Resep Sup Krim Kentang Susu dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Awal bulan Agustus awalnya kami mau ikut camping pelepasan tukik di Pantai Bajulmati, Malang Selatan. Sudah sangat semangat eeh tiba-tiba panitianya bilang nggak bisa bawa anak di bawah 17 tahun. Lha anak-anak kami semuanya di bawah umur -___-

Apa boleh buat, daripada semangat anak-anak padam, kami banting setir memikirkan destinasi lain, yaitu Gunung Bromo. Kenapa Bromo? As simple as lihat reels orang lain bahwa Bromo bersalju!! Ahaha, alasan macam apa ini.

Singkat cerita, nyampe sana kami nggak ketemu salju juga, sih. Meskipun suhu di sana sampai 7 derajat celcius, tidak ada tanda-tanda salju atau mungkin lokasinya nggak kelewatin. Entah itu di mananya.

Meskipun begitu, kami bawa pulang oleh-oleh kentang yang dihasilkan oleh para petani di kawasan Bromo dan sekitarnya.

Kentang Berkualitas dari Bromo

Kawasan Bromo yang berada dalam tiga kawasan yakni kabupaten Pasuruan - kabupaten Malang - kabupaten Probolinggo memiliki 8 desa yang mayoritas merupakan penghasil komoditas kentang. Jenis kentang yang ditanam petani Pasuruan merupakan varietas Granola Kembang yang sudah lolos uji pelepasan varietas di Indonesia. 

Kentang ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan kentang lainya. Selain tahan terhadap berbagai macam serangan penyakit dan hama, juga kentang ini baik dan produktif ditanam di suhu rendah seperti Bromo dan sekitarnya. Bahkan, 60% pasokan kentang di Jawa Timur disediakan oleh kawasan ini.

Ngobrol-ngobrol sedikit dengan pengemudi jeep kami yang asli warga situ, katanya mayoritas penduduk kalau selesai buka warung dini hari maka mereka pergi ke kebun sampai siang. Selain kentang, ada juga kol dan daun bawang yang dihasilkan warga desa Tosari.

Kreasi Kentang bersama Tiga Sapi

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Pulang piknik bawa banyak kentang tentu saja bikin saya mikir, ini mau dibuat apa aja yaah? French fries, perkedel, salad, wedges buat temannya steik, terus buat apa lagi ya yang sekiranya bisa dinikmati sekeluarga?

Browsing-browsing, ahaaa…saya ingat beberapa tahun lalu pernah makan sup labu orange itu saat musim gugur. Gurih dan creamy, cocok dengan suasana dingin sendu belakangan ini. Saya lihat kentang yang pulen-pulen dan kuning ini sepertinya cocok jika dibuat sup hangat dengan cocolan roti tawar atau baguet. Yeah, full carbs, hehe.

So, here it is resep sup krim kentang susu yang lembut dan nggak perlu banyak effort buat mengunyah. Gampang bangeettt!

Sup Krim Kentang Susu

Kreasi Merah Putih


Bahan sup:
225 gram (5-6 buah) kentang kukus
1 siung bawang bombai, cincang halus
1 butir bawang putih, cincang halus
500 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi
Air mendidih/kaldu secukupnya
2 sdm mentega
1 sdt garam
1/2 sdt lada hitam bubuk
daun peterseli cincang

Cara membuat:
Tumbuk kentang sampai halus selagi masih panas.
Lelehkan mentega. Tumis bawang sampai harum.
Masukkan air dan susu, aduk-aduk.
Masukkan kentang halus, garam, lada hitam, dan daun peterseli.
Aduk-aduk sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.
Ketika sup sudah meletup-letup, matikan api.


Nah, gampaaang banget kan bikin sup krim kentang susu ini? Proses masaknya sih nggak lama karena bahan-bahannya sudah pada matang ya. Yang agak lama pada ngukus kentangnya aja, tapi sementara itu kita bisa menyiapkan bahan lainnya dulu.

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah jenis susu sapi yang dipanaskan sampai 60% kadar airnya berkurang. Proses pemanasan menyebabkan kandungan air pada susu berkurang sehingga susu menjadi kental. Susu yang terkonsentrasi ini akan tahan lebih lama dan tidak mudah basi.

Susu evaporasi biasanya digunakan untuk pengganti santan atau krim pada beberapa masakan agar lebih sehat. Karakter rasanya gurih seperti susu dan tawar karena tidak memakai pemanis. 
Tiga Sapi Kental Manis

Hasil masakan kentang yang dipadukan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah sup yang gurih, lembut, creamy, dan menghangatkan perut. Ini pasti karena Tiga Sapi Susu Evaporasi yang digunakan memberi rasa creamy yang pas, pasti gurih lezat dan tentunya lebih sehat.

