Bebas Ngupas, Ngiris, dan Ngulek dengan Bumbu Masak Chalarasa

Mau ngabsen dulu ibu-ibu yang hobi masak pake pake bumbu instan, hayuk mari berkumpul. Karena bumbu-bumbu masak instan inilah yang menyelamatkan hari dari kerempongan ngupas, ngiris, dan ngulek.

Memasak masakan-masakan Indonesia yang penuh bumbu dan rempah memang seringkali menimbulkan aneka ragam tetek bengek di meja dapur. Kekayaan kuliner nusantara menjadi khas tersendiri baik dari segi bahan masakan, bumbu, dan cara memasaknya.

Kalau untuk momen-momen tertentu, rempong is an art of acara lah ya. Banyak tenaga yang ikut terlibat mengerjakan dan bagi-bagi tugas. Tapi kalau masak harian di rumah, uh .. mari kita cari jalan tengah aja supaya semua bahagia; yang masak maupun keluarga yang menikmati masakannya. Bagi saya, adanya bumbu-bumbu masak instan ini salah satu faktor pendukung kebahagiaan, masak jadi mudah, praktis, dan cepat.

Dalam memilih bumbu instan untuk sajian di rumah, saya sendiri sering mengoleksi, nyoba satu-satu, kemudian mencatat bumbu-bumbu yang rasanya pas sesuai dengan selera keluarga. Bisa jadi setiap merek punya andalan masing-masing.

Bumbu Masak Instan Chalarasa, Idaman Ibu-Ibu

Salah satu bumbu yang saya masukkan ke dalam list favorit adalah Bumbu Masak Chalarasa. 

Bumbu Chalarasa diracik menggunakan garam himalaya yang sehat, bahan-bahan alami, dan bebas pengawet buatan. Siapa bilang bumbu instan basah tidak awet? Dengan teknik meracik, dan penyimpanan yang benar, bumbu basah akan tetap awet selama waktu tertentu. Kelebihan lain dari bumbu basah adalah rasa yang tetap terjaga dan mudah meresap ke dalam masakan.

Varian Bumbu Masak Instan Chalarasa

Dengan aneka varian bumbu komplit, dari mulai bumbu dasar tiga warna dan sambal, Chalarasa menghadirkan semarak masakan rumahan menjadi hidangan-hidangan istimewa.


Varian Bumbu Chalarasa

  • Bumbu Merah
  • Bumbu Putih
  • Bumbu Kuning
  • Sambal Hijau
  • Sambal Woku
  • Sambal Terasi
  • Bumbu Gulai
  • Bumbu Rawon
  • Bumbu Opor
Bumbu masak Chalarasa dikemas dalam botol kaca steril yang rapat untuk menjaga kualitas dan masa pemakaian. Seneng banget kan ibu-ibu mah, nanti botolnya bisa dipake lagi untuk racikan-racikan lainnya, hehe.

Nah sekarang tersedia juga dalam kemasan plastik ekonomis untuk yang beratnya 120gr (paket hemat). Asik kan, bisa beli yang kecil-kecil dulu untuk trial kecocokan di lidah.

Kenapa Bumbu Chalarasa?

bumbu masak instan chalarasa


Praktis & Hemat Waktu

Waktu dan persiapan masak jauh jadi lebih singkat dengana danya bumbu Chalarasa. Dadakan juga oke, semua udah siap tinggal sreng dan cess aja.

Higienis
Diproses dan disimpan dalam botol kaca yang steril dan higienis.

Alami, Non Pengawet dan Non MSG

Seru, karena kita jadi bisa memasukkan bahan tambahan lainnya sesuai selera. Misalkan takaran garam, merica, tomat, bawang, atau lainnya karena basicnya bumbu Chalarasa yang alami jadi bukan bumbu yang ‘nyegak ala-ala MSG.

