Tips Buka Puasa Bersama saat Pandemi Tanpa Ngobrol

Sudah dua tahun nggak buka puasa bareng teman-teman karena pandemi? 
Tenang, tahun ini udah bisa kok. 

Pemerintah melalui Satgas Covid-19 bilang, ini masa transisi dari pandemi menuju endemi, maka beberapa peraturan masih harus dijalankan agar peralihannya berjalan mulus. 

"Pada saat buka puasa bersama, sebaiknya jaga jarak, tidak usah bicara saat makan. Ini merupakan hal yang prinsip dan menjadi adaptasi saat menjalankan ibadah," kata Wiku dalam Forum Merdeka Barat 9, Selasa (29/3/2022).

Gituu cenah kata bapak-bapak Satgas Covid-19, tuuhh. 

Eh tapi mana bisa yaa, bukber nggak ngobrol gitu? Jadi khusyuk makan aja, diem-diem, pandang-pandangan. Whaaa, ya kalau gitu mah mending bukber via Zoom aja nggak, sih. Bisa makan sambil cekikikan meski di depan layar, bebaaasss 😁😁

Nah, tapi bagi yang kangen banget tatap muka sama teman-teman dan makan di luar, perhatikan tips-tipsnya supaya bukber tetap aman dan nyaman untuk semua orang. Tentunya kita juga nggak mau dong jadi penyumbang angka infeksi Covid-19 naik lagi, nggak kelar-kelar, cyin ....

buka bersama tanpa ngobrol

Tips Buka Puasa Bareng saat Pandemi 

1. Pastikan kondisi badan sehat dan bugar 

Baik diri sendiri maupun semua pihak yang terlibat dalam bukber, baiknya sedang dalam kondisi sehat semuanya ya, termasuk kalau ngajak anak-anak dan pasangannya. 

2. Pilih tempat makan yang luas dan terbuka 

Enaknya dengan tempat yang banyak area terbukanya, sirkulasi udara lebih lancar dan pergerakan juga lebih leluasa. Kita jadi bisa menjaga jarak antar kursi maupun dengan meja orang lain. 

3. Ngobrol pakai masker

Habis makan, bisa lanjut ngobrol dengan tetap pakai masker. Yaah, minimal ada proteksi gituu... Juga jangan lupa cuci tangan setiap kali sesi makan. 

4. Beri batasan waktu 

Karena kita tahu sama tahu kondisinya seperti ini, saya rasa sih menyepakati durasi ketemuan dengan teman-teman sah-sah aja. Misal hanya sampai jam 8 malam ketemuannya selesai, supaya kita nggak terlalu lama terpapar dengan banyaknya orang di tempat makan. 

5. Segera pulang ke rumah dan tindakan preventif 

Yak, mending nggak usah ngeluyur-ngeluyur lagi sih, lagian mau kemana cobaa...kalau begadang besok sahur kesiangan. Jadi segera pulang ke rumah, mandi yang bersih, dan minum vitamin. 

Insyaallah, dengan cara-cara seperti ini bisa tetap seseruan dengan aman bersama teman-teman, buka bersama tetap bisa ngobrol dengan asyik. Kalau mau lebih aman lagi sih ketemuan di rumah siapa gitu, jadi kalau (amit-amit) terjadi sesuatu, tracingnya gampang karena hanya bertemu circle kecil. 

Tapi kalau mayoritas ingin makan di luar ya apa boleh buat daripada nggak asik, yekaann....haha. 
Next Post Previous Post
17 Comments
  • Zeneth Thobarony
    Zeneth Thobarony 17 April 2022 pukul 22.27

    Sekarang emang mulai bermunculan ajakan buka puasa bersama haha. Aku sendiri cuma mau buka puasa bersama keluarga dan 1 circle teman kuliahku aja :)

  • Farida Pane
    Farida Pane 18 April 2022 pukul 02.19

    Kupikir juga mending bukber via zoom, ya. Lebih higienis dan akrab, justru. Mungkin bukber offline cuma dilakoni saat kondisi terpaksa karena sedang bertemu untuk suatu urusan dan baru kelar menjelang magrib.

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 18 April 2022 pukul 08.22

    Ahahaha, ide bagus buka bersama via zoom di rumah masing2. bisa cekikikan dan ngobrol sepuasanya. xixixi
    setuju banget sama tips di atas, senggaknya kalau mau buka bersama pastikan kondisi badan sehat dan cari resto atau tempat makan yg terbuka atau semi outdoor.