Tiga Sapi merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia di antara susu evaporasi lain yang berkemasan kaleng. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini juga merupakan susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan creamy. Diproses dengan higienis sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Kemasannya juga mudah ditutup kembali sehingga bisa digunakan ulang kalau belum habis. Cocok sebagai bahan masakan atau campuran minuman seperti roti, kopi, puding, soto ayam, atau dessert lainnya. Tiga Susu Evaporasi juga bisa digunakan sebagai pengganti santan.

Selain produk susu evaporasi, Tiga Sapi juga punya Tiga Sapi Kental Manis yang bisa digunakan sebagai topping dessert dan snack. Sama-sama berkualitas dan unggul di kelasnya, produk Tiga Sapi emang jadi andalan para chef seperti Bu Fatmah Bahalwan dalam menyajikan hidangan terbaiknya.

Harga Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Kata siapa harga Tiga Sapi Susu Evaporasi mahal? Tidak, kok. 

Harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, Bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%.

Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Waaa, mau bikin masakan enak-enak atau mau ikutan challenge Kreasi Merah Putih yang diadakan Tiga Sapi di Instagram @lezatnyatigasapi nggak perlu mahal, yaaa.

Beli Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Tidak sulit kok menemukan tempat beli produk-produk Tiga Sapi. Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis bisa ditemukan di toko bahan kue, minimarket terdekat, dan supermarket besar.

Kamu juga bisa bikin Kreasi Merah Putih membuat hidangan tradisional dengan produk-produk Tiga Sapi dan ikutin keseruan challenge Kreasi Merah Putih di Instagram. Hidangannya sih nggak perlu warna merah putih yaa, tapi kalau bisa lebih cakep lagi deh. Kamu bisa ikutin challenge Kreasi Merah Putih dengan menghidangkan serabi, pukis, bubur sumsum, bolu kukus, kue lapis, atau putu ayu.

Challenge Kreasi Merah Putih ini berlangsung sampai 31 Agustus 2022.

Yuk, semangat yang mau bebikinan Kreasi Merah Putih yaaa!!
Next Post Previous Post
60 Comments
  • Saraah Megha
    Saraah Megha 14 Agustus 2022 14.01

    Auto pengen nyoba bin sup kentang ini mbak, kalau untuk tiga sapi apakah sudah bisa dibeli di al*amart atau in*omaret gitu mbak?

    • Rella Sha
      Rella Sha 15 Agustus 2022 10.27

      bisa bangeettt, ada kok udah banyak

  • lylamanzila
    lylamanzila 14 Agustus 2022 17.14

    Kentang ditumbuk dikasih susu evaporasi hmmm gimana rasanya ya?? Nggak bakalan mblenek kan. Jujur saya pecinta kentang kalau dimasak model apapun, kalau yg satu ini belum pernah coba

  • Kennia
    Kennia 14 Agustus 2022 20.17

    Ah baru mau cari info susu evaporasi eh disini dapat infonya. Terima kasih ya kak. Resepnya bisa dicoba nih untuk anak-anak. Kalau pakai santan kadang suka menghindari kalau lagi pada batuk. Kalau pakai susu sepertinya aman.

  • AssA
    AssA 14 Agustus 2022 23.33

    izin nyimak dailyrella.com
    Sharenya bermanfaat, yg punya blog juga cantik lengkap sudah

  • Allamandawi
    Allamandawi 15 Agustus 2022 08.18

    Serasa pengen coba buat sup krim kentang pake susu evaporasi jg, kelihatannya enak buat dijadiin cocolan roti

    • Rella Sha
      Rella Sha 15 Agustus 2022 10.28

      yeess setuju, aku juga tadinya mau dicocol roti lha tukang rotinya belon lewat.

  • Mugniar
    Mugniar 16 Agustus 2022 13.26

    Buat saya, makanan berbahan dasar kentang selalu enak dijadikan apapun. Nah, yang sup krim kentang ini, apalagi yang menggunakan susu Tiga Sapi, saya belum pernah cobain, pastinya enak ya.

