Agar Tidak Mudah Kusam, Begini Cara Menjaga Cat Mobil Putih dengan Benar!

Mobil berwarna putih memang merupakan salah satu warna favorit yang cukup digemari di kalangan pengguna mobil. Dengan adanya aplikasi bengkel mobil, perawatan mobil apapun termasuk cara menjaga cat mobil putih bisa didapatkan dengan mudah. 

Meskipun mobil putih tampak lebih mewah dan elegan, namun sebenarnya memiliki mobil putih membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan mobil berwarna hitam yang umum digunakan di pasaran. Selain rentan terlihat kotor, mobil berwarna putih juga akan mudah menjadi kusam apabila tidak dirawat dengan cara yang benar dan tepat. Kalau begitu, bagaimana cara menjaga cat mobil putih agar senantiasa awet dan tampak baru?

Pahami Cara Menjaga Cat Mobil Putih Berikut Ini Supaya Warna Mobilmu Tidak Mudah Pudar

cara merawat cat mobil putih

Hindari Memarkirkan Mobil Langsung di Bawah Terik Matahari

Memang, mencari lokasi parkir terdekat yang strategis bukanlah perkara mudah terutama jika kamu tinggal di perkotaan yang pada umumnya cukup padat penduduk dengan mobilitas yang tinggi. Seringkali, mobil harus diparkir di pinggir jalan yang langsung terkena paparan terik sinar matahari.

Hal tersebut dapat berdampak buruk pada kualitas cat mobil khususnya mobil cat putih. Karena itu, cara menjaga cat mobil putih agar tidak mengalami penurunan kualitas warna adalah dengan mengurangi kontak langsung dengan sinar ultraviolet terhadap permukaan cat mobil. Selalu sediakan cover pelindung mobil untuk berjaga-jaga jika kamu tidak menemukan lokasi parkir yang tertutup sehingga harus menempatkan mobil di lokasi yang terpapar matahari. 

Jangan Malas Mencuci Mobil Secara Rutin

Mobil yang memiliki warna cat putih tentunya lebih rentan terlihat kotor dan kusam. Baik debu maupun sisa bekas air hujan akan sangat tampak pada permukaan mobil cat putih yang jarang dibersihkan. Maka dari itu, rajin mencuci mobil merupakan cara menjaga cat mobil putih yang sangat tepat jika kamu ingin penampilan mobilmu tetap mengkilap.

Pada umumnya, mobil perlu dicuci secara rutin minimal satu kali dalam seminggu. Namun, untuk jenis mobil berwarna putih, kamu perlu lebih rajin membersihkan permukaan sisi mobil dengan cara mengelap mobil setiap hari menggunakan kanebo yang bersih dan setengah basah.

Gunakan Sabun Pembersih Khusus yang Tepat

Cara menjaga cat mobil putih yang ketiga adalah dengan memastikan pilihan sabun pembersih yang kamu gunakan untuk mencuci mobil sudah tepat. Beberapa produk pembersih bisa jadi tidak diformulasikan secara khusus untuk mobil berwarna putih, sehingga ketika kamu menggunakan cairan pembersih tersebut hasilnya kurang efektif. 

Jangan pula menggunakan deterjen pencuci pakaian ataupun  sabun cuci piring karena sabun cuci tersebut memang pada dasarnya tidak dirancang untuk mobil. Cara menjaga cat mobil putih yang perlu kamu lakukan yaitu dengan membeli sabun pembersih khusus untuk mobil terutama memiliki formulasi penting dalam menjaga kualitas cat mobil putih.

Lakukan Cara Pembilasan yang Benar Saat Mencuci Mobil

Kebanyakan orang seringkali membilas mobil dengan sembarangan sehingga hasil pencucian tidak maksimal dan justru membuat mobil berwarna putih tampak kusam. Cara menjaga cat mobil putih agar tetap bersih adalah dengan melakukan metode pembilasan yang searah mulai dari bagian atas hingga ke bawah.

Metode pembilasan seperti ini lebih efektif membersihkan seluruh sabun dan sisa kotoran dengan cepat bahkan pada bagian celah mobil yang terkadang sulit terjangkau. Yang lebih penting, dengan membilas satu arah, tidak akan ada sisa sabun yang menempel sehingga menimbulkan bercak pada saat permukaan mobil sudah kering.

Gunakan Kain Lap yang Memiliki Daya Serap Tinggi 

Cara menjaga cat mobil putih yang terakhir wajib dilakukan adalah menggunakan kain lap yang berdaya serap tinggi ketika ,mengeringkan mobil. Jangan mengeringkan mobil putih di bawah sinar matahari langsung agar tidak menimbulkan bercak pada permukaan cat mobil.

Gunakan kain lap microfiber dengan bahan serat yang tinggi agar mampu menyerap air dengan lebih optimal. Pada mobil berwarna putih, pengeringan yang kurang baik akan terlihat langsung bahkan tampak jelas dibandingkan mobil dengan warna gelap.

Selain kelima cara menjaga cat mobil putih yang sudah kita bahas, satu hal penting lainnya yang juga tidak boleh diabaikan adalah jangan mencuci mobil di bawah terik matahari langsung. Alangkah lebih baik lagi jika kamu membawa mobil kesayanganmu ke bengkel cuci mobil yang berpengalaman yang bisa kamu temukan di Otoklix. 

Program Gratis Ganti Oli (GoGoKlix) dari Otoklix 

Kamu bisa mendapatkan penawaran menarik melalui promo GoGoKlix yaitu gratis ganti oli selama satu tahun hanya dengan menyelesaikan beberapa misi tertentu. Program ini berlaku untuk semua pengguna setia Otoklix lho! Yakin gak tertarik dengan program semenarik ini untuk mobil kesayanganmu? Tunggu apa lagi, yuk cari tahu sekarang juga!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url