dan berkomitmen menyediakan bahan baku pilihan yang aman dikonsumsi dan terjamin kualitas rasanya. Dengan bahan baku Premium Food Grade yang sudah bersertifikat Halal MUI serta BPOM & PIRT.

Lokita juga memiliki misi mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia dan membantu mitra-nya dalam membangun usaha. Dalam mengatur profit, Lokita tidak menerapkan bagi hasil, sehingga ketika kita sudah menjadi mitra Lokita, maka keuntungan 100% untuk pemilik usahanya.

Waaaww... cuannya manis banget, nih... semanis vanilla latte! 

Apa Keunggulan Lokita dibandingkan Franchise Lain? 

Di Lokita, mitra didukung dengan marketing kits dan edukasi, 100% keuntungan untuk mitra tanpa royalti, cepat memulai, cepat menghasilkan, dan minim risiko.
  1. Mendapatkan support system dari pusat. Mulai dari konten grand opening, konten sosial media, dan group support.
  2. Fasilitas pendaftaran Gofood, fasilitas selebgram hits masing-masing daerah yang akan didatangkan pusat saat grand opening.
  3. Mudah dikembangkan dan selalu inovatif. Setiap 3 bulan kami menghadirkan menu baru yang sudah kami riset sesuai pangsa pasarnya.
  4. SOP peracikan, SOP pemilihan tempat, SOP karyawan, dan SOP penataan tempat sudah kami sediakan semuanya.
  5. Balik modal cepat dan keuntungan 100% untuk mitra, tanpa ada bagi hasil. No royalti!
  6. Segmentasi pasar yang luas, dengan beragam cita rasa Lokita yang bisa dinikmati semua kalangan usia yang tentunya aman dan bernutrisi.
  7. Reward yang diberikan kepada mitra setiap bulan maupun per tahunnya dari pusat.
  8. Serta meeting online pembelajaran mingguan tentang bisnis dan marketing, sehingga lebih maksimal menghasilkan keuntungan dari franchise Lokita.

Apa Keunggulan Produk Lokita? 


Lokita adalah brand minuman franchise yang berasal dari kota Wonogiri. Berdiri sejak Desember 2020 dengan konsep produk kekinian dan Instagramable, minuman kekinian Lokita cocok untuk semua kalangan, rasa nikmat dan segar, serta dibuat dari bahan-bahan yang baik untuk kesehatan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman Lokita adalah bahan-bahan Premium Food Grade yang sudah bersertifikat Halal MUI serta BPOM & PIRT. 

Produk cokelat unggulan di Lokita itu semua bubuknya produksi sendiri dengan racikan komposisi oleh R&D Lokita sendiri, tidak hanya mengandalkan ambil dari supplier. Misal rasa choco queen itu banyak supplier yang jual tapi Lokita membuat komposisinya sendiri supaya punya cita rasa unik dan khas Lokita sendiri sehingga memberi kesan di lidah konsumen. 

Hal ini menjadikan Lokita unggul dengan minuman coklat premium inovatif pertama di Indonesia.

Paket Kemitraan Lokita 

Paket-paket kemitraan yang ditawarkan Lokita bervariasi mulai dari 8 juta - 19 juta. Angka ini menurut saya murah banget untuk membeli franchise lepas sementara keuntungan 100% untuk kita sendiri. 


Jika tertarik dan siap untuk jadi mitra Lokita, tinggal lakukan langkah-langkah di bawah ini saja. Insyaallah mudah, yaaa mulai dari mengontak dan menyatakan kesediaan, diskusi, menentukan lokasi, dan memilih paket franchise terbaik. 

Semua bakal didampingi terus oleh Lokita pusat, bahkan pembuatan akun sosmed dan pendaftaran Gofood juga dibantuin. Bahkan bagaimana cara membuat eksposure melalui endorsement dan konten juga diajarin. Paket lengkap banget ini, sih.  

Nah, gimana? Buat yang punya duit nganggur dan dingin, investasikan pada usaha yang punya prospek  bagus, nih daripada uangnya menguap kemana-mana. Buat yang akan memulai bisnis minuman kekinian, selamat berbisnis dan semoga lancar, ya! 
Next Post Previous Post
19 Comments
  • Friska Julia
    Friska Julia 12 September 2022 12.31

    Minuman ringan sepertinya pasar yang menjanjikan ya, Mbak, lagi tren soalnya. Minumannya praktis dan bisa dibeli kapan saja. Peluang bisnis yang oke, nih.