  • daily apreal
    daily apreal 18 April 2022 pukul 11.47

    Padahal lebih asyik bukber kalo sambil berhaha hihi ya mbak... Tapi tak apalah, sing penting bisa tatap muka langsung tanpa bicara.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 18 April 2022 pukul 18.32

    Sampai hari ini saya belum bukber bareng siapapun di luar rumah. Suami dan anak-anak juga sama. Kami pernah makan di luar juga kelar tarawih, jadi berempat saja, enggak pas jam bukber , resto pas sudah agak sepi hihi
    Tipsnya bagus nih, memang susah bayangin buka bareng tanpa ngobrol

  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar 18 April 2022 pukul 20.35

    Ini teh serius enggak boleh ngomong saat bukber? Duh mending makan di rumah aja. Harus dipertimbangkan nih...ide bukber via zoom bis bebas ketawa ketiwi seru juga kayaknya.

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana 19 April 2022 pukul 06.26

    Ini aturan yang aneh sih menurutku. Ya mana bisa bukber gak ngobrol itu?

    Susah banget ngobrol dengan terus pakai masker juga. Pas makan aja kita suka sesekali ngobrol kan.

    Emang perlu set up tempat yang sirkulasi udaranya bagus sih.

  • SHalikah
    SHalikah 19 April 2022 pukul 07.39

    Setuju.. setelah bukber, baiknya langsung pulang ke rumah ya. Kebetulan saya pun beberapa tahun belakangan ini memang agak kurang semangat bukber. Seringnya pusing karena udah riweh duluan, harus nenangin anak2, antri gantian sholat, dan kawan-kawannya.. hehehe

  • Indri Ariadna
    Indri Ariadna 19 April 2022 pukul 08.02

    Setuju, kalau makan jangan sambil ngomong karena bisa tersedak nanti hehe

  • Okti Li
    Okti Li 19 April 2022 pukul 22.05

    Sehat selalu ya semua. Saya sih mending ga ikut buk puasa bersama saja kalau serba terbatas. Malah beras agak nyaman soalnya hehehe ...

  • Hapsari Adiningrum
    Hapsari Adiningrum 20 April 2022 pukul 04.59

    Alhamdulillah tahun ini sudah dibolehin bukber namun harus benar-benar menjaga prokes ya mbak. Setuju semua tipsnya. Makan ya makan aja trus selesai pakai masker lagi baru ngobrol. Semuanya harus tetap menjaga prokes

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 20 April 2022 pukul 05.40

    Aku kok langsung ngakak membayangkan bukber tanpa ngobrol. Mungkin harus pakai bahasa isyarat atau ditulis di kertas kalau mau ngomong, duh duh.. ada-ada aja deh.

    Alhamdulillah sih udah bisa bukber ya tahun ini, beberapa brand juga sudah bikin acara gathering, happy deh. Semoga jadi tanda-tanda pasca lebaran, event-event blogger mulai menggeliat lagi. Tentunya tetep dong prokesnya dijalankan :)

    • Antung apriana
      Antung apriana 1 Mei 2022 pukul 10.26

      hehe, iya, mbak. nggak kebayang deh kalau bukber tanpa ngobrol apalagi kalau bukbernya sama teman akrab kita. masa harus pakai wa ngobrolnya?

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 20 April 2022 pukul 05.41

    Hehehe mungkin maksudnya nggak ngobrol waktu makan, ya. Kalau sebelum dan sesudah makan ya ngobrol aja pakai masker.

  • Antung apriana
    Antung apriana 20 April 2022 pukul 09.35

    sampai hari ini aku belum ada bukbers ih. tapi kayaknya jum'at ini bakal bukber sama beberapa rekan kantor. memang susah nih kayaknya kalau bukber nggak sambil ngobrol. walau kadang pas ketemuan orang lebih sering main hape tapi pasti tetap ada ngobrolnya kan ya

  • lendyagassi
    lendyagassi 20 April 2022 pukul 11.27

    Cakeepp~
    Tetap waspada saat diluar rumah dan lebih baik berada dirumahaja saat ini karena pandemi belum berakhir.
    Seru banget sih ya...bukber di luar.

  • Dunia Kifa
    Dunia Kifa 20 April 2022 pukul 11.41

    Makin kesini rasanya makin sedikit yang ngajakin buka puasa bersama

Add Comment
comment url