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 16 Agustus 2022 14.17

    Nyaamm enak bangettt iniii

    Mirip cream soup di pizza hut ya mbaaa

    Pengin segera recook euyy

  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti 16 Agustus 2022 14.42

    Kayanya bikin sup gini pas keadaan lagi hujan gitu enak deh ya. Ditemani segelas teh anget sambil nonton netflix atau baca buku wuihhh

    • Rella Sha
      Rella Sha 21 Agustus 2022 21.03

      iyaaa, setujuuu...

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 16 Agustus 2022 14.59

    Mauuuu dong sup krim kentang susunyaaaa mbak 😀😍 Aku baru tahu ada susu evaporasi Tiga Sapi seperti ini loh... buat gantiin santan ya praktis banget dan makin kepo sama rasanya. Oh, ga pakai pemanis jadi menyehatkan dong ya.

    • HM Zwan
      HM Zwan 17 Agustus 2022 20.41

      Uwaaa kelihatn eank sekali ini mbak, cocok banget dinikmati pas hujan ini. Nebayanginnya disantap pas hujan hehehe. MAkasih resepnya mbak

  • Juwita
    Juwita 16 Agustus 2022 20.55

    Enak banget dan pingin banget nyoba.

  • Suciati Cristina
    Suciati Cristina 17 Agustus 2022 09.27

    Ini creamy ya mba, aku sukaaa..penuh gizi nih. Aku blm pernah cek2 ini. Coba aku cek merek ini. Gurihnya pas ya spertinya. Kentang pun aku demen 😄 tapi anak2 nih yg kurang, maunya macaroni

    • Rella Sha
      Rella Sha 21 Agustus 2022 21.04

      gapapaa, bikin mac schotel pakai Tiga Sapi cocok kok, enak jugaaa..nyaamm

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 17 Agustus 2022 10.24

    Belum pernah nyobain sup krim kentang susu. Selama ini paling sup krim jagung atau ayam. Dengan Susu Tiga Sapi pastinya lebih aman ya, Mba karena ini rendah lemak dan bisa jadi pengganti santan

  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony 17 Agustus 2022 11.09

    Mendekati jam makan siang dan baca ginian. Jadi pengen buru-buru beli evaporasi tiga sapi dan bikin sup krim jamur juga,, nyeemmm

  • Hamimeha
    Hamimeha 17 Agustus 2022 11.42

    Pertama baca BajulMati ingatanku auto melayang ke 7 tahun silam pernah ke sana. Btw kentangnya bisa jadi sup creamy pakai susu evaporasi ya mbak. Yummy nih

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 17 Agustus 2022 11.53

    Aku penyuka sup krim kentang. Beberapa kali coba, tapi gagal ya. Kurang enak dilidah kata anak-anakku, he he he. Sepertinya memang ada yang kurang ya. Tidak ada susu 3 sapi evaporasi

  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu 17 Agustus 2022 12.02

    Jadi pengen ikutan bikin sup kentang susu ini deh kek enak gitu apalagi saya tuh suka banget sama olahan apapun yang berbahan dasar kentang.

  • Sagita nur pratiwi
    Sagita nur pratiwi 17 Agustus 2022 12.42

    sempet kepikiran kaya mashed potatoes ya, ternyata seru juga dibuat kaya gini mbak. Ada referensi baru buat susu evaporasi ya

    • Rella Sha
      Rella Sha 21 Agustus 2022 21.05

      iyaahh, untuk variasi yang lebih creamy dan basah, boleh mashed potatonya dibuat sup hehe

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 17 Agustus 2022 14.16

    Aku belum pernah coba produknya susu tiga sapi. Tampaknya harus coba dann langsung buat resep sup krim kentang yang mba ulas ini. Makasih inspirasinya ya mba

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 17 Agustus 2022 14.33

    Waktu MPASI si kecil dulu sering banget bikin sup krim kentang. Biasanya aku pake krimer campur santan. Ini boleh juga dicoba resepnya pake susu evaporasi cap tiga sapi

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 17 Agustus 2022 15.06

    Baru tauu kalau kentang bromo termasuk varietas yg bagus nyesel juga sih gak beli waktu ke Bromo.

    Susu cap tiga sapi evaporasi pengen nyobain juga buat cream sup.

    Secara harga ga begitu mahal yaa

  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu 17 Agustus 2022 15.30

    Duh ngiler pengen nyobain sup krim kentang susu tiga sapi ini nih. Saya suka banget sama olahan yang berbahan dasar kentang auto pengen bikin sendiri nih

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 17 Agustus 2022 19.17

    Ahh jadi pengen nyari Tiga Sapi Susu Evaporasi, biasanya aku butuhkan untuk olesan roti sebelum dioven. Dulu pernah nyari tapi nggak ada kemasan kecil dan harganya mahal banget

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 17 Agustus 2022 19.53

    Keliatannya enak nih Mbak sup krim kentangnya. Jadi pengen nyobain bikin. Selama ini bingung kentang enaknya diapain. Cuma tau dibalado aja.