Sehat Menggunakan Garam Himalaya
Semua varian bumbu dari Chalarasa menggunakan garam himalaya. Dengan takaran yang pas, garam himalaya dapat membantu menetralkan asam dan menyeimbangkan pH sehingga menjaga perut tetap sehat.

Hemat
Hemat bukan berarti minim bumbu atau jadi hambar yaaa. Karena hemat ini dari segi waktu, persiapan, dan bahan-bahan yang kalau beli satuan bisa jadi malah jadi lebih mahal.

Masakan Dapurku: Ikan Woku Belanga

Salah satu varian andalan saya dari Chalarasa adalah sambal woku belanga. Karena ini adalah masakan khas Menado, jelas nggak terlalu familiar dong ada di meja makan rumah saya. Dari dulu penasaran banget sama rasanya, tapi mau coba maju mundur takut gagal karena nggak biasa.

bumbu masak chalarasa

Akhirnya habis lebaran kemarin setelah bosan dengan menu santan, saya memberanikan diri masak ikan woku belanga dengan bantuan dari bumbu masak instan Chalarasa. Praktis dan mudah banget. Kita tinggal siapkan ikan dan bahan pelengkap seperti daun kemangi, daun jeruk, dan sereh untuk sensasi aromatiknya.

Perpaduan rasa ikan yang gurih ditambah bumbu rempah yang kuat dan aroma dedaunan aromatik bikin segeerrr banget rasanya di lidah.

Yuk cobain juga resepnya di rumah!

Resep Ikan Woku Belanga ala Chalarasa

resep ikan woku belanga
ikan woku belanga @arellsha


Bahan
3 ekor ikan kembung, digoreng (bisa diganti ikan apa saja)
½ buah jeruk nipis, peras airnya
5 helai daun jeruk
2 ruas serai, geprek
1 mangkuk daun kemangi
½ sdt garam
¼ sdt merica
1 buah tomat, potong-potong
500ml air

Bumbu halus

3 sdm bumbu masak “sambal woku belanga” Chalarasa

Cara Membuat
  • Kucuri ikan dengan jeruk nipis, garam, merica. Sisihkan.
  • (optional) goreng ikan sampai tingkat kematangan sesuai selera
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan serai, lengkuas, daun jeruk hingga harum
  • Masukkan ikan, aduk-aduk sampai bumbunya rata
  • Tuang air perlahan-lahan. Masak sampai airnya sedikit
  • Masukkan daun kemangi. Angkat.
Sajikan dengan irisan tomat atau ketimun.

Ternyata gampang yaaa, tambah gampang lagi karena ada Chalarasa sebagai penolong sajian di meja makan saya.

Naah buat ibu-ibu yang mupeng juga dengan no ribet-ribet, boleh nih dicobain bumbu Chalarasa-nya untuk stok di rumah. Praktis, hemat dan lezat.

Harga dan Tempat Beli Bumbu Chalarasa

Pembelian bisa dilakukan di web Chalarasa atau di marketplace Shopee, Tokopedia, dan melalui Instagram @chalarasa (WA admin). Dapatkan diskon 5% untuk pembelian minimal 70.000 rupiah dengan kode voucher CHALAREL5 (berlaku dalam jangka waktu tertentu).

Harganya mulai dari 38.500 untuk kemasan botol isi 220gr, dan 20.000 untuk kemasan ekonomis 120gr. Nah, tunggu apa lagi nih. 

Selamat memasak ya!
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Kyndaerim
    Kyndaerim 7 Juni 2021 22.53

    Praktis sekali pakai bumbu masak Chalarasa. Jadi nggak ribet dan pasti lezat 😍

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian 9 Juni 2021 23.58

    Resep ikan Woku Belanganya hampir sama seperti mask ikam balado gitu yaaa.
    Cuma beda bumbungnya aja, karna ini pake instan..
    Sip, pengen coba. Karena di daerahku menu ini nggak ada kayaknya atau punya nama lian ntahlahh.

Add Comment
comment url