Keuntungan Sistem Absen Online yang Jarang Diketahui

sistem absen online

Sistem kehadiran karyawan yang paling banyak digunakan perusahaan adalah mesin fingerprint. Tapi mesin fingerprint tidak bisa menjawab kebutuhan perusahaan yang menggunakan konsep hybrid. Ini karena karyawan tidak selalu akan hadir di kantor. Untuk itulah lahir sistem absen online.

Sistem absen online sendiri punya berbagai keuntungan, seperti berikut ini.

Keuntungan Sistem Absensi Online

Sistem absensi online menjadi jawaban perusahaan yang saat ini menerapkan sistem WFH dan hybrid. Dengan menggunakan sistem absen online, proses absensi karyawan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Absen online juga bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan. Agar Anda semakin mendapatkan gambaran yang jelas mengenai keuntungan absen online, berikut ini keuntungannya.

1. Mengantisipasi Kecurangan

Absen fingerprint terlihat sulit dicurangi, tapi nyatanya sistem absensi ini masih bisa dimanipulasi datanya. Karyawan masih bisa melakukan kecurangan dengan melakukan manipulasi sidik jari. Sementara itu sistem absen online, data akan terekam secara real time ketika karyawan menggunakan aplikasi absen.

Jadi akan sangat sulit untuk karyawan melakukan kecurangan, apalagi sekarang sudah ada aplikasi absen online karyawan Android yang dilengkapi dengan fitur fake GPS untuk mendeteksi kecurangan GPS yang dilakukan karyawan.

2. Efisiensi dari Segi Waktu

Sistem fingerprint memang sistem yang baik untuk mencatat kehadiran karyawan. Tapi, sistem absen ini tidak fleksibel karena proses absen hanya bisa dilakukan di mesin tersebut. Bayangkan bila dalam kantor dengan jumlah ratusan tapi hanya ada satu mesin fingerprint. Pasti sistem absen seperti ini akan sangat merepotkan dan tidak efektif

Ini akan berbeda ketika perusahaan menggunakan sistem absen online di mana proses absen bisa dilakukan dengan mudah dimana saja walaupun karyawan sedang tidak berada di kantor. Proses absen bisa dilakukan dari smartphone mereka.

3. Mobilitas Karyawan Bisa Lebih Ditingkatkan

Untuk perusahaan yang memiliki banyak pekerja lapangan, sistem absen online akan sangat cocok. Ini karena karyawan tersebut tidak harus datang ke kantor hanya untuk melakukan absensi.

Mereka bisa melakukan absensi di mana saja dan perusahaan pun bisa mengetahui dengan akurat di mana titik karyawan. Ini karena saat ini sistem absen online telah dilengkapi dengan geo location.

Dengan begitu, mobilitas karyawan lapangan bisa lebih meningkat dan perusahaan pun bisa melakukan pengawasan.

4. Memudahkan Proses Kerja

Saat ini, sistem absen online adalah jawaban bagi perusahaan yang menginginkan proses kerja lebih efektif dan efisien. Ini karena dengan sistem absensi online pengelolaan kehadiran tidak lagi perlu dilakukan secara manual dan memakan waktu lama.

Pengelolaan kehadiran bisa dilakukan lebih cepat dan tepat karena pencatatan kehadiran akan otomatis dihitung oleh software. Tentu dengan begini, waktu kerja tim HR bisa dipergunakan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Sehingga semakin banyak tugas yang bisa diselesaikan dalam satu waktu.

Dengan begini maka produktivitas perusahaan juga akan meningkat.

Sistem absen online adalah cara termudah bagi perusahaan untuk membuat pengelolaan karyawan lebih mudah. Ketika pencatatan kehadiran sudah lebih mudah maka perhitungan gaji juga bisa lebih cepat prosesnya, apalagi bila dibantu dengan payroll software. Dengan begini tidak ada lagi proses manual yang memakan waktu dan human error bisa diminimalisir.

Salah satu sistem absen dan payroll software terbaik bisa Anda dapatkan di software HRIS LinovHR. Software HRIS LinovHR memiliki modul yang lengkap mulai dari modul Time Management, Payroll, dan Modul pengelolaan karyawan lainnya. Software HRIS LinovHR juga sudah berbasis cloud yang memungkinkan penyimpanan data perusahaan lebih aman.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai software HRIS LinovHR, silakan cek langsung ke websitenya dan ajukan demo gratis.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url