  • Ika Puspitasari
    Ika Puspitasari 17 Agustus 2022 20.14

    Aku suka banget sup krim kentang, jadi pengen nyoba resepnya mba Rella deh. Kayaknya enak banget sih

  • Ovianty
    Ovianty 17 Agustus 2022 20.33

    Aku baru tahu susu evaporasi bisa buat santan, lumayan ya kalau mau sehat. Rasanya santan beneran atau.agak beda? Kalau santan kan gurih manis, kalau ini gurih dan tidak manis ya. Belum pernah coba apalagi bisa buat gulai enak nih buat yang rajin masak.

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 17 Agustus 2022 20.36

    Aku baru tau kalau ada susu tiga sapi ini loh, wah boleh juga dicobain di rumah untuk bikin cemilan ya. Karena biasanya ada beberapa masakan yang aku selalu menggunakan susu juga.

  • Bibi Titi Teliti
    Bibi Titi Teliti 17 Agustus 2022 20.42

    Gak kepikiran buat bikin sup krim kentang lho, tiap ada kentang kalo gak digoreng paling banter dibikin perkedel aja deh. Dasar kurang kreatif akutuh hehe.

    Jadi pengen cobain resepnya nih, kayaknya lezat dan anak2 pasti suka deh

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 17 Agustus 2022 21.24

    Sup krim kentang susu enaknya dinikmati hangat ya. Aku pernah buat tetapi sepertinya rasanya kurang mantap deh, sepertinya karena aku tidak pakai susu tiga sapi ya. Nanti aku coba lagi deh pasti lebih enak ya

  • lendyagassi
    lendyagassi 17 Agustus 2022 21.28

    Makanan mahalnya Rella niih..
    Meski bahannya kentang, tapi belinya dari petani di Bromo lo.. mashaAllah~
    Dan hasil dari menu Sup Krim Kentang Susu pasti disukai keluarga. Aku mupeenk lihat masaknya sangat aesthetic sekali, Rellaa...

    Rupanya rahasia gurihnya dari Tiga Sapi susu evaporasi yaa..
    Aku auto ndekem di dapurmu, Rel..nyamar jadi si uching. Hahhaa...siapa tau kebagian incip Sup Krim Kentang Susu.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 17 Agustus 2022 21.36

    Eyaampun, enak banget ini kayaknya ya. Huhu dulu aku sempat nyari nih susu evaporasi kayak gini. Dulu di tempatku gak ada. Jadinya belom pernah bikin menu apa pun yang pake ini. Sekarang mau nyari ah. Semoga ada. Kepengen bikin-bikin makanan yang terbuat dari susu evaporasi.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 17 Agustus 2022 21.36

    Eyaampun, enak banget ini kayaknya ya. Huhu dulu aku sempat nyari nih susu evaporasi kayak gini. Dulu di tempatku gak ada. Jadinya belom pernah bikin menu apa pun yang pake ini. Sekarang mau nyari ah. Semoga ada. Kepengen bikin-bikin makanan yang terbuat dari susu evaporasi.

  • nchie  hanie
    nchie hanie 17 Agustus 2022 22.25

    Ahaay seneng banget piknik bawa oleh2 kentang, soalnya semua makanan berbahan dasar kentang emang enyak2 bisa jadi cemilan atopun makanan berat. Bisa dibikin beraneka ragam menu.

    Keknya nikmat nih sup krim kentangnya, apalagi pake susu tiga sapi , haduuh, lavaaarrr...

  • April Hamsa
    April Hamsa 17 Agustus 2022 23.23

    Owalaaahh kirain anak2 kecil juga boleh melihat tukik huhu ternyata gak boleh yaaa.
    Untung bisa melipir ke lokasi lain buat mengobati kekecewaan ya mbak.
    Terus terang baru kenal Tiga Sapi ini, bisa buat bikin hidangan manis sekaligus asin kek pengganti santan gitu ya mbak?
    Harganya juga cukup terjangkau yaa, mau ah nyoba nyari TFS infonya

  • Lisdha www.daily-wife.com
    Lisdha www.daily-wife.com 17 Agustus 2022 23.45

    Aku belum lama tahu kalau tiga sapi ada susu evaporatednya. sebelumnya cuma tau yg kental manis aja... Bisa nih kapan2 dicoba sup krim kentang susunya..haha kalau lihat resep suka mupeng, tapi entah kapan eksekusinya :D

  • Ria Rochma
    Ria Rochma 18 Agustus 2022 00.03

    Wah.. Mudah banget ya cara bikin sup kentangnya. Bisa dicoba saat suhu udara lagi dingin nih

  • Nanik nara
    Nanik nara 18 Agustus 2022 03.57

    Penasaran gimana rasanya kentang kukus di tumbuk terus di bikin jadi sup. Selama ini saya konsumsi kentang ya sebatas di kukus saja.

