Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh dari Ruangguru

Sudah sepekan ini orang tua dan anak-anak lagi menikmati liburan tahun ajaran baru ya, lumayaann bisa istirahat sejenak dari hiruk pikuk Pembelajaran Jarak Jauh. Nggak daring-daring dulu, nggak pusing-pusing dulu.

Lho, emangnya pusing gitu selama ini? Wih… buat yang ngalamin aja sih bisa ngerasain pusingnya. Pusing ketika anak nggak koperatif, pusing ketika anak susah disuruh ngerjain tugas, pusing ketika orang tua nggak bisa catch up pelajaran anak-anak. Padahal, meski orang tua sudah pernah sekolah, ketika dihadapkan sama pelajaran-pelajaran sekolah ya balik lagi sama kaya anak-anak, belajar dari awal lagi.

Maklum, puluhan tahun berlalu … ngitung uang belanja bulanan cukup matematika sederhana aja, nggak pakai pythagoras atau panjang kali lebar kali tinggi. Juga tepa selira diaplikasikan langsung dalam rupa-rupa kehidupan bertetangga dan bermasyarakat. Percayalah, persatuan itu bukan omdo, karena warga yang guyub niscaya menang lomba Agustusan, loh…

Anyway, kita semua sama-sama paham lah ya kesulitan orang tua dalam membantu anak selama PJJ. Nggak mudah tentunya, tapi harus bisa dilakukan karena peran dan support orang tua dalam PJJ ini sangatlah besar.

Maka, orang tua tidak perlu minder atau ragu jika memang kekurangan tenaga, bisa menggunakan bantuan seperti aplikasi belajar sebagai pendamping. Saat ini kan kita sudah dipermudah dengan adanya platform belajar seperti Ruangguru, Brain Academy, dll, nah manfaatkanlah fasilitas ini buat menunjang pembelajaran bersama anak-anak.

Ruangguru, Solusi Tepat Membantu PJJ

Saat ini bisa dibilang Ruangguru adalah platform belajar terbaik yang sangat membantu dalam proses pembelajaran, baik anak maupun orang tua. Dapat diakses melalui website Ruangguru, kita akan bertemu di ruangbelajar yang memiliki aneka fitur untuk membantu pembelajaran.

Didukung oleh barisan tenaga pengajar yang terbaik, Ruangguru merupakan pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli soal pendidikan anak.

Memudahkan anak-anak selama PJJ mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran. Tak terbatas jarak, ruang, dan waktu sehingga belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja.

Meskipun belajar dengan merdeka, Ruangguru tetap mengadopsi keteraturan dan kedisiplinan dalam belajar. Ada fasilitas setting jadwal belajar sehingga anak-anak tidak akan lupa, dan tetap belajar secara terstruktur. 

Di Ruangguru juga terdapat pilihan untuk semua level persekolahan, mulai dari SD kelas 1 hingga SMA kelas XII. 

bimbel online

Fitur-fitur ruangbelajar by Ruangguru


Dalam ruangbelajar by Ruangguru, terdapat fitur-fitur kece yang bisa diakses oleh murid, antara lain:
  • ruangguru PET
  • ruangguru adventure
  • jadwal belajar
  • asah otak
  • bank soal
  • laporan belajar
    ruangbelajar

Bulan Juli ini,  Ruangguru merilis fitur-fitur baru yang nggak kalah kerennya, yaitu: 

Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Tujuan fitur: Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya

Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur: menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu

Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah

Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti

Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan fitur: transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.

Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Tujuan fitur: menemukan materi belajar secara lebih cepat

Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Tujuan fitur: Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar

Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC.

Tujuan fitur: Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning. 

Mengapa Harus Ruangguru?

Perhatikan tabel berikut deh, inovasi mengikuti perkembangan zaman, dan kini cara belajar mengajar pun harus update. Dengan Ruangguru, beberapa hal bisa jadi lebih efektif dan efisien ketimbang bimbel dengan cara jadul. 

Ruangguru

So, nikmati kemudahan belajar dan fasilitas pendampingan untuk anak dan orang tua dari Ruangguru. No drama-drama at home. Belajar jadi menyenangkan!  


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Eka FL
    Eka FL 5 Juli 2021 pukul 23.33

    ruangguru emang keren banget ya, program-programnya banyak banget. kredibilitas pengajarnya juga gak usah diragukan lagi. aku tertarik banget nih pake ruangbelajar, biar bisa support keenan PJJ nanti

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 9 Juli 2021 pukul 06.27

    PJJ jadi lebih ringan ya dengan bantuan Ruangguru ini, emaknya gak stress lagi nih temani anak belajar di rumah.
    sayaa juga jadi gak sabar niih ajak Si Kakak belajar dengan Ruangguru

Add Comment
comment url