Tempat Ngabuburit Favorit di Malang

Kalau mau buat list tempat ngabuburit di Malang yang hits, artikel lain yang nongkrong di page one Google sudah sebagian besar menjawabnya. Ada banyak tempat ngabuburit hits di Malang sampai tempat buka puasa bareng di Malang.  

Mulai dari taman sampai pusat jajanan, tempat nongkrong, semua bisa jadi pilihan tempat ngabuburit jelang buka puasa. 

Tapi ada satu tempat yang saya dan keluarga sukai buat menanti azan magrib, yaitu Masjid Khadijah yang berlokasi di Jalan Arjuno No.19, Malang.  

tempat ngabuburit di Malang

Masjid Khadijah Malang

Berada di lingkungan pusat kota yang asri, Masjid Khadijah sebetulnya tidak besar-besar amat. Masjid ini  berada satu lokasi dengan Madrasah Ibtidaiyah Khadijah, jadi kalau di hari efektif mungkin akan ramai sama anak sekolah yang pada sholat di situ. 

Nah kalau pas siang-siang numpang sholat dan istirahat di sini rasanya adeeemmm bangeett. Selain karena ubinnya adem, suasananya juga tenang dan nyaman. Biasanya kami duduk-duduk di teras sembari ngelurusin kaki setelah seharian motoran sementara anak-anak guling-guling.  

Masjid Khadijah Malang

Di dalam masjid juga tersedia mukena-mukena bersih dan terawat yang digantung rapi, sajadah, dan sarung. Karpet sajadah hijau terbentang bersih, menambah khusyuk sholat sendiri maupun berjamaah. 

Di masjid ini juga anak bungsu saya belajar merangkak bebas mengejar-ngejar kakaknya. Banyak kenangannya deh sama masjid ini. 

Masjid Khadijah saat Bulan Ramadhan

Satu jam sebelum buka puasa, biasanya masjid didatangi banyak orang dari berbagai penjuru, entah yang sedang menempuh perjalanan, atau yang memang sengaja ingin ke situ. Yang pakai motor, yang pakai mobil, atau warga sekitar, semua berbaur datang ke masjid untuk mengaji atau bantu-bantu DKM jelang azan magrib. 

Nggak lupa juga pemandangan pada dermawan yang mengantar donasi hidangan berbuka puasa. Mulai dari air mineral, takjil, sampai nasi bungkus atau nasi kotak. Para petugas DKM menyediakan gelas-gelas dan teh hangat untuk diambil, nantinya mereka akan stand by di depan pintu selepas shalat magrib berjamaah untuk membagikan nasi.

Nggak ada yang berebutan, nggak ada kericuhan, semua jamaah dewasa sampai anak kecil yang sholat kebagian nasi bungkus. 

Alhamdulillah, indahnya ukhuwah. 

Dan pengalaman ini sudah dua tahun terakhir nggak dialami lagi karena pandemi, dimana kita selalu buka di rumah aja. Kangen banget sama suasana berbuka puasa seperti ini, padahal jamaah satu sama lain nggak saling kenal tapi karena sesama muslim berasa semua saudara. 

Kadang ada salah satu jamaah yang jualan jagung rebus, ini favoritnya anak-anak selain jagungnya manis juga empuk, nambah-nambah kenikmatan berbuka puasa di Rumah Allah. 

Ramadhan 1443 H 

Insyaallah tahun ini mau menyempatkan diri mampir di Masjid Khadijah, sholat sembari istirahat ngadem di pelatarannya. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url