Tips Memilih Router Wifi Rumah Terbaik

Salah satu hal yang cukup menentukan kecepatan internet di rumah adalah router wifi. Perangkat yang satu ini berfungsi untuk menerima, kemudian memancarkan kembali sinyal wifi dan juga internet di sekitar ruangan, yang memang masuk ke dalam jangkauannya.

Cara Memilih Router Wifi Terbaik

Young man connecting router wifi on smartphone  for internet and social media

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara memilih router wifi rumah terbaik:

  1. Berapa kecepatan wifi yang Dibutuhkan

Adapun langkah awal untuk memilih router wifi di rumah adalah menentukan kecepatan internet yang memang dibutuhkan. Dalam hal, ini kecepatan router yang ada cukup beragam, mulai dari 350 Mbps, hingga 1.900 Mbps. Dalam hal ini Anda dapat melakukan konsultasi dengan pihak penyedia atau juga penjual router, tentang pilihan router yang tepat untuk rumah.

Dalam hal ini Anda juga perlu melakukan estimasi tentang berapa perangkat yang akan dihubungkan dengan router tersebut. Pastikan router diletakkan ditempat yang ideal, agar sinyal dapat ditangkap dengan lebih baik.   

  1. Menggunakan teknologi dual band dan network standard

Adapun tips menggunakan router wifi rumah terbaik adalah mengecek teknologi dual band yang ada pada router rumah tersebut. Terdapat 2 radio untuk menangkap sinyal, dimana radio yang satu memiliki kecepatan 2,4 GHz, sedangkan yang lainnya mempunyai kecepatan maksimum 5.0 GHz.

Dimana keduanya dapat membantu Anda, dalam mengakses internet yang lebih cepat, untuk berbagai macam keperluan streaming, dan kegiatan online lainnya.

Cek juga tentang network standar wireless router yang sebaiknya Anda gunakan. Adapun standar network router yang ada saat ini yaitu 2-8.11n. Sedangkan untuk standar yang lama adalah sekitar 802.11ac. Dalam hal ini Anda sebaiknya menggunakan jaringan dengan standar yang baru.

  1. Cek antena router wifi rumah

Tentang antena dalam router wifi sendiri, fungsinya untuk menangkap sinyal internet, untuk kemudian memancarkan sinyal tersebut ke area rumah yang memang terjangkau.

Ada baiknya jika router yang akan dipilih kelak mempunyai antena eksternal, selain mempunyai antena internal. Pastikan juga kedua antena tersebut berfungsi dengan baik, agar mampu menangkap sinyal dan memancarkan sinyal dengan baik.  

  1. Pastikan port USB sesuai perangkat

Jangan lupa cek juga bagian port USB, dimana port tersebut yang akan menghubungkan koneksi dari router ke berbagai perangkat. Pastikan juga port USB yang ada cocok untuk aneka perangkat yang akan digunakan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih router wifi rumah terbaik dan sesuai dengan yang diperlukan.


Masih juga bingung pilih router wifi yang baik untuk rumah?
Nah, Anda bisa percayakan kepada First Media. First Media siap jadi solusi kebutuhan internet yang cepat, lancar, dan anti lemot! First Media siap untuk menjadi provider internet rumah terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan internet Anda di rumah. First Media mempunyai beragam paket yang bisa Anda gunakan, untuk mengetahui info paket langganannya Anda bisa kunjungi di https://www.firstmedia.com/ sekarang juga!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url