    Susu evaporasi tiga sapi ini bisa buat pengganti santan ya, praktis ya sewaktu-waktu butuh masak bersantan tinggal tuang saja

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani 19 Agustus 2022 07.35

    Wah, so nyummi ini Mbak Rel, jadi pengen buat juga.

  • duniamasak
    duniamasak 19 Agustus 2022 09.49

    ngiler bangettt :D nanti pas sampe rumah, mau langsung coba ah! terima kasih atas resepnya ya kak

  • Syarifani
    Syarifani 19 Agustus 2022 17.32

    Kentang asli bromo warnanya kuning atau agak putih mba?
    Saya pernah bikin cream soup dicampur 1 kentang. Nah, ini kentangnya banyak teksturnya pasti agak padet ya mba ngga cair?
    Dimakan buat gantinya nasi enak ini

    • Rella Sha
      Rella Sha 21 Agustus 2022 21.06

      kekuningan, mbak...
      iyaa kentangnya agak banyak biar kental jadi ada yang disendok gitu, hehe.

  • Helenamantra
    Helenamantra 21 Agustus 2022 16.55

    kebayang enaknya makan sup krim kentang dicolek pakai garlic bread. Supnya kudu masih anget itu. Eh btw aku ketinggalan berita, beneran Bromo bersalju? wew 7 derajat itu dingiiiiiin!

    • Rella Sha
      Rella Sha 21 Agustus 2022 21.07

      Iyeess...dicocol roti mantuul. Hihihi, lihat di-reels ya gitu katanya bersalju tapi nyampe sanah gak ketemu juga siiihh saljunya, hahaha.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 22 Agustus 2022 07.08

    Cocok banget nih sup krim kentang dinikmati saat dingin, atau saat hujan maupun ketika kondisi tubuh sedang tidak enak badan. Sehat dan hangat, langsung terasa khasiatnya ya.

  • Tian Lustiana
    Tian Lustiana 22 Agustus 2022 08.45

    Nampak enak sekali sup kentangnya nih, duh jadi lafer.

  • cindy vania
    cindy vania 22 Agustus 2022 20.47

    jujur aku baru tahu kalau susu evaporasi tiga sapi ini bisa dijadikan bahan makanan, kayak si sup krim ini. sepertinya menarik, apalagi kalau ga manis bgt ya? dikasih jagung bakal enak bgt sih ini. nyarinya mudah ya mba?

  • Ainun
    Ainun 28 Agustus 2022 22.33

    dari beberapa waktu lalu pengen sup krim, karena ga pernah bikin sup krim sendiri malah rencana beli yang instan.
    pas baca ini ternyata bikin sendiri simple dan penasaran sama susu tiga sapi. Bisa bikin gurih masakan ya

  • Anonim
    Anonim 2 September 2022 09.13

    Resepnya mudah ya. Jadi pengen coba

  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com 2 September 2022 09.38

    enak nih. mau juga dong ikutan bikian aah

  • The Dindy's
    The Dindy's 2 September 2022 09.39

    Gampang bikinnya nih. Anakku suka sup krim

  • Ebo Dyah
    Ebo Dyah 2 September 2022 09.41

    Cuzz beli juga trus bikin deeh. Belum pernah bikin sup krim kentang

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 2 September 2022 09.46

    Aku udah coba resepnya dan enak banget mbaa dimakan anget2 pas sore hari.

  • Anonim
    Anonim 2 September 2022 09.55

    mauu.. minta Ebo Dyah bikinin aaah.. enak nih sup krimnya

  • Ny Hj Minto Endang SPd, MM
    Ny Hj Minto Endang SPd, MM 2 September 2022 10.00

    Pesen online ada ya? mau bikin juga nih

  • Duwi Lestari
    Duwi Lestari 14 September 2022 18.14

    Cus recook 😍

Add Comment
comment url