  • Shanty febrianti
    Shanty febrianti 12 September 2022 17.10

    Nah.. Gak ada salah nih coba franchise lokita dan minuman kekinian juga sedang marak.. So bisa jadi peluang cuan asal kan gigih dan semangat berjualan

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 13 September 2022 12.20

    Lihat penampakannya jadi penasaran coba Lokita Indonesia..Segernya!
    Pas sekali hadir di pasar minuman kekinian di Indonesia lewat franchise minuman yang menawarkan paket-paket usaha menarik dan terjangkau.

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 13 September 2022 13.27

    Widiiihhh terjangkau bgt biaya kemitraannyaaaa
    Pingin bs join juga.
    Cuss. Diskusi ama suamikuu dulu mbaa.
    Makasiii infonyaaa

  • cucum.my.id
    cucum.my.id 13 September 2022 13.42

    Terima kasih untuk tipsnya mbak. Bisnis minuman kekinian memang sangat menjanjikan ya, apalagi minuman seperti Lokita ya. Enak dan segar kayaknya, harga frenchisnya juga cukup terjangkau dan bisa dipilih sesuai budget.

  • Erny Note
    Erny Note 13 September 2022 15.08

    Bisnis minuman kekinian memang menggiurkan ya. Cuannya ngalir terus. Kayak Lokita varian rasanya banyak banget bikin gemes buat nyicip semua rasa. Weh ada peluang franchise ya. Modalnya berapa mba?

  • lendyagassi
    lendyagassi 13 September 2022 18.34

    Wah, bisa jadi ide bisnis baru yang menyegarkan nih, Rel..
    Soalnya aku cek di tempatku jajan online, belum ada lo.. bisnis minuman Lokita.
    Rasanya pengen banget punya bisnis yang "Aku" banget.

  • Ummu Bia
    Ummu Bia 13 September 2022 23.35

    Bisa jadi peluang bagus ini untuk yang mau memulai bisnis. Jualan minuman itu gampang laku ya, apalagi di daerah yang panas. Orang cenderung cari yang seger-seger, kaya Lokita ini

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 14 September 2022 04.06

    Namanya unik ya Mba, Lakita. Usaha minuman ini cukup menjanjikan sih. Bisa jadi peluang usaha buat para IRT yang ingin nambah penghasilan tambahan nih

  • Juwita
    Juwita 14 September 2022 04.16

    Cuaca yang panas seperti saat ini, sangat cocok dengan usaha.minuman kekinian. Apalagi harganya ramah kantong semua kalangan. Insyaallah diserbu. Apalagi jika rasanya mantap, banyak pilihan, pilihan lokasi MB yang tepat. Insya Allah jadi peluang cuan yang menjanjikan.

  • KenniApril
    KenniApril 14 September 2022 08.04

    Pasar minuman kekinian memang terbuka lebar ya sekarang. Nah cuma kalau saya kurnag suka dengan wadah sekali pakainya saja. Akan lebih bagus kalau bisa pakai ulang. Misal untuk minum ditempat pakai gelas cuci ulang dan sedotan cuci ulang saja

  • Marita S Ningtyas
    Marita S Ningtyas 14 September 2022 08.56

    Aku suka Lokita karena cupnya besar. Jadi bener2 healing banget setelah minum cokelatnya.. mana rasanya endess banget lagi.

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 14 September 2022 09.06

    Baru dengar brand Lokita ini. Kelihatannya enak sih karena dari segi kemasan dan logonya juga menarik. Apalagi visual dari macam minumannya

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari 14 September 2022 09.17

    menarik idenya mbak, karena minuman kekinian saat ini marak dan ga ada sepinya, bisa jadi peluang bisnis nih, terima kasih inspirasinya ya

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 14 September 2022 10.32

    Membuka usaha minuman kekinian seperti Lokita ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan ya mbak
    Apalagi kalau buka standnya di daerah tongkrongan anak muda, wes pasti laris manis

  • Kata Nieke
    Kata Nieke 14 September 2022 11.04

    Peluang bisnis minuman sekarang banyak brand lokal ya. Brand lokalnya juga bukan dari Ibu Kota. Ini artinya bagus. Gak didominasi brand asing. Daerah berkembang. Semoga Lokita bisa maju dan berkibar.

  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy 14 September 2022 11.11

    Wah cocok nih buat bisnis rumahan apalagi minuman kekinian sekarang lagi hits banget terutama dikalangan remaja, kadang saya suka beli juga sih wkwkwk. Ini bisa jadi peluang bisnis yang mendatangkan cuan buat ibu rumah tangga.

  • Rizky Arya Lestari
    Rizky Arya Lestari 15 September 2022 15.47

    Wah cocok untuk jadi salah satu pilihan franchise waralaba ya. varian menunya pun beragam.

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 21 September 2022 05.49

    Paling mudaha nih bisnis minuman kekeinian apalagi kalau punya lokasi strategis ya bisnis yang menjanjikan deh

Add Comment